7 Fakta Menarik Dunia Digital yang Perlu Anda Ketahui

Informasi / 0 | | 0

Sebagai salah satu generasi masa kini, pasti dunia digital menjadi hal yang sudah sangat familiar bagi kehidupan Anda. Teknologi dan segala kecanggihan yang memang bisa membantu segala aktivitas kehidupan manusia dalam kesehariannya. Walaupun tidak terlepas dari sisi negatif, dunia digital memiliki banyak fakta menarik yang sayang untuk Anda lewatkan. Berikut ini adalah 7 fakta menarik dari dunia teknologi digital yang perlu simak informasinya.

Keunggulan Dunia Digital Masa Kini

Seiring berkembangnya teknologi, tingkat pengguna internet di dunia ini juga terus menerus meningkat setiap harinya. Internet seolah menjadi bagian yang tidak bisa dipisahkan dari kehidupan Kita. Dunia digital berkembang sangat pesat diberbagai aspek kehidupan Kita. Dan itu adalah sebuah fakta yang tidak bisa dibantah lagi kebenarannya.

Baca Juga : Memahami Mengenai Pemasaran Digital

Bukan sebuah rahasia lagi, bahwa era digital memiliki berbagai keunggulan atau kelebihan yang sangat berguna bagi kehidupan Kita sehari-hari. Ada beberapa keunggulan dari dunia teknologi digital yang perlu untuk Anda ketahui. Dan berikut ini adalah 7 fakta diantaranya yang perlu Anda ketahui:

  1. Kemudahan dalam komunikasi
    Keunggulan pertama dari era digital yang bisa Kita nikmati adalah kemudahan dalam bidang komunikasi. Dengan adanya internet, kehidupan manusia diseluruh dunia seolah terhubung dan tidak terpisahkan oleh jarak. Tidak ada lagi jarak diantara manusia satu dengan manusia lainnya.Internet membuat manusia dengan mudahnya terhubung melalui sarana komunikasi. Sarana komunikasi tersebut tercermin dalam adanya media sosial seperti Facebook, WhatsApp, Instagram, Twitter, dan sebagainya. Melalui media sosial ini jarak seolah tidak menjadi halangan bagi Kita untuk mendapatkan kabar dari seluruh dunia. Media sosial tersebut juga menjelma menjadi sebuah tempat untuk mempromosikan segala hal dengan sangat efektif dan bisa mendapatkan banyak audiens dalam waktu singkat.
  2. Fleksibilitas
    Kemudian, keunggulan dunia digital yang kedua adalah mengenai fleksibilitas. Pada era digital, semua menjadi serba mudah dan seolah tidak ada batasan untuk melakukannya dimanapun dan dalam waktu kapanpun. Seperti contohnya dalam hal transaksi yang bisa Kita lakukan dimana saja dalam waktu kapan saja melalui e-mobile ataupun e-banking.
  3. Pulsa dikalahkan dengan paket data dan wifi
    Era digital juga membawa manusia pada kenyataan bahwa pulsa telah dikalahkan dengan telak oleh paket data ataupun wifi. Sudah sangat jarang orang yang masih menggunakan metode sms atau telepon secara konvensional dan menggunakan pulsa, semua hal tersebut bisa dilakukan satu waktu dengan media sosial menggunakan paket data ataupun wifi yang secara biaya serta fleksibilitas memang jauh lebih baik dari pada pulsa konvensional biasa.
  4. Fenomena online shopping
    Kemudian, era digital juga membawa Kita pada kemudahan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari yaitu berbelanja. Online shopping menjadi bukti nyata tentang kemudahan tersebut. Bahkan online shopping juga telah menjelma menjadi sebuah fenomena dikalangan para pebisnis yang saat ini lebih memilih untuk berbisnis secara online daripada secara konvensional
  5. Petunjuk arah digital
    Anda pasti pernah menggunakan aplikasi penunjuk arah atau jalan seperti Waze ataupun Google Maps pada smartphone Anda bukan? Dan kemudahan penunjuk arah ini juga merupakan salah satu keunggulan dari dunia digital yang membuat Kita tidak tersesat dan membantu dalam menemukan rute-rute tercepat dalam perjalanan sehari-hari.
  6. Cashless
    Kemudian, keunggulan selanjutnya dari dunia digital adalah cashless. Dengan kemudahan yang diberikan era digital seperti adanya ATM, kartu kredit, dan alat pembayaran mobile, membuat manusia semakin sedikit berkecimpung dengan uang secara langsung. Semua kebutuhan akan keuangan seolah bisa dilakukan secara digital tanpa perlu membawa uang secara cash.
  7. Beragamnya profesi dari dunia digital
    Kemudian keunggulan yang terkahir adalah beragamnya profesi yang bisa Kita pilih sebagai sumber pendapatan atau penghasilan. Dimasa sekarang ini, ada berbagai macam profesi yang berasal dari dunia digital seperti digital marketing, developer, freelancer, content creator dan sebagainya.

Profesi-profesi tersebut bukan tidak mendatangkan keuntungan, malah yang terjadi adalah sebaliknya. Profesi-profesi yang berkembang di era digital justru memiliki banyak peminat karena tergiur akan besarnya pendapatan yang bisa didapatkan dari profesi-profesi tersebut.

Baca Juga : 10 Alasan Sekolah Membutuhkan Website untuk Go Digital

Jadi, sudah tidak ada alasan untuk menjadi pengangguran di masa sekarang. Tinggal bagaimana Kita mampu mengasah skill dan memanfaatkan beragam profesi yang ada di dunia digital. Hingga akhirnya Kita bisa menghasilkan keuntungan bagi Anda, karena sesungguhnya yang dibutuhkan adalah skill.

Sisi Negatif Dunia digital

Dunia digital yang memberikan banyak keunggulan tersebut bukan hanya memberikan nilai positif saja. Akan tetapi juga membawa sisi negatif yang tidak bisa Kita pungkiri. Ada beberapa sisi negatif yang bisa ditimbulkan oleh era digital. Sisi negatif yang pertama adalah individualis. Dunia digital yang syarat dengan kemudahan, secara tidak langsung membuat manusia menjadi sangat individualis. Pola komunikasi manusia juga telah bergeser semenjak digital menyerang. Manusia lebih cenderung nyaman untuk berkomunikasi melalui media sosial dari pada berinteraksi secara langsung di dunia nyata.

Baca Juga : Cara Menggunakan Internet dengan Bijak

Kemudian, sisi negatif yang kedua adalah kompetisi yang tidak ada habisnya dan tidak menikmati hidup. Dengan pesatnya dunia digital membuat manusia selalu menganggap semua hal di dunia ini adalah kompetisi, manusia cenderung berlomba-lomba untk membuktikan diri terhadap manusia satu dan yang lainnya tentang superioritas mereka. Dan hal ini membuat manusia menjadi tidak menikmati hidup. Selain itu, kebahagian juga seringkali diukur dengan tingkat postingan mereka di media sosial.

Related Post :

popup image