Cara Membuat Website dan Blog Dengan Platform Instan Populer

Cara Membuat Website dan Blog Dengan Platform Instan Populer

Saat ini memulai untuk membuat sebuah situs web atau blog jauh lebih mudah daripada sebelumnya. Siapa saja bisa membuat blog dan web mereka tanpa harus mempelajari bahasa pemrograman lebih dulu secara cepat juga gratis. Dengan kemudahan kepraktisan ini, maka ada banyak platform pembuatan web dan blog yang bisa Anda coba.

Hanya saja, saat memilih platform untuk membuat situs web atau blog Anda, pastinya ada hal yang harus Anda perhatikan. Seperti, Anda harus terlebih dahulu mempertimbangkan jenis situs apa yang ingin Anda bangun dan fungsi seperti apa yang akan Anda butuhkan. Mengambil keputusan utama yang harus Anda pertimbangkan saat Anda memilih platform untuk membantu Anda membuat situs web atau blog Anda adalah hal yang tidak boleh Anda lewatkan.

Ada banyak sekali platform dan pembuat situs web yang hebat untuk Anda bandingkan dan Anda pilih, tetapi Anda perlu memilihnya bergantung pada fitur apa yang paling penting bagi Anda, apakah fitur yang Anda butuhkan ada pada platform tersebut atau tidak. Meingat ada banyak sekali platform gratis, instan dan sangat populer yang dapat Anda gunakan saat ini, tentu saja dengan fitur yang akan memenuhi kebutuhan Anda. Platform yang instan dan populer dapat Anda gunakan, ada banyak sekali contohnya seperti Wix, WordPress, Blogger, dan beberapa platform lain yang populer saat ini.

 

Cara Membuat Website dan Blog di Platform Instan Populer

 

Jika Anda ingin memulai situs web atau blog Anda sendiri, tetapi Anda tidak tahu platform mana yang harus Anda pilih, ada banyak sekali platform instan yang akan memudahkan Anda untuk membuat situs web dan blog Anda. Memilih platform terbaik adalah pilihan yang sulit, karena ada banyak sekali platform yang berbeda di luar sana. Anda tidak perlu khawatir karena cukup dengan memilih platform instan yang populer, pasti sudah menjadi pilihan yang terbaik untuk Anda. Berikut adalah platform instan populer untuk membuat website dan blog yang dapat Anda pilih untuk membuat blog atau website Anda beserta caranya.

 

WordPress

WordPress merupakan salah satu platform blog paling populer dan menjadi banyak pilihan utama baik itu untuk brand besar atau pengguna pemula. Sejak tahun 2003, WordPress sekarang telah mendukung lebih dari 41% semua situs web di internet. Terdapat dua jenis WordPress, yaitu adalah WordPress(dot)org dan WordPress(dot)com. Dengan menggunakan platform ini, Anda dapat mengembangkan blog Anda dengan menambahkan berbagai fitur seperti forum, toko online, keanggotaan berbayar, kursus online, blog pribadi, dan lain-lain. Selain itu, pada platform ini ada ribuan tema gratis yang tersedia untuk WordPress yang menjadikan WordPress platform blogging terbaik untuk Anda menghasilkan uang. Untuk mengetahui bagaimana cara membuat situs web dan blog di WordPress, berikut adalah caranya :

 

  • Langkah pertama untuk mulai membuat situs web di WordPress adalah Anda akan diminta untuk memilih nama domain.
  • Selanjutnya Pilih paket Anda dan Siapkan akun hosting Anda.
  • Setelah itu, Anda akan diminta untuk memilih tema WordPress Anda.
  • Anda akan diminta untuk mempelajari dasbor WordPress Anda.
  • Dari sini Anda dapat menyesuaikan tema dan halaman situs web Anda.
  • Anda sudah dapat menggunakan situs web Anda dan Anda dapat memulai untuk menulis blog Anda.

 

Baca Juga  :    Cara Membuat Toko Online dengan WordPress dan Rekomendasi Plugins Penjualan Terbaiknya

 

Blogger

Blogger merupakan layanan blogging gratis oleh Google. Sebagai platform tertua, Blogger menawarkan Anda cara cepat dan mudah untuk membuat blog bagi Anda yang tidak paham soal teknologi. Selain itu, blogger adalah salah satu platform blogging paling awal yang ada dan platform ini pertama kali diluncurkan pada tahun 1999 oleh Pyra Labs. Kemudian pada tahun 2003, Google telah mengakuisisi Blogger dan mendesain ulang sebagai platform yang sudah Anda kenal saat ini. Menggunakan platform instan populer ini untuk membuat situs web Anda atau menulis blog Anda, yang Anda butuhkan hanyalah akun Google untuk memulai blog gratis di platform ini. Berikut adalah cara membuatnya :

 

  • Langkah pertama yang perlu Anda lakukan untuk membuat blog di Blogger adalah Anda perlu menyiapkan akun Google Anda terlebih dahulu.
  • Setelah itu Anda perlu masuk ke Blogger, lalu di sebelah kiri, Anda dapat mengklik dengan panah bawah Anda.
  • Klik “New Blog” dan masukkan nama untuk blog Anda.
  • Selanjutnya, klik “Next” dan pilih alamat blog atau URL.
  • Langkah terakhir yaitu klik “Save”.

 

Wix

Jika Anda seorang pemula yang ingin memulai membuat situs web atau blog dengan cepat dan mudah, maka Wix adalah jawabannya. Didirikan pada tahun 2006 sebagai platform di mana siapa pun dapat membuat situs web mereka sendiri yang menakjubkan bahkan tanpa memerlukan keterampilan coding, dan saat ini Wix sudah memiliki lebih dari 110 juta pengguna di seluruh dunia. Wix adalah platform host populer yang dapat Anda gunakan untuk membuat situs web atau blog yang juga menawarkan solusi bagi Anda yang baru memulai usaha kecil, agar Anda dapat membangun situs web Anda dengan mudah. Selain itu, Anda juga dapat menambahkan blog ke situs web Anda, hanya dengan menambahkan aplikasi Wix Blog. Berikut cara untuk membuat web dan blog instant di Wix :

 

  • Daftar akun terlebih dahulu dan kemudian Anda akan diminta untuk memasukkan alamat email Anda untuk membuat akun Wix Anda.
  • Selanjutnya, Anda akan ditanya apakah Anda ingin membuat situs web di dalam Wix Editor atau membiarkan alat Wix ADI mendesain situs web untuk Anda.
  • Kemudian pilih template situs web Wix dengan mengklik “choose template”. Untuk menemukan desain yang cocok dengan situs Anda, Anda dapat memfilter template menurut kategori, dan Anda juga dapat melihat setiap template dalam mode demo. Lalu Anda dapat mengklik “Edit”.
  • Sesuaikan template di Wix Editor dengan menggunakan pengeditan drag-and-drop secara sederhana.
  • Di bawah menu dan halaman, Anda akan menemukan halaman situs web Anda. Di sini Anda dapat menambahkan halaman baru, serta mengganti nama, menyembunyikan atau menghapus halaman, dan mengubah urutan kemunculannya di menu.
  • Ubah warna atau gambar latar belakang situs web And dan tambahkan berbagai macam elemen ke halaman situs web Anda.
  • Jika Anda ingin menambahkan blog ke situs web Anda, pilih ikon “Start Blogging”. Kemudian klik “Add Now”.
  • Selanjutnya di bawah “My Blog”, klik untuk “create new post”, dan setelah itu Anda dapat mempublikasikan postingan baru Anda.

 

Baca Juga  :     Plugin untuk Pop Up Website WordPress Gratis dan Mudah Digunakan

 

Squarespace

Squarespace adalah layanan pembuatan situs web yang akan memungkinkan Anda untuk membuat situs web yang menarik dengan menggunakan alat drop-and-drag yang praktis. Platform ini biasanya sesuai untuk pemilik usaha kecil yang mencari cara mudah untuk membuat kehadiran online lebih cepat. Menjadi salah satu platform instan populer saat ini yang dimulai pada tahun 2003, Squarespace tercatat telah mendukung jutaan situs web online. Disamping itu platform ini sederhana dan mudah digunakan, terutama jika Anda merupakan seorang pemula yang tidak terlalu paham soal teknologi. Selain itu platform ini juga memiliki template indah yang dirancang secara profesional. Berikut cara menggunakan Squarespace :

 

  • Buka situs resmi Squarespace dan daftarkan diri Anda
  • Setelah itu Anda langsung diminta untuk memilih template Anda.
  • Sesuaikan judul situs web Anda dan atur navigasi Anda..
  • Selanjutnya Anda akan diminta untuk membuat halaman yang berisi tentang “about” dan “contact”.
  • Jangan lupa untuk menautkan akun sosial Anda.
  • Sekarang, Anda sudah dapat menulis blog Anda dan menerbitkannya.

 

Manfaat Memiliki Website dan Blog

Manfaat Memiliki Website dan Blog
Tidak semua orang memahami dan menguasai bahasa pemrograman yang bisa menghambat mereka untuk membuat web dan blog mereka. Maka dengan adanya bantuan platform pembuatan web dan blog yang praktis, membuat siapa saja bisa membuat blog mereka dengan cepat lagi mudah. Berikut adalah beberapa manfaat dari memiliki sebuah situs web dan blog di era digital saat ini :

  • Dengan memiliki situs web dan blog, dapat memberikan Anda peluang yang besar terutama jika Anda merupakan seorang pebisnis.
  • Sebagai pertukaran informasi, dan akan sangat bermanfaat pula bagi orang lain.
  • Situs web dan blog akan meningkatkan kredibilitas Anda.
  • Dapat Anda manfaatkan sebagai periklanan baik itu produk atau layanan dari bisnis Anda.
  • Kehadiran online 24/7 dari mana dan kapan saja.

 

Baca Juga  :    Kumpulan Plugin Website yang Bagus dan Cocok Dipasang untuk Website

 

Kesimpulan dan Penutup

Di zaman serba maju dan cepat ini, membuat sebuah situs web dan blog merupakan hal yang sangat mudah sekali untuk dilakukan. Bahkan dengan kemajuan teknologi yang berkembang sangat pesat, siapa saja sudah dapat membuat situs web dan blog. Tentunya membuat situs web dan blog dapat Anda lakukan di berbagai platform yang tersedia untuk membuat situs web dan blog, Anda dapat membuatnya secara cepat dan mudah, bahkan ada banyak platform yang menyediakannya secara gratis.

Dengan adanya platform instan populer, akan memudahkan Anda untuk membuat situs web dan blog yang bisa Anda pilih mulai dari WordPress yang sangat populer untuk semua kalangan pengguna atau Wix yang terkenal sangat user-friendly. Membuat sebuah situs web dan menulis blog adalah hal yang termasuk penting dan sangat bermanfaat, baik itu bagi pribadi, bisnis, atau bahkan organisasi. Anda dapat membuat situs web dan blog, di mana situs web dan blog Anda akan memberikan keuntungan bagi Anda di dunia yang serba online ini.

solusi sempurna untuk bisnis anda
Subscribe here to get update