logo Tips Membangun Personal Branding Untuk Caleg - IDCloudHost

Tips Membangun Personal Branding Untuk Caleg

Tips Membangun Personal Branding Untuk Caleg

Citra merupakan hal yang penting bagi branding seseorang, tidak heran jika saat ini banyak ditemukan tokoh, influencer atau KOL yang memiliki personal branding yang baik. Terkadang ini bisa ditiru misalnya dari gaya bicara.

Kebanyakan personal branding yang baik tercipta bisa saja karena faktor pekerjaan atau hal lainnya. Termasuk untuk menjadi wakil rakyat atau calon legislatif (caleg) memiliki personal branding menjadi faktor penting agar mendapatkan kepercayaan dari publik yang akan memilihnya nanti.

Sebenarnya dalam perspektif marketing politik citra diri perlu dimiliki oleh siapa saja yang akan tampil di publik seperti presiden, calon legislatif dan hal-hal berbau politik lainnya. Maka untuk membangunnya perlu mempelajari apa itu personal branding dan bagaimana  tips personal branding untuk caleg? Berikut penjelasannya yang sudah kami jabarkan dibawah ini!

Apa Itu Personal Branding?

Apa Itu Personal Branding?

Personal branding adalah cara seseorang untuk membangun citra atau image yang positif di hadapan publik. Biasanya publik ini terdiri dari audiens yang ikut andil dalam menciptakan eksistensi seseorang secara sadar atau tidak. Sebenarnya personal branding ini bisa saja diterapkan pada individu atau perusahaan. Sederhananya personal branding dapat dilihat lewat cara berpakaian, cara berbicara, barang yang digunakan dan lain sebagainya.

Dalam hal membangun citra tersebut agar publik mengetahuinya saat ini banyak digunakan media sebagai wadah untuk menyimpan dan mempublikasikan personal branding kepada publik. Media ini dapat berupa media sosial seperti Instagram, Facebook, LinkedIn, dan aplikasi pendukung lainnya. 

Manfaat Membangun Personal Branding untuk Caleg

Manfaat Membangun Personal Branding untuk Caleg

Sebagai bentuk citra diri yang baik ternyata ada beberapa manfaat yang didapatkan jika berhasil membangun personal branding kepada publik antara lain:

  • Mendapat kepercayaan publik, jika Anda sudah mampu membangun personal branding dan masyarakat mengenali personality Anda maka Anda bisa mendapat kepercayaan dari public. 
  • Memperluas koneksi, koneksi ini secara sosialnya lebih sering disebut sebagai relasi. Personal branding yang baik ternyata mampu memperluas koneksi atau relasi yang dimiliki oleh seseorang. 
  • Membuka peluang baru, setiap orang akan sangat mudah dikenali dan diingat jika memiliki personal branding yang baik. Ini juga dapat menarik peluang baru untuk Anda, bisa saja lewat inilah berbagai tawaran atau project baru datang menghampiri Anda.
  • Menunjukkan prestise, personal branding juga dapat menunjukkan kualitas dan kemampuan seseorang. Maka perlu untuk membangunnya agar publik mengetahui kemampuan dari bidang yang Anda tekuni. 
  • Memberikan kesan positif, seseorang yang telah memiliki personal branding secara tidak langsung juga memberikan hal positif terhadap sekitarnya. Ini ditandai dengan publik yang percaya bahwa Anda bisa merubah situasi menjadi lebih baik atau memberikan solusi.

7+ Tips Membangun Personal Branding Untuk Caleg

Tips Membangun Personal Branding Untuk Caleg

Setelah mengetahui pengertian dan manfaat dari personal branding secara luas, maka kami memberikan tips lebih spesifik bagi Anda yang ingin menjadi calon legislatif yaitu cara membangun personal branding untuk caleg adalah:

  • Tetapkan Branding Diri

Hal pertama untuk membangun personal branding caleg adalah dengan menetapkan branding, ini menjadi awal untuk menentukan citra pada diri sendiri seperti memilah mana saja yang sesuai dengan karakter dan potensi personal yang telah dimiliki. Pada tahap ini caleg biasanya akan memberikan persepsi dan harapan kepada publik melalui branding diri yang dimilikinya. Ini bisa berupa program yang akan dilaksanakan jika caleg berhasil terpilih nantinya.

  • Tentukan Karakter Yang Ingin Ditonjolkan

Kedua adalah menonjolkan karakter dari dalam diri caleg yang ingin ditonjolkan. Misalnya ingin dikenal sebagai seseorang yang memiliki karakter karismatik atau bijaksana dan lainnya. Dengan karakter ini nanti public akan lebih mengenal personality dari calon legislatif.

  • Pemilihan Orientasi

Dalam hal pemilihan orientasi ini berupa rancangan dan program yang dibuat sendiri oleh calon legislatif. Ini menjadi tahap kedua untuk membangun personal branding bagi caleg. Biasanya program ini juga dibuat berdasarkan hal yang terjadi di publik, seperti rancangan pembangunan,rancangan perbaikan dan lain sebagainya. Untuk itu perlu mempersiapkan program untuk caleg sesuai dengan kebutuhan masyarakat di suatu daerah.

  • Menemukan Ciri Khas

Sebuah keunikan juga harus dimiliki oleh seorang calon legislatif. Entah itu mulai dari gaya hidupnya, gaya bicaranya, sikap dan masih banyak lagi. Tujuannya agar publik lebih kenal dengan Anda. Ini menjadi bagian yang juga tidak kalah penting dalam membangun personal branding caleg.

  • Hadir Membawa Inspirasi

Menjadi seorang caleg berarti menjadi sosok yang menginspirasi siapa saja. Inspirasi ini muncul saat seorang calon legislatif melakukan hal yang bermanfaat bagi publik. Entah itu merujuk pada bidang kemanusiaan atau lainnya. Ini menjadi bentuk dari membangun personal branding caleg yang harus hadir membawa inspirasi bagi siapa saja.

  • Bisa Menemukan Solusi

Banyak permasalahan yang terjadi di publik berupa masalah kesejahteraan,masalah pembangunan dan masih banyak lagi. Menjadi seorang caleg tentu harus bisa menyelesaikan masalah yang sudah terjadi di lingkungan publik sebelumnya. Sehingga  calon legislatif di mata publik harus menjadi penemu solusi dari berbagai masalah yang ada. Solusi ini berbentuk program yang akan dijalankan jika seorang caleg terpilih.

  • Menampilkan Jiwa Kepemimpinan

Sebagai seorang caleg perlu adanya jiwa kepemimpinan atau leadership. Karena sisi ini akan langsung dapat dilihat masyarakat atau publik saat caleg menyampaikan visi dan misinya. Dengan sisi leadership ini juga publik akan lebih nyaman berkomunikasi dengan calon legislatif tersebut.

  • Melakukan Observasi Atau Survey

Pengamatan atau observasi dalam hal ini dimaksudkan dengan memahami lingkungan masyarakat tempat untuk kampanye. Bisa saja mengamati tentang isu pendidikan tipe masyarakatnya dan masih banyak lagi. Selain melakukan observasi juga perlu melakukan survey terkait mata pencaharian ataupun keadaan ekonomi yang nantinya akan disesuaikan dengan program dari caleg.

  • Menampilkan Personality

Publik lebih menyukai calon pemimpin atau calon legislatif yang tampil sederhana apa adanya. Misalnya dengan tidak berlebih-lebihan dalam berpakaian atau lifestyle nya. Dengan kesederhanaan inilah publik akan lebih mengenal personality dari calon legislatif.

  • Menguasai Public Speaking

Personal branding caleg akan semakin terlihat oleh masyarakat, jika mahir dalam berkomunikasi. Public speaking tentu menjadi faktor penting dalam kampanye caleg.

Dimana bukan hanya isi dari pembicaraan mengenai program yang akan disampaikan caleg akan tetapi penekanan terhadap intonasi-intonasi dari komunikasi yang disampaikan agar masyarakat memahami maksudnya. Bukan hanya itu saja public speaking public akan lebih mudah percaya pada caleg.

  • Gunakan Website untuk Personal Branding

Era digitalisasi membuat website menjadi penunjang dalam kehidupan. Saat ini, banyak orang menggunakan mesin pencari saat ingin mengetahui informasi terbaru. Sehingga, untuk membangun personal branding juga membutuhkan websitesebagai wadah publikasi. Calon legislatif bisa membuat website mereka sendiri, kemudian ditambahkan dengan isi konten baik itu tentang jenjang pendidikan maupun karir ajang yang pernah di ikuti, kegiatan apa saja yang pernah terlibat, hingga usaha apa saja yang pernah dilakukan.

Penutup

Jika dilihat kembali personal branding sangat erat kaitannya dengan diri sendiri. Pada calon legislatif atau caleg yang ingin menjadi wakil rakyat tentu ini sangat berpengaruh pada suara dari publik. Maka penting untuk mulai membangun branding agar publik menaruh kepercayaan penuh kepada caleg.

Membangun personal branding tidaklah sulit karena bisa menggunakan media sosial agar dapat langsung dilihat oleh publik. Website menjadi salah satu media sosial yang bisa Anda pilih. Jika ingin membuat website kami menyediakan cloud provider yang sudah terjamin aman dengan performa terbaik untuk memanajemen website Anda. Yuk, coba Cloud VPS sekarang dari IDCloudHost yang fleksibel dan handal untuk kebutuhan website Anda!  

Solusi Sempurna untuk Bisnis Anda

Dalam Waktu 3 Menit, Anda akan mendapatkan semua
layanan dengan cepat. Tidak ada kewajiban untuk upgrade,
downgrade atau cancel setiap waktu

Buat Private Cloud
Subscribe here to get update
popup image