Tips Membuat Caption Instagram yang Banyak Like dan Share untuk Bisnis

Serba Serbi, Tips & Tricks / 0 | | 0

Caption Instagram yang bagus akan menambah konteks, menunjukkan kepribadian dari merek atau brand bisnis Anda, menghibur penonton, hingga bahkan mampu membuat orang untuk mengambil tindakan. Ini semuanya tentu tidak terlepas dari andil dari sebuah teks yang sesuai dan tertarget sehingga menghasilkan konversi seperti yang diinginkan bagi sebuah brand bisnis di Instagram.

Panjang teks caption sendiri bisa hingga 2.200 karakter, termasuk emoji, dan hingga 30 hashtag dan buatlah teks caption tersebut semenarik mungkin serta menjadi perhatian dan mudah dibaca serta diikuti. Teks Instagram yang menarik akan menghasilkan lebih banyak keterlibatan atau engagement mengingat keterlibatan adalah salah satu dari tiga hal utama yang dipertimbangkan algoritma Instagram saat memesan konten di umpan pengguna.

Dapatkan lebih banyak like, share dan komentar bahkan pengikut yang dapat dicapai dari konten foto dan video yang Anda posting. Semua ini bisa terjadi kalau caption yang ditulis memang dirancang khusus dan dipikirkan secara matang. Baca terus untuk daftar ide caption Instagram yang menang dan dapatkan tip tentang cara menulis caption untuk bisnis Anda sendiri.

 

Mengapa Caption Instagram Penting

Tips Membuat Caption Instagram yang Banyak Like dan Share untuk Bisnis
 

Caption Instagram memungkinkan Anda mengekspresikan kepribadian merek Anda dengan cara yang tidak dapat dilakukan oleh foto sendiri. Anda dapat berbagi cerita, menceritakan lelucon, dan mempersonifikasikan bisnis Anda dengan berbicara langsung kepada pengikut Anda. Anda mungkin dapat melakukannya dengan video, tetapi itu berarti pengikut Anda harus benar-benar menonton video tersebut. Selain itu teks atau caption juga membawa pengaruh yang signifikan karena seseorang dengan cepat menelusuri feed mereka dapat membaca sekilas teks. Teks juga memberi Anda kemampuan untuk terlibat dengan pemirsa Anda. Anda dapat mengajukan pertanyaan, memicu debat, dan menawarkan peluang untuk memenangkan hadiah jika orang menyukai dan mengikuti halaman Anda.

Lalu mengapa keterlibatan atau engagement itu begitu penting? Mulai 2016 lalu, pengguna tidak lagi melihat postingan di feed mereka dalam urutan kronologis. Sebaliknya, konten diprioritaskan berdasarkan keterlibatan dan minat, serta waktu aktual saat konten tersebut diposting. Pada dasarnya, lebih banyak keterlibatan berarti posting Anda saat ini dan masa depan lebih cenderung dilihat. Dengan begitu banyak merek yang menggunakan Instagram yang bermakna perusahaan Anda perlu menonjol dari yang lainnya. Cara terbaik untuk melakukannya adalah dengan mempersonalisasi bisnis Anda melalui konten yang menarik, relevan, dan teks yang menarik.

 

Baca Juga  :    Cara Mengatasi Lupa Password (Kata Sandi) Akun Instagram

 

Tips dan Cara Membuat Caption Instagram

Tips Membuat Caption Instagram yang Banyak Like dan Share untuk Bisnis
 

Teks caption Instagram yang bagus akan menghentikan seseorang yang sedang menjelajah konten- konten Instagram sehingga mereka membaca teks caption Anda dan terlibat dengan postingan Anda tadi yang akan membuat peringkat posting Anda semakin naik menurut algoritma Instagram. Caption sendiri adalah alat canggih yang dapat digunakan untuk mendorong menekan tombol like, share, komentar, dan bahkan kunjungan ke situs web Anda.

Jika postingan Anda mendapat cukup engagement, itu bahkan mungkin berakhir di Explore Page. Terlebih lagi, teks adalah peluang besar untuk membangun hubungan yang lebih kuat dengan pemirsa Anda. berikut beberapa tips yang bisa Anda terapkan untuk membuat caption yang tepat bagi bisnis Anda.

 

Kenali audiens Anda

Siapa saja dari 1 miliar juta pengguna Instagram yang sesuai dengan profil pelanggan target bisnis Anda? Demografi Instagram menunjukkan kepada kita bahwa platform digunakan oleh orang-orang di semua golongan di seluruh dunia dan sedikit lebih populer di kalangan wanita daripada di kalangan pria. Tapi itu garis besarnya saja, karena semakin baik Anda mengenal audiens Anda, semakin mudah untuk menyesuaikan strategi pemasaran Instagram Anda dengan kebutuhan dan harapan mereka. Untuk itu, salah satu cara yang direkomendasikan adalah membangun persona audiens. Pola dasar ini menguraikan detail dasar tentang target pelanggan Anda, tujuan mereka, dan poin rasa sakit mereka. Panduan untuk membuat persona audiens menguraikan pertanyaan yang perlu Anda tanyakan pada diri sendiri untuk menentukan siapa pelanggan Anda, seperti :

 

  • Berapa umur target audiens Anda?
  • Di mana target audiens tinggal?
  • Pekerjaan macam apa yang target audiens miliki?
  • Apa yang target audiens lakukan di luar pekerjaan utama mereka?

 

Setelah mengetahui dengan siapa Anda berbicara, Anda dapat menjawab pertanyaan yang akan menginformasikan apa yang Anda masukkan dalam teks Anda, yakni :

 

  • Akankah audiens saya memahami referensi ini?
  • Apakah emoji dan netspeak pantas digunakan di sini?
  • Apakah saya perlu menambahkan lebih banyak konteks ke posting ini?

 

Jawab pertanyaan-pertanyaan diatas yang akan membuat mengambil tindakan dan keputusan pada langkah selanjutnya akan jauh lebih mudah.

 

Baca Juga :     Template Feed Instagram Gratis dan Mudah Diedit untuk Bisnis dan Personal

 

Identifikasi brand image Anda

Jika Anda belum mengidentifikasi brand image Anda sebagai bagian dari strategi pemasaran media sosial yang lebih luas, tanyakan pada diri Anda tentang ‘Kualitas dan nilai apa yang saya ingin brand saya wujudkan?’ Buat daftar dan gunakan untuk membentuk brand image Anda. Anda juga dapat mencoba menuliskan beberapa kata sifat yang menggambarkan bisnis Anda dan menggunakannya untuk menemukan nada yang tepat. Secara umum, pengguna Instagram tidak mengharapkan nada formal atau serius. Tentu saja itu tergantung pada industri dan audiens, tetapi Anda harus berusaha untuk tetap ringan, menggunakan humor jika sesuai, dan menunjukkan kepribadian dari bisnis Anda.

 

Jumlah karakter caption

Ingatlah bahwa kebanyakan orang menelusuri feed Instagram mereka dengan cepat, maka jika ada keraguan tentang berapa panjang teks Anda, buatlah caption agar tetap singkat. Berikan konteks di mana Anda perlu, tetapi jika postingan mampu memberi efek yang melebihi kata- kata, maka singkatlah caption Anda seapik mungkin agar sesuai dengan isi konten Anda. Sedikit catatan, untuk posting di feed, hanya tiga baris pertama dari sebuah teks yang akan ditampilkan. Untuk teks yang lebih panjang dari tiga baris, orang harus mengetuk “More” untuk membaca semuanya. Jika Anda ingin seluruh teks Anda ditampilkan, Instagram merekomendasikan penggunaan 125 karakter atau kurang.

 

Baca Juga  :     Tips dan Cara Meningkatkan Jumlah Follower Instagram dengan Mudah dan Cepat

 

Tempatkan kata-kata terpenting di awal caption

Sekali lagi, teks dipotong di umpan pengguna setelah beberapa baris teks, jadi Anda perlu menyampaikan poin utama atau ajakan bertindak segera agar tidak tetap dapat mempertahankan minat dan keingintahuan pembaca. Letakkan @sebutan dan hashtag lebih banyak lagi nanti di akhir caption. Selain itu, letakkanlah kata- kata utama dan terpenting bahkan keyword dari isi caption Anda di awal tulisan sehingga dapat memikat pembaca dan beri mereka alasan untuk mengklik “More”.

 

Edit dan tulis ulang

Luangkan waktu Anda dan jangan ragu untuk mengerjakan beberapa draf, terutama jika teks Anda lebih dari beberapa baris. Tulisan yang bagus, entah Anda bertujuan humor, pendidikan membutuhkan banyak draf dan pengeditan. Pastikan setiap kata mendukung konten dan pesan yang ingin Anda sampaikan dan potong kata-kata yang jelas tidak perlu agar sesingkat mungkin. Anda juga bisa meminta orang lain mengedit pekerjaan Anda karena bisa membantu Anda dalam melihat dan mencari kesalahan yang mungkin terlewatkan setelah menghabiskan begitu banyak waktu untuk menatap teks. Dengan alat manajemen media sosial seperti Hootsuite, Anda dapat mengatur tim dan alur kerja Anda untuk tinjauan dan persetujuan posting sebelum konten apapun diterbitkan.

 

Baca Juga  :     Cara Iklan di Instagram dengan Mudah dan Cepat untuk Pemula

 

Gunakan hashtag dengan bijak

Gunakan hashtag yang relevan dengan posting dan target audiens Anda serta jangan gunakan terlalu banyak sehingga membuat salinan Anda sesak dan menyulitkan untuk dibaca. Jika Anda tidak ingin teks Anda berantakan, ada dua cara untuk menyembunyikan hashtag Anda yakni :

  • Pisahkan hashtag Anda dari sisa teks Anda dengan menguburnya di bawah titik dan jeda baris. Setelah Anda selesai menulis teks, ketuk tombol 123. Pilih Return, lalu masukkan titik, tanda hubung, atau tanda bintang. Ulangi langkah-langkah tersebut setidaknya lima kali. Karena Instagram menutup teks setelah tiga baris, hashtag tidak akan dapat dilihat oleh pengguna kecuali mereka mengetuk opsi More.
  • Jangan menaruh hashtag di teks Anda sama sekali. Sebagai gantinya, tulis di bagian komentar tepat setelah Anda mempublikasikan posting. Setelah orang lain meninggalkan beberapa komentar, hashtag tidak akan dapat dilihat kecuali opsi Lihat semua dipilih.

 

Kesimpulan dan Penutup

Bila terkait pencitraan merek dan bisnis, ada prinsip berguna untuk dipertimbangkan yang pada dasarnya, mengunci identitas merek Anda akan memandu kata dan nada yang Anda gunakan. Mengingat Anda tidak bisa memenuhi ekspektasi bagi setiap pengunjung Instagram, Anda bisa saja berkemungkinan menarik klien yang salah. Karena itu, fokuslah pada pelanggan potensial Anda dan cara menarik mereka.

Ini akan membantu Anda tetap memperhatikan garis petunjuk dan memandu cara Anda menulis teks Instagram. Meskipun menjadi strategis adalah kuncinya, ini juga merupakan peluang untuk menunjukkan kepribadian merek Anda. Jadi, pastikan Anda menggabungkan sudut pandang unik merek Anda dengan gaya Instagram yang lebih ceria pada semua caption postingan Anda.

Related Post :