5 Plugin Keamanan untuk WordPress

5 Plugin Keamanan untuk WordPress

Dibandingkan dengan blogspot, WordPress memang lebih rentan untuk terserang malwate atau hacking. Terlebih lagi, WordPress merupakan CMS jenis open source sehingga keamanannya menjadi tanggung jawab setiap pengguna. Banyak cara yang dapat dilakukan untuk mengamankan WordPress Anda. Salah satunya adalah dengan penggunaan plugin. Di WordPress banyak sekali plugin-plugin keamanan yang tersedia. Apa saja ya kira-kira? Simak penjelasannya berikut ini.

Apa Itu Plugin?

Plugin adalah sebuah tools yang berfungsi untuk menambahkan sebuah fitur tertentu pada website atau WordPress. Sedangkan plugin WordPress berarti sebuah eksistensi yang ditambahkan pada WordPress untuk selanjutnya di modifikasi atau dikembangkan sesuai dengan fungsinya bagi website. WordPress sudah menyediakan berbagai jenis plugin yang bisa digunakan untuk pengguna.

Baca Juga: Mengenal Apa itu CMS WordPress

Kenapa Anda Harus Menginstal Plugin Keamanan di WordPress?

plugin keamanan wordpress

Menginstal plugin keamanan di WordPress adalah langkah krusial yang penting dalam menjaga integritas, keamanan, dan kinerja situs web Anda. WordPress adalah platform yang populer, dan oleh karena itu, menjadi sasaran yang menarik bagi peretas dan penjahat internet. Berikut adalah beberapa alasan kenapa Anda butuh plugin keamanan di WordPress

Perlindungan Terhadap Ancaman Cyber

WordPress adalah platform open source yang terbuka untuk umum. Meskipun ini adalah kelebihannya, juga membuatnya rentan terhadap ancaman siber. Plugin keamanan dapat membantu melindungi situs Anda dari serangan umum seperti SQL injection, brute force, dan serangan DDoS. Mereka mengidentifikasi aktivitas mencurigakan dan mencegah upaya peretasan.

Pembaruan Keamanan Terbaru

Plugin keamanan sering diperbarui untuk menghadapi ancaman terbaru. Mereka memastikan bahwa situs Anda memiliki lapisan perlindungan terbaru untuk melawan perangkat lunak berbahaya dan kerentanannya yang baru ditemukan. Dengan menginstal plugin keamanan yang andal, Anda secara otomatis memperbarui pertahanan situs Anda.

Pengawasan Aktivitas Situs

Banyak plugin keamanan menyediakan fitur pemantauan yang memungkinkan Anda melacak aktivitas di situs Anda. Ini dapat membantu Anda mendeteksi ancaman lebih awal dan menindaklanjuti insiden jika diperlukan.

Web Application Firewall (WAF)

Banyak plugin keamanan menyertakan firewall aplikasi web (WAF) yang dapat memblokir serangan sebelum mencapai situs Anda. WAF membantu melindungi situs dari serangan XSS, CSRF, dan serangan skrip terpotong.

Pemantauan dan Laporan Keamanan

Plugin keamanan sering menyediakan laporan keamanan yang memungkinkan Anda untuk melihat aktivitas dan ancaman yang terdeteksi. Ini membantu Anda dalam mengelola risiko keamanan dan mengambil tindakan yang diperlukan.

Baca Juga: Mengenal Web Application Firewall (WAF): Jenis, Manfaat, dan Cara Kerjanya

5 Plugin Keamanan untuk WordPress

5 Plugin Keamanan untuk WordPress

Dari banyaknya plugin, simak beberapa jenis plugin yang aman untuk WordPress Anda dibawah ini.

1. WordFence Security

Plugin keamanan pertama adalah WordFence Security. Ini merupakan salah satu plugin keamanan terbaik di WordPress. Bahkan plugin ini telah di unduh lebih dari empat juga kali. Setidaknya ini menandakan bahwa plugin ini benar-benar di percaya oleh pengguna.

Selain itu, plugin ini juga menyediakan keamanan WordPress dari serangan malware,hacking hingga bot. Hal ini didukung dengan fitur block IP dan firewall yang melindungi website dari akses tidak resmi yang masuk.

Bukan hanya itu saja, ada kelebihan dari Wordfece security antara lain : Fitur blokir akses berbahaya, fitur yang mengamankan login, gratis Learning Center tentang keamanan situs, fitur scanning malware dan file berbahaya, real-time monitor hasil pemantauan, kompatibel dengan IPv6, multi-site security, caching untuk mempercepat loading,memuat fitur yang bisa digunakan secara gratis, serta mendukung segala tema tan plugin.

Baca Juga: Apa itu IPV6 ? Mengenal Tentang IPv6 (Internet Protocol Version 6)

2. i-Themes Security

Kedua, adalah i-Themes Security, sebuah plugin keamanan yang dikembangkan oleh iThemes media LLC. Sama seperti WordFence Security, plugin yang satu ini juga tidak kalah populer bahkan sudah di unduh lebih dari satu juta instalasi aktif.

i-Themes Security juga memiliki fitur deteksi halaman 404 dan blokir IP yang bermanfaat untuk melindungi website. Pengguna dapat menggunakan fitur ini secara gratis. Akan tetapi, jika Anda ingin keamanan ganda untuk WordPress Anda, Anda harus berlangganan pada i-Themes Security.

Selain itu, ada beberapa kelebihan dari i-Themes Security yang bisa Anda nikmati antara lain: Fitur brute force protection,pemberitahuan apabila ada file inti WordPress yang berubah, Bisa menyembunyikan url login dan halaman admin,kemudian bisa mengunci pengguna yang gagal login beberapa kali, Memiliki two-factor identification serta dapat mengatur tindakan pengguna yang melakukan login.

3. Jetpack

Selanjutnya plugin keamanan untuk WordPress adalah Jetpack. Bukan hanya melindungi website saja akan tetapi jetpack juga bisa mempercepat load website. Sama seperti beberapa plugin lainnya, jetpack tersedia dalam dua versi yaitu versi gratis dan berbayar. Yang berbeda jika Anda menggunakan jetpack versi berbayar terdapat fitur tambahan seperti backup situs web,pencegahan spam hingga dukungan teknis 24/7.

Ini dia beberapa kelebihan serta fitur dari jetpack yang bisa Anda gunakan antara lain: dapat mengatur tampilan website dan konten,bisa mengoptimasi performa website menjadi cepat,memiliki sistem login yang dijamin keamanannya,konfigurasi yang mudah dilakukan,dapat melakukan backpun secara otomatis serta multifungsi.

Baca Juga: Mengenal Jetpack: Pengertian, Fungsi, dan Keunggulannya

4. All-In-One Security (AIOS) Security and Firewall

Kemudian ada All-In-One Security (AIOS) Security and Firewall. Interface dari plugin yang satu ini sangat mudah untuk dipahami. Ada beberapa kategori keamanan yaitu dasar, menengah, dan canggih. Anda bisa mengaturnya sesuai keinginan Anda. Selanjutnya, plugin ini juga menyediakan fitur pencegahan untuk berbagai serangan siber seperti: firewall,serangan brute force dan serangan siber lainnya.

Keunggulan dari All-In-One Security (AIOS) Security and Firewall adalah dapat mengamankan akun user pengguna, mengamankan pendaftaran pengguna, kemudian dapat mengamankan login, database situs, file system, bisa mencari tahu data Lookup Whois yang mencurigakan, selanjutnya bisa memblokir akses berbahaya,mencegah pencurian artikel (COPAS), mencegah serangan masuk brute force, melakukan scanning secara menyeluruh, serta mencegah komentar spam.

5. Sucury Security

Terakhir adalah sucury security. Plugin ini di buat oleh salah satu perusahaan security website ternama yaitu Sucury Inc. Jika Anda tidak punya dana lebih untuk menggunakan paket premium, Anda masih bisa mendapatkan plugin gratisnya di WordPress. Salah satu fitur unggulan dari Sucury Security adalah fitur firewall bawaan yang mampu melindungi website dari brute force.

Sucury security juga memiliki CDN sendiri untuk mempercepat waktu atau load sebuah website. Bukan hanya itu saja ada beberapa keunggulan didalam plugin ini antara lain: mampu mengintegrasi hasil berkas pemantauan,bisa melakukan tindakan pasca-Hack Security, melakukan scanning malware yang mendalam, dapat memperkuat tingkat keamanan agar ;ebih efektif, bisa membeerikan pemberitahuan keamanan, dilengkapi dengan pemantauan blacklist, serta memiliki website firewall (add on).

Penutup

Demikianlah beberapa daftar pilihan 5 plugin keamanan untuk WordPress untuk Anda. Masing-masing dari plugin memiliki fitur , keunggulan serta kekurangan yang berbeda-beda. Anda tidak perlu khawatir dengan kinerja dan keandalan plugin yang sudah kami sajikan diatas. Jika harus memilih dengan posisi Anda sebagai pemula dalam memiliki sebuah website, maka Anda bisa menyesuaikan jenis plugin mana saja yang cocok untuk digunakan. Dan pastikan plugin tersebut sudah aman bagi WordPress Anda.

Kemudian,jika kita membahas mengenai plugin WordPress pasti berhubungan dengan website. Aktivitas website yang banyak ternyata bisa menyebabkan website Anda mengalami kenaikan traffic yang cukup tinggi. Sehingga Anda perlu menggunakan layanan full cloud access yang bisa menampung banyak traffic. Tanpa harus berbagi server dengan penyewa lainnya. Nah, pas banget nih Anda bisa menggunakan layanan cloud VPS dari IDCloudHost yang menjamin keamanan data secara fleksibel. Dengan kemudahan konfigurasi,layanan support yang bisa diandalkan untuk solusi segala kebutuhan Anda.

solusi sempurna untuk bisnis anda
Subscribe here to get update