logo 5+ Tools Social Media Specialist Terbaik yang Wajib Anda Kuasai - IDCloudHost

5+ Tools Social Media Specialist Terbaik yang Wajib Anda Kuasai

5+ Tools Social Media Specialist Terbaik yang Wajib Anda Kuasai

Perkembangan teknologi membuat pekerjaan di bidang digital banyak diminati saat ini. Salah satu pekerjaan yang semakin populer beberapa tahun terakhir adalah social media specialist. Anda yang berminat meniti karir di dunia digital mungkin sudah familiar dengan profesi yang satu ini, atau bahkan berminat menekuninya juga. 

Menjadi seorang social media specialist membuat Anda memiliki peluang untuk bekerja di banyak industri. Anda bisa bekerja di industri F&B, fashion, kecantikan, pendidikan, fintech, kesehatan, hiburan, dan masih banyak yang lainnya.

Saat ini pemasaran digital dilakukan oleh bisnis dari berbagai skala, mulai dari perusahaan besar hingga UMKM. Karena itulah, memiliki keahlian mengelola media sosial bisa membuat Anda berpeluang besar berkarir di mana saja. 

Apakah Anda tertarik untuk berkecimpung di dunia digital marketing sebagai social media specialist? Jika iya, tentunya ada beberapa hal yang perlu Anda kuasai dan persiapkan. Salah satunya adalah memahami tools yang sering digunakan untuk pekerjaan yang satu ini. 

Apa Itu Social Media Specialist?

5+ Tools Social Media Specialist Terbaik yang Wajib Anda Kuasai

Social media specialist bertugas untuk mengelola akun media sosial milik perusahaan atau brand. Walaupun terdengar sederhana, pekerjaan yang satu ini ternyata tidak mudah, lho. Sebagai social media specialist, ada banyak hal yang harus Anda lakukan di samping membuat caption dan mengupload konten. 

Socmed specialist harus membuat konsep dan mengeksekusi pembuatan konten dari tahap awal hingga akhir. Mereka terlibat langsung dalam tahap perencanaan, proses pembuatan, hingga menganalisis performa konten ketika sudah dipublikasikan. Namun, biasanya social media specialist tidak bekerja sendirian. Mereka harus berkoordinasi dengan tim lain seperti desainer grafis, videografer dan video editor, juga copywriter

Tujuan dari social media marketing bisa beragam, mulai dari membangun brand awareness hingga meningkatkan penjualan. Karena itu, social media specialist haruslah bisa berpikir strategis dan kreatif untuk mencapai tujuan marketing tersebut. Jika bekerja di sebuah perusahaan, social media specialist biasanya berada dalam tim marketing dan bertanggungjawab kepada marketing manager. 

Namun, pilihan karir bagi social media specialist tidak terbatas hanya di perusahaan saja, lho. Ada banyak organisasi dan individu yang membutuhkan seorang ahli untuk mengelola channel media sosial mereka. Selain itu, Anda juga bisa bekerja secara freelance. Apalagi saat ini sudah banyak website freelance yang membuka peluang untuk bekerja dari mana saja dan mendapat klien dari seluruh dunia. 

Tools Social Media Specialist Terbaik 

5+ Tools Social Media Specialist Terbaik yang Wajib Anda Kuasai

Setelah memahami apa itu social media specialist dan sekilas tugas-tugasnya, Anda pasti bertanya-tanya tools apa saja yang harus dikuasai oleh social media specialist. Berikut adalah beberapa tools social media specialist yang wajib Anda ketahui.   

  1. Buffer

Buffer adalah platform yang memungkinkan Anda untuk memanajemen media sosial secara efisien dan efektif. Platform ini cocok digunakan oleh semua skala bisnis, bahkan oleh UMKM ataupun individu sekalipun. Tools yang satu ini membantu Anda untuk memposting konten lebih teratur di channel media sosial yang Anda miliki. 

Buffer memiliki fitur untuk publikasi atau scheduling, melihat engagement, bahkan analytics. Tidak hanya itu, Anda bahkan bisa membuat landing page sederhana dengan tools yang satu ini, lho.

Buffer memiliki tampilan yang sederhana dan ramah pengguna, sehingga Anda akan lebih mudah mengoperasikan software yang satu ini. Selain itu, aplikasi ini juga dapat Anda gunakan secara gratis selamanya. Namun, untuk mengakses semua fitur secara penuh Anda harus membayar biaya berlangganan mulai dari $6 per bulan. 

  1. Creator Studio

Creator Studio merupakan tools yang bisa Anda gunakan untuk memanajemen konten di channel media sosial yang dibawahi Meta. Awalnya, tools ini hanya ditujukan untuk konten-konten Facebook saja, tapi kemudian berkembang hingga saat ini juga bisa digunakan untuk Instagram. 

Creator Studio merupakan tools yang serbaguna dan memiliki banyak fitur, sehingga sangat penting dikuasai bagi Anda yang ingin melakukan social media marketing di kedua platform tersebut. Dengan tools ini Anda bisa mempublikasikan, menjadwalkan, melihat traffic dan engagement, hingga mengelola monetisasi konten baik Anda. Platform ini juga memungkinkan Anda untuk memposting sebuah konten ke beberapa halaman sekaligus, sehingga proses publikasi menjadi lebih efisien. 

  1. Hootsuite

Hootsuite merupakan tools social media specialist yang paling populer dan sudah digunakan oleh banyak orang. Saat ini, mereka memiliki hampir 20 juta pengguna di seluruh dunia. Bahkan, banyak perusahaan besar yang juga mempercayakan pengelolaan media sosial mereka dengan tools yang satu ini, lho. 

Kepopuleran ini adalah karena lengkapnya fitur yang dimiliki oleh Hootsuite dan kemudahan dalam mengoperasikannya. Hootsuite memungkinkan Anda untuk menjadwalkan konten, memantau engagement, menjalankan campaign iklan, serta memposting di beberapa media sosial sekaligus. 

Karena platform ini mampu mengintegrasikan beberapa channel media sosial yang Anda miliki, maka Anda tidak perlu repot berpindah-pindah akun jika ingin memposting konten. Selain itu, Hootsuite juga memiliki konten yang memungkinkan Anda untuk mengumpulkan informasi tentang apa yang dibicarakan audiens mengenai brand dan niche Anda. 

Hal ini tentunya membuat Anda lebih mudah dalam membalas dan berinteraksi dengan mereka. Tak hanya itu, informasi ini juga membantu Anda untuk riset tren di kalangan audiens. 

  1. BrandWatch

Brandwatch dulunya bernama Falcon.io. Tools social media specialist yang satu ini menggabungkan semua hal yang dibutuhkan oleh social media marketer dalam sebuah platform tunggal. Anda bisa mengelola media sosial dengan berbagai fitur yang menarik di dalamnya. Mulai dari publikasi, memantau engagement, analytics, hingga membangun landing page sederhana. 

Hal menarik dari Brandwatch adalah tools ini dapat membantu Anda mendapatkan data mengenai tanggapan audiens tentang produk atau brand Anda. Selain itu, Brandwatch adalah tools yang sudah dilengkapi AI yang membantu Anda mengenali karakter audiens lebih dalam. 

  1. Social Blade

Social Blade merupakan tools social media specialist yang sangat berguna dalam melakukan riset. Tools ini membantu Anda mengetahui kepopuleran akun-akun yang ada di media sosial, mulai dari Twitter, Instagram, YouTube, dan TikTok. Fitur ini tentunya sangat berguna, terutama jika Anda ingin menjalankan strategi influencer marketing.

Dalam melakukan campaign bersama influencer, Anda tentunya harus melakukan riset untuk mengetahui kecocokan brand Anda dengan influencer tersebut, bukan? Selain membantu Anda melakukan analisis kepopuleran sebuah akun, SocialBlade juga membantu Anda untuk menganalisis kompetitor. Aplikasi yang satu ini akan menampilkan update pertumbuhan followers dari akun kompetitor setiap harinya. 

  1. Hubspot

Tools social media specialist dari HubSpot adalah bagian dari software marketing all-in-one mereka. Aplikasi ini sangat kaya fitur dan serbaguna, tapi Anda harus membayar biaya berlangganan setiap bulannya. Dengan biaya mulai dari $50 per bulan, Anda sudah bisa mendapatkan tools yang mampu mengintegrasikan segala aktivitas digital marketing Anda. 

Tidak hanya media sosial, Hubspot bahkan dapat Anda gunakan untuk email marketing, SEO, hingga CRM. Semua aktivitas marketing tersebut dapat berjalan hanya dengan satu aplikasi saja. Mudah, bukan? 

Dengan menggunakan Hubspot, Anda bisa melakukan cross-posting ke berbagai platform, hingga menjalankan analytics untuk setiap channel digital marketing Anda. Anda juga bisa membandingkan hasil dari berbagai kegiatan marketing yang Anda jalankan dan mengukur ROI yang Anda dapatkan.  

Skill Social Media Specialist

5+ Tools Social Media Specialist Terbaik yang Wajib Anda Kuasai

Selain tools, yang tak kalah penting adalah skill social media specialist itu sendiri. Bagi Anda yang ingin berkarir di bidang ini, berikut adalah beberapa hal yang harus Anda kuasai. 

  1. Kemampuan Komunikasi

Skill social media specialist yang pertama adalah komunikasi. Hal ini karena Anda senantiasa berhubungan dengan orang banyak, bagi secara langung maupun online lewat media sosial. Sebagai social media specialist, Anda harus bisa membangun komunitas untuk brand Anda dan membina hubungan baik dengan konsumen. 

  1. Menulis dan Storytelling

Skill social media specialist berikutnya adalah menulis dan storytelling. Sebagai seseorang yang terlibat dalam tiap tahap produksi konten, kemampuan menulis dan storytelling yang kuat sangat penting untuk menetapkan tone yang tepat dan membuat konten yang menarik serta relevan di seluruh platform yang benar-benar mewakili perusahaan.

  1. Wawasan Tentang Berbagai Platform Media Sosial

Dengan media sosial yang berkembang dengan sangat cepat, Anda harus tetap up to date dengan tren dan mampu mengetahui apa yang dapat dilakukan setiap channel tersebut. Selain itu, Anda harus tahu untuk apa setiap platform harus dioptimalkan. Tak hanya itu, social media specialist juga diharapkan bisa meneliti dan menemukan channel baru, peran Anda yang satu ini dapat memastikan hasil yang luar biasa untuk seluruh tim pemasaran digital.

  1. Mengikuti Tren

Konten Anda akan muncul saat audiens mencari sesuatu yang berhubungan dengan tren, hal ini akan membantu mempercepat pertumbuhan akun media sosial brand Anda, lho. Dalam social media marketing, ada istilah yang disebut dengan riding the wave, yang berarti mengikuti tren yang sedang beredar. 

Dengan mengikuti tren, Anda jadi bisa membuat konten yang relate dengan banyak orang. Namun, jangan lupa tetap sesuaikan dengan identitas brand Anda, ya!  

  1. Kreatif

Menjadi unik adalah tantangan terbesar bagi brand di tengah media sosial yang dipenuhi konten baru setiap waktu. Setiap social media specialist tentunya ingin membuat konten yang menarik, bukan? Konten yang viral dan memancing banyak interaksi serta diskusi di kalangan audiens tentu menjadi dambaan setiap brand.

Penutup

Demikianlah penjelasan tentang tools social media specialist yang harus Anda kuasai untuk berkarir di bidang yang satu ini. Selain mengasah skill dan memahami tools, yang tak kalah penting adalah memiliki portofolio agar lebih mudah meyakinkan HRD dan klien dalam mendapatkan pekerjaan. Yuk, gunakan Website Instan IDCloudHost yang memungkinkan Anda untuk membuat landing page dan bio link untuk menunjang portofolio tanpa coding sama sekali!

Solusi Sempurna untuk Bisnis Anda

Dalam Waktu 3 Menit, Anda akan mendapatkan semua
layanan dengan cepat. Tidak ada kewajiban untuk upgrade,
downgrade atau cancel setiap waktu

Buat Private Cloud
Subscribe here to get update
popup image