Tips Membuat Undangan Pernikahan Online dengan Menggunakan Website

Serba Serbi, Tips & Tricks / 0 | | 0

Setiap pernikahan adalah puncak dari kisah yang indah, merayakan alasan unik dua insan bergabung dalam hidup bersama. Saat Anda membuat undangan pernikahan sendiri, Anda menceritakan kisah Anda dengan cara yang segar dan unik seperti cerita Anda dan pasangan Anda. Template undangan pernikahan yang menarik dan berbeda dari kebanyakan adalah salah satu cara untuk merayakannya.

Perayaan pernikahan sendiri hampir tidak berubah dalam beberapa tahun terakhir, tetapi ada tren baru yang menjadi umum karena peran dominan internet. Salah satunya adalah membuat website yang didedikasikan untuk acara pernikahan. Situs web pernikahan pada dasarnya adalah pengganti digital untuk surat undangan fisik tradisional.

Namun, ada lebih banyak situs web pernikahan yang tidak hanya berfungsi sebagai undangan, tetapi memberikan informasi berharga tentang acara, menciptakan suasana yang tepat, dan memudahkan tamu untuk mempersiapkan acara. Selain itu, situs web pengantin dapat menjadi penyelamat nyata bagi pasangan muda karena memungkinkan untuk menghemat waktu dan mengumpulkan semua informasi penting di satu tempat, jadi tidak perlu menghubungi setiap tamu secara individu untuk berbagi detail yang sama.

 

Kegunaan Website Undangan Pernikahan Online

Tips Membuat Undangan Pernikahan Online dengan Menggunakan Website
 

Anda mungkin bertanya-tanya mengapa Anda harus memiliki situs web pernikahan. Tidak bisakah Anda mengirimkan undangan dan detail di Facebook atau WhatsApp? Tentu saja bisa, tetapi bagaimana jika beberapa tamu Anda tidak menggunakan platform media sosial? Bagaimana jika informasi mengenai undangan Anda hilang dalam rentetan pemberitahuan terbenam oleh ribuan chat?

Situs web pernikahan akan menyelamatkan Anda dari banyak stres. Bagaimana Anda melacak semua RSVP tersebut? Bagaimana Anda memastikan bahwa tamu Anda telah memperbarui informasi tanpa harus melakukan panggilan atau pesan teks pada saat-saat terakhir? Membuat situs web untuk pernikahan Anda juga merupakan cara yang bagus untuk berbagi cerita Anda sebagai pasangan kepada tamu Anda, dan cara yang bagus untuk mengirim foto sesudahnya.

 

Baca Juga :    Cara Membuat Logo Online dengan Cepat dan Mudah (GRATIS)

 

Tips Membuat Undangan Pernikahan Online Menggunakan Website

Tips Membuat Undangan Pernikahan Online dengan Menggunakan Website
 

Sebuah website pernikah tentunya mempunyai banyak unsur mulai dari cerita mengenai latar belakang sang mempelai, jadwal akad nikah hingga selebrasi perayaannya. Berikut ini cara- cara yang bisa Anda coba dalam membuat website undangan pernikahan Anda sendiri :

 

  • Pilih ukuran untuk undangan pernikahan Anda

    Jika Anda menggunakan bantuan software yang memiliki berbagai ukuran yang siap untuk setiap undangan dan pengumuman terkait pernikahan. Baik Anda mendesain undangan cetak formal atau mengirimkan undangan resepsi media sosial, Anda dapat memilih bentuk dan ukuran yang tepat.

  • Tetapkan tema Anda

    Anda telah berupaya keras untuk merencanakan tema dan palette keseluruhan pernikahan Anda, jadi manfaatkanlah sebaik-baiknya. Gunakan gaya yang sama saat mendesain situs web pernikahan Anda juga agar tidak membuatnya terkesan campur aduk.

  • Jangan sebutkan acara khusus undangan

    Setiap orang yang memiliki akses ke situs Anda ada di daftar tamu pernikahan Anda, tetapi itu tidak berarti mereka ada di semua daftar tamu. Jika Anda mengadakan acara eksklusif, seperti gladi resik makan malam yang hanya untuk pesta pernikahan atau makan siang khusus pengiring pengantin, tinggalkan acara tersebut dan bagikan informasi tersebut secara terpisah sehingga Anda tidak membuat tamu lain merasa tersisih.

  • Gunakan kata sandi (password)

    Sebagian besar platform situs web pernikahan memberi Anda opsi untuk melindungi situs Anda dengan kata sandi, dan itu adalah opsi yang sangat disarankan untuk Anda gunakan. Situs web pernikahan berisi informasi pribadi, dari tempat Anda dan tanggal pernikahan (makanan untuk penghancur pernikahan) hingga alamat surat Anda (untuk hadiah non-registrasi). Sebaiknya jagalah informasi pribadi dan tamu- tamu Anda.
     

    Baca Juga :     Cara Mempercepat Koneksi Wifi di Rumah dan Kantor

  • Hindari RSVP Digital

    Meskipun fitur ini mungkin tampak menggoda, pikirkan tentang terakhir kali Anda memasang acara di Facebook. Kemungkinan Anda memiliki banyak teman yang datang ke pesta ulang tahun Anda yang tidak melakukan RSVP serta teman yang mengatakan bahwa mereka akan datang dan kemudian membatalkannya. Tamu Anda tahu bahwa pernikahan Anda lebih resmi daripada pertemuan untuk minum-minum, tetapi RSVP online tidak dianggap seserius kartu kertas, jadi yang terbaik adalah memilih jalur formal. Selain itu, tamu Anda yang lebih tua atau kurang paham teknologi mungkin tidak berhasil melakukan RSVP online, yang berarti hitungan konfirmasi tamu Anda bisa gagal atau balasan bisa terlambat.

  • Sertakan informasi perjalanan terperinci

    Apakah perayaan Anda bersifat lokal atau Anda mengadakan pernikahan di tempat yang sangat jauh, akan ada tamu yang datang dari luar kota, jadi ide yang baik untuk memberi tahu mereka mengenai perjalanan dan akomodasi. Sertakan informasi tentang bandara terdekat atau cara terbaik untuk pergi ke kota, serta situs web, nomor telepon, dan kode pemesanan untuk hotel yang telah Anda booking. Jangan lupa sertakan informasi mengenai diskon apa pun yang Anda dapatkan untuk antar-jemput bandara atau mobil sewaan.

  • Atur Timeline

    Jika Anda telah merencanakan acara di sekitar tanggal pernikahan Anda(yang mengundang semua orang, pastikan untuk menyertakannya di situs web Anda. Tambahkan waktu, lokasi, dan kode pakaian untuk setiap acara sehingga tamu dapat berkemas sesuai dan memastikan mereka tepat waktu. Apabila Anda telah mengatur transportasi untuk tamu Anda, pastikan untuk meletakkannya di situs web Anda juga. Beri tahu tamu di mana harus bertemu dengan antar-jemput, kapan dan seberapa sering angkutan akan berangkat, dan kapan transportasi kembali ke penginapan mereka akan tersedia.

  • Buat galeri foto

    Tak perlu dikatakan, foto adalah inti dari situs pernikahan. Unggah beberapa gambar berkualitas di mana Anda dan pasangan Anda menikmati waktu terbaik dalam hidup Anda atau bagikan foto yang dibuat di studio untuk acara tersebut yang akan membuat website undangan pernikahan lebih menarik dan intim.

  • Permudah jalur komunikasi

    Salah satu keuntungan paling menonjol dari website undangan pernikahan online adalah Anda dapat menyematkan fitur layanan komunikasi real time. Anda dapat berbicara dengan tamu dan kontraktor Anda menggunakan obrolan yang disematkan, mengirim pesan pribadi dan grup, memulai forum untuk membahas masalah yang relevan, memulai jajak pendapat untuk mendapatkan umpan balik, menyiarkan email Anda agar semua orang diperbarui, dll. Anda juga dapat meminta RSVP untuk mengetahui siapa yang akan menghadiri acara tersebut.

 

Baca Juga :    Cara Membuat Website GRATIS dengan Mudah dan Cepat untuk Pemula

 

Kesimpulan dan Penutup

Hampir di semua tempat dan budaya mempunyai perayaan pernikahan hampir tidak berubah dalam kurun waktu terakhir. Hanya saja dengan adanya kemunculan dan inovasi serta digitalisasi saat ini membuat perayaan pernikahan menjadi lebih menarik dan berbeda. Salah satunya adalah membuat website yang didedikasikan untuk acara pernikahan mengingat cara ini lebih praktis dan efisien.

Situs web pernikahan pada dasarnya adalah pengganti undangan dalam bentuk digital yang menggantikan peran undangan fisik tradisional. Ada banyak alasan pasangan memilih menggunakan website undangan pernikahan online ketimbang menggunakan undangan kertas dan harus mengirimnya satu- persatu. Dengan mengganti undangan konvensional, maka Anda dapat menghemat budget Anda untuk pengiriman (terkadang melalui pos) hingga limbah kertas yang sia- sia.

Related Post :