Tips Sebelum Memulai Bisnis

Serba Serbi, Tips & Tricks / 0 | | 0

Kamu ingin memulai bisnis? Tapi masih bingung bagaimana cara untuk memulainya? Inilah 7 langkah sukses untuk kamu memulai bisnismu.

Curahkan Idemu

Setiap bisnis baru tentunya berawal dari sebuah ide. Entah itu sesuatu yang benar-benar kamu sukai, suatu hal yang kamu ketahui dan dibuat penasaran olehnya, atau bisa jadi sesuatu yang telah kamu temukan untuk memenuhi kebutuhan pasar. Dimanapun ketertarikanmu, selalu ada jalan untuk mengubahnya menjadi bisnis.

Setelah kamu memgantongi gagasan yang ingin di eksekusi, carilah perusahaan yang ada di industry pilihan kamu. Pelajarilah strategi apa yang sedang mereka jalankan dan temukan strategi kamu untuk bisa menjadi lebih baik dari perusahaan tersebut. Jika menurut kamu, bisnismu dapat menghasilkan sesuatu yang tidak dilakukan oleh perusahaan lain, ataupun memberikan hal yang sama namun kualitas lebih baik, dan lebih cepat atau lebih murah, maka kamu punya ide yang bagus dan siap untuk membuat perencanaan bisnis.

Pilihan lainnya, kamu dapat membuka franchise (waralaba) yaitu sebuah perusahaan yang sudah mapan. Konsep, brand following, dan business model sudah ada. Yang kamu butuhkan hanyalah lokasi yang tepat dan sarana untuk mendanai operasi bisnis kamu.

Buat Business Plan (Perencanaan Bisnis)

Selanjutnya, setelah kamu memiliki ide, kamu perlu mengajukan beberapa pertanyaan penting kepada diri sendiri; Apa tujuan bisnis kamu? Apa yang kamu jual? Apa tujuan akhir kamu? Bagaimana kamu membiayai startup mu? Semua pertanyaan ini bisa dijawab dalam perencanaan bisnis yang ditulis dengan baik.

Perencanaan bisnis membantu kamu mengetahui di mana perusahaan Kamu berjalan, bagaimana mengatasi kesulitan yang potensial dan apa yang kamu butuhkan untuk mempertahankannya.

Menilai keuangan Kamu

Memulai bisnis apa pun memiliki harga, jadi kamu perlu menentukan bagaimana kamu akan menanggung biaya tersebut. Apakah kamu memiliki sarana untuk mendanai startup kamu, atau apakah kamu perlu meminjam uang? Jika kamu berencana untuk membuat bisnis baru kamu menjadi pekerjaan penuh waktu kamu, sebaiknya kamu menunggu sampai kamu memiliki setidaknya sejumlah uang untuk biaya startup dan untuk mempertahankan diri kamu pada awalnya sebelum kamu mulai menghasilkan keuntungan.

Sementara banyak pengusaha memasukkan uang mereka sendiri ke perusahaan baru mereka, sangat mungkin kamu memerlukan bantuan keuangan. Pinjaman komersial melalui bank merupakan titik awal yang baik, walaupun ini seringkali sulit untuk diamankan.

Pilih Teknologi Bisnismu

Hampir setiap bisnis saat ini membutuhkan seperangkat alat berteknologi untuk dioperasikan. Beberapa akan lebih berteknologi berat daripada yang lain tergantung pada industry yang kamu jalankan, namun paling tidak, kamu mungkin memerlukan laptop bisnis atau perangkat cerdas yang hebat dan kamul untuk membantu kamu menjaga agar tetap teratur.

Karena banyak fungsi bisnis utama – akuntansi, faktur, perangkat lunak penjualan, presentasi, dll – sekarang dapat dikelola melalui aplikasi seluler, Kamu mungkin bisa lolos hanya dengan smartphone atau tablet. Untuk fungsi bisnis yang lebih kompleks, Kamu pasti ingin mempertimbangkan komputer dengan fitur keamanan yang kuat, pilihan penyimpanan dan kecepatan kinerja.

Membangun Tim

Joe Zawadzki, CEO dan pendiri MediaMath, mengatakan pengusaha perlu memberi “orang” elemen dari bisnis mereka, perhatian yang sama dengan produk mereka. “Produk kamu  dibangun oleh orang-orang,” kata Zawadski. “Mengidentifikasi tim pendiri kamu, memahami kesenjangan apa yang ada, dan menentukan bagaimana dan kapan Kamu akan menghadapinya harus menjadi prioritas utama. Mencari tahu bagaimana tim akan bekerja sama, sama pentingnya menentukan peran, tanggung jawab dan pembagian kerja.

Membuat Citra Merek

Sebelum kamu mulai menjual produk atau layanan kamu, kamu perlu membangun citra merek bisnismu atau biasa dikenal dengan kata branding dan mendapatkan orang yang figuratif sebagai brand ambassador produk kamu.

Buatlah logo yang dapat membantu orang mengidentifikasi merek kamu dengan mudah, dan konsisten menggunakannya di semua platform kamu, termasuk situs web perusahaan kamu, yang sangat penting. Gunakan media sosial untuk menyebarkan berita tentang bisnis baru kamu, dan manfaatkan media social sebaik mungkin untuk tempat marketing bisnis kamu.

 

Memulai bisnis bisa berisiko dan menantang, namun dipersenjatai dengan alat dan informasi yang tepat, kamu bisa menempatkan diri pada jalur menuju kewiraswastaan.

Related Post :