logo Mengenal KOL Specialist dan Peluang Karirnya - IDCloudHost

Mengenal KOL Specialist dan Peluang Karirnya

Mengenal KOL Specialist dan Peluang Karirnya

Perkembangan teknologi yang begitu cepat membuat media sosial menjadi salah satu aspek yang tidak bisa dipisahkan dalam keseharian banyak orang. Karena itulah, platform ini banyak digunakan untuk aktivitas marketing. Salah satu caranya adalah dengan memanfaatkan Key Opinion Leader untuk melakukan promosi. Hal ini tentunya membuat perusahaan butuh seorang KOL Specialist. 

Pernahkah Anda mendengar tentang pekerjaan ini sebelumnya? Profesi yang satu ini termasuk salah satu peluang karir digital yang baru. Pekerjaan ini muncul karena saat ini kebutuhan akan jasa KOL semakin meningkat, dan perusahaan butuh seseorang yang dapat memanajemennya. 

Dalam artikel ini, Anda akan memahami pekerjaan Key Opinion Leader specialist lebih dalam. Simak penjelasan selengkapnya!

Apa Itu KOL Specialist? 

Mengenal KOL Specialist: Tugas, Skill, dan Peluang Karirnya

KOL Specialist adalah singkatan untuk Key Opinion Leader Specialist. Mereka adalah seseorang yang bertugas mengelola kerjasama antara perusahaan dan para KOL untuk membantu kegiatan marketing brand. Dalam sebuah perusahaan, biasanya jabatan ini tergabung dalam tim marketing. 

Pekerjaan ini menjadi banyak dibutuhkan sejak influencer marketing mulai dipandang sebagai strategi marketing yang efektif bagi brand. Dengan pengguna media sosial yang bertambah setiap harinya, menjalankan aktivitas marketing di platform tersebut dengan memanfaatkan para influencer atau KOL tentunya menjadi sangat menguntungkan. Bahkan, banyak konsumen yang memutuskan untuk membeli sesuatu jika direkomendasikan oleh KOL. Hal ini bahkan dinilai lebih efektif dibandingkan iklan konvensional. 

KOL Specialist memiliki tugas yang berfokus kinerja para KOL atau influencer. Mulai dari mencari KOL yang sesuai dengan brand, bekerjasama dengan mereka, serta memanajemen kinerja mereka terhadap aktivitas marekting brand Anda. Dengan kata lain, mereka mengurus berbagai kebutuhan influencer marketing dari sebuah perusahaan. 

Jika ingin berkarir di bidang ini, Anda akan terlibat di banyak campaign bersama para influencer yang mempromosikan brand Anda. KOL Specialist harus memiliki kemampuan komunikasi dan negosiasi yang baik. Alasannya, karena dalam melakukan pekerjaan sehari-hari mereka harus mampu menjelaskan detail campaign dengan baik kepada influencer, mulai dari konsep hingga hasil yang diharapkan. 

Tugas KOL Specialist

Mengenal KOL Specialist Tugas, Skill, dan Peluang Karirnya

Setelah memahami tentang profesi yang satu ini, Anda mungkin tertarik mengetahui apa saja tugas seorang KOL Specialist. Berikut penjelasan selengkapnya untuk Anda. 

  1. Riset KOL yang Sesuai dengan Brand

Seorang KOL Specialist harus mampu melakukan riset untuk menemukan KOL yang sesuai dengan brand mereka. Menentukan kecocokan KOL bisa dilihat dari target pasar, image yang dimiliki oleh KOL tersebut, dan lain-lain. Untuk melakukan riset ini, Key Opinion Leader Specialist harus aktif di media sosial dan memiliki pengetahuan luas tentang niche produk yang dimiliki perusahaan tempatnya bekerja. 

  1. Membangun Relasi dengan KOL 

Setelah menemukan KOL yang sesuai, seorang KOL Specialist harus bisa membangun relasi yang baik dengan KOL tersebut. Jika menekuni bidang pekerjaan yang satu ini, Anda akan menjadi jembatan komunikasi antara perusahaan dan influencer atau key opinion leader yang akan mendukung aktivitas marketing brand Anda. 

Anda juga bisa membangun relasi dengan jaringan KOL. Misalnya, menghubungi komunitas content creator dengan niche yang sesuai dengan produk dan target audiens, juga mencari informasi ke KOL & influencer agency yang sekarang mulai marak. 

  1. Melakukan Negosiasi yang Menguntungkan 

Salah satu tugas KOL Specialist adalah melakukan negosiasi yang menguntungkan. Setiap perusahaan biasanya memiliki budget tertentu saat ingin menjalankan campaign influencer marketing. Biaya ini terkadang bisa saja berbeda dengan permintaan influencer. Di sinilah tugas Anda untuk bernegosiasi hingga mencapai kesepakatan dan sama-sama menguntungkan perusahaan, juga influencer yang diajak bekerjasama. 

  1. Menjalankan Campaign Sesuai Strategi Pemasaran 

Setiap perusahaan pasti memiliki rencana pemasaran masing-masing. Tugas KOL Specialist adalah memastikan rencana pemasaran yang berhubungan dengan influencer berjalan dengan baik. Bahkan, mereka juga turut serta dalam merencanakannya, lho. Selama aktivitas marketing berjalan, KOL Specialist harus terus berkoordinasi dengan KOL untuk menciptakan konten-konten promosi yang relevan dan ideal. 

  1. Memantau Kinerja KOL 

Tidak hanya mengawasi ketika campaign berlangsung, seorang KOL Specialist juga memantau kinerja KOL setelahnya. Mereka harus menganalisis kinerja KOL dengan beberapa indikator di setiap tahap kampanye. Setelahnya, mereka juga harus mendiskusikan hal ini kepada KOL sebagai bahan evaluasi untuk campaign tersebut ke depannya. 

Skill KOL Specialist

Mengenal KOL Specialist Tugas, Skill, dan Peluang Karirnya

Bekerja sebagai KOL Specialist memang tidak terbatas hanya untuk latar belakang pendidikan tertentu. Apapun yang Anda pelajari di bangku perkuliahan tidak membatasi Anda untuk melamar pekerjaan ini. Namun, tetap diperlukan beberapa skill khusus yang harus Anda kuasai dengan baik jika ingin menjadi seorang KOL Specialist yang handal. 

  1. Komunikasi

KOL Specialist harus mampu berkomunikasi dengan baik pada siapapun, baik dengan timnya sendiri, tim lain, ataupun KOL yang bekerjasama dengan mereka. Para KOL Specialist mewakili perushaan ketika sedang berdiskusi dengan KOL, karena itu kemampuan komunikasi sangat penting agar mereka dapat menciptakan kesan baik bagi perusahaan.  

  1. Organizational Skill

Memiliki keterampilan organisasi di atas rata-rata benar-benar bisa menjadi salah satu keterampilan yang paling membantu. Ada begitu banyak tugas yang berbeda. Dari penjadwalan setiap tahapan campaign hingga menanggapi para KOL yang jumlahnya cukup banyak, KOL Specialist memiliki tugas yang banyak. Belum lagi mereka juga harus berkoordinasi dengan berbagai divisi di perusahaan tempatnya bekerja, kemampuan organisasi yang baik tentunya sangat penting agar KOL Specialist mampu memaksimalkan energi dan sumber daya yang dimilikinya untuk menyelesaikan tugas yang ada.

  1. Pengetahuan Tentang Media Sosial 

Influencer atau KOL tentunya sangat erat dengan media sosial. Platform seperti Instagram, TikTok, dan YouTube merupakan wadah dimana Anda bisa menemukan mereka. Karena itu, pengetahuan tentang media sosial sangat penting bagi seorang KOL Specialist. Dalam pekerjaannya, mereka akan selalu bersinggungan dengan media sosial. Mulai dari tahap mencari KOL, menjalankan campaign, hingga mengevaluasi kinerja KOL tersebut. 

  1. Memahami Tren

Skill KOL Specialist lainnya adalah memahami tren yang sedang berlangsung di kalangan target audiensnya. Hal ini membantu Anda untuk merencanakan campaign dengan lebih baik dan bekerjasama dengan KOL nantinya. Konten yang mengikuti tren biasanya lebih mudah mendapatkan banyak audiens dan viral, tentunya ini akan membawa dampak baik bagi kesuksesan campaign Anda. 

  1. Time-management 

Dalam setiap tahapan campaign, KOL Specialist harus memiliki timeline yang sesuai. Ia harus dapat memiliki kemampuan manajemen waktu yang baik agar bisa menyelesaikan tugas-tugasnya dengan tepat. Pekerjaan KOL Specialist melibatkan banyak kegiatan penjadwalan, baik dengan KOL maupun dengan tim internal perusahaan. 

  1. Negosiasi 

Skill KOL Specialist yang tidak kalah penting adalah kemampuan negosiasi. Setiap influencer biasanya memiliki rate masing-masing, sementara perusahaan juga pasti memiliki budget tertentu untuk menjalankan aktivitas marketing. KOL Specialist harus bisa memastikan kedua hal ini terpenuhi dengan baik, ia harus mampu bernegosiasi agar KOL dan perusahaan akhirnya mencapai kesepakatan dan sama-sama diuntungkan. 

Gaji dan Peluang Karir KOL Specialist 

Mengenal KOL Specialist Tugas, Skill, dan Peluang Karirnya

Dengan banyaknya perusahaan yang memanfaatkan teknologi untuk menjalankan aktivitas pemasaran, kebutuhan akan profesi ini juga semakin meningkat dalam beberapa tahun belakangan. Kebutuhan ini datang dari industri yang beragam, mulai dari fashion, kecantikan, makanan, fintech, edukasi, kesehatan, hingga teknologi. Menggeluti profesi ini membuka kesempatan bagi Anda untuk berkarir di banyak industri, sesuai passion Anda. 

Profesi KOL Specialist memiliki peluang besar di era digital seperti sekarang. Pilihan karir yang satu ini tidak membatasi Anda dari latar belakang pendidikan apa, sehingga Anda bisa mulai mempelajarinya dan mengasah skill yang diperlukan untuk berkarir di bidang ini. KOL Specialist juga memiliki gaji yang cukup kompetitif, tergantung dari perusahaan tempat Anda bekerja. Gaji untuk posisi ini rata-rata berkisar di atas 5 juta rupiah.

Penutup

Demikianlah penjelasan tentang pekerjaan KOL Specialist. Pekerjaan yang cukup baru di dunia digital ini menarik banyak kalangan uda untuk mulai menggelutinya. Apakah Anda merupakan salah satunya? Jika iya, Anda mungkin bisa mulai dengan mempelajari segala sesuatu tentang media sosial dan influencer marketing, setelah itu mengikuti internship untuk posisi ini di perusahaan yang membutuhkan.

Agar semakin meyakinkan saat melamar pekerjaan, Anda butuh portofolio atau halaman profil yang mampu menarik HRD! Yuk, coba gunakan Website Instan IDCloudHost yang memungkinkan Anda untuk membuat landing page dan bio link dengan mudah, tanpa coding sama sekali. 

Solusi Sempurna untuk Bisnis Anda

Dalam Waktu 3 Menit, Anda akan mendapatkan semua
layanan dengan cepat. Tidak ada kewajiban untuk upgrade,
downgrade atau cancel setiap waktu

Buat Private Cloud
Subscribe here to get update
popup image