Website Tempat Download Software (Aplikasi) GRATIS untuk PC / Laptop

Serba Serbi, Tips & Tricks / 0 | | 1

Open source software atau perangkat lunak sumber terbuka terbaik digunakan secara luas di berbagai aplikasi, untuk semua orang dari skala kecil hingga pengguna bisnis, namun orang sering kali tidak menyadari bahwa mereka sedang menggunakannya. Software terbuka adalah program apa pun yang pengembangnya memilih untuk merilis kode sumber secara gratis. Setiap kali perangkat lunak memiliki lisensi sumber terbuka, itu berarti siapa pun di dunia dapat mengunduh, memodifikasi, dan mendistribusikannya tanpa membayar biaya kepada pembuat aslinya.

Sejak gerakan open source diluncurkan sebagai filosofi pengembangan perangkat lunak pada akhir 1990-an, cara ini berhasil mengubah dunia. Perkiraan bahkan menunjukkan bahwa 96% dari semua server web secara global berjalan pada beberapa bentuk sistem operasi Linux open source, misalnya.Hanya saja penting untuk diingat bahwa open source tidak hanya berarti “gratis”.

Banyak perusahaan merilis perangkat lunak mereka secara gratis tetapi tetap mempertahankan kepemilikan hak cipta penuh atas kode mereka, sehingga pengembang lain tidak dapat mengubahnya. Sebaliknya, inisiatif open source yang sukses dibangun di atas kerja keras dari ribuan kolaborator yang secara sukarela telah memberikan waktu mereka untuk menciptakan sesuatu yang mengagumkan.

 

Mengenal Apa Itu Software Aplikasi

Website Tempat Download Software (Aplikasi) GRATIS untuk PC / Laptop
 

Perangkat lunak aplikasi (singkatnya aplikasi) adalah program atau sekelompok program yang dirancang untuk pengguna akhir. Contoh aplikasi termasuk pengolah kata, spreadsheet, aplikasi akuntansi, browser web, klien email, pemutar media, penampil file, simulator, permainan konsol, atau editor foto. Perangkat lunak aplikasi kata benda kolektif mengacu pada semua aplikasi secara kolektif.

Serta berbeda dengan perangkat lunak sistem, yang terutama terlibat dengan menjalankan komputer. Aplikasi dapat digabungkan dengan komputer dan perangkat lunak sistemnya atau diterbitkan secara terpisah, dan dapat dikodekan sebagai proyek berpemilik, sumber terbuka, atau universitas. Aplikasi yang dibuat untuk platform seluler disebut aplikasi seluler.

Daftar Website Tempat Download Software (Aplikasi)

Website Tempat Download Software (Aplikasi) GRATIS untuk PC / Laptop
 

 

Sistem pengembangan yang dapat diakses seperti itu memiliki beberapa keuntungan tersendiri. Software aplikasi sumber terbuka seringkali lebih aman karena orang-orang dari seluruh dunia dapat memeriksa rilisan terbaru dan bug dilaporkan dan ditangani dengan cepat. Selain itu, orang-orang termotivasi untuk menambahkan fitur-fitur baru yang keren ke platform open source yang berarti perangkat lunak open source sering kali sama bagusnya, jika tidak lebih baik, daripada bersaing dengan program bayar untuk digunakan.

Meskipun perangkat lunak sumber terbuka digunakan dalam segala hal mulai dari jaringan hingga server web, berikut ini beberapa daftar website tempat download software aplikasi yang bisa Anda coba di desktop atau laptop Anda :

 

  • Monday

    monday(dot)com menyediakan platform pengembangan perangkat lunak yang gesit. Software ini membantu tim yang gesit untuk membangun produk lebih cepat dan mengulanginya dengan cepat. Monday akan memungkinkan Anda mengintegrasikan alat pengembangan perangkat lunak yang ada dan data Anda dari berbagai alat dapat secara otomatis dibawa ke monday(dot)com. Anda dapat mengotomatiskan alur kerja dengan monday(dot)com dan menghemat waktu Anda dan platform ini dapat dicoba secara gratis.

  • Embold

    Memperbaiki bug sebelum penerapan menghemat banyak waktu dan energi dalam jangka panjang. Embold adalah platform analitik perangkat lunak yang menganalisis kode sumber dan mengungkap masalah yang mempengaruhi stabilitas, ketahanan, keamanan, dan pemeliharaan. Dengan plugin Embold, Anda dapat mengetahui bau kode dan kerentanan saat Anda membuat kode, sebelum membuat komitmen. Deteksi anti-pola yang unik mencegah penggabungan kode yang tidak dapat dipertahankan. Integrasikan secara mulus dengan Github, Bitbucket, Azure, dan Git serta plugin yang tersedia untuk Eclipse dan IntelliJ IDEA.
     

    Baca Juga :   Daftar Website Membuat Aplikasi Android Online dengan Mudah dan Gratis

  • Linx

    Linx adalah alat kode rendah untuk membangun dan mengotomatiskan aplikasi backend dan layanan web. Alat ini mempercepat desain, pengembangan, dan otomatisasi proses bisnis kustom, termasuk integrasi aplikasi, sistem, dan database yang mudah. Menawarkan lebih dari 100 fungsi dan layanan pemrograman plugin pra-bangun untuk pengembangan cepat dengan penerapan sekali klik ke server lokal atau cloud apa pun. Input dan output mencakup hampir semua database SQL & NoSQL, berbagai format file (teks dan biner) atau layanan REST dan SOAP Web.

  • Atom

    Atom adalah open source dan editor desktop gratis sekaligus editor kode sumber yang mutakhir, ramah, dan dapat diretas ke intinya. Atom mendukung pengeditan lintas platform dan berfungsi untuk berbagai sistem operasi seperti Windows, Linux, dan OS X. Ini adalah alat yang dapat disesuaikan yang dengannya seseorang dapat secara efektif mengedit tampilan & nuansa User Interface, menambahkan beberapa fitur penting, dll tanpa mengedit file konfigurasi. Fitur penting dari Atom yang menjadikannya alat yang luar biasa adalah manajer paket bawaan, pelengkapan otomatis pintar, banyak panel, browser sistem file, fitur temukan & ganti, dll. Atom digunakan untuk membangun aplikasi lintas platform dengan teknologi web menggunakan kerangka kerja yang disebut ‘Electron’.

  • GitHub

    GitHub adalah alat kolaborasi dan platform pengembangan yang kuat untuk tinjauan kode dan manajemen kode. Dengan GitHub ini, pengguna dapat membangun aplikasi dan perangkat lunak, mengelola proyek, menghosting kode, meninjau kode, dll.Dengan GitHub, pengembang dapat dengan mudah mendokumentasikan kode mereka dan dapat menghosting yang sama dari repositori. Alat manajemen proyek GitHub membantu penggunanya untuk tetap selaras, berkoordinasi dengan mudah, dan menyelesaikan tugas sesuai kebutuhan. Beberapa fitur GitHub yang menjadikannya alat yang berguna adalah keamanan kodenya, kontrol akses di antara anggota tim, integrasi dengan alat lain, dll. GitHub dapat dihosting di server dan di platform cloud juga baik di Windows dan Mac OS.
     

    Baca Juga :   Rekomendasi Aplikasi Edit File Terbaik dan Terbaru untuk Laptop & PC

  • Bitbucket

    Bitbucket adalah sistem kontrol versi berbasis web yang digunakan untuk kolaborasi antara tim pengembangan perangkat lunak (tinjauan kode dan kode) yang juga digunakan sebagai repositori untuk kode sumber dan proyek pengembangan. Fitur menarik dari Bitbucket yang menjadikannya alat yang ampuh adalah model penerapannya yang fleksibel, repositori pribadi tak terbatas, kolaborasi kode pada steroid, dll. Bitbucket mendukung beberapa layanan seperti pencarian kode, pelacakan masalah, penyimpanan file besar Git, pipeline bitbucket, integrasi, pencerminan pintar, dll.

  • Quixy

    Quixy adalah platform visual, mudah digunakan, dan tanpa kode untuk membangun perangkat lunak perusahaan kustom yang kompleks. Software ini digunakan oleh bisnis di lebih dari 10 bidang industri untuk mengotomatiskan tugas dan proses dan membangun aplikasi tanpa menulis kode apa pun. Di G2, Indonesia dinilai sebagai pemimpin di Asia Pasifik. Quixy memiliki banyak solusi pra-bangun untuk berbagai kasus penggunaan seperti Manajemen Insiden, Manajemen Pengeluaran, CRM, Manajemen Proyek, dll.

  • CodeCharge Studio

    CodeCharge Studio adalah IDE dan RAD (Rapid Application Development) yang paling kreatif dan terkemuka yang digunakan untuk membuat aplikasi web berbasis data atau sistem internet dan intranet perusahaan dengan pengkodean minimal. Software ini juga mendukung berbagai platform seperti Windows, Mac, Linux dll. Menggunakan CodeCharge Studio, seseorang dapat menganalisis dan memodifikasi kode yang dihasilkan untuk mempelajari teknologi web yang digunakan untuk bekerja dengan proyek pemrograman di lingkungan apa pun.

 

Baca Juga :     Daftar Aplikasi yang Biasanya Digunakan Oleh Hacker untuk Menjalankan Aksi

 

Kesimpulan dan Penutup

Apa saja alat dan platform pengembangan perangkat lunak (software) terbaik yang harus diketahui oleh setiap pengembang aplikasi. Karena software adalah penunjang dalam merancang dan mengembangkan aplikasi yang sesuai dengan kebutuhan. Software pengembang aplikasi juga dapat mengembangkan proyek kaya fitur terbaru dan modern.

Program komputer yang digunakan oleh pengembang perangkat lunak dapat digunakan untuk membuat, mengedit, memelihara, mendukung, dan men-debug aplikasi, kerangka kerja, dan program lain yang disebut sebagai Software Development Tool or a Software Programming Tool. Alat pengembangan dapat dalam berbagai bentuk seperti linker, kompiler, editor kode, desainer GUI, assembler, debugger, alat analisis kinerja, dll. Ada beberapa faktor yang harus dipertimbangkan saat memilih alat pengembangan yang sesuai, berdasarkan jenis proyek yang sedang dikembangkan dari masing- masing developer.

Related Post :