Bagaimana IDCloudHost Mencegah Serangan Siber?

Bagaimana IDCloudHost Mencegah Serangan Siber?

Salah satu hal penting saat ini adalah menjaga keamanan data pribadi maupun bisnis dari potensi adanya serangan siber. Apalagi hacker atau pelaku kejahatan digital selalu menemukan cara untuk mencari celah keamanan yang rentan. Oleh karena itu, untuk mencegahnya perlu layanan keamanan yang sudah terintegrasi tingkat tinggi. Lantas, bagaimana IDCloudHost mencegah serangan siber ini? Simak caranya dibawah ini.

Apa Itu Serangan Siber?

Serangan siber adalah sebuah serangan yang dilakukan secara online terhadap sistem komputer,jaringan,perangkat bahkan data dengan tujuan untuk mencuri,merusak bahkan mengganggu jaringan tertentu. Serangan ini biasanya dilakukan oleh individu atau kelompok yang disebut hacker untuk mendapatkan keuntungan yang sangat besar serta untuk kepentingan tertentu yang merugikan pengguna.

Jenis-Jenis Serangan Siber Umum

Ini dia beberapa jenis serangan siber yang umum perlu untuk Anda ketahui:

  • Malware

Jenis ini termasuk serangan perangkat lunak berbahaya seperti virus, worm, trojan, ransomware, dan spyware. Malware dapat digunakan untuk mencuri data, merusak sistem, atau mengunci akses ke data hingga tebusan dibayar (ransomware).Serangan ini biasanya muncul begitu pengguna mengklik link berbahaya atau telah membuka attachment yang secara otomatis melakukan instalasi berbahaya dengan otomatis.

Jika serangan tipe malware ini berhasil masuk, maka semua data penting Anda dari perangkat maupun di website akan diretas serta di tambang (data mining). Ini akan membuat para hacker bisa menggunakan data tersebut untuk melakukan kejahatan atas nama pemilik data yang dicuri.

  • Phishing

Kedua adalah serangan phising yang bertujuan untuk mendapatkan informasi pribadi seperti kata sandi, nomor kartu kredit, atau data keuangan. Jenis serangan ini bekerja dengan mengalihkan situs resmi kepada situs palsu yang sudah disiapkan. Ini bertujuan untuk mengambil data para pengunjung situs asli tanpa disadari. Bahkan tidak hanya pengunjung, para pemilik situs web juga tidak menyadari kalau website yang mereka punya sedang dibajak dan dialihkan. Meski alamat URL pada mesin pencarian menampilkan URL yang sah, tapi akses selanjutnya adalah kepada situs palsu.

  • Denial Of Service

Selanjutnya adalah Denial Of Service yang bertujuan untuk mengganggu ketersediaan layanan dengan membanjiri sistem atau jaringan dengan lalu lintas palsu. Akibatnya, layanan menjadi tidak dapat diakses oleh pengguna yang berwenang. Kemudian juga para hacker akan membanjiri hosting dengan tujuan meningkatkan traffic yang menyebabkan pemilik asli situs web tidak dapat mengakses web mereka sendiri.

Tidak hanya itu saja, serangan ini juga mampu melumpuhkan semua website yang terkena dan menyebabkan kerugian yang tidak terhingga bagi para pemiliknya. Selain tidak punya akses masuk lagi, pemilik situs web juga telah kehilangan semua data serta informasi berharga mereka.

  • Man in the Middle (MITM)

Berbeda dari beberapa jenis serangan diatas pada jenis ini peretas mencoba untuk mencuri atau mengubah data yang dikirim antara dua pihak yang berkomunikasi, tanpa sepengetahuan mereka. Ini dapat memungkinkan peretas untuk mengakses informasi rahasia.Hanya saja serangan ini menempatkan peretas di antara jalur komunikasi dari 2 pengguna.

Peretas akan mengetahui dan mengambil alih seluruh informasi data yang dilakukan diantara kedua pengguna itu. Lalu hacker akan mencegat juga mengalihkan data informasi yang mengalir dan melakukan modifikasi. Diantara itu, peretas juga akan menyisipkan bermacam malware dan virus lain untuk melumpuhkan situs web.

  • Cross-site Scripting

Salah satu serangan lainnya adalah cross-site scripting yang menyerang situs web dengan memasukkan dan menyisipkan kode- kode tertentu di dalamnya. Kode -kode tersebut diselipkan ke dalam website yang akan menyerap data pengguna dan pemilik website mulai dari username, password dan personal data mereka. Semua data korban akan dikumpulkan tanpa mereka sadari untuk merugikan pengguna.

  • Zero- day

Terakhir, serangan yang satu ini menyerang titik kelemahan dari perangkat lunak dengan melakukan eksploitasi pada sistem yang lemah sehingga belum didukung dengan layanan keamanan. Sehingga dikenal juga Zero-day vulnerabilities sebagai celah keamanan yang belum diperbaiki atau dikenal sebagai pembuat perangkat lunak.

Baca Juga: BitNinja : Melindungi Keamanan Server Anda dari Serangan

Apa Itu Keamanan Siber?

Cyber security atau keamanan siber adalah langkah utama untuk melindungi sistem komputer,jaringan bahkan data dari serangan hacker atau akses yang bersifat ilegal. Sebagai pengguna penting untuk menerapkan praktik keamanan siber di berbagai kehidupan kita. Apalagi, tanpa langkah keamanan yang tepat data-data yang bersifat pribadi bisa dengan mudah dicuri oleh hacker.

Dengan demikian, pengguna juga perlu untuk memahami apa saja konsep cyber security yang harus diterapkan berikut ini.

  • Confidentiality (Kerahasiaan)

Konsep pertama adalah kerahasiaan yang berkaitan dengan melindungi informasi sensitif dari akses yang masuk secara ilegal. Cara kerjanya adalah melakukan kontrol akses agar tidak terjadi kebocoran data serta membatasi akses dari pihak yang tidak bertanggung jawab.

Konsep ini bisa digambarkan dengan sistem keamanan two factor authentication(2FA). Sistem ini mewajibkan pengguna untuk melewati dua tahap autentikasi sebelum akhirnya pengguna bisa mengakses data. Selain itu, ada sistem keamanan seperti TLS/SSL (Transport Layer Security/Secure Sockets Layer) yang juga bisa digunakan untuk mengenkripsi data yang dikirimkan melalui jaringan sehingga membantu memastikan hanya orang berwenang saja yang dapat mengakses data.

  • Integrity (Integritas)

Konsep kedua adalah integritas yang berkaitan dengan kebenaran dan keaslian dari sebuah data. Hal inilah yang berfokus untuk menjaga keutuhan data. Misalnya jika Anda membuka sebuah toko online, tentu Anda harus menjaga keaslian data pribadi dari konsumen Anda.

Konsep ini bisa digambarkan dengan sistem keamanan deteksi intrusi (IDS) yang bisa digunakan untuk memantau perubahan data yang mencurigakan. Kemudian, penggunaan checksums atau hashing juga bisa digunakan untuk memverifikasi integritas data selama penyimpanan data.

  • Ketersediaan (Availability)

Konsep yang terakhir adalah availability yang berfokus pada ketersediaan data milik Anda. Maksudnya adalah Anda tetap memastikan sistem dan layanan bisa diakses oleh pengguna yang berwenang. Sebagai pemilik website atau aplikasi, Anda harus tetap menjaga performa dan aplikasi agar selalu tersedia untuk pengunjung.

Konsep ini sangat cocok untuk digunakan pada sistem keamanan dengan mengintegrasikan langkah-langkah seperti redundansi dan backup data. Bukan hanya itu saja, Anda juga bisa menggunakan sistem deteksi dan perlindungan terhadap serangan DDoS untuk mencegah serangan yang sewaktu-waktu dapat mengganggu ketersediaan layanan. Jika hal ini terjadi, Anda bisa menggunakan sistem failover dan load balancing yang dapat membantu menjaga ketersediaan layanan secara maksimal.

Baca Juga:Apa Itu Doxing? Ini Dampaknya Bagi Privasi Anda

Tips Mencegah Serangan Siber dengan Layanan IDCloudHost

serangan siber

Anda sudah melihat beberapa jenis serangan siber yang umum terjadi diatas bukan? Mari cegah serangan tersebut dengan layanan keamanan tingkat tinggi yang dimiliki oleh IDCloudHost dibawah ini.

1. Layanan Anti DDoS

Serangan DDoS (Distributed Denial of Service) adalah jenis serangan yang bertujuan untuk mengganggu ketersediaan situs web dengan membanjiri server dengan lalu lintas palsu. Dengan demikian untuk mengatasi jenis serangan ini IDCloudHost menyediakan layanan Anti DDoS untuk Anda.

Layanan anti DDoS IDCloudHost merupakan layanan kolaborasi dengan StormWall sebagai perusahaan keamanan Siber Internasional yang menyediakan layanan perlindungan terhadap DDoS dan serangan dunia maya lainnya dalam bentuk dan intensitas yang masif. Layanan ini memiliki berbagai fitur lengkap untuk menciptakan jaminan keamanan terbaik bagi bisnis Anda dari serangan DDoS di layer network maupun aplikasi.

Keunggulan yang diberikan oleh layanan ini antara lain:

  • Website Protection (Proteksi Website)

Mengurangi beban web server: Layanan ini membantu Anda untuk mengurangi beban web server dalam jumlah yang besar. Selain itu juga, dapat melakukan pemfilteran yang efisien dari setiap serangan yang terjadi sehingga membuat kinerja website Anda menjadi lancar.

Performa yang handal: Kemudian diikuti dengan layanan ini juga memberikan performa yang sangat baik dan waktu respon yang cepat untuk website Anda.

Pilihan paket yang terjangkau: Yang paling penting adalah ada banyak pilihan paket berlangganan yang optimal untuk kebutuhan Anda tanpa ada biaya tambahan lainnya

  • Server Protection (Proteksi Server)

Perlindungan yang handal: Kami juga memberikan layanan pada layanan TCP/UDP dari berbagai serangan DDoS. Ini merupakan bentuk dari perlindungan yang handal sebagai proteksi server

Tidak ada batasan nomor Port: Maksudnya adalah Anda tidak perlu khawatir tentang batasan jumlah port pada server Anda karena bersifat fleksibel

Tidak ada batasan traffic serangan: Layanan anti DDoS ini juga tidak membatasi berapa jumlah traffic serangan yang masuk pada server Anda.

Filtering pada Layers 3- 5 OSI: Kemudian layanan ini juga memberikan perlindungan tingkat tinggi dengan menggunakan model OSI 3 hingga 5 layers. Ini menjadikan server Anda aman dari berbagai jenis serangan.

  • Network Protection (Proteksi Jaringan)

Analisa Real-Time: Layanan ini menyediakan analisis traffic website secara real-time sehingga memungkinkan pendeteksian cepat apabila ada aktivitas yang mencurigakan masuk kedalam website.

Proteksi DNS: Bukan hanya analisanya saja, tetapi proteksi DNS juga dilakukan secara real-time. Hal ini bermanfaat untuk mencegah serangan yang dapat merusak jaringan Anda.

Perlindungan 24/7: Selanjutnya adalah layanan anti DDoS juga memberikan perlindungan keamanan dari semua jenis serangan selama 24 jam penuh. Sehingga serangan yang masuk bisa terdeteksi secara dini.

Notifikasi aktivitas mencurigakan: Jika Ada aktivitas yang mencurigakan dalam jaringan Anda. Layanan ini akan memberikan pemberitahuan dengan memberikan notifikasi adanya upaya serangan yang masuk secara ilegal ke jaringan.

2. Layanan SSL Certificate

Layanan SSL Certificate dari IDCloudHost adalah Layanan untuk keamanan dan perlindungan Website dan Aplikasi Anda yang dengan bantuan setup oleh tim Support Professional. Sama dengan layanan keamanan diatas, SSL Certificate memiliki berbagai keunggulan yang perlu untuk Anda ketahui berikut ini.

  • Enkripsi Data Terbaik

Fitur SSL Certificates dari IDCloudHost sudah mencapai 2.048 bit token keamanan disertai lebih dari 256 enkripsi. Tentunya hal ini sangat dibutuhkan untuk menjamin keamanan Website Anda.

  • Kompatibel Semua Perangkat

Layanan SSL Certificates kompatibel atau dapat berfungsi dengan baik dan maksimal di berbagai perangkat yang Anda gunakan seperti smartphone, Desktop, dan lainnya sesuai kebutuhan.

  • HTTPS Green Bar

HTTPS Green Bar merupakan suatu informasi yang menginformasikan bahwa website Anda aman untuk bertukar informasi dikarenakan sudah diverifikasi dan terjamin keamanannya oleh SSL.

  • Proses Validasi Cepat

Prose Validasi SSL Certificates juga sangat cepat, Anda tidak perlu lagi repot untuk menunggu validasi SSL Anda karena Anda bisa menggunakannya dengan hanya menggunakan domain Saja.

  • Gratis Bantuan Setup

IDcloudhost memberikan Gratis Biaya setup bagi Anda yang ingin berlangganan layanan SSL Certificates sehingga akan mempermudah dan menjamin Anda agar berfungsi dengan baik dan aman.

3. Layanan Security Operations Center as a Service (SOCaaS)

SOCaaS adalah layanan perlindungan data yang kompatibel untuk mendeteksi serangan siber lebih awal. SOCaaS dari IDCloudHost merupakan sebuah layanan kolaborasi dengan Transformasi Digital Indonesia sebagai perusahaan yang menyediakan perlindungan terhadap keamanan data dari serangan siber atau ancaman digital lainnya. Layanan ini memiliki berbagai fitur lengkap untuk menjamin keamanan bagi bisnis Anda.

Keunggulan yang diberikan oleh layanan ini adalah:

  • SOCaaS adalah layanan yang dapat melindungi keamanan data dari berbagai serangan siber eksternal maupun internal server dengan sistem perlindungan keamanan data yang efektif.
  • Memungkinkan server Anda untuk melakukan pendeteksian awal terhadap ancaman dari serangan siber.
  • Meminimalisir resiko kehilangan dan peretasan data dengan sistem peralihan otomatis
  • Menghemat biaya IT untuk bisnis Anda sehingga menjadi lebih efisien

Baca Juga: Patchman : Amankan Website Anda dari Malware

Penutup

Demikianlah penjelasan mengenai bagaimana cara IDCloudHost mencegah serangan siber yang sudah kami paparkan diatas. Sebelum menggunakan layanan keamanan dari IDCloudHost pastikan Anda untuk mengetahui terlebih dahulu apa itu serangan siber, jenis-jenis serangan siber,apa itu cyber security beserta konsepnya serta dari 3 layanan keamanan dari IDCloudHost yang manakah cocok untuk Anda?

Anda bisa gunakan layanan anti DDoS untuk melindungi website dan server dari DDoS dan serangan siber lainnya, atau layanan SSL Certificate yang khusus untuk melindungi keamanan data website Anda serta ada layanan SOCaaS yang bisa melakukan pendeteksian lebih awal terhadap serangan siber yang masuk kedalam server. Ketiganya memiliki peran yang penting dan sudah terbukti menjaga keamanan data dari serangan siber, lalu Anda pilih yang mana?

solusi sempurna untuk bisnis anda
Subscribe here to get update