Mengenal Apa Itu E-Commerce : Manfaat, Fungsi, Kelebihan, dan Cara Daftarnya

News & Release, Serba Serbi / 0 | | 0

Dewasa ini, perkembangan e-commerce semakin pesat seiring perubahan tren dan gaya hidup masyarakat Millenial. Kecanggihan teknologi semakin mendukung bisnis e-commerce sehingga potensi penjualan produk semakin meningkat. Sebaiknya pahami pengertian e-commerce secara detail dan lengkap agar Anda bisa sukses berbisnis di tengah persaingan digital yang semakin ketat.

E-commerce merupakan singkatan kata electronic commerce yang mencakup proses jual beli antara pengusaha dan konsumen tanpa harus memiliki toko fisik. Dengan adanya teknologi dan informasi yang semakin mudah diakses lewat laptop, ponsel pintar atau perangkat elektronik yang lain, proses transaksi online semakin mudah dan digandrungi khalayak.

Berbeda dengan marketplace, e-commerce menggunakan website usaha Anda untuk menarik perhatian dan meningkatkan penjualan produk. Berbagai macam produk bisa Anda jual seperti fashion, elektronik, makanan, dan lain-lain. Namun, ada baiknya Anda fokus pada konsep penjualan agar bisa menarik minat pelanggan. Anda hanya perlu menciptakan kategori dan katalog kompleks untuk memudahkan pencarian pelanggan.

 

Manfaat E-commerce Bagi Perkembangan Usaha Anda

Mengenal Apa Itu E-Commerce : Manfaat, Fungsi, Kelebihan, dan Cara Daftarnya
 

 

Setelah memahami pengertian e-commerce, kini Anda harus tahu bahwa bisnis wajib menggunakan e-commerce. Berikut rangkuman singkat mengenai manfaat e-commerce yang harus Anda perhatikan dengan baik.

 

  • Bisa menghemat waktu lebih baik

    Kini transaksi jual beli produk tidak harus dilakukan secara konvensional atau mendatangi toko fisik. Anda bisa menggunakan e-commerce menjadi media digital yang bisa menghubungan pebisnis dengan konsumen secara langsung. Tentu waktu yang Anda miliki bisa dimanfaatkan untuk kegiatan lain yang lebih produktif. Pelanggan setia tidak perlu menghabiskan waktu lebih lama untuk mengantri atau membeli produk secara manual.

  • Bisa menjadi bisnis lintas wilayah

    Manfaat e-commerce bisa menghadirkan solusi penjualan produk tanpa terpengaruh batas wilayah. Kemudahan e-commerce yang mengandalkan teknologi dan bisa mengirim barang via ekspedisi sangat menguntungkan dua belah pihak. Ekspansi usaha secara internasional atau lintas negara bisa terwujud berkat e-commerce ini.

  • Bisa dilakukan tanpa modal besar

    Pengertian e-commerce memang menghubungkan penjual dan pembeli tanpa harus ada toko fisik. Anda yang tidak memiliki modal untuk membuka toko fisik pun, bisa melakukan transaksi penjualan e-commerce. Dengan modal terbatas saja, bisnis yang Anda jalani bisa memberikan keuntungan yang lumayan.

  • Menawarkan fleksibilitas yang tinggi

    Manfaat e-commerce bagi usaha Anda adalah penawaran fleksibilitas tinggi untuk konsumen. Konsumen tidak memiliki batasan waktu dan larangan untuk melihat katalog produk kapan saja. Mereka bebas melakukan order dengan waktu 24 jam penuh setiap hari. E-commerce bisa menjadi tempat untuk menghadirkan variasi atau pilihan produk yang tidak terbatas.

  • Bisa mengembangkan bisnis yang lebih besar

    Jangkauan yang sangat luas dengan proses pengiriman yang cepat menjadi tren jual beli di era digital. Anda yang ingin mengembangkan bisnis menjadi lebih besar, sah-sah saja. Gunakan dan manfaatkan e-commerce untuk mencapai tujuan usaha Anda. Adanya e-commerce bisa meningkatkan sistem promosi dan branding usaha Anda lebih baik lagi.

 

Baca Juga  :   Daftar Penghasilan YouTuber Indonesia dan Cara Mendapatkan Uang dari YouTube

 

Fungsi Dari E-commerce

Persaingan bisnis digital semakin ketat sehingga beberapa perusahaan pengembangan teknologi mulai membuat situs e-commerce yang menawarkan jasa pembuatan website untuk toko online. Tak heran kalau pengertian e-commerce semakin luas sebab memberikan fitur pelayanan pada pelanggan yang menarik. Jadi, pastikan Anda memiliki e-commerce sebagai media penjualan yang kredibel dengan calon pelanggan setia.

Ada 4 fungsi e-commerce yang ditawarkan kepada para pemilik usaha sebagai berikut :

 

  • Sangat mudah dan efisien

    Memilih e-commerce untuk pengusaha pemula bisa membantu belajar berjualan produk via website. Tidak ada kata terlambat untuk mulai penjualan digital pertama Anda. Toh, perusahaan e-commerce akan memberikan kemudahan dan efisiensi dalam hal mengurus domain, hosting, desain hingga konten website yang menarik.

  • Memiliki ragam fitur yang lengkap

    Pengertian e-commerce memang berbeda dengan marketplace yang memiliki lebih banyak penjual berbagai produk. E-commerce menyediakan banyak produk oleh satu penjual saja. Namun, Anda tetap bisa memaksimalkan fungsi e-commerce yang memiliki fitur lengkap seperti daftar pencarian, keranjang belanja, metode pembayaran, manajemen produk, chat dengan CS, dan lain-lain.

  • Memberikan keamanan yang maksimal

    Platform e-commerce memiliki keamanan yang telah dijamin pihak perusahaan pengelola sehingga Anda tidak perlu khawatir dengan risiko kebobolan data pelanggan. Setidaknya Anda bisa menjamin data pelanggan aman selama melakukan transaksi di e-commerce menggunakan kartu kredit atau sistem pembayaran lain.

  • Memberikan bantuan dan dukungan

    Fungsi e-commerce bisa memberikan bantuan dan dukungan lewat surel, telepon atau pesan ke contact center saat website terjadi masalah. Selama pengelolaan website toko online, Anda bisa tetap merasa aman dan nyaman dalam kondisi apapun sesuai pengertian e-commerce yang memudahkan transaksi penjualan dengan konsumen.

 

Baca Juga :   Belanja Hosting dan VPS Murah di ASEAN Online Sale Day (AOSD) 2020

 

Kelebihan Menggunakan E-commerce

Mengenal Apa Itu E-Commerce : Manfaat, Fungsi, Kelebihan, dan Cara Daftarnya
 

 

Bisnis yang menggunakan e-commerce bakal memiliki banyak kelebihan dibandingkan dengan bisnis konvensional. Toko fisik sudah mulai ketinggalan jaman di era modern yang serba praktis. Pengertian e-commerce memiliki ragam kelebihan yang wajib Anda perhatikan berikut :

 

  • Mempermudah pemasaran produk

    Pengertian e-commerce memang berkaitan dengan kemudahan transaksi penjual dan pembeli secara online. Tidak perlu sewa iklan offline, para pemilik usaha bisa memasarkan produk lewat dunia maya dan bahkan beriklan sekalian secara online dengan cara serta pendekatan yang lebih kreatif.

  • Kemudahan pembayaran

    Tak hanya memiliki keuntungan dari sisi pemasaran digital, e-commerce memiliki sistem pembayaran online yang bisa disesuaikan dengan keinginan pelanggan. Tak hanya bisa menggunakan sistem transfer saja, e-commerce juga memiliki kemudahan pembayaran sistem kredit atau menggunakan dompet digital yang kekinian.

  • Menawarkan kemudahan fitur di website

    E-commerce banyak diminati pembeli millenial karena memiliki fitur menarik seperti chat dan pesan pada penjual dan fitur search yang perlu kata kunci saja. Calon pembeli hanya perlu mengetikkan kata produk yang diinginkan, maka katalog e-commerce akan menampilkan daftar referensi pencarian tersebut. Mau memilih produk dari harga termurah hingga termahal, sah-sah saja.

 

Baca Juga  :  Rekomendasi Laptop Kantor Terbaik dan Murah di Tahun 2020

 

Cara Daftar E-commerce

Setelah memahami pengertian e-commerce, kini Anda harus tahu urutan cara mendaftar e-commerce untuk jual produk usaha berikut :

 

  1. Membuat website dan memilih jasa penyedia hosting terpercaya.
  2. Login ke member area dan memilih domain yang siap menjadi e-commerce.
  3. Masuk ke CPanel menggunakan password yang sudah dikirim ke email.
  4. Unduh WordPress dan Plugin WordPress termasuk Woocomerce yang bisa membangun website e-commerce.
  5. Melakukan registrasi keuangan Woocomerce dengan melengkapi semua data, alamat, akun bank, jenis produk, dan sistem pengiriman.
  6. Membuat tampilan website semenarik mungkin dan memasang produk yang hendak dijual pada calon pelanggan.
  7. Proses jual beli bisa terlaksana.

 

Baca Juga  :    Apa Itu Resesi Ekonomi, Dampak, Penyebab, dan Solusinya

 

Kesimpulan dan Penutup

Berikan kemudahan sistem pembayaran seperti penggunaan kartu kredit, dompet digital, transfer hingga proses pembayaran model cicilan sesuai dengan kebutuhan. Jangan lupa untuk update konten dan inovasi produk terbaru agar pelanggan setia mengunjungi website e-commerce Anda. Menautkan website online dengan media sosial bisa mendukung peningkatan penjualan produk dan membantu image branding yang baik.

Bagi Anda yang mungkin masih bingung dengan pengertian e-commerce dan cara daftar atau mengelola e-commerce, pastikan untuk menggunakan layanan jasa hosting dan pembuatan website e-commerce yang terbaik. Dengan memilih jasa pembuatan e-commerce yang kredibel, Anda memiliki kesempatan untuk mengembangkan bisnis menjadi semakin besar. Tidak menutup kemungkinan traffic website Anda semakin pesat seiring tampilan desain toko online dan konten yang menarik. Berdasarkan pengertian e-commerce di atas, apakah Anda tertarik untuk segera membuat website usaha?

 

 

 

 

 

Related Post :

popup image