Tips Tetap Bekerja Dari Rumah Dengan Tenang Di Tengah Pandemi COVID-19

News & Release, Serba Serbi / 0 | | 0

Ketika pandemi COVID-19 merebak ke seluruh pelosok dunia, hampir semua kegiatan rutin dan normal kita menjadi terbatas bahkan hingga harus terhenti begitu saja. Banyak negara dan kota menutup akses masuk dan keluar mereka, pekerjaan di hentikan dan ditunda, para pekerja dipulangkan untuk melakukan pekerjaan mereka dari rumah saja.

Tindakan ini memicu social distancing massal yang membuat kita lebih paranoid dan berjaga- jaga takut tertular virus yang telah diresmikan sebagai pandemi dunia ini. Sekolah, pusat perbelanjaan, kantor dan tempat umum lainnya ditutup untuk mencegah penyebaran virus lebih luas lagi. Pusat- pusat pertolongan kesehatan juga telah didirikan dimana- mana agar memudahkan masyarakat dalam mengecek kesehatan mereka.

Social disanting ini menyekat hampir seluruh kehidupan normal kita, membuat kita terjebak di rumah dalam waktu yang tidak dapat ditentukan dan kekuatiran akan langkah selanjutnya. Ini adalah waktu yang baik untuk kita menggunakannya untuk beristirahat dan mengevaluasi sekaligus melindungi diri kita dari segala kemungkinan. Tetapi hal ini juga memicu kebosanan bagi mereka yang tidak biasa bekerja dari rumah, berikut adalah beberapa ide  dan tips yang bisa Anda coba untuk tetap bekerja dari rumah dengan tenang di tengah pandemi corona.

 

Jaga diri dan kesehatan Anda

Sebagai langkah pertama, jangan abaikan kesehatan fisik dan mental Anda. Kita seringkali lupa, selain menjaga kesehatan fisik, kita juga harus menjaga kesehatan mental karena ketegangan yang sekarang ada akan membawa pengaruh. Anda dapat mencoba melakukan relaksasi seperti yoga maupun menonton hiburan ringan, lakukan apa yang diperlukan untuk merawat tubuh dan pikiran Anda.

 

Pelajari keterampilan baru

Jika Anda terjebak di rumah, Anda akan mempunyai banyak waktu lebih dari jam kantor Anda biasanya. Manfaatkan waktu ini untuk mempelajari hal- hal atau keahlian yang sedari dulu ingin Anda pelajari dan kuasai.

 

Tinjau kembali proyek lama yang terlupakan

Periksa kembali proyek- proyek yang belum sempat atau yang terlupakan untuk Anda selesaikan. Bongkar kembali file- file komputer Anda dan pergunakan waktu lebih Anda untuk kembali memeriksa pekerjaan yang mungkin belum terperinci dengan benar atau kurang lengkap.

 

Gunakan sarana online untuk tetap berhubungan

Kecanggihan teknologi saat ini membuat kemudahan pekerjaan lebih efisien dan praktis, begitu juga sejak pandemi Corona merebak membuat kita menyadari ada banyak jenis pekerjaan yang bisa kita lakukan dari rumah dengan hanya koneksi internet saja. Dengan begini Anda tetap dapat melakukan meeting secara online dan mengirim pekerjaan Anda melalui email.

 

Tetap bersikap baik kepada sesama manusia

Jika Anda berbagi tempat tinggal dengan orang lain atau menggunakan transportasi umum, saat ini adalah saat yang tidak menguntungkan dengan keraguan dan kecurigaan yang membuat kita berpikir buruk. Salurkan rasa frustrasi Anda kepada cara lain yang lebih bermanfaat dan tetaplah jaga rasa simpati serta empati Anda terhadap sesama manusia.

 

Lakukan hal-hal menyenangkan

Meski dunia sedang dirundung masalah dan ketakutan massal dengan akftifasi lockdown dan social distancing, jaga mood Anda dengan melakukan hal- hal yang menyenangkan untuk tetap merasa tenang. Walau hanya dirumah, nikmati waktu istirahat Anda  bersama keluarga saat ini yang mungkin saja akan sulit didapatkan dalam keadaan yang normal. 

Baca Juga : Pandemi Corona Menyebabkan Social Distancing Secara Massal

Related Post :