Aplikasi Signal : Pengertian, Fitur, Keunggulan, dan Cara Installnya

News & Release, Serba Serbi / 0 | | 0

Signal adalah aplikasi perpesanan terenkripsi yang aman yang sering dianggap sebagai alternatif yang lebih pribadi untuk WhatsApp, Facebook Messenger, Skype, iMessage, dan SMS. aplikasi ini sendiri tersedia untuk mereka yang menggunakan Android, iPhone, dan iPad selain juga penggunaan untuk Windows, Mac, dan Linux. Untuk bergabung, Anda hanya membutuhkan nomor telepon dan mendaftarkan diri Anda secara gratis.

Pengalaman pengguna Signal sama seperti WhatsApp, Facebook Messenger, dan aplikasi obrolan populer lainnya. Ini adalah aplikasi perpesanan dengan fitur seperti pesan personal individu maupun grup dengan fitur- fitur seperti stiker, foto, transfer file, panggilan suara, dan bahkan panggilan video. Anda dapat melakukan obrolan grup dengan hingga 1000 orang dan panggilan grup dengan hingga delapan orang.

Dikembangkan oleh yayasan nirlaba dan didanai oleh donasi, membuat aplikasi Signal tidak dimiliki oleh perusahaan teknologi besar layaknya Facebook. Bahkan Signal tidak menghasilkan keuntungan, tidak mencoba mengumpulkan atau menambang data tentang pengguna atau menampilkan iklan kepada para penggunanya. Mari cari tahu lebih lanjut lagi tentang aplikasi yang cukup aman jika Anda ingin beralih dari aplikasi perpesanan yang biasa Anda gunakan.

 

Pengertian Aplikasi Signal

Aplikasi Signal : Pengertian, Fitur, Keunggulan, dan Cara Installnya
 

Signal adalah layanan pesan terenkripsi terpusat lintas platform yang dikembangkan oleh Signal Foundation dan Signal Messenger. Dengan menggunakan Internet untuk mengirim pesan satu-ke-satu dan grup, yang dapat mencakup file, catatan suara, gambar dan video selain juga dapat digunakan untuk melakukan panggilan suara dan video perorangan dan grup. Disamping versi Android secara opsional juga dapat berfungsi sebagai aplikasi SMS.

Aplikasi Signal menggunakan nomor telepon seluler standar sebagai pengenal dan mengamankan semua komunikasi ke pengguna Signal lain dengan enkripsi end-to-end. Termasuk mencakup mekanisme di mana pengguna dapat secara independen memverifikasi identitas kontak mereka dan integritas saluran data. Perangkat lunak Signal gratis dan bersumber terbuka (open-source) yang diterbitkan di bawah lisensi GPLv3, sedangkan kode server diterbitkan di bawah lisensi AGPLv3.

Umumnya aplikasi Android resmi menggunakan Layanan Google Play berpemilik (dipasang di sebagian besar perangkat Android) untuk fungsi seperti pemberitahuan push tetapi Signal juga memiliki aplikasi klien resmi untuk iOS dan aplikasi web di desktop. Signal Foundation nirlaba diluncurkan pada Februari 2018 dengan pendanaan awal $ 50 juta dari Brian Acton. Hingga pada Juni 2020 kemarin Signal telah memiliki lebih dari 32,4 juta total unduhan dan aplikasi ini memiliki sekitar 20 juta pengguna aktif bulanan per Desember 2020.

 

Fitur- fitur Aplikasi Signal

Signal memungkinkan pengguna untuk melakukan panggilan satu-ke-satu atau personal dan grup, suara dan video dengan hingga 8 orang di iOS, Android, dan desktop.Semua panggilan dilakukan melalui Wi-Fi atau koneksi data dan tidak dikenai biaya, panggilan di aplikasi ini termasuk panggilan jarak jauh dan internasional. Signal juga memungkinkan pengguna untuk mengirim pesan teks, file, catatan suara, gambar, GIF, dan pesan video melalui Wi-Fi atau koneksi data ke pengguna Signal lainnya di iOS, Android dan aplikasi desktop. Aplikasi ini juga mendukung perpesanan grup.

Semua komunikasi antara pengguna Signal secara otomatis dienkripsi ujung ke ujung (end-to-end). Kunci yang digunakan untuk mengenkripsi komunikasi pengguna dibuat dan disimpan di titik akhir yaitu oleh pengguna, bukan oleh server. []]Untuk memverifikasi bahwa koresponden benar-benar orang yang benar, pengguna Signal dapat membandingkan sidik jari kunci atau memindai kode QR di luar jalur. Aplikasi ini menggunakan mekanisme trust-on-first-use untuk memberi tahu pengguna jika kunci koresponden berubah.

Di Android, pengguna dapat memilih untuk menjadikan Signal sebagai aplikasi SMS / MMS default, yang memungkinkan mereka untuk mengirim dan menerima pesan SMS yang tidak terenkripsi selain pesan Signal terenkripsi end-to-end standar. Pengguna kemudian dapat menggunakan aplikasi yang sama untuk berkomunikasi dengan kontak yang tidak memiliki Signal. Mengirim pesan yang tidak terenkripsi juga tersedia sebagai penggantian antara pengguna Signal.

TextSecure memungkinkan pengguna untuk menyetel frasa sandi yang mengenkripsi basis data pesan lokal dan kunci enkripsi pengguna tetapi ini tidak mengenkripsi database kontak pengguna atau cap waktu pesan. Aplikasi Signal pada Android dan iOS dapat dikunci dengan pin telepon, frasa sandi, atau otentikasi biometrik. Pengguna dapat menentukan interval batas waktu penguncian layar, memberikan mekanisme perlindungan tambahan jika telepon hilang atau dicuri. Signal juga memungkinkan pengguna untuk mengatur timer ke pesan yang mana setelah interval waktu tertentu, pesan akan dihapus dari perangkat pengirim dan penerima.

Interval waktunya bisa antara lima detik dan satu minggu dan pengatur waktu dimulai untuk setiap penerima setelah mereka membaca salinan pesan mereka. Pengembang Signal telah menekankan bahwa ini dimaksudkan sebagai “fitur kolaboratif untuk percakapan di mana semua peserta ingin mengotomatiskan kebersihan data minimalis, bukan untuk situasi di mana kontak Anda adalah musuh Anda”. Signal mengecualikan pesan pengguna dari cadangan cloud yang tidak dienkripsi secara default. Disamping Signal juga memungkinkan pengguna untuk secara otomatis memburamkan wajah orang di foto untuk melindungi identitas mereka.

 

Baca Juga  :     Mengenal Aplikasi UMeetMe : Cara Install dan Fitur-Fitur UMeetMe Meeting [Lengkap]

 

Keunggulan Aplikasi Signal

Aplikasi Signal : Pengertian, Fitur, Keunggulan, dan Cara Installnya
 

Pada dasarnya aplikasi ini memang tidak sebesar WhatsApp tetapi Signal datang dengan menawarkan keamanan seperti yang dilakukan Telegram. Berikut ini keunggulan dari yang ditawarkan aplikasi Signal.

 

  • Kebebasan berbagi dan berinteraksi

    Bagikan teks, pesan suara, foto, video, GIF, dan file secara gratis. Signal menggunakan koneksi data ponsel Anda sehingga Anda dapat menghindari biaya SMS dan MMS.

  • Berbicara dengan bebas

    Lakukan panggilan suara dan video sejernih kristal ke orang-orang yang tinggal di seberang kota, atau di seberang lautan, tanpa biaya jarak jauh.

  • Dapatkan perlindungan privacy

    Tambahkan lapisan ekspresi baru ke percakapan Anda dengan stiker terenkripsi. Anda juga dapat membuat dan membagikan paket stiker Anda sendiri.

  • Berkumpul dengan Grup

    Obrolan grup memudahkan untuk tetap terhubung dengan keluarga, teman, dan rekan kerja Anda. Semua dapat dilakukan dalam grup yang bisa Anda ciptakan.

  • Bebas iklan dan pelacakan

    Tidak ada iklan, tidak ada pemasar afiliasi, dan tidak ada pelacakan yang menyeramkan di Signal. Jadi fokuslah untuk berbagi momen penting dengan orang yang berarti bagi Anda.

  • Gratis

    Signal adalah lembaga nonprofit independen yang tidak terikat dengan perusahaan teknologi besar mana pun dan juga tidak akan pernah bisa diakuisisi oleh salah satunya. Pengembangan didukung oleh hibah dan donasi dari orang-orang seperti Anda sehingga siapa saja bisa menggunakan aplikasi Signal.

 

Baca Juga  :     Cara Membuat Stiker WA (Stiker Whatsapp) dengan Mudah dan Cepat

 

Cara Install dan Menggunakan Aplikasi Signal

Layaknya aplikasi perpesanan lainnya, begitu juga Signal mudah untuk digunakan. Cukup unduh aplikasi Signal resmi dari Apple App Store untuk iPhone dan iPad atau Google Play untuk Android. Ikuti proses penyiapan untuk memberi Signal nomor telepon dan akses ke kontak Anda meski akses kontak bersifat opsional, tetapi Signal dirancang untuk bekerja paling baik dengan cara ini. Anda kemudian dapat memulai percakapan dari dalam aplikasi maka apabila ada seseorang di kontak Anda dan nomor telepon orang itu dikaitkan dengan akun Signal, Anda akan melihat bahwa Anda dapat menghubungi mereka di Signal.

Ingin mulai berbicara dengan seseorang di Signal alih-alih aplikasi obrolan yang berbeda? Minta saja mereka untuk mengunduhnya dan mendaftar dan Anda bahkan akan mendapatkan pemberitahuan saat seseorang yang Anda kenal mendaftar ke Signal. Anda juga dapat mengunduh aplikasi desktop Signal untuk Windows, Mac, atau Linux dari situs web Signal Foundation yang akan menyinkronkan pesan dari aplikasi Signal di ponsel Anda ke komputer Anda walau cara ini opsional. Meskipun Signal memiliki antarmuka yang sangat familiar seperti aplikasi perpesanan liannya, namun Signal sangat berbeda di balik layar. Percakapan Anda di Signal dienkripsi dari ujung ke ujung atau end-to-end, yang berarti bahkan pemilik Signal tidak dapat memantaunya. Hanya orang-orang dalam percakapan yang dapat melihatnya. Signal juga sepenuhnya open-source dan kode sumber untuk aplikasi klien proyek dan perangkat lunak server tersedia di GitHub.

 

Baca Juga :     Mengenal Aplikasi CloudX : Cara Install dan Fitur-Fitur CloudX Telkomsel [Lengkap]

 

Aplikasi Signal versus Telegram

Jika Anda serius tentang privasi maksimum untuk komunikasi Anda, Anda harus memilih Signal mengingat pada awal Januari 2021 ini Signal berhasil mengalahkan Telegram di tangga lagu App Store. Meningkatnya rating pengguna terhadap Signal tentu membuat Signal terbukti jauh lebih aman dari Telegram. Apabila beberapa fitur Telegram menarik bagi Anda misalnya, jika Anda menginginkan bot, obrolan grup yang sangat besar, atau transfer file yang lebih besar, bisa menjadi alasan utama Anda mengandalkan Telegram.

Mungkin Anda baik-baik saja menyimpan semua percakapan Anda di server cloud untuk kenyamanan yang mana langkah ini memang lebih baik daripada menggunakan Facebook dan beralih kepada Telegram. Tentu saja, layanan mana yang pada akhirnya Anda gunakan bergantung pada layanan mana yang juga digunakan teman, keluarga, rekan kerja, dan orang lain yang ingin Anda ajak bicara. Anda bahkan mungkin akan menggunakan banyak aplikasi perpesanan untuk berbicara dengan orang yang berbeda.

Pada akhirnya, Signal atau Telegram digadang- gadang akan mengalahkan WhatsApp dan Facebook Messenger dalam hal privasi. Tidak ada aplikasi yang ditautkan ke Facebook, seperti WhatsApp dan Facebook Messenger. Baik Signal dan WhatsApp jauh lebih aman daripada SMS biasa, yang memungkinkan operator seluler Anda melihat setiap pesan yang Anda kirim. Tentu saja, Signal dan Telegram berubah seiring waktu dan mendapatkan fitur baru. Ada baiknya Anda melakukan penelitian sendiri dan melihat aplikasi manakan yang lebih sesuai dengan selera dan kebutuhan Anda. Untuk pengguna yang berfokus pada privasi, perbedaan besar adalah bahwa semuanya selalu dienkripsi end-to-end di Signal, sedangkan Telegram menawarkan enkripsi end-to-end sebagai fitur opsional yang harus Anda singkirkan untuk menggunakannya.

 

Baca Juga  :      Rekomendasi Aplikasi Chatting untuk UKM terbaik dan Gratis di Indonesia

 

Kesimpulan dan Penutup

Kepopuleran Signal naik karena adanya enkripsi end-to-end sebaga fitur besarnya. Itulah mengapa begitu banyak orang menggunakan Signal karena mereka mengkhawatirkan privasi dan tetap mampu menjaga keamanan mereka di dalam aplikasi perpesanan. Pada awal 2021 dan didukung oleh semua orang dari Elon Musk hingga CEO Twitter Jack Dorsey, aplikasi Signal yang nonprofit telah melesat ke puncak tangga aplikasi yang paling banyak diunduh di Apple dan App Store Google.

Tetapi Signal tidak muncul begitu saja dan telah pada tahun 2013 lalu. Ini adalah perangkat lunak yang dihormati secara luas yang telah lama digunakan oleh pendukung privasi dan aktivis lainnya seperti Edward Snowden mendukung Signal pada tahun 2015. Di awal 2021 sendiri, Signal telah mencapai penerimaan arus unduh dan dan penggunaan yang lebih besar. WhatsApp mengubah kebijakan privasinya untuk berbagi lebih banyak data dengan Facebook yang membuat banyak orang merasa tidak aman dan mengeluarkan semua pembicaraan mereka karena takut di retas. Menggunakan Signal atau Telegram menjadi pilihan penjagaan privasi yang terbaik sejauh ini.

 

Related Post :

popup image