12 Prinsip Bisnis Sukses yang Penting Diketahui

12 Prinsip Bisnis Sukses yang Penting Diketahui

Sebagian besar para pebisnis pasti punya prinsip bisnis sukses yang menjadikan usahanya maju dan berkembang. Pastinya Anda juga ingin mempunyai usaha atau bisnis yang bisa Anda atur waktunya secara fleksible. Mempunyai bisnis sendiri merupakan impian sebagian orang para pelaku wirausaha. Usaha atau bisnis yang dijalankan sendiri lebih nyaman karena tidak terikat dengan jam kerja atau bebas dari tekanan dan perintah atasan.

Anda dapat melakukan aktivitas sehari-hari sambil menjalankan bisnis yang sedang Anda jalankan. Anda bisa menjadi seorang bos dengan memiliki banyak karyawan jika bisnis yang Anda jalankan sukses. Tapi ini semua butuh proses dan prinsip bisnis sukses untuk menjalankannya.

Menuju sebuah kesuksesan sebagai pebisnis atau wirausaha merupakan salah satu pendapat dari sebagian orang yang bisa kita wujudkan. Indonesia merupakan salah satu negara yang mengalami keterpurukan ekonomi di masa gelombang krisis saat ini. Maka dengan menciptakan usaha atau bisnis sendiri dapat mendukung berkembangnya prinsip bisnis sukses pada krisis di era modern ini.

Baca Juga : 3 Cara Ini Bisa Bikin Bisnis Anda Sukses

Apa Saja Prinsip Bisnis Sukses?

Salah satu cara untuk mengatasi krisis yaitu dengan berwirausaha atau membuka bisnis sendiri untuk menggerakkan roda ekonomi saat ini. Hal terpenting untuk menjalankan bisnis yaitu harus berani memulai sebuah usaha sendiri dengan prinsip bisnis sukses, karena pada dasarnya jiwa wirausaha dimiliki oleh setiap diri orang masing-masing.
Ini merupakan prinsip bisnis sukses yang dikemukakan oleh Dhidiek D. Machyudin, sebagai berikut :

  1. Optimis.
  2. Dapat membaca kesempatan atau peluang pasar.
  3. Ambisius.
  4. Sabar.
  5. Tidak takut gagal.
  6. Tidak mudah putus asa.
  7. Kegagalan kesatu atau yang kedua itu hal yang biasa, karena itu beranggapanlah bahwa sebuah kegagalan merupakan kesuksesan yang tertunda.

Adapun juga pendapat dari Khafidul Ulum yang berpendapat bahwa prinsip bisnis sukses sebagai wirausaha itu sebagai berikut:

  1. Semangat (passion).
  2. Mandiri (independent).
  3. Peka terhadap pasar (marketing sensitivity).
  4. Inovatif dan kreatif (innovative and creative).
  5. Mengambil resiko dengan penuh perhitungan (calculated risk taker).
  6. Pantang menyerah (persistent).
  7. Berdasarkan standar etika(high ethical standard).

Baca Juga : Bagaimana Era Digital Membantu Bisnis Anda Go Online

Adapun dari rangkuman pendapat para tokoh di atas yaitu ada 12 prinsip bisnis sukses yang penting Anda ketahui ketika akan memulai membuka suatu usaha atau bisnis, seperti berikut ini:

  1. Semangat
    Memiliki semangat yang tinggi merupakan prinsip bisnis sukses untuk memulai suatu bisnis atau usaha yang baru. Karena bukanlah tujuannya tapi sebuah proses atau perjalananyalah yang menjadikan penghargaan terbesar bagi para pebisnis atau wirausahawan.
  2. Jangan takut untuk gagal
    Bagi para pebisnis atau wirausaha memiliki prinsip bisnis sukses yang satu ini wajib, karena sebuah teori saja yang dimiliki akan sia-sia kalau tidak dipraktekkan. Maka dengan begitu akan merasakan atau mengalaminya sendiri dan hal yang terpenting jangan takut untuk gagal di awal.
  3. Bertindak dengan penuh perhitungan yang tepat
    Berada dimanapun resiko itu pasti ada, resiko adalah hal sering kali kita hindari, dari resiko yang satu ini, tetapi menemukan lagi resiko yang lainnya lagi.
    Maka perhitungan yang terbaik itu penting sebelum mengambil keputusan atau memutuskan sesuatu, terutama jika tingkat resiko yang tinggi dalam menjalankan suatu bisnis.
  4. Inovatif dan kreatif
    Inovasi dan kreativitas adalah prinsip bisnis sukses yang utama bagi para pebisnis dan seorang wirausaha. Dalam segala hal inovasi dan kreativitas seorang pebisnis atau wirausaha harus berkembang terus.
  5. Sabar, tekun, dan ulet
    Tidak kalah pentingnya prinsip bisnis sukses yang lainnya dalam berusaha yaitu ketekunan dan kesabaran, meskipun berbagai bentuk percobaan, permasalahan dan kendala ataupun orang lain menganggap remeh tetap harus kita dihadapi.
    Dengan kesabaran dari timbulnya sebuah permasalahan biasanya dapat memahami bagaimana cara mengatasinya. Sehingga dapat menghadapinya dan memecahkan masalah itu secara baik dan optimal.
  6. Ambisius
    Dalam menjalankan apapun jenis usahanya, maka seorang pebisnis harus berambisi ketika menjalankanya agar mencapai hasil yang maksimal.
  7. Harus optimis
    Optimis merupakan prinsip bisnis sukses yang penting bagi pebisnis, karena optimis atau percaya diri adalah sebuah keyakinan untuk memotivasi diri sendiri. Apapun usaha yang akan kita jalankan, jika kita punya rasa optimis maka akan sukses sesuai harapan.
  8. Peka terhadap keinginan pasar saat ini
    Prinsip bisnis sukses secara mutlak yang harus dijalankan oleh seorang pebisnis yaitu peka atau dapat mengetahui peluang pasar yang sedang berkembang, baik pasar secara lokal, regional ataupun internasional. Dalam mengambil peluang pasar dengan baik, maka peluang sekecil apapun harus bisa diidentifikasi secara baik.
  9. Pantang menyerah
    Kapanpun waktunya kata pantang menyerah merupakan bagian yang harus selalu dilakukan. dalam kondisi apapun, baik ketika kondisi mendukung atau bahkan saat keterpurukan dalam usaha kita.
  10. Mandiri
    Dari prinsip bisnis sukses sebuah kemandirian adalah panduan dalam berbisnis atau berwirausaha. Menjadi pebisnis yang mandiri sangat penting, karena untuk menghindari ketergantungan dari berbagai pihak yang berkepentingan dengan bisnis atau usaha kita.
  11. Mengetahui standar etika dalam berbisnis
    Prinsip bisnis sukses dalam hal ini berlaku secara universal yang harus dipegang teguh oleh setiap pelaku bisnis atau usaha. Di setiap negara mempunyai standar etika yang berlaku sesuai dengan budaya dan bangsa yang ada.
    Undang-undang perlindungan konsumen yang di miliki Indonesia merupakan salah satu standar etika berbisnis.
  12. Jujur
    Kejujuran merupakan prinsip bisnis sukses yang harus di utamakan dalam menjalankan bisnis. Jujur kepada para pelanggan dan pemasok serta pemangku kepentingan dalam usaha kita itu sangat penting, demi kelancaran usaha kita.
    Itulah uraian singkat dari 12 prinsip bisnis sukses yang penting Anda ketahui ketika akan memulai suatu usaha atau bisnis. semoga dapat memotivasi dan membantu Anda.

Baca Juga : Keunggulan Cloud Hosting untuk Mengembangkan Bisnis Online

solusi sempurna untuk bisnis anda
Subscribe here to get update