5+ Situs Lowongan Kerja Terbaik 2022

Tips & Tricks / 0 | | 0

Teknologi yang terus berkembang mendorong perubahan dalam cara orang mencari pekerjaan. Jika dulu seseorang harus mengunjungi perusahaan secara langsung atau mengirim lewat pos untuk menyampaikan surat lamaran, sekarang Anda bisa melakukannya lewat internet. Ada banyak situs lowongan kerja yang bisa Anda gunakan. 

Website ini menyediakan informasi lowongan pekerjaan dari ratusan perusahaan, lho. Anda dapat mengaksesnya dengan mudah dan cepat. Selain itu, mengirim banyak lamaran pekerjaan dalam satu hari juga bukan masalah. Apa saja website tersebut? Kami merangkum website lowongan pekerjaan terpercaya yang paling populer di Indonesia. 

Baca Juga: Tips dan Trick Menulis Surat Lamaran Kerja (Bonus Contoh Surat Lamaran Kerja)

7+ Rekomendasi Situs Lowongan Pekerjaan Terbaik

Situs lowongan pekerjaan memiliki board job yang memudahkan Anda untuk melihat lowongan yang tersedia. Kebanyakan website berikut ini dapat Anda akses melalui PC ataupun smartphone. Simak rekomendasi lengkapnya!

  1. LinkedIn

Sebenarnya, LinkedIn bukanlah website yang dikhususkan untuk mencari pekerjaan. Platform yang sudah memiliki jutaan pengguna ini adalah media sosial yang bertujuan untuk menghubungkan para profesional. 

Lewat LinkedIn, Anda bisa berbagi konten-konten terkait bidang yang Anda geluti, bertemu orang-orang dari bidang yang sama atau berbeda dengan Anda, bahkan terhubung dengan HRD dari berbagai perusahaan. Saat ini, ada hampir 3 juta rekruter mencari calon karyawan lewat LinkedIn, lho. 

Untuk dapat menarik perhatian HRD, pastikan Anda melengkapi profil LinkedIn dengan baik dan sesuai dengan bidang keterampilan Anda. Anda juga bisa menggunakan fitur #OpenToWork agar pengguna LinkedIn tahu kalau Anda sedang mencari pekerjaan. 

LinkedIn memiliki job board yang memungkinkan Anda menemukan lowongan sesuai bidang keahlian Anda. Pengguna dapat melamar pekerjaan secara langsung lewat platform ini, jika beruntung, Anda bahkan juga bisa didekati oleh HRD lebih dulu! 

  1. JobStreet

Situs lowongan kerja yang dapat Anda coba selanjutnya adalah JobStreet. Platform yang satu ini merupakan salah satu penyedia informasi lowongan kerja yang memiliki paling banyak pengguna di Indonesia. JobStreet menyediakan ribuan lowongan kerja dari berbagai bidang.

Untuk melamar, Anda bisa melengkapi biodata, menuliskan pengalaman kerja, dan mengirimkan CV pada perusahaan tersebut. Dengan JobStreet, Anda juga bisa memantau status lamaran pekerjaan Anda, lho. Anda akan mendapatkan notifikasi jika lamaran pekerjaan tersebut sudah diproses atau ditolak. 

Tidak hanya itu, JobStreet juga memiliki fitur JELA (JobStreet English Assesment) yang memungkinkan Anda mengukur kemampuan berbahasa Inggris. Tes yang disediakan oleh JELA dapat Anda akses secara gratis dan nantinya dapat Anda cantumkan saat melamar kerja. 

JobStreet tidak hanya bisa Anda gunakan untuk melamar pekerjaan di daerah Anda saja, tapi juga dari daerah atau negara lain. Anda bisa mengatur bidang pekerjaan dan lokasi yang Anda inginkan saat ingin mencari pekerjaan. 

Baca Juga: Cara Membuat CV / Curriculum Vitae Berbahasa Inggris dan Contohnya

  1. Kalibrr

Kalibrr adalah situs lowongan kerja yang cocok untuk para fresh graduate. Website ini sudah bekerjasama dengan berbagai perusahaan ternama untuk dapat memberikan informasi lowongan pekerjaan dan membantu mereka mencari talenta yang sesuai dengan kebutuhan. Kalibrr memberikan Anda rekomendasi pekerjaan yang sesuai dengan minat dan kemampuan Anda. 

Anda juga bisa mengukur kemampuan dengan fitur skill test gratis yang bisa dicoba. Beberapa perusahaan besar yang sudah bekerjasama dengan Kalibrr adalah BCA, Mandiri, Tokopedia, Gojek, Astra, dan lain-lain. Jika Anda ingin berkarir di salah satu perusahaan tersebut, tak ada salahnya mencoba platform yang satu ini! 

  1. Tech in Asia

Tech in Asia memiliki slogan ‘Find a Startup Job You’ll Love’ yang membuat website lowongan kerja satu ini cocok untuk Anda yang ingin bekerja di startup atau perusahaan teknologi. Website ini menyediakan berbagai lowongan untuk level fresh graduate hingga senior. 

Kebanyakan lowongan yang ada di Tech in Asia berkaitan dengan bidang teknologi, misalnya developer, desainer, product manager, digital marketing, dan lain-lain. Industri yang bisa Anda masuki di website ini juga beragam, ada banyak perusahaan dari berbagai bidang yang memajang lowongannya di Tech in Asia. 

Mulai dari perusahaan media, e-commerce, fintech, pendidikan, kesehatan, travel, dan lain-lain. Anda juga bisa memfilter lowongan pekerjaan berdasarkan lokasi dan gaji yang Anda inginkan, lho. 

Baca Juga: 10 Daftar Pekerjaan/Karir di Bidang Teknologi yang Populer 2022

  1. Glints

 Glints adalah situs lowongan kerja yang bisa Anda coba selanjutnya. Website ini menyediakan ribuan informasi lowongan kerja dari berbagai bidang. Ada banyak perusahaan besar yang menggunakan Glints untuk menyebarkan informasi lowongan kerja mereka.

Glints juga memiliki fitur komunitas yang memungkinkan Anda untuk berdiskusi dengan pengguna lainnya. Website ini memiliki tampilan yang sederhana dan ringan, selain itu Anda juga bisa menggunakannya dengan aplikasi di smartphone. 

Dengan Glints, Anda bisa memfilter lowongan kerja berdasarkan lokasi, pengalaman kerja, dan bidang pekerjaan yang Anda inginkan. Tidak hanya pekerjaan full-time saja yang tersedia di sini, tapi Anda juga bisa mencari informasi part-time dan magang, lho.

  1. Glassdoor

Glassdoor adalah situs lowongan kerja yang memiliki tampilan minimalis dan modern. Website ini dapat Anda akses dengan cepat dan ringan baik melalui PC maupun smartphone. Glassdor cocok untuk Anda yang ingin mencari lowongan dari berbagai perusahaan terkemuka. 

Tidak hanya perusahaan dalam negeri saja, Anda juga bisa mencari lowongan pekerjaan dari luar negeri menggunakan webite yang satu ini. Selain informasi lowongan pekerjaan yang dimilikinya, fitur lain yang menarik dari Glassdoor adalah salary calculator yang memungkinkan Anda untuk mengetahui kisaran gaji sesuai dengan industri yang Anda tekuni, pengalaman kerja, juga lokasi. 

Sehingga, Anda bisa menjadikannya referensi ketika ingin negosiasi gaji di pekerjaan baru Anda nantinya. Glassdoor juga memiliki fitur yang membuat Anda bisa berbagi review tentang perusahaan tertentu, Anda juga bisa membaca review dari pengguna lain sebagai persiapan sebelum bekerja di perusahaan tersebut. 

Baca Juga: LinkedIn : Pengertian, Sejarah, Keunggulan dan Fungsinya

Penutup

Demikianlah situs lowongan kerja yang bisa Anda gunakan untuk melamar pekerjaan. Saat ini, melamar pekerjaan memang dapat dilakukan dengan mudah dan cepat, tapi tentunya Anda juga harus mempersiapkan diri agar lolos ke tahap interview, ya. Buatlah CV dan portofolio yang meyakinkan agar tim rekruter tertarik dengan lamaran kerja Anda.

Untuk membuat portofolio, Anda bisa menggunakan website pribadi yang berisi karya dan project yang pernah Anda kerjakan. WordPress Hosting IDCloudHost adalah layanan yang tepat untuk itu. Simpel, cepat, dan handal, website portofolio yang menarik bisa Anda buat dengan mudah tanpa coding sama sekali! 

Related Post :