logo Mengenal HTTPS dan Perbedaannya dengan HTTP - IDCloudHost

Mengenal HTTPS dan Perbedaannya dengan HTTP

Mengenal HTTPS dan Perbedaannya dengan HTTP

Keamanan merupakan aspek yang sangat penting dalam menjalankan sebuah website, lantas tahukah Anda bahwa HTTPS adalah protokol komunikasi internet yang dapat membantu keamanan website Anda. Jika Anda pernah melihat link website yang diawali dengan HTTPS dan Anda bertanya-tanya maksud dari kata tersebut, maka artikel ini adalah pilihan yang tepat dan akan menyajikan kepada Anda informasi lengkap mengenai HTTPS apa perbedaannya dengan HTTP

Apa Itu HTTPS?

Mengenal HTTPS Manfaat, Cara Kerja, dan Bedanya Dengan HTTP

HyperText Transfer Protocol Secure (HTTPS) adalah protokol yang mengamankan komunikasi dan transfer data antara browser web pengguna dan situs web. HTTPS melindungi pengguna dari upaya penyadapan dan serangan Man in the Middle (MitM). Selain itu, HyperText Transfer Protocol Secure juga melindungi domain Anda dari serangan spoofing domain name system (DNS). Lebih lanjut, dapat disimpulkan bahwa HTTPS adalah versi yang lebih aman dari HTTP. 

HTTPS dapat mengamankan website yang mentransfer atau menghander data yang sensitif sehingga sangat bermanfaat untuk layanan perbankan online, pelayanan email, online retailers, dan sebagainya. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa semua website yang mensyaratkan login yang kredensial atau adanya transaksi keuangan harus menggunakan HyperText Transfer Protocol Secure untuk menjamin keamanan data, pengguna, dan transaksi yang dilakukan. 

Manfaat HTTPS

Mengenal HTTPS Manfaat, Cara Kerja, dan Bedanya Dengan HTTP

Selain meningkatkan keamanan, HTTPS adalah protokol yang juga memberikan manfaat lainnya untuk website Anda. Adapun beberapa manfaat tersebut adalah sebagai berikut:

  1. Melindungi data dan pengguna, HTTPS mencegah penyadapan diantara web browsers dan web servers dan membangun sistem komunikasi yang lebih aman. Dengan demikian, HyperText Transfer Protocol Secure dapat melindungi privasi pengguna dan informasi sensitif dari hacker. 
  2. Search Engine Optimization (SEO), website dengan HyperText Transfer Protocol Secure biasanya memiliki search engine yang lebih tinggi. Misalnya Mozilla Firefox sekarang menawarkan mode hanya HTTPS. Tidak hanya itu, algoritma google juga melakukan penalti terhadap dalam upaya mendukung HyperText Transfer Protocol Secure. Lebih lanjut, berikut adalah peran HTTPS dalam meningkat SEO yakni sebagai berikut:
  • Meringankan ranking signal akan mempercepat adopsi HTTPS
  • Memberikan keamanan yang lebih aman khususnya terhadap privasi
  • Mempertahankan referral data
  • Mampu menggunakan protokol yang tidak hanya membantu keamanan melainkan juga kecepatan suatu situs
  • Meningkatkan pengalaman pengguna, ketika Anda autentik dan terlindungi data maka akan membuat pengguna memiliki pengalaman yang lebih baik berselancar pada website Anda. Dengan demikian, HyperText Transfer Protocol Secure adalah protokol yang dapat meningkatkan kecepatan transfer data dengan mengecilkan ukuran data. 

Bagaimana HTTPS Bekerja?

Mengenal HTTPS Manfaat, Cara Kerja, dan Bedanya Dengan HTTP

HTTPS adalah protokol keamanan website yang bekerja dan menggunakan SSL/TLS sebagai sertifikat pengaman. HyperText Transfer Protocol Secure bekerja melalui SSL/TLS dengan enkripsi public key untuk mendistribusikan kunci simetris bersama untuk data enkripsi dan otentifikasi. Sebelum memulai transfer data pada HTTPS, browser dan server akan parameter koneksi oleh SSL/TLS Handshake. Adanya handshake tersebut sangat penting dalam upaya membangun koneksi yang aman. 

Adapun contoh implementasi HyperText Transfer Protocol Secure adalah pada website retailer e-commerce ketika melakukan pembelian. Ketikan konsumen telah siap untuk membeli produk maka mereka akan menuju halaman transaksi halaman pembelian. Pada halaman tersebut, adapun URL yang digunakan pada halaman tersebut adalah (https://) bukan (http://). 

Ketika pelanggan melakukan konsumen maka akan data pribadi  seperti nama, alamat, informasi rekening, dan data lainnya yang dimasukkan. Dengan  demikian, HTTPS akan mengenkripsikan data tersebut sehingga menjamin tidak merugikan berbagai pihak dan meminimalisir adanya penyerangan hacker. 

Perbedaan HTTP dan HTTPS

Mengenal HTTPS Manfaat, Cara Kerja, dan Bedanya Dengan HTTP

Adapun perbedaan utama antara HTTP dan HTTPS adalah SSL/TLS yang dimiliki HTTPS dan dienkripsikan. Ketika suatu website HTTP ingin diubah menjadi HTTPS, maka bisa dilakukan dengan menambahkan sertifikat keamanan atau sertifikat digital berupa SSL. Adapun Secure Sockets Layer (SSL) sertifikat atau Transport Layer Security (TLS).adalah file data kecil yang melindungi aktivitas transfer data sensitif diantara web browser dan web server. 

Dengan sistem keamanan tersebut, ketika terjadi transfer antara web browser dan web server maka HTTPS akan melakukan perlawanan keamanan yang mungkin terjadi dengan mengenkripsikan data. Adapun enkripsi pada HyperText Transfer Protocol Secure adalah asymmetric public key infrastructure yang menggunakan dua kunci yang berbeda yakni sebagai berikut:

  1. The private key, enkripsi ini dikontrol dan dikendalikan oleh pemilik website dan berada pada web server. Adapun informasi enkripsi dienkripsikan oleh public key. 
  2. The public key, enkripsi ini tersedia bagi pengguna yang ingin berinteraksi secara aman dengan server melalui web server. Adapun informasi yang dienkripsi oleh public key hanya dapat didekripsi oleh private key.

Adapun pada koneksi HTTP adanya ketidakamanan khususnya ketika menggunakan public Wi-Fi Networks. Hal demikian membuat siapa pun dapat dengan mudah mencegat komunikasi di jaringan menggunakan perangkat lunak yang dapat diakses secara bebas. 

Dengan tidak terekripsinya HTTP terhadap SSL/TLS membuat informasi apa pun yang dikirimkan browser web ke server web tersedia dalam teks biasa yang tidak terenkripsi. Dengan demikian, hal tersebut membuat HTTP menjadi rentan dan tidak bisa memverifikasi keaslian pemilik domain karena tidak memiliki proses validasi.

Hal Yang Bisa Membuat HTTPS Menjadi Rentan

Mengenal HTTPS Manfaat, Cara Kerja, dan Bedanya Dengan HTTP

Meskipun HTTPS adalah protokol yang dapat meningkatkan keamanan website Anda, namun bukan tidak mungkin penyerangan dapat terjadi pada website Anda. Berikut adalah beberapa kemungkinan yang dapat terjadi meskipun website Anda telah menggunakan HTTPS yakni sebagai berikut:

  • Memanipulasi Otoritas Sertifikat

Salah satu penyebab kenapa HTTPS menjadi rentan adalah karena hacker bisa memanipulasi atau melakukan kompromi dengan melakukan peniruan sertifikat yang pada akhirnya secara tidak sadar dipercaya oleh major browsers. 

  • Cryptanalysis atau Pelemahan Keamanan

Penyebab kedua kenapa HTTPS menjadi rentan adalah karena peretas dapat melakukan cryptanalysis sehingga membuat potensi terjadinya kelemahan terhadap koneksi HTTPS. 

  • Penyerangan Terhadap Klien Komputer

Meskipun HTTPS adalah protokol keamanan untuk website, namun penyerang dapat menginstal sertifikat palsu atau jahat terhadap klien komputer sehingga membahayakan koneksi HyperText Transfer Protocol Secure. Ini juga menjadi salah satu alasan kenapa HTTPS menjadi rentan.

Dengan demikian, selain menggunakan HTTPS Anda juga perlu melakukan mitigasi terhadap kemungkinan pelemahan HTTPS yang terjadi. Kontrol dan evaluasi menjadi hal yang harus Anda manajemen dengan baik terhadap website Anda. Untungnya, keamanan pada HyperText Transfer Protocol Secure sudah jauh lebih baik daripada HTTP

Penutup

Keamanan merupakan hal krusial yang harus dilindungi dalam mendukung operasional website bisnis yang aman. Adanya HTTPS adalah sarana protokol komunikasi transfer data yang terjadi dalam website Anda. Dengan demikian, sangat penting bagi Anda memastikan bahwa website Anda telah terintegrasi dengan HyperText Transfer Protocol Secure sehingga website Anda terlindungi dan datanya dapat terjaga dari kemungkinan penyadapan. 

IDCloudHost merupakan perusahaan penyedia layanan cloud hosting di Indonesia. Salah satu produk yang ditawarkan IDCloudHost adalah Bare Metal Server yang merupakan server yang mendukung aktivitas aplikasi dan website Anda dengan performa maksimal. Dengan adanya bare metal server tersebut, Anda dapat menghemat pengeluaran untuk aplikasi atau website Anda dan juga memiliki sumber daya server serta resource yang sangat tinggi. 

Solusi Sempurna untuk Bisnis Anda

Dalam Waktu 3 Menit, Anda akan mendapatkan semua
layanan dengan cepat. Tidak ada kewajiban untuk upgrade,
downgrade atau cancel setiap waktu

Buat Private Cloud
Subscribe here to get update
popup image