Payment Gateway Indonesia Terbaik untuk Bisnis

Payment Gateway Indonesia Terbaik untuk Bisnis

Saat ini semakin banyak bisnis online yang menggunakan payment gateway apalagi jenis payment tersebut juga semakin bervariasi. Mengingat internet terus mengalami perkembangan dari waktu ke waktu dan jangkauannya juga semakin luas. Hal tersebut ternyata membawa dampak yang sangat bagus bagi para pelaku bisnis terutama yang bergerak dalam bidang penjualan produk.

Mulanya para pelaku bisnis tersebut menjual produknya secara offline tetapi kini sebagian besar sudah beralih menggunakan sistem online. Sebab bisnis online dianggap memiliki jangkauan uang lebih luas. Bisnis online juga tidak membutuhkan modal yang besar sehingga siapapun bisa memulainya dengan bermodalkan internet maupun gadget.

Lantas apa hubungannya dengan payment gateway? Payment atau pembayaran tentunya harus berubah mengikut cara beli yang online. Oleh karena itu, pembeli tidk lagi membayarkan uang dengan cara cash melainkan melalui aplikasi baik dari bank maupun akun virtual. Mari cari tahu lebih lanjut cara pembayaran masa kini yang semakin mudah dan praktis ini.

 

Payment Gateway untuk Bisnis Online

 

 

Untuk memulai bisnis online, Anda bisa memilih jenis produk yang ingin dijual terlebih dahulu. Kemudian buatlah website toko online Anda agar memudahkan calon konsumen untuk menemukan produk tersebut. Bagi para pemula dalam bisnis online, metode pembayaran sering menjadi sebuah masalah. Terutama bagi Anda yang hanya memiliki 1 akun bank saja.

Hal tersebut membuat pembeli menjadi enggan membayar biaya tambahan untuk transfer pembayaran berbeda bank. Bahkan proses pendataan pun juga cukup merepotkan. Untuk mengatasi masalah tersebut maka kini hadirlah Payment Gateway yang dapat membantu para pelaku bisnis online agar lebih mudah melakukan transaksi untuk toko onlinenya.

Payment Gateway dapat memberikan kemudahan serta jaminan kepercayaan untuk sistem pembayaran online. Para pembeli tak perlu khawatir saat harus membayar pembelian barang secara online, sebab melalui sistem payment tersebut tidak akan ada lagi biaya tambahan meski berbeda bank.

Baca Juga :    Mengenal Apa itu Marketplace : Manfaat, Fungsi, Kelebihan, dan Cara Daftarnya

 

Pengertian Payment Gateway

Payment gateway merupakan gerbang perantara untuk transaksi jual beli secara online menggunakan aplikasi yang bisa melakukan otorisasi proses pembayaran memakai kartu kredit, pembayaran langsung maupun transfer antar bank. Sistem payment tersebut juga membuat sistem enskripsi dengan kode khusus sebagai upaya meningkatkan keamanan transaksi e-commerce.

Standar keamanan tersebut yaitu Adrdress Verification (AV) yang dapat menyesuaikan data alamat dari pemilik kartu. Selain itu terdapat juga Card Security Code yang akan meminta kode tiga nomor terakhir dari kartu kredit/debit serta 3D secure password yang dapat memastikan transaksi memakai kode unik.

Hadirnya aplikasi Payment Gateway ini menjadikan penjual maupun pembeli semakin mudah menggunakan fitur-fitur yang sudah disediakan. Selain itu, beragam jenis transaksi bisa dilakukan secara efektif maupun efisien. Hal inilah yang menjadikan sistem payment tersebut semakin populer di Indonesia mau pun secara global.

Baca Juga :    Mengenal Apa itu Shopify : Fungsi, Manfaat, dan Cara Menggunakannya

 

Kelebihan Memakai Payment Gateway

Bagi Anda pelaku bisnis yang berencana menggunakan payment gateway tak perlu khawatir. Sebab sistem payment ini memiliki banyak kelebihan yang pasti akan sangat menguntungkan bagi bisnis Anda. Adapun kelebihan tersebut yaitu sebuah toko online semakin dipercaya oleh para pelanggan. Hal ini memang benar karena untuk mempunyai akun serta mengaktifkan layanan sistem payment tersebut, terdapat beberapa syarat khusus yang harus diterapkan oleh pelaku bisnis. Bahkan tidak sembarang penjual bisa memenuhi persyaratan tersebut.

Selain itu, adanya sistem transaksi pembayaran secara online juga dapat menaikkan traffice pada website toko online Anda. Anda juga bisa terus memantau data transaksi secara realtime. Data transaksi tersebut juga dapat di cek per hari, per minggu hingga per bulan. Anda juga dapat lebih mudah mengetahui jenis pembayaran yang sering dipakai pelanggan.

Sistem payment gateway juga membuat Anda tidak perlu repot lagi mengkonfirmasi setiap daya yang masuk. Melalui sistem payment inilah Anda akan terbantu untuk membuat laporan penjualan,void, refund dan informasi detail pelanggan. Sesudah semua hal yang berkaitan dengan pembayaran berjalan secara otomatis, maka Anda bisa fokus untuk mengembangkan sebuah usaha supaya semakin maju dan berkembang.

Baca Juga :    Mengenal Apa itu Cash Flow dan Bagaimana Cara Menghitungnya untuk Bisnis

 

Daftar Payment Gateway di Indonesia

Daftar Payment Gateway Indonesia Terbaik dan Murah untuk Bisnis / Website
 

Sebagai upaya mendukung perkembangan e-commerce maupun bisnis online, maka kini semakin banyak payment gateway di Indonesia. Berikut beberapa daftar payment gateway di Indonesia yang terbaik dan murah untuk bisnis atau website Anda.

 

  • DOKU

    Aplikasi payment gateway satu ini adalah salah stau penyedia jasa jual beli online yang pertama di Indonesia. Saat ini, DOKU sudah menjalin kerjasama dengan 150 ribu lebih merchant melalui berbagai metode pembayaran. DOKU memberikan pilihan untuk Anda melakukan transaksi pembayaran melalui internet banking, DOKU e-wallet maupun mini market. DOKU sudah terkoneksi dengan berbagai bank dan dilengkapi fitur pencarian transaksi menggunakan beraham jenis mata uang asing.

    DOKU bisa diunduh secara gratis melalui smartphone tanpa perlu membayar biaya bulanan. Sedangkan setiap transaksi yang dilakukan diberlakukan fee. DOKU sudah berpengalaman selama 12 tahun lebih dan berupaya menjaga keamanan sekaligus kenyamanan transaksi pembayaran online.

  • iPay88

    iPay88 memang sudah sangat populer di Asia karena menyediakan 4 layanan serta 7 produk utama yang bisa disesuaikan dengan ukuran bisnis maupun kebutuhan. Jenis payment gateway ini juga menerima pembayaran secara online melalui kartu kredit maupun debit, transfer antar bank, online banking, e-wallet, QR Payment, kredit online serta penarikan uang melalui konter.

  • iPaymu

    iPaymu hadir dengan menyediakan beragam fitur pembayaran hingga setoran tunai sehingga memudahkan penjual ataupun pembeli. Terdapat 80 ribu lebih merchant yang sudah bergabung bersama 26 channel pembayaran yang dapat membantu transaksi bisnis Anda melalui iPaymu.

  • Midtrans

    Awalnya aplikasi ini bernama Veritrans Indonesia dan berganti nama menjadi Midtrans. Jenis payment gateway ini berfokus pada pengembangan pebisnis online melalui integrasi yang mudah dengan satu dashboard. Saat ini Midtrans sudah dilengkapi 20 metode pembayaran serta sistem anti fraud untuk menjamin keamanan transaksi antara penjual dan pembeli.

  • Winpay

    Winpay merupakan perusahaan yang sudah memiliki lisensi resmi dari Bank Indonesia pada tahun 2018. Perusahaan ini juga telah dipercaya oleh ribuan toko online maupun merchant. Winpay memang masih tergolong baru tetapi fitur yang disediakan sangat lengkap sehingga dapat menunjang kelancaran transaksi pembayaran.

  • Truemoney

    Truemoney berdiri pada tahun 2007 di Thailand, kemudian pada tahun 2015 hadir di Indonesia. Jenis payment gateway ini mempunyai produk serta layanan pengiriman tanpa memakai nomor rekening bank. Selain itu, Truemoney juga melayani pembayaran tagihan maupun cicilan hingga pembelian voucher elektronik.

  • Finpay

    Finpay didirikan di Indonesia pada tahun 2006 dan merupakan produk dari PT. Telekomunikasi Indonesia. Saat ini Finpay sudah menyediakan berbagai fitur yang lengkap. Memasuki tahun 2018, Finpay juga sudah menjalin kerja sama dengan 90 bank, 100 ribu outlet, 122 biller serta 800 online merchant.

 

Baca Juga :     Cara Membuat Website GRATIS Dengan Menggunakan Google Bisnisku (Google My Business)

 

Kesimpulan dan Penutup

Bagi Anda para pelaku bisnis yang ingin memberikan kemudahan bagi pembeli saat melakukan pembayaran, sebaiknya gunakan payment gateway seperti di atas. Dimana aplikasi pembayaran online tersebut merupakan perantara pembayaran yang aman dan nyaman sehingga dapat menghindarkan Anda dari penipuan.

Selama ini para pembeli yang terkendala pembayaran transaksi online karena berbeda bank, bisa memanfaatkan layanan payment gateway. Apalagi masing-masing perusahaan payment tersebut memiliki fitur yang lengkap sekaligus sudah menjalin kerjasama dengan puluhan hingga ratusan perusahaan maupun bisnis online.

Para pelaku bisnis online tidak perlu berpikir seribu kali untuk menjalin kerjasama dengan payment gateway. Sebab sistem payment tersebut memiliki berbagai kelebihan yang dijamin akan semakin menguntungkan bisnis maupun website Anda. Dengan begini konsumen juga semakin percaya dengan bisnis Anda sehingga memperbesar peluang bisnis tersebut semakin berkembang di masa yang akan datang.

solusi sempurna untuk bisnis anda
Subscribe here to get update