Tips & Trick Strategi Pemasaran yang Efektif dan Efisien untuk Bisnis Online

Business, Marketing / 0 | | 0

Anda ingin membuka bisnis online? pastikan anda sudah mengetahui target konsumen anda. Baik itu bisnis pakaian, teknologi, maupun kecantikan anda harus juga membaca tren yang akan berpengaruh untuk beberapa tahun kedepan. Disini anda dapat menarik komsumen dengan strategi marketing.

Bisnis Online tidak memiliki batasan luasnya. Namun, dalam menarik konsumen yang tepat, Anda memerlukan strategi pemasaran yang tepat pula. Ada banyak sekali cara yang bisa digunakan untuk bisa memaksimalkan kegiatan pemasaran yang efektif untuk bisnis kita, terutama jika cara dilakukan dengan benar maka akan membuat bisnis menjadi lebih besar kedepannya.

Yuk simak artikel ini akan membahas tentang tips dan trick strategi pemasaran :

 

Apa Itu Strategi Pemasaran?

Strategi pemasaran merupakan sebuah upaya memasarkan suatu produk, baik itu barang atau jasa, dengan menggunakan pola rencana dan taktik tertentu sehingga jumlah penjualan menjadi lebih tinggi. Dapat diartikan strategi pemasaran yaitu suatu cara yang dilakukan oleh perusahaan dalam rangka mencapai tujuan tertentu, karena potensi untuk menjual produk terbatas pada jumlah orang yang mengetahui hal tersebut.

 

Strategi Pemasaran merupakan sebuah inti di sebuah perusahaan atau bisnis karena berfungsi untuk menentukan nilai ekonomi perusahaan, baik itu harga barang maupun jasa. Ada tiga faktor penentu nilai harga barang dan jasa, yaitu:

  • Produksi
  • Pemasaran
  • Konsumsi

Baca Juga :  Menyusun Digital Campaign Strategy Dalam Workshop Talentinc

 

Strategi Pemasaran Menurut Para Ahli

 

Beberapa ahli pernah menjelaskan tentang definisi strategi marketing, diantaranya adalah:

  1. Kotler dan Amstrong
    Menurut Kotler dan Amstrong pada tahun (2008), strategi pemasaran merupakan logika pemasaran dimana unit bisnis berharap untuk menciptakan nilai dan memperoleh keuntungan dari hubungannya dengan konsumen.
  2. Kurtz
    Menurut Kurtz pada tahun (2008),strategi pemasaran merupakan keseluruhan program perusahaan dalam menentukan target pasar dan memuaskan konsumen dengan membangun kombinasi elemen dari marketing mix; produk, distribusi, promosi, dan harga.
  3. Philip Kotler
    Menurut Philip Kotler, strategi pemasaran merupakan suatu mindset pemasaran yang akan digunakan untuk mencapai tujuan pemasaran, dimana di dalamnya terdapat strategi rinci mengenai pasar sasaran, penetapan posisi, bauran pemasaran, dan budget untuk pemasaran.
  4. Tjiptono
    Menurut Tjiptono, pengertian strategi pemasaran merupakan alat fundamental yang dirancang untuk mencapai tujuan perusahaan dengan mengembangkan keunggulan daya saing yang berkesinambungan melewati pasar yang dimasuki, dan progam pemasaran yang digunakan untuk melayani pasar target tersebut.

 

Fungsi Strategi Pemasaran

Secara garis besar ada 4 fungsi strategi pemasaran, diantaranya:

1. Meningkatkan Motivasi untuk Melihat Masa Depan

Strategi pemasaran berfungsi untuk memotivasi manajemen perusahaan agar berpikir dan melihat masa depan dengan cara yang berbeda. Inilah yang sangat diperlukan untuk menjaga kelangsungan perusahaan di masa depan. Hal penting bagi perusahaan anda untuk mengikuti tren pasar, namun terkadang perusahaan juga harus memiliki inovasi dengan sesuatu yang baru.

2. Koordinasi Pemasaran yang Lebih Efektif

Pada perusahaan harus memiliki strategi pemasarannya sendiri. Strategi pemasaran ini berfungsi untuk mengatur alur jalannya perusahaan sehingga membentuk tim dengan koordinasi yang lebih efektif dan sesuai target. Sehingga akan mempermudah tim dalam mencapai objektif yang  ingin dicapai untuk perusahaan melalui kegiatan pemasaran tersebut.

3. Tujuan Perusahaan

Jika anda memiliki bisnis atau perusahaan tentunya anda harus memiliki dan mengerti tujuan perusahaan anda. Disinilah peran strategi pemasaran maka pelaku usaha akan terbantu untuk membuat detail tujuan yang akan dicapai, untuk jangka panjang maupun jangka pendek.

4. Pengawasan Kegiatan Pemasaran

Ketika anda menerapkan strategi pemasaran maka perusahaan akan memiliki standar prestasi kerja para anggotanya. Hal ini berarti, pengawasan kegiatan para anggota akan lebih mudah dipantau untuk mendapatkan mutu dan kualitas kerja yang efektif.

 

Tujuan Strategi Pemasaran

Secara umum, ada 4 tujuan strategi pemasaran, diantaranya adalah:

  • Untuk peningkatan kualitas koordinasi antar individu dalam pemasaran produk.
  • Sebagai alat ukur dan review hasil pemasaran berdasarkan standar yang telah ditentukan.
  • Sebagai dasar untuk mengambil keputusan pemasaran.
  • Peningkatkan kemampuan dalam beradaptasi bila terjadi perubahan dalam pemasaran.

 

Tips dan Trick Strategi Pemasaran Efektif

Ada banyak strategi promosi atau pemasaran yang dapat Anda terapkan untuk bisnis UKM Anda. Berikut adalah tips dan trick dalam merancang strategi marketing:

1. Kenali Pelanggan

Hal yang paling penting dalam melakukan pemasaran adalah riset tren pasar. Anda dapat menemukan segmentasi pasar yang tepat sehingga produk Anda dapat bersaing dan dapat membaca pesaing anda dalam mengembangkan pasar. Anda harus melakukan riset mulai dari mengetahui pesona dari pelanggan Anda berdasarkan produk Anda.

Pastikan Anda sudah mengantongi masalah yang sebenarnya ingin Anda selesaikan sehingga dengan adanya solusi dari Anda Anda akan lebih mudah untuk bisa memasarkan produk ke pelanggan yang  tertarget  yang ingin membeli produk Anda.

2. Melakukan Promosi

Setelah anda melakukan riset pasar,langkah selanjutnya adalah melakukan promosi. Usahakan promosi dilakukan dengan cara yang kreatif sehingga dapat membuat pelanggan tertarik. Jangan lupa untuk melakukan promosi secara konsisten dan berulang kali. Anda juga dapat melakukan promosi melalui media sosial.

Pastikan Anda melakukan kegiatan promosi berdasarkan riset  yang telah Anda lakukan sekaligus memilih channel terbaik untuk kegiatan promosi Anda agar mempermudah Anda dalam menyampaikan konten pemasaran yang akurat dan diterima oleh pelanggan maupun calon pelanggan Anda.

3. Tempat Usaha Strategis

Hal ini termasuk poin penting, pilihlah lokasi usaha yang strategis dan sesuai dengan hasil riset pasar yang Anda lakukan sebelumnya. Anda harus mempertimbangkan lokasi yang strategis, pastikan lokasi usaha Anda mudah dijangkau oleh konsumen dan operasional usaha anda. Terutama di kota besar dan pusat perkantoran, Dampak dari pemilihan lokasi usaha yang strategis dan tepat merupakan strategi pemasaran yang dapat menjaring cukup banyak pelanggan.

4. Buatlah Anggaran

Setelah mengenali pelanggan, mengetahui jenis promosi seperti apa, kemudian menemukan tempat bagi usaha anda. Sesuaikanlah dengan anggaran anda. Mengapa anggaran begitu penting dalam strategi pemasaran? Mungkin sebagian orang berpikir posting di media sosial saja sudah cukup, tanpa perlu mengeluarkan dana alias gratis.

Padahal, Sebenarnya anda wajib untuk mengeluarkan dana untuk iklan di Google Ads, Facebook Ads, Instagram Ads, atau platform iklan online lainnya. Dengan memanfaatkan feed dapat membuat konten anda menarik bagi calon konsumen. Anda harus membuat estimasi biaya untuk iklan di media sosial agar anggaran tersebut berjalan efektif dan tidak membebani.

5. Menjalin Hubungan Baik dengan Pelanggan

Pelanggan adalah aset yang cukup berharga bagi perusahaan. Oleh karena hal itu, berilah pelayanan terbaik untuk pelanggan Anda. Jalinlah hubungan baik dengan konsumen dengan menanggapi saran atau keluhan mereka. Jangan ragu untuk memberikan diskon ataupun hadiah kepada pelanggan setia Anda. Jika Anda melakukan hal tersebut, tak menutup kemungkin pelanggan akan merekomendasikan produk Anda kepada orang lain secara sukarela.

6. Gunakan Google Bisnisku

Pernah kah anda mendegar kata Google Bisnisku? Google Bisnisku merupakan sebuah fitur untuk pemilik bisnis yang berguna untuk mempermudah calon konsumen untuk mengetahui informasi lengkap usahanya. Dari nama bisnis, alamat perusahaan, nomor telepon perusahaan, alamat email perusahaan, jam operasional, website perusahaan, foto kantor, hingga review pelanggan.

Tampilan Gooogle Bisnisku IDcloudhost
 

Dengan mendaftarkan bisnis Anda di Google Bisnisku, kantor, restoran, atau perusahaan Anda otomatis muncul di Google Maps. Pelanggan yang ingin datang ke tempat bisnis Anda akan mudah menuju lokasi dengan bantuan Google Maps.

Baca Juga : Manfaat Google Bisnisku untuk Bisnis And

7.  Wajib Punya Akun Media Sosial

Dalam strategi Marketing, anda wajib memiliki akun Ada Facebook, Instagram, Twitter, LINE, Pinterest, LinkedIn, hingga YouTube. Anda dapat memanfaatkan media sosial dan aktif berinteraksi dengan audiens. Menurut Gabriel Weinberg dan Justin Mares ada beberapa cara untuk memetakan strategi pemasaran di media sosial. Salah satunya adalah Teknik Bulls Eye terdiri dari lima langkah, yaitu Brainstorming, Rank, Prioritize, Test, dan Focus On.

8. Email Marketing

Email marketing merupakan salah satu komponen yang penting walaupun terkadang sebagai spam yang berpotensi mengganggu konsumen. Namun di era digitalisasi, Rata – rata baik individu maupun perusahaan selalu menggunakan email. Anda dapat memberikan konten promosi dengan mengirim email ke pelanggan anda. Baik yang berlangganan newsletter maupun tidak. Hal ini terbukti, dapat menjangkau lebih banyak pelanggan.

Order :  Layanan Email Profesional menggunakan namaemail@domainAnda.com

 

Penutup dan Kesimpulan

Strategi online merupakan hal yang paling penting dalam mendirikan bisnis online. Anda wajib melihat kondisi dan tren pasar sebelum memulai sebuah bisnis. Begitu juga kompetitor, anda harus jeli dalam melihat peluang dan memberikan inovasi.

Bahkan Tujuan dari strategi marketing ini dapat peningkatan kualitas koordinasi, alat ukur dan review, serta keputusan pemasaran. Hal ini dapat menjadi parameter anda dalam menentukan strategi marketing.

Karena bisnis yang efisien dibentuk oleh strategi marketing yang sudah dibentuk oleh jauh – jauh hari. Sesuaikanlah anggaran biaya dalam membuat bisnis. Hal ini agar dapat mengantisipasi over budget dalam bisnis anda.

Related Post :

popup image