Apa Itu Komputer Server?

Apa Itu Komputer Server?

Dalam dunia komputer, ada sebuah perangkat induk yang bertugas untuk menjalankan serta mengelola jaringan komputer baik lokal maupun online. Selain itu juga, untuk membuat sebuah sistem berjalan dalam suatu jaringan tentu membutuhkan server. Dari kombinasi keduanya, dapat disimpulkan bahwa sebuah komputer memerlukan perangkat induk untuk mengelola jaringan yang disebut sebagai komputer server. Lalu, apa itu komputer server? Bagaimana cara kerjanya? Lihat pembahasannya berikut ini.

Pengertian Komputer Server

Komputer server adalah perangkat induk yang bertugas untuk mengelola segala aktivitas yang terjadi di dalam jaringan komputer. Fungsi dari komputer server adalah sebagai tempat untuk melayani apa saja permintaan dari client. Misalnya saja client ingin mengakses data pada komputer miliknya yang sudah tersimpan pada server.

Kemudian komputer server nantinya akan memberikan respon permintaan tersebut dengan memberikan data yang dibutuhkan oleh client. Fungsi selanjutnya adalah mengatur hak akses data di dalam sebuah jaringan. Dengan demikian pengelola jaringan bisa menentukan sendiri jenis komputer apa saja yang boleh mengakses suatu data atau sebaliknya.

Komputer Server VS Komputer Client

Meski terdengar mirip, akan tetapi ada beberapa perbedaan antara komputer server dengan komputer client mulai dari fungsi sampai bentuk dari kedua device tersebut.

  • Komputer server adalah tipe komputer yang terdiri dari perangkat keras yang bertujuan untuk mengelola sebuah jaringan agar menjadi lancar. Selain itu, fungsinya adalah sebagai perangkat yang melayani kebutuhan komputer client serta mengatur kinerja jaringan. Sifatnya yang harus selalu menyala tanpa henti, membuat tipe ini harus selalu berada dalam ruangan yang dilengkapi dengan sistem pendingin. Tujuannya adalah agar komputer ini tidak overheat
  • Komputer client berfungsi sebagai perangkat komputasi biasa. Tipe komputer ini merupakan perangkat keras yang hanya memiliki performa rata-rata. Sistem operasi yang digunakan jenis komputer client ini misalnya Windows atau Mac Os.

Jenis Server Berdasarkan Fungsinya

Jenis Server Berdasarkan Fungsinya

Ada jenis server yang paling umum diketahui antara lain:

  • Application server , adalah sebuah aplikasi pada sistem komputer yang bertugas untuk melayani dan memenuhi permintaan user atau client yang terhubung dengan jaringan. Mengapa penting  digunakan? Jawabannya adalah untuk mengefisiensi eksekusi terhadap suatu program yang mendukung jalannya aplikasi yang akan diterapkan.
  • Web server adalah aplikasi yang berisi konten tampilan berbagai macam informasi yang bertugas untuk menyimpan hingga memproses data. Biasanya web ini akan tersambung pada web browser seperti Google Chrome ,Mozilla Firefox, Opera Mini, UC Browser dan lain-lain.
  • Proxy server, adalah sebuah perangkat komputer  yang menjadi perantara bagi Anda dan server tujuan. Bisa dikatakan bahwa ini server perantara yang memisahkan pengguna dari situs web yang mereka jelajahi. Sehingga jika Anda ingin menjelajahi sesuatu di internet, maka Anda tidak langsung terhubung ke website tujuan melainkan harus melewati server terlebih dahulu.
  • Mail server, adalah sebuah server yang memiliki tugas untuk mengirim dan menerima email. Kedengarannya mudah bukan? Tetapi rumit dari yang dibayangkan dimana email harus melewati serangkaian proses panjang sebelum akhirnya email sampai kepada penerima. Secara sederhana, mail server merupakan media perantara dalam proses mengirim dan menerima surat.
  • Database server, adalah perangkat keras yang menjalankan perangkat lunak dengan menyediakan layanan manajemen berbasis data menggunakan model klien. Disini perangkat lunak akan membantu perusahaan untuk mengelola, mengubah,memantau hingga memperbaharui file data maupun dalam bentuk lainnya. Selain itu, database server juga didukung dengan sistem DBMS untuk dapat membantunya dalam bekerja.

Jenis Komputer Server Berdasarkan Bentuknya

Ada tiga jenis dari bentuk komputer server yaitu:

  • Rack Server

Jenis yang pertama adalah rack server. Sesuai dengan namanya pada jenis ini komputer server akan disimpan dalam rak khusus. Kapasitas yang disediakan oleh rak tersebut mampu menampung hingga puluhan server sekaligus. Jenis server ini biasanya ditempatkan dalam suatu ruangan dengan pendingin khusus.

Menariknya, jenis rack server ini sangat dikenal praktis. Karena rack dilengkapi dengan berbagai komponen pendukung seperti memori, storage, dan power source. Hal inilah yang memudahkan saat konfigurasi rack server.

  • Tower Server

Sekilas bentuknya hampir mirip dengan CPU. Tower server bisa dispesifikasikan sesuai dengan kebutuhan. Berbeda dari CPU, tower server ini memiliki kemampuan komputasi yang sangat baik. Inilah yang membuatnya mampu menangani pemrosesan data dalam jumlah yang besar dan banyak.

  • Blade Server

Terakhir adalah blade server. Jenis ini memiliki ukuran lebih kecil dibanding rack server. Tugasnya adalah untuk memproses data sekaligus. Akan tetapi, blade memiliki kekurangan yaitu dapat menghasilkan panas lebih tinggi dibandingkan dengan rack server. Sehingga membutuhkan sistem pendingin yang baik.

Spesifikasi Untuk Komputer Server

Spesifikasi Untuk Komputer Server

Komputer server memiliki spesifikasi ideal yang harus dipenuhi yaitu:

  • Processor

Pertama yang harus Anda perhatikan dalam komputer server adalah adanya prosesor. Karena processor merupakan komponen utama yang harus dimiliki oleh komputer. Anda bisa memakai dua brand processor paling umum digunakan yaitu: Intel dan AMD.

  • RAM

Dari segi RAM untuk sebuah server tentu memerlukan kapasitas dari RAM yang sangat besar. Hal ini juga harus disesuaikan dengan jenis server yang lain, karena tiap jenisnya memiliki ukuran kapasitas yang berbeda-beda. Contohnya saja pada web server, kapasitas RAM yang dibutuhkan untuk menjalankan CMS, panel kontrol dan komponen lainnya yaitu sekitar 2 GB. Nah, hal ini juga berlaku pada komputer client.

  • Ruang Penyimpanan

Ruang penyimpanan menjadi spesifikasi yang tidak kalah penting. Sama halnya dalam komputer server ada dua hal penting yang harus Anda pertimbangkan untuk server yaitu jenis perangkat dan kapasitasnya.  Pertama untuk jenisnya Anda bisa gunakan HDD atau SSD jika ingin kecepatan yang lebih tinggi.

Cara Kerja Komputer Server

Agar berperan sebagai server, perangkat harus dikonfigurasi untuk bisa menangkap request client yang ada pada suatu jaringan. Kemudian digunakan setup untuk menginstal sistem operasi server khusus. Dengan sistem operasi khusus inilah nantinya akan datang banyak permintaan dari client. Selanjutnya client yang mengirimkan permintaan ke jaringan direspon oleh server.

Server menerima,memproses serta memberikan output berdasarkan permintaan client. Selain itu server juga akan melakukan tugas tambahan seperti melakukan verifikasi terhadap identitas client yang sedang mengajukan permintaan. 

Penutup

Nah itulah beberapa pembahasan mengenai komputer server. Mulai dari definisi, jenis-jenisnya hingga cara kerja komputer server. Jadi untuk membuat jaringan komputer berjalan dengan baik, ada perangkat induk yang mengelola hingga mengaturnya bernama komputer server. Meski dalam jenis komputer berdasarkan bentuknya ada jenis yang membutuhkan ruang pendingin agar tetap berjalan lancar. Hal itu justru demi keamanan bukan.?

Bagi Anda yang masih bingung ingin menyimpan data. Jangan khawatir,  Anda bisa menggunakan Cloud VPS dari IDCloudHost. Layanan ini telah terintegrasi dengan berbagai Aplikasi, Tools, dan Fitur-fitur sehingga siap digunakan untuk kebutuhan Server Anda. Yuk coba sekarang!

solusi sempurna untuk bisnis anda
Subscribe here to get update