Trend Social Media Terupdate dan Terbaru di tahun 2020

Serba Serbi, Startup & Bisnis / 0 | | 1

Di era milenial seperti saat sekarang ini, sosial media sebagai salah satu hasil dari perkembangan teknologi nampaknya sudah sangat lekat dari aktivitas dan keseharian masyarakat dunia saat ini. Dan di setiap tahunnya selalu ada saja tren baru dari sosial media yang seru dan menarik untuk kita ikuti. Dan di sini akan dibahas tentang trend social media terupdate dan terbaru di tahun 2020

Jika dulu Kita hanya mengenal Facebook, Twitter, Snapchat, Telegram dan juga yang sempat eksis pada jamannya; BBM, Kakao Talk, Line, dan lain-lain. Beberapa tahun terakhir kita dibuat tertarik dengan salah satu aplikasi sosial media lainnya yaitu Instagram dan Youtube yang belakangan ini juga mulai meningkatkan eksistensinya.

Akhir-akhir ini kita disuguhkan dengan tren foto-foto keren instagramable di Instagram juga trendvlog video di Youtube. Yang di mana sekarang, banyak anak muda bahkan sampai orang dewasa yang berlomba-lomba untuk meningkatkan eksistensinya di dunia maya dengan menggunakan dan memanfaatkan keduaaplikasi ini;yaitu Instagram dan Youtube.

Sudahkah Kamu memperkirakan trend sosial media apa saja yang kiranya akan eksis di tahun 2020? Di artikel ini, mimin akan membahas tentang trend social media terupdate dan terbaru di tahun 2020. Dan yang akan diulas lebih dalam adalah mengenai Instagram dan Youtube yang kinimulai bersaing untuk meningkatkan eksistensinya.

 

Trend Aplikasi Instagram di tahun 2020

Trend Instagram 2020
 

Trend social media terupdate dan terbaru di tahun 2020. Akansaya awali dengan membahas aplikasi Instagram. Instagram merupakan salah satu sosial media yang paling laris dan paling banyak diminati. Bahkan hampir semua penjuru dunia sudah mengenalnya dan menggunakannya, termasuk di Indonesia sendiri. Tak heran jika Instagram masuk ke dalam kategori trend social media terupdate dan terbaru di tahun 2020.

Instagram berasal dari dua kata; “Insta” yang berarti cepat dan “Gram” yang berarti pesan. Sehingga Instagram bermakna sebuah aplikasi pesan cepat. Yang di mana dapat kita manfaatkan untuk berbagi pesan kepada orang lain dengan cepat, tergantung dari akses jaringan internet yang kita miliki.

Instagram sendiri mulai hadir dalam barisan sosial media, sejak awal kemunculannya yang dirilis pada 10 Oktober 2010. Dan setahun setelah peluncurannya,Instagram sudah diunduh oleh kurang lebih 7 juta pengguna. Instagram diciptakan oleh seorang pemrogram komputer dan pengusaha internet yaitu Kevin Systrom dan Mike Krieger.

Aplikasi Instagram, selain bisa kita gunakan untuk berkirim pesan. Juga dapat kita manfaatkan sebagai sarana bisnis, iklan, promosi, atau juga sebagai sarana untuk meningkatkan eksistensi diri. Sebagaimana umumnya masyarakat masa kini yang suka memamerkan gaya hidup, barang kepunyaan, momen liburan bersama keluarga, teman, sahabat dan kerabat bahkan momenqualitytime bersama pasangan.

Ya, tentu itu semua hak setiap pengguna. Asal tidak melanggar peraturan dan ketentuan yang sudah dibuat dari pihak Instagram sendiri dan juga tidak melanggar peraturan pemerintah dalam bidang teknologi informasi dan komunikasi (TIK). Selain digunakan sebagai ajang narsis oleh anak-anak atau generasi masa kini yang lebih akrab disebut dengan jamannow. Aplikasi Instagramyang telah menjadi trend social media terupdate dan terbaru di tahun 2020 juga dijadikan sebagai ajang perlombaan untuk mengumpulkan banyak pengikut atau followers.

Tujuannya sendiri beragam, mulai dari sekedar ingin tenar dan terkenal, juga sebagai sarana untuk mempromosikan barang dagangan, karya dan bisnis diri sendiri atau karya dan bisnis orang lain dalam bentuk endorsemen. Akun Instagram yang memiliki banyak pengikut seperti contohnya akun publik figur atau artis biasanya akan banyak dilirik oleh pelaku bisnis untuk diajak bekerja sama mempromosikan suatu produk.

Selain itu, Instagram juga dilengkapi dengan fitur-fitur yang menarik. Seperti, instastorie yang dilengkapi dengan berbagai filter dan gaya, juga pilihan fitur di dalamnya seperti boomerang, membuat cerita dengan kata-kata yang dilengkapi dengan berbagai font menarik, juga siaran langsung, dan lain-lain. Sangat menarik sekali, bukan? Maka tak heran, jika Instagram salah satu trend social media terupdate dan terbaru di tahun 2020 yang paling laris di era modern ini.

Selain untuk berkirim pesan, Instagram juga bisa kita gunakan sebagai galeri menyimpan hasil photography yang kita tangkap. Kita juga bisa memanfaatkan fitur filter dan teman-temannya pada bagian awal aplikasi saat akan membagi postingan ke linimasa atau feeds. Ada berbagai filter keren dan menarik di sana.

Berikut Kamu juga bisa mencoba 3 aplikasi editor foto tambahan di gawai atau smartphone Kamu, untuk mempercantik hasil fotomu.

  1. Lightroom CC

    Aplikasi pertama yang bisa mendukung Instagram mempertahankan eksistensinya dalam trend social media terupdate dan terbaru di tahun 2020 adalah aplikasi lightroom CC. Lightroom CC adalah salah satu aplikasi editor foto yang paling laris di dunia. Dilengkapi dengan banyak fitur dan pilihan filter yang bisa Kita kreasikan sendiri.
     
    Selain itu, Kita juga bisa menciptakan presets light room kita sendiri dan mengaplikasikannya ke hasil tangkapan kamera Kita. Bahkan hasil foto dari kamera gawai atau smartphone pun bisa Kita edit sedemikian rupa seperti foto hasil tangkapan kamera digital. Menarik, bukan? Silakan dicoba.

  2. VCSO

    Aplikasi kedua yang bisa mendukung Instagram mempertahankan eksistensinya dalam trend social media terupdate dan terbaru di tahun 2020 adalah VCSO. Aplikasi editor foto selanjutnya yang juga tidak kalah menariknya dari Lightroom CC adalah aplikasi VCSO. Aplikasi ini lebih simpledan lebih mudah untuk kita gunakan.
     
    Untuk kamu yang masih pemula dalam dunia editing foto, saya sarankan untuk menggunakan aplikasi ini. Meskipun tidak selengkap fitur aplikasi sebelumnya, tapi fitur dalam aplikasi VCSO juga tidak kalah menakjubkan. Penasaran? Silakan dicoba.

  3. Snapseed

    Aplikasi pertama yang bisa mendukung Instagram mempertahankan eksistensinya dalam trend social media terupdate dan terbaru di tahun 2020 adalah snapseed. Aplikasi terakhir yang sempat saya bagi di sini adalah aplikasi snapseed. Aplikasi ini juga tak kalah menariknya dari dua aplikasi sebelumnya.
     
    Dilengkapi dengan berbagai fitur dan filter yang khas, memiliki ciri khas tersendiri daripada dua aplikasi sebelumnya. Juga dilengkapi dengan editor font yang indah. Yang bisa kita aplikasikan ke foto yang kita edit. Tak kalah menarik, bukan? Silakan dicoba.

Bagi pengguna setia Instagram, tetap gunakan akun Anda untuk hal-hal yang bermanfaat, yah! Bukan apa-apa, mimin hanya menyarankan agar jangan sampai teknologi yang Tuhan anugerahkan kepada kita dimanfaatkan dalam ketidakbaikan, padahal bisa kita gunakan untuk kebaikan. Bukankah menebar kebaikan lebih utama. Yuk tetap jadikan Instagram sebagai trend social media terupdate dan terbaru di tahun 2020 yang bermanfaat bagi Kita semua.

Baca Juga : TikTok Saingi Facebook Dengan Gandeng iFlix

 

Trend Aplikasi Youtube di tahun 2020

Trend Youtube 2020
 

Trend social media terupdate dan terbaru di tahun 2020 kedua yang akan saya bahas di sini adalah aplikasi Youtube. Aplikasi Youtube merupakan salah satu trend social media terupdate dan terbaru di tahun 2020 kedua yang juga paling laris di awal tahun 2020 ini. Mengingat, sedang booming-nya tren vlog video di kalangan masyarakat dunia masa kini.

Youtube adalah sebuah situs web untuk berbagi video. Penciptanya sendiri merupakan 3 mantan karyawan PayPaldan aplikasi ini untuk pertama kalinya diluncurkan pada Februari 2005. Sudah cukup lama juga, ya! Eksistensi Youtube sendiri sebagai salah satu trend social media terupdate dan terbaru di tahun 2020 makin meningkat dari tahun ke tahun. Pengguna dan penikmatnya pun tidak hanya lahir dari kalangan orang dewasa saja, melainkan jugadari kalangan remaja dan anak-anak pun sudah banyak yang pernah dan sering mengaksesnya untuk menonton video hiburan, edukasi, berita dan lain-lain.

Saat ini, seperti yang kita ketahui. Aplikasi Youtube tak hanya dimanfaatkan oleh masyarakat biasa saja, namun juga telah digunakan untuk kepentingan pemerintahan – juga untuk keperluan akses berita nasional dan internasional. Selain itu, seperti yang kita ketahui bersama juga, kurang lebih 2 tahun terakhir Youtube sedang naik daun berkat trend vlog video yang dibuat oleh orang-orang kreatif yang lebih akrab kita sebut dengan vloger atau youtubers.

Para vloger atau youtubers yang telah membuat sebuah video dengan berbagai macam tema dan cerita kemudian mereka shareke halaman Youtube milik mereka untuk dinikmati dan ditonton oleh pengguna Youtube lainnya. Youtube sebagai trend social media terupdate dan terbaru di tahun 2020 menjadi salah satu tempat berbagi video berdurasi panjang memang telah banyak diminati oleh penggunanya. Selain durasi video yang bisa sampai berjam-jam, dan bisa dijadikan tempat membagikan hasil kreatifitas dan karya.

Youtube juga menawarkan benefit bagi para youtubers yang mendapatkan banyak viewers dari pengguna Youtube lainnya. Maka tak heran jika pekerjaan menjadi seorang youtubers menjadi salah satu pekerjaan yang lumayan menjanjikan. Tak hanya sampai di situ, Youtube juga menyediakan penghargaan bagi para youtubers yang mampu mendapatkan subscribers ribuan sampai jutaan pengguna.

Youtube Play Button - Indonesia
 

Ada beberapa penghargaan yang disiapkan oleh pihak Youtube. Adapun 3 diantaranya :

  1. Silver Play Button

    Silver Play Button merupakan penghargaan pertama yang akan diberikan kepada youtubers yang akun Youtube miliknya memiliki 100.000 subscribers. Berupa piagam disertai dengan ikon Youtube yang berbahan perak.

  2. Gold Play Button

    Gold Play Button merupakan penghargaan kedua yang akan diberikan kepada youtubers yang akun Youtube miliknya memiliki 1 juta subscribers. Berupa piagam disertai dengan ikon Youtube yang berbahan emas murni.

  3. Diamond Play Button

    Yang terakhir ini adalah yang paling susah dan istimewa, yaitu Diamond PlayButton. Sesuai dengan namanya, piagam ini terbuat dari diamond atau berlian dan hanya akan diberikan kepada youtubers dengan kepemilikan jumlah subscriber sebanyak 10 juta. Wow sekali bukan.

Jadi bagaimana? Apakah kamu berminat menjadi seorang youtubers? Tidak ada salahnya mencoba. Barangkali, kamu bisa jadi salah satu orang yang berhasil mendapatkan penghargaan di atas. Wah, pasti akan sangat menyenangkan dan membanggakan sekali. Itulah pembahasan mengenai trend social media terupdate dan terbaru di tahun 2020 yang perlu Anda ketahui.

Related Post :

popup image