5 Cara Mudah Meningkatkan Engagement Rate Instagram

5 Cara Mudah Meningkatkan Engagement Rate Instagram

Instagram bisa dinobatkan sebagai salah satu jaringan media sosial yang nyaris tidak bisa lepas dari ujung jari Anda. Dengan layanan berbasis foto dan video yang menyediakan berbagai efek dan filter secara instan, Instagram menjadi candu bagi pengguna dari berbagai kalangan. Mengetahui cara meningkatkan engagement rate Instagram pasti akan sangat membantu Anda dalam kegiatan content marketing.

Oleh sebab itu, Instagram merupakan salah satu platform menjanjikan bagi para businessman sebagai lahan promosi dan pemasaran produk. Salah satu kunci kesuksesan promosi dapat Anda perhatikan dari engagement rate Instagram. Hal ini merupakan metriks yang penting untuk melihat performa konten yang telah Anda produksi. 

Apa sebenarnya engagement rate dan bagaimana cara meningkatkannya? Temukan jawabannya di artikel berikut ini, ya!

Baca Juga: Apa Itu Content Plan? Berikut 6 Langkah Mudah Membuatnya

Apa Itu Engagement Rate? 

Engagement rate merupakan angka yang menunjukkan besar atau kecilnya interaksi (jumlah suka, komentar, views, hingga post yang dibagikan) antara sebuah akun Instagram dengan para pengikutnya. Sehingga, engagement rate dapat digunakan untuk mengukur keefektifan konten dalam pemasaran produk Anda.

Ada beberapa faktor yang dilihat untuk mengukur engagement rate. Mulai dari durasi audiens membaca konten, berinteraksi dengan konten (like, comment, share), serta berapa orang yang melakukan tindakan sesuai call to action yang Anda gunakan.

Tidak ada ukuran pasti berapa minimal engagement rate yang harus Anda capai agar kegiatan content marketing dianggap berhasil. Setiap bisnis berbeda, tergantung dari skala, industri, dan platform yang digunakan. Misalnya Anda adalah pemilik UMKM yang hanya memasarkan produk di satu kota tertentu saja, tentu engagement rate Anda akan jauh berbeda dengan perusahaan besar berskala nasional.

Jika ingin mengukur engagement rate, kami menyarankan Anda untuk membandingkannya dengan kompetitor. Karena mereka memiliki audiens yang sama dengan Anda, dan platform promosi yang sama pula.

Cara Meningkatkan Engagement Rate Instagram 2022

Bagaimana cara meningkatkan engagement rate pada akun Instagram Anda? Jika ingin interaksi terhadap konten Anda di Instagram terus naik secara organik, simak 5 cara meningkatkan engagement rate Instagram berikut ini, ya!

Produksi konten original

Salah satu cara meningkatkan engagement rate Instagram adalah dengan memproduksi banyak konten original. Sejak April 2022, Instagram telah memperbarui algoritmanya agar lebih memprioritaskan konten-konten original daripada hasil unggah ulang (repost).

Instagram menghargai jerih payah kreator dalam menciptakan konten original di antara arus repost yang membanjiri Feeds dan Reels pengguna. Selain itu, konten original lebih menarik perhatian karena dapat memicu rasa penasaran pengikut terhadap isi konten yang disajikan. Dengan begitu, engagement rate  berupa like, comment, dan share pada konten Anda akan meningkat secara organik.

Manfaatkan fitur Instagram yang tersedia

Manfaatkan fitur Instagram yang tersedia

Cara meningkatkan engagement rate Instagram lainnya adalah dengan memanfaatkan fitur yang tersedia. Nyaris seluruh fitur Instagram dapat digunakan sebagai media interaktif dengan pengikut Anda.

Dengan menggunakan fitur Story, Anda dapat berinteraksi langsung bersama pengikut. Anda bisa menggunakan fitur-fitur seperti Q&A (tanya jawab), polling, vote, music, add yours, quiz, countdown, dan lain-lain. Anda juga bisa menciptakan challenge terbaru menggunakan Reels. Jangan ragu-ragu untuk menantang pengikut membagikan konten Anda dalam sebuah challenge atau sayembara tertentu!

Baca Juga: Content Strategy: Pengertian dan Cara Membuatnya

Curi perhatian dengan caption yang menarik

apa itu engagement rate

Mayoritas pengikut Anda tidak akan buang-buang waktu untuk menyimak seluruh konten video hingga selesai. Maka dari itu, kekuatan caption sangat dibutuhkan dalam menjaring perhatian pengguna. Tulislah caption yang singkat namun memancing rasa penasaran.

Salah satu tips yang bisa Anda gunakan dalam menulis caption adalah menghubungkan isi konten dengan hal-hal viral yang relevan pada saat itu. Penggunaan caption yang cerdik pada konten Anda akan meningkatkan engagement rate Instagram secara signifikan.

Gunakan hashtag yang relevan

hashtag

Penggunaan hashtag yang populer dapat menjadi cara lain dalam meningkatkan engagement rate Instagram Anda. Hashtag akan mempengaruhi algoritma sehingga konten Anda akan direkomendasikan pada pengguna yang tepat.

Namun, penggunaan hashtag yang berlebihan dan tidak relevan juga bisa menenggelamkan postingan Anda. Maka dari itu, gunakanlah hashtag yang mencerminkan isi konten dan batasi penggunaannya sebanyak 5-10 hashtag saja per postingan.

Unggah konten pada jam yang tepat

Untuk meningkatkan engagement rate Instagram, Anda harus menyasar jam-jam tertentu ketika mayoritas pengikut sedang aktif. Instagram memfasilitasi Anda untuk menganalisa kapan waktu unggah konten yang tepat menggunakan fitur Insight.

Dari sana, Anda dapat mempelajari profil audience mulai dari gender, umur, kota dan negara tempat tinggal, waktu rata-rata pengikut berada di Instagram setiap harinya, dan satu hari dalam seminggu ketika pengikut Anda sedang paling aktif.

Baca Juga: Apa Itu Content Brief? Fungsi dan Tips Mudah Membuatnya

Penutup

Nah, begitulah 5 cara meningkatkan engagement rate di Instagram. Berbagai fitur yang tersedia di atas dapat memudahkan Anda dalam mempromosikan produk kepada pengguna Instagram. Bisnis Anda dapat mencapai kesuksesan besar jika disiasati dengan strategi dan analisa baik. Jangan menyerah, dan selamat mencoba.

Selain menggunakan media sosial, bisnis Anda sebaiknya memiliki website resmi agar mampu menjangkau lebih banyak calon pelanggan. Yuk, gunakan layanan Cloud VPS IDCloudHost yang handal dan cepat, dengan sistem pembayaran pay-as-you-go yang fleksibel untuk berbagai kebutuhan bisnis Anda go digital!

solusi sempurna untuk bisnis anda
Subscribe here to get update