8 Website Belajar Coding Online Gratis dan Terbaik 2022

Informasi / 0 | | 1

Saat ini, coding dan pemrograman adalah salah satu bidang yang memiliki banyak peminat. Para milenial dan gen Z banyak yang tertarik untuk mempelajarinya, bahkan merintis karir di bidang ini. Apakah Anda adalah salah satunya? Jika iya, maka website belajar coding online gratis ini akan sangat membantu Anda. 

Bagi Anda yang belum pernah belajar sebelumnya, mungkin bingung harus memulai dari mana dan bagaimana cara belajarnya. Saat ini, sudah ada banyak resource di internet yang bisa Anda gunakan untuk belajar coding dari awal, lho. Bahkan, beberapa diantaranya bisa Anda gunakan secara gratis. Apa saja website-website tersebut? Simak penjelasan lengkapnya berikut ini! 

Baca Juga: 8 Bahasa Pemrograman Web Terbaik dan Cocok untuk Pemula

Website Belajar Coding Online Gratis dan Terbaik 2022

Untuk membuat aplikasi, kemampuan coding adalah salah satu hal utama yang harus dimiliki. Saat ini, ada banyak perusahaan teknologi yang mengandalkan produk diital seperti aplikasi dan website. Tentunya perkembangan ini juga membuat kebutuhan akan software developer meningkat. 

Jika ingin menjadi software developer handal, Anda perlu belajar coding dengan konsisten agar memiliki skill yang mumpuni. Tenang saja, Anda bisa mempelajarinya dari website-website berikut ini. 

  1. Codecademy

Codecademy adalah platform interaktif yang berasal dari Amerika Serikat. Platform ini bertujuan untuk membantu penggunanya belajar coding online dengan mudah. Materi yang disediakan di Codecademy sangat komprehensif dan cocok untuk pemula, lho. 

Dengan website ini, Anda bisa mempelajari 12 bahasa pemrograman yang berbeda mulai dari Phyton, Java, Go, JavaScript, Ruby, SQL, C++, C#, dan lain-lain. Materi tersebut dapat Anda akses secara gratis, tanpa biaya! 

  1. W3Schools

W3Schools adalah website yang menyediakan ratusan materi belajar coding gratis untuk Anda. Pembelajaran di platform ini ditujukan untuk pengguna dari berbagai kalangan, mulai dari pemula hingga yang sudah berpegalaman. 

Sesuai slogan ‘The World’s Largest Web Developer Site’ yang diusungnya, W3Schools sangat cocok untuk Anda yang ingin belajar pemrograman web dari awal. Tersedia banyak bahasa pemrograman yang tersedia di platform ini, dan semuanya dapat Anda pelajari secara gratis. 

  1. Hackr.io

Hackr.io adalah website belajar coding yang memiliki banyak pilihan bahasa yang dapat Anda pelajari. Ketika pertama kali membuka website, Anda dapat langsung memilih bahasa pemrograman atau kategori yang Anda inginkan. Setelah itu, Hackr.io akan menampilkan banyak kursus yang bisa Anda pilih sesuai tingkat kemampuan dan kebutuhan. 

Keunggulan website ini adalah adanya roadmap yang membantu Anda untuk belajar dengan lebih terarah hingga mampu mencapai tujuan pembelajaran. Materi di website ini dapat Anda akses secara gratis, namun beberapa mengharuskan Anda untuk membayar layanan premiumnya. 

Baca Juga: Text Editor Terbaik untuk Coding dan Pemrograman di Windows dan MacOS

  1. Code Avengers

Code Avengers adalah website belajar coding gratis yang dapat Anda coba selanjutnya. Website ini mengedepankan cara belajar yang interaktif dan menyenangkan, sehingga Anda tidak akan bosan dan lebih mudah konsisten menggunakannya. Hal menarik dari Code Avengers adalah tersedianya berbagai bidang pemrograman spesifik yang bisa Anda sesuaikan dengan minat. 

Mulai dari pemrograman website, aplikasi, hingga game, semuanya dapat Anda pelajari di platform ini. Code Avengers juga memiliki komunitas yang memungkinkan Anda untuk berbagi dengan sesama programmer atau orang-orang yang sedang mempelajari bidng ini. Menarik, bukan? 

  1. Solo Learn

Solo Learn adalah website belajar coding gratis yang memiliki banyak pilihan bahasa pemrograman untuk Anda pelajari. Mulai dari Ruby, jQuery, Swift, PHP, SQL, JavaScript, Phyton, dan masih banyak lagi. Solo Learn juga memiliki Playground yang memungkinkan Anda untuk berkolaborasi dan membagikan kode Anda dengan orang lain, sehingga Anda tidak akan merasa sendirian saat belajar. 

Pengguna lain dapat memberikan saran atau turut mengembangkan kode tersebut bersama Anda. Hal menarik dari Solo Learn adalah website ini juga mobile-friendly, lho. Sehingga, cocok untuk Anda yang ingin belajar coding dari smartphone!

  1. MIT Open Courseware

MIT adalah salah satu universitas terbaik di dunia, terutama untuk bidang teknologi. Mereka membangun MIT OpenCourseWare dengan tujuan membuka kesempatan belajar IT untuk semua orang, bahkan yang tidak bisa menimba ilmu di universitas tersebut. Karena itulah, materi-materi yang ada di website belajar coding satu ini tidak perlu Anda ragukan lagi. 

MIT OpenCourseWare memungkinkan Anda untuk memperoleh pembelajaran dengan standar internasional setingkat MIT. Ada berbagai bahasa pemrograman yang bisa Anda pelajari di platform ini seperti C++, Java, Phyton, Ruby, dan lain-lain. 

Baca Juga: Tips dan Cara Belajar Coding Secara Online Untuk Programmer Pemula

  1. Free Code Camp

Anda yang suka belajar bersama dengan orang lain mungkin akan menyukai Free Code Camp. Website belajar online yang satu ini memiliki komunitas belajar bahasa pemrograman yang memungkinkan Anda untuk belajar pemrograman bersama pengguna lain. Free Code Camp juga menyediakan berbagai challenge untuk Anda ikuti jika ingin menguji kemampuan coding Anda. Dengan platform ini, Anda bisa belajar berbagai bahasa pemrograman seperti JavaScript, Node.js, React,js, HTML, CSS, dan lain-lain. 

  1. edX

EdX adalah website belajar coding gratis yang sudah digunakan oleh jutaan pengguna dari seluruh dunia. Website ini bekerjasama dengan berbagai universitas top di dunia seperti Harvard University, MIT, Boston University, dan lain-lain. Sehingga, materi yang ada di website ini memang terpercaya karena disusun sendiri oleh orang-orang yang berpengalaman di bidangnya.

Sebenarnya, edX tidak hanya bisa digunakan untuk belajar pemrograman saja, lho. Anda juga bisa menguasai skill lain lewat berbagai kursus yang ada di platform ini. Untuk belajar pemrogrman, Anda bisa memilih kategori ‘Computer Science’, lalu memilih kursus yang sesuai dengan keinginan Anda. 

Baca Juga: Apa Itu Coding, Pengertian, Fungsi serta Cara Mudah Paham Coding

Penutup

Itulah 8 website belajar coding gratis yang bisa Anda coba untuk membuat Anda semakin mahir di bidang pemrograman. Anda bisa memulainya dengan belajar dari satu platform saja, kemudian baru beralih ke materi lain jika sudah menguasai dasarnya. Untuk bisa menjadi seorang developer yang handal, diperlukan konsistensi dalam belajar, terutama dengan metode otodidak seperti ini.

Jika sudah menguasai bahasa pemrograman tertentu, Anda tentunya dapat membangun aplikasi untuk menerapkan ilmu tersebut. Yuk, gunakan Cloud VPS IDCloudHost untuk menghosting aplikasi Anda agar dapat diakses oleh orang banyak. Dengan performa handal dan sistem pay-as-you-go yang fleksibel, layanan ini cocok untuk Anda yang ingin go digital! 

 

 

Related Post :