logo User Generated Content: Strategi Marketing Bisnis - IDCloudHost

Apa Itu User Generated Content? Strategi Marketing Untuk Bisnis Anda!

Apa Itu User Generated Content? Strategi Marketing Untuk Bisnis Anda!

Strategi marketing banyak digunakan untuk menaikkan brand awareness hingga mempromosikan sebuah produk. Bagi perusahaan penting untuk menjalankan strategi seperti ini sebagai salah satu bentuk campaign agar konsumen lebih mengenal brand serta produk yang mereka tawarkan. Jika dikategorikan strategi ini masuk dalam content marketing dimana tujuannya adalah menyebarkan konten untuk menarik perhatian dari target konsumen yang dituju. Apakah Anda pernah mendengar user generated content sebelumnya? 

Selain menarik perhatian konsumen dengan menjalankan strategi marketing, sebuah perusahaan perlu untuk meningkatkan kepercayaan dari pelanggan. Maka mewujudkan hal tersebut biasanya digunakanlah user generated content. Dimana kebanyakan bisnis mengandalkan konten yang berasal dari pengguna untuk menjadi strategi marketing. Lalu, apa sebenarnya user generated content? Mengapa penting untuk digunakan?

Apa Itu User Generated Content?

Apa Itu User Generated Content?

User generated content adalah konten dengan beragam bentuk berupa video, foto, tulisan bahkan review yang dibuat oleh konsumen atau pelanggan. Orang yang membuat konten ini penyebutannya bisa disesuaikan dengan platform yang mereka gunakan. Misal jika menggunakan media sosial maka orang yang melakukan user generated content disebut sebagai followers begitupun sebaliknya.

Cara kerja dari user generated content adalah sebuah perusahaan maupun brand akan kembali meng-upload konten yang sebelumnya dibuat atau di review oleh orang di media sosial milik mereka. Biasanya para brand akan meminta izin kepada orang tersebut dengan menyertakan kredit pada foto,video atau tulisannya. Dengan demikian UGC dinilai mampu meningkatkan kepercayaan para target audiens.

Mengapa User Generated Content Penting?

Mengapa User Generated Content Penting?

Dalam pelaksanaannya UGC sangat penting bagi sebuah brand. Hal ini didasari beberapa alasan-alasan yang ada seperti berikut ini:

  • Mempromosikan Keaslian Produk

Alasan pertama yang membuat user generated content penting adalah dapat mempromosikan keaslian dari produk. Hal ini didasari oleh mindset serta kepercayaan dari konsumen sendiri terhadap keaslian produk yang menggunakan UGC dibandingkan promosi yang dilakukan oleh brand terkait. 

Karena orang-orang yang membuat konten pada UGC lebih jujur dengan tulisan,foto atau video yang mereka review sesuai dengan pengalaman mereka memakai sebuah brand atau produk tersebut. Bisa saja mereka menyukai produk tersebut bisa saja tidak menyukai. Hal ini menjadi sesuatu yang ditunggu-tunggu oleh konsumen untuk meningkatkan kepercayaan mereka terhadap produk tersebut.

  • Menciptakan Kepercayaan Akan Produk

Kedua user generated content dinilai penting karena dapat menciptakan kepercayaan konsumen terhadap suatu produk. Banyak dari konsumen yang terlebih dahulu melihat review sebuah produk sebelum memutuskan untuk membelinya. Disini sangat terlihat bahwa kepercayaan penting untuk dibangun apalagi menyangkut hal tentang produk atau brand. 

Melalui UGC kepercayaan akan produk dapat diciptakan untuk konsumen. Dimana orang-orang ini akan mengulas produk terkait yang pernah mereka gunakan sebelumnya, review ini bisa mereka tulis dalam video atau tulisan yang biasanya disematkan foto di dalamnya. Sehingga konsumen atau pelanggan yang akan memakai produk tersebut memiliki gambaran asli terhadap produk . Inilah yang menjadi faktor terciptanya kepercayaan konsumen.

  • Mengarahkan Keputusan Pembelian

Setelah mendapatkan kepercayaan dari konsumen, hal ini juga memiliki dampaknya pada keputusan pembelian. Dimana konsumen yang sudah menaruh kepercayaan pada sebuah produk akan lebih mudah untuk membeli produk tersebut. Berbanding terbalik jika produk belum mendapat kepercayaan dari konsumen, maka konsumen akan ragu untuk membelinya.

Selain kepercayaan rasa nyaman apabila sudah dimiliki oleh konsumen, membuat mereka cenderung ingin membeli produk yang sudah berhasil di review dengan UGC. Kebanyakan dari mereka ingin membuktikan sendiri apakah benar ulasan yang mereka lihat. Sehingga kepercayaan konsumen juga berhubungan erat akan keputusan pembelian konsumen.

  • Menghemat Biaya

Kemudian yang menjadikan user generated content penting adalah dapat menghemat biaya pemasaran. Setiap produk yang akan diluncurkan pasti memerlukan promosi agar produk cepat dikenali oleh konsumen. Untuk mewujudkan promosi tersebut perlu adanya biaya yang harus dikeluarkan oleh brand atau perusahaan agar promosi bisa maksimal.

Tentu hal ini juga memerlukan biaya yang tidak sedikit, mulai dari persiapan hingga target konsumen yang dituju. Semuanya memerlukan biaya yang besar. Namun hal ini bisa dikurangi dengan menggunakan user generated content dimana orang-orang ini hanya membutuhkan platform media sosial saja untuk mereview produk dalam bentuk foto,video maupun tulisan. Sehingga biaya yang dikeluarkan oleh perusahaan tidak terlalu banyak.

  • Meningkatkan Loyalitas Brand

Selanjutnya adalah jika menggunakan UGC dapat meningkatkan loyalitas dari brand. Dengan user generated content pelanggan akan lebih mengenal brand atau produk. Sampai di tahap membicarakan brand atau produk tersebut. Hal ini tentu secara tidak langsung dapat meningkatkan keterlibatan konsumen terhadap suatu produk. 

Selain itu UGC yang pada dasarnya bersifat autentik dimana ini juga memberikan feedback adanya peningkatan terhadap kepercayaan serta loyalitas dari konsumen. Agar tetap bertahan perlu untuk dikelola dengan baik sehingga sewaktu-waktu bisa terciptanya brand community yang berguna dalam strategi pemasaran produk.

5+ Tips Menjalankan User Generated Content

5+ Tips Menjalankan User Generated Content

Diatas telah dijabarkan beberapa alasan mengapa user generated content penting untuk digunakan. Berikut tips untuk menjalankan UGC yang dapat Anda aplikasikan antara lain:

  • Branding

Sebelum membuat konten perlu untuk membuat gambaran apa yang ingin disampaikan dari brand yang akan dilihat oleh konsumen. Gambaran ini berupa branding yang akan dihasilkan. Selain itu tentukan target pasar yang kira-kira cocok dengan produk ini berguna agar konten UGC yang dibuat oleh brand bisa berjalan selaras.

  • Pelajari Target Dari Konsumen

Langkah kedua agar user generated content memberikan feedback yang baik adalah Anda harus mempelajari target konsumen terlebih dahulu. Ini diperlukan untuk memahami konsumen seperti apa yang akan cocok untuk produk dari brand Anda. Tentunya penyesuaian ini dapat membantu Anda mempromosikan produk sesuai dengan target dan media sosial yang akan digunakan.

  • Review Dari Pelanggan

Diikuti dengan review dari pelanggan menjadi tips selanjutnya untuk menjalankan user generated content. Buatlah pelanggan atau konsumen meninggalkan ulasan serta memberikan komentar mengenai produk Anda. Ulasan seperti ini bisa ditulis pada platform media sosial seperti di halaman facebook, dan lain sebagainya.

Ulasan ini menjadi salah satu jenis UGC yang berdampak penting untuk menaikkan traffic ke situs dan dapat meningkatkan konversi. Agar ulasan ini dapat terealisasikan gunakanlah email marketing yang tujuannya untuk mengajak pelanggan atau konsumen untuk menulis ulasan mereka.

  • Buatlah Tagar Khusus

Dalam praktik menerapkan user generated content buatlah kompetisi di media sosial dengan menggunakan tagar khusus yang berasal dari produk Anda. Dan doronglah pelanggan untuk mempublikasi produk tersebut dalam bentuk foto maupun video dengan tulisan yang menarik lalu mereka akan mendapat hadiah.

Tagar khusus ini dapat meningkatkan keterlibatan dari konsumen terhadap produk yang dibuat. Selain itu dapat membangun kesadaran konsumen terhadap nama brand. Buatlah tagar yang sederhana,menarik dan mudah diingat konsumen.

  • Buatlah Gamification

Cara selanjutnya untuk membuat user generated content adalah membuat gamification. Maksudnya adalah buat challange yang mengharuskan pelanggan menyelesaikan sebuah tugas yang akan diberi imbalan berupa hadiah atau reward atas partisipasi mereka. Anda bisa membuat tugas dalam bentuk level dan poin agar pelanggan menyelesaikan tugas tersebut. Kemudian mintalah mereka membagikan hasilnya di media sosial milik mereka. 

  • Izin Penggunaan

Jika Anda menggunakan user generated content itu tandanya Anda mempublikasi ulang karya yang dimiliki orang lain. Sebagai pemilik brand Anda sebaiknya tetap meminta izin kepada si pemilik karya. Hal ini dilakukan agar brand bebas dari tuntutan dan tetap bisa mempertahankan citra.

Penutup

User generated content bisa menjadi pilihan bagi Anda yang ingin melakukan strategi marketing untuk mempromosikan produk Anda. Banyak faktor-faktor penting dari UGC yang bisa menjadi alasan mengapa Anda harus menggunakannya. Jika Anda masih bingung menjalankannya simak beberapa tips yang sudah kami jelaskan diatas ya!

UGC dapat Anda terapkan melalui website bisnis Anda. Untuk itu, tentu Anda membutuhkan layanan hosting atau Cloud VPS yang baik untuk kinerja website yang maksimal. Tenang, Anda bisa mendapatkannya dengan berbagai layanan dari IDCloudHost! dijamin performa handal, harga terjangkau, dan tersedia untuk berbagai kebutuhan bisnis maupun kepentingan website Anda.

Solusi Sempurna untuk Bisnis Anda

Dalam Waktu 3 Menit, Anda akan mendapatkan semua
layanan dengan cepat. Tidak ada kewajiban untuk upgrade,
downgrade atau cancel setiap waktu

Buat Private Cloud
Subscribe here to get update
popup image