Cara Membuat Website GRATIS Dengan Menggunakan Google Bisnisku (Google My Business)

Serba Serbi, Startup & Bisnis / 0 | | 0

Google terus berkembang untuk memenuhi kebutuhan penggunanya dan tetap menjadi pilihan yang terdepan. Salah satu cara untuk menyempurnakan pengalaman para pengguna online adalah melalui Google Bisnisku atau Google My Business. Google Bisnisku sendiri merupakan platform dimana konsumen dapat mencari bisnis dan layanan terdekat dengan posisi mereka melalui Google Penelusuran dan Maps.

Sangat penting bagi para pelaku bisnis lokal saat ini untuk membuat akun Google Bisnisku dan mengoptimalkannya. Karena dengan cara ini maka bisnis mereka akan mudah dicari, ditemukan, dipilih dan dipromosikan. Pelanggan yang semula tidak mengetahui bahwa bisnis Anda ada, dapat menemukan bisnis Anda dengan kata kunci yang sesuai dengan bisnis Anda.

Untuk mewadahi ini semua maka Google menyediakan fitur dan layanan ini yang bisa dicoba bagi mereka yang mempunyai bisnis dan berniat menggerakannya secara luas lagi dengan cara online. Terlepas Anda memiliki sebuah bisnis atau tidak, mungkin Anda juga ingin tahu apa sebenarnya Google Bisnisku itu. Mari simak inovasi baru dari Google berikut dan mengenal cara kerja serta mendapatkan website gratis dari Google Bisnisku.

 

Mengenal Apa Itu Google Bisnisku (Google My Business)

Cara Membuat Website GRATIS Dengan Menggunakan Google Bisnisku (Google My Business)
 

Sebagai permulaan, tentunya Anda ingin tahu apa itu Google Bisnisku sebelum memutuskan untuk menginvestasikan waktu Anda untuk mencobanya. Sesuai namanya, Google Bisnisku memungkinkan Anda membuat daftar untuk bisnis Anda di Google. Ketika seorang konsumen meneliti bisnis Anda di Google atau bahkan mencari istilah yang terkait dengan bisnis Anda, maka Anda ingin memastikan mereka memiliki semua informasi yang mereka butuhkan mengenai bisnis Anda termasuk cara mengunjungi laman bisnis Anda, melakukan pembelian atau menghubungi perusahaan Anda.

Secara umum Google Bisnisku adalah alat gratis yang dibuat untuk membantu bisnis mengelola bisnis versi online mereka di seluruh platform Google. Akun Google Bisnisku dapat dianggap sebagai kombinasi dari daftar direktori online dan profil media sosial. Seperti halnya direktori online, pemilik bisnis dapat membuat dan mengklaim kepemilikan atas daftar Google Bisnisku dan mengisinya dengan informasi penting seperti jam operasional, lokasi dan map, serta galeri foto yang menunjang.

Juga seperti halnya platform media sosial, pemilik bisnis dapat mempublikasikan posting ke profil Google Bisnisku. Mirip dengan metode story (cerita) media sosial, postingan ini juga tidak permanen yang akan dihapus setelah 7 hari. Masih menggunakan metode platform media sosial, pelanggan dapat mengunggah foto bisnis Anda ke daftar Anda dengan dan tanpa meninggalkan ulasan atau review (testimoni).

 

 

Mengenal Seluk Beluk Google Bisnisku

Dengan Google Bisnisku, Anda tidak hanya dapat membuat daftar untuk bisnis Anda di Google, tetapi Anda juga dapat mengelola tampilan perusahaan Anda di salah satu mesin pencari paling populer di dunia ini. Fitur-fitur serta kebebasan pengaturan dan pengelolaan akan membawa banyak manfaat bagi bisnis Anda seperti :

  • Dorongan serta dukungan dan untuk berinteraksi dengan pengulas (reviewer) secara langsung
  • Berikan informasi penting tentang bisnis Anda, seperti jam operasional toko Anda, nomor telepon, dan banyak lagi
  • Mempermudah klien Anda untuk mendapatkan petunjuk arah ke lokasi Anda
  • Mempromosikan acara dan berita perusahaan
  • Menambahkan foto bisnis Anda

Selain itu Google Bisnisku juga gratis sehingga perusahaan Anda dapat mendaftar serta mengklaim dan mengelola listing Anda secara gratis. Anda bahkan dapat mengakses dan memperbarui daftar Anda saat bepergian dengan aplikasi seluler Google Bisnisku gratis untuk perangkat Android dan iOS. Cara ini tentunya sangat menarik mengingat mobilitas yang tinggi akan sesuai untuk setiap bisnis online.

Tetapi jika ada orang yang menghubungi bisnis Anda dan menyinggung mengenai daftar Google Bisnisku yang kedaluwarsa atau membutuhkan pembayaran, kemungkinan besar mereka adalah spammer. Setiap perubahan pada Google Bisnisku akan datang langsung dari Google dan situs Google Bisnisku, jadi pastikan untuk mendaftar di laman resmi dan tidak jatuh pada perangkap spam.

Baca Juga :   Tips & Trik Membangun Website Bisnis yang Baik & Benar

 

Sektor Usaha yang Tepat untuk Google Bisnisku

Cara Membuat Website GRATIS Dengan Menggunakan Google Bisnisku (Google My Business)
 

Perusahaan mana pun dapat menggunakan Google Bisnisku, bahkan jika mereka tidak mengoperasikan etalase sebagai display penjualan produk fisik. Contohnya termasuk :

  • Toko ritel
  • Fasilitas manufaktur
  • Restoran
  • Toko e-commerce
  • Dealer mobil
  • Usaha penyedia utilitas

 

Bahkan jika perusahaan Anda tidak memiliki alamat fisik, Google mengizinkan (dan merekomendasikan) agar Anda membuat daftar Google Bisnisku karena dapat membantu orang-orang yang mencari bisnis Anda, produk Anda, dan layanan Anda, menemukan Anda.

Baca Juga :   Cara Membuat Laporan Keuangan Untuk UMKM, Perusahaan dan Usaha

 

Cara Mendaftar Google Bisnisku

Cara Membuat Website GRATIS Dengan Menggunakan Google Bisnisku (Google My Business)
 

Sekarang setelah Anda tahu apa itu Google Bisnisku, apakah Anda siap membuat profil usaha Anda sendiri? Ikuti empat langkah cepat ini untuk membuat dan mengelola akun Google Bisnisku Anda :

  1. Mendaftarkan akun usaha Anda

    Mulai profil Google Bisnisku dengan mengklaim bisnis ANda di Google. Jika perusahaan Anda memiliki profil Google Bisnisku tetapi tidak mengklaimnya, Anda dapat mengklaimnya melalui Google. Untuk perusahaan baru, Anda dapat mendaftar dan membuat profil Anda.

  2. Memasukkan semua informasi mengenai bisnis Anda

    Setelah Anda mendaftar atau masuk ke akun Google Bisnisku, tambahkan informasi penting perusahaan Anda, yakni :
    a. Nama
    b. Alamat dan map
    c. Nomor telepon, email dan akun media sosial
    d. Jam operasional
    e. Jenis industri/sektor usaha Anda
     

    Anda juga dapat menambahkan gambar toko Anda, yang dapat memikat pengguna untuk mengunjungi. Misalnya, jika Anda mempunyai usaha restoran, Anda dapat memasukkan foto-foto hidangan paling populer Anda. Semua informasi ini membantu klien Anda terhubung dengan bisnis Anda.

  3. Verifikasi akun

    Memverifikasi akun Anda adalah langkah penting lainnya ketika mendaftar untuk Google Bisnisku. Setelah Anda meninjau semua informasi Anda dan memastikan semuanya akurat, Anda siap memverifikasi diri Anda sebagai pemilik bisnis Anda. Anda dapat memverifikasi bisnis Anda melalui email, surat, telepon, atau Google Search Console. Untuk verifikasi cepat, gunakan Google Search Console, meskipun opsi ini hanya berfungsi jika Anda sebelumnya telah mengkonfirmasi bisnis Anda di Google Search Console.
     

    Jika Anda memilih untuk memverifikasi bisnis Anda melalui surat, email, atau telepon, Google akan mengirim kode verifikasi. Setelah Anda menerima kode verifikasi, masukkan di Google Bisnisku. Jika Anda memilih untuk memverifikasi bisnis Anda melalui surat, kartu pos dengan kode verifikasi akan tiba dalam 14 hari.

  4. Buat pembaruan mengenai bisnis Anda dengan rutin

    Meskipun Anda mungkin telah mengklaim dan membuat akun Google Bisnisku, penting bagi tim atau agensi pemasaran digital Anda untuk terus mengoptimalkannya. Jika ada perubahan pada perusahaan Anda, seperti jam, lokasi, atau spesialisasi Anda, segera perbarui akun Anda. Manajemen ulasan adalah bagian lain dari menjaga profil Google Bisnisku Anda. Selalu siap tanggapi pertanyaan dan ulasan pengguna karena dengan berinteraksi dengan komentator, perusahaan Anda dapat membantu pelanggan yang sudah ada dan yang akan datang

 

Baca Juga :   Cara Membuat Website untuk Pemula dan Bisnis Online (UMKM) di Indonesia

 

Cara Membuat Website Gratis dari Google Bisnisku

Selain keuntungan diatas, pengguna juga dapat memanfaatkan website gratis yang disediakan Google Bisnisku. Fitur gratis ini juga dapat di kostumisasi sesuai dengan keperluan tiap penggunanya yang pasi berbeda- beda. Website juga dapat disinkronisasikan dengan informasi yang ada pada akun Google Bisnisku karena adanya dukungan AdWord Express. Berikut langkah- langkah yang bisa Anda tempuh untuk mendapatkan website gratis dari Google My Business :

  1. Buka laman Google Bisnisku dan isilah profil Anda
  2. Setelah mengisi dan melengkapi data, klik pada menu pilihan ‘WEBSITE’ pada bagian bar disebelah kiri
  3. Disini pengguna dapat mengatur dan melakukan kustomisasi sendiri seperti memilih tema, mengunggah galeri foto, memilih bahasa yang digunakan, warna dan bentuk serta size font tulisan
  4. Klik ‘PUBLISH’
  5. Input domain Anda
  6. Kemudian klik ‘VIEW SITE’ untuk melihat tampilan website baru Anda

Baca Juga :   Cara Daftar Google AdSense Terlengkap Untuk Pemula

 

Kesimpulan dan penutup

Google selalu berusaha untuk memberikan pengalaman terbaik bagi penggunanya yang selalu membutuhkan informasi yang relevan, berharga, dan akurat. Karena itu sebaiknya Anda memanfaatkan kesempatan ini dengan mendaftar pada Google Bisnisku ini. Namun begitu jangan menduplikat profil dan website Anda karena akan dapat berdampak buruk pada peringkat Google Anda nantinya.

Jika Anda memiliki satu bisnis dan satu lokasi, Anda hanya ingin mengaitkan satu profil bisnis saja. Jika tidak, Anda berisiko membingungkan mesin pencari dan konsumen. Selain semakin mempersulit konsumen untuk menemukan bisnis Anda baik online maupun offline, tipe-tipe inkonsistensi ini juga dapat menghadirkan kesan pertama yang tidak terorganisir dan tidak profesional kepada para prospek. Apabila Anda memiliki lebih dari satu lokasi, Anda dapat mengelola beberapa cantuman dalam satu akun.

Karena tidak peduli ukuran atau industri perusahaan Anda, Anda akan mendapat manfaat dari membuat halaman Google Bisnisku. Dengan sumber daya ini, Anda memiliki opsi untuk memaksimalkan visibilitas Anda di Google, meningkatkan prospek, dan mengarahkan lebih banyak lalu lintas ke etalase fisik Anda.

Related Post :