10 Alasan Kenapa Anda Harus Menggunakan Domain .XYZ

10 Alasan Kenapa Anda Harus Menggunakan Domain .XYZ

Apakah Anda asing dengan domain .XYZ dan Anda bertanya-tanya apakah yang membedakannya dengan domain .com, .id, dan sebagainya? Tahukah Anda bahwa domain ini telah dipakai oleh milyaran pengguna? Lantas apakah kelebihannya dan yang membedakannya dengan domain lain? Pada artikel kami akan membahas domain tersebut sehingga bisa menjadi alternatif pilihan domain website Anda. 

Baca Juga: 10 Tema WordPress untuk Blog Pribadi Terbaik 2022

Pengertian Domain .XYZ

Domain .XYZ adalah domain yang dikembangkan oleh Daniel Nagari dan perusahaan XYZ.com yang pada akhirnya semakin dikenal ketika Google memutuskan untuk organisasi induk mereka, Alphabet akan menggunakan domain tersebut. Dengan demikian, domain .XYZ menjadi pilihan bagi penggunanya untuk menggunakan domain dengan variasi nama yang berbeda. 

Domain .XYZ juga menjadi salah satu domain pertama yang tanpa memiliki makna generik secara langsung misalnya .com untuk commercial, .net untuk networks, .org untuk organization dan sebagainya. Dengan demikian, domain .xyz akan menjadi pilihan bagi pengguna yang tidak ingin menonjol dengan makna-makna tersebut.

Manfaat Menggunakan Domain .XYZ

Setelah mengetahui definisi domain xyz di atas, maka sangat perlu bagi Anda untuk mengetahui keunggulan yang bisa Anda dapatkan dengan menggunakan domain tersebut. Adapun keunggulannya adalah sebagai berikut:

  • Domain .XYZ Tidak Mewakili Geografis Tertentu

Ada beberapa domain yang mewakili geografis tertentu layaknya .eu,.co.uk, .uk, yang menunjukkan domain yang berasal dari Inggris. Adapun domain .xyz adalah domain internasional dan intergenerasional. Dengan demikian, domain. xyz dapat digunakan untuk bisnis, freelancers, blogs, website e-commerce, dan sebagainya. 

  • Tidak mewakili industri tertentu

Domain xyz memiliki fleksibilitas sehingga tidak mewakili industri tertentu dan dapat digunakan oleh siapa saja. Adapun domain lain layaknya .ai yang merujuk pada artificial intelligence atau .oi yang merujuk pada industri data. 

  • Tidak Adanya Pembatasan terhadap Siapapun yang Melakukan Register

Dengan tidak mewakili industri atau geografi tertentu, hal ini membuat domain xyz bisa diakses dan didaftarkan oleh semua orang. Dengan demikian, hal ini membuat domain .xyz lebih fleksibel dibandingkan domain lainnya khususnya dengan adanya dunia digital yang membuat dunia semakin terikat. 

  • SEO-Friendly

Pada dasarnya mesin pencari seperti google tidak membedakan domain .xyz dengan domain lainnya seperti .com atau .id sehingga website yang dibangun tetap SEO-Friendly. Selain itu, domain .xyz juga telah terindeks mesin pencari google sehingga dapat diakses oleh siapa pun. Dengan demikian, selama website Anda tidak melakukan spam dan hack maka website Anda akan aman.

  • Menjadi Domain yang Kreatif

Disebabkan domain .xyz merupakan domain yang belum familiar dibandingkan domain lainnya sehingga penggunaan domain ini akan menjadi sarana baru dalam kreativitas website. Selain itu, domain .xyz juga didesain sebagai domain yang lebih modern. Adapun nama domainnya sendiri juga masih banyak tersedia sehingga membuka peluang penamaan domain Anda yang lebih kreatif. 

  • Murah

Banyak sekali perusahaan penyedia layanan domain memberikan harga yang terjangkau dengan domain .xyz bahkan beberapa diantaranya aktif memberikan diskon. Dengan demikian, domain xyz adalah pilihan yang tepat bagi Anda untuk mendapatkan domain yang kekinian tapi juga murah. 

Baca Juga: Blogspot vs WordPress: Mana yang Lebih Baik?

Kekurangan Menggunakan .XYZ

Setelah mengetahui kelebihan dari domain xyz, maka berikut adalah beberapa kekurangan yang menjadi pembanding bagi Anda ketika ingin menggunakan domain tersebut. Adapun kekurangannya adalah sebagai berikut:

  • Adanya anggapan tidak profesional dengan menggunakan domain .xyz

Hal tersebut terjadi karena domain tersebut belum familiar secara luas oleh masyarakat. Selain itu, orang-orang juga menganggap domain yang harganya murah sebagai bentuk ketidakprofesionalan. Meskipun demikian, yang terpenting dalam website Anda bukan tentang mahal atau murah melainkan hal lainnya layaknya konten dan keamanan yang diberikan. 

  • Adanya Anggapan Spam

Akhir-akhir ini ada anggapan yang menyatakan domain .xyz sebagai domain spam sehingga mempengaruhi persepsi masyarakat. Meskipun demikian, dengan adanya informasi yang positif akan terus membantu menepi peredaran informasi tersebut. 

  • Murah Hanya Saat Pertama Pembelian

Ketika membeli domain xyz Anda akan merasa murah pada saat pertama kali pembelian, namun untuk perpanjangan akan terasa sama saja seperti pembelian domain lainnya layaknya .com, .net, dan sebagainya. 

Baca Juga: Mengenal Top Level Domain (TLD): Tipe dan Cara Kerjanya

Apakah Saya Harus Menggunakan Domain. XYZ?

Pada dasarnya domain xyz memberikan Anda kebebasan untuk meningkatkan inovasi dan kreativitas yang Anda miliki. Dengan alasan tersebut, domain .xyz tidak mengikatkan identitas dengan industri maupun lokasi tertentu. Dengan demikian, hal tersebut memberikan fleksibilitas kepada Anda. 

Pada hakikatnya, menggunakan domain sama seperti menentukan nama lokasi tempat tinggal Anda. Ketika Anda merasa alamat tersebut sesuai dengan identitas bisnis Anda, memberikan kenyamanan dan keamanan, serta Anda merasa mendapatkan banyak manfaat maka dapat dijadikan bahan keputusan untuk menggunakan alamat tersebut. 

Seperti perumpamaan di atas, Anda dapat menyesuaikan dengan kebutuhan bisnis Anda. Beberapa domain lainnya menspesifikkan pada bisnis tertentu untuk menciptakan brand yang kuat. Adapun pada domain xyz  memberikan kebebasan sehingga bisa menyesuaikan dengan berbagai bisnis Anda.

Selain itu, domain domain .xyz juga membantu website Anda terlihat menonjol dibandingkan website yang menggunakan domain lainnya dengan keunikan yang dimilikinya. Dengan demikian, berdasarkan manfaat yang Anda terima dapat menjadi pertimbangan Anda untuk menggunakan domain xyz

Baca Juga: 8 Rekomendasi Website Ilustrasi Gratis dan Terbaik 2022

Penutup

Demikian penjelasan mengenai domain xyz beserta kelebihan dan kekurangan yang dimilikinya. Kami harap dengan artikel ini dapat membantu pemahaman Anda sehingga menghilang rasa kebingungan Anda untuk memilih domain yang tepat dengan kebutuhan bisnis Anda. 

IDCloudHost merupakan perusahaan penyedia layanan cloud hosting dan domain, IDCloudHost berkomitmen untuk membantu digitalisasi bisnis di Indonesia. Dengan demikian, IDCloudHost menyediakan berbagai domain yang Anda butuhkan salah satunya domain .xyz. Selain itu, IdCloudHost juga melayani berbagai layanan hosting yang sesuai dengan kebutuhan Anda. 

Salah satu produk yang ditawarkan IDCloudHost adalah dedicated server yang memungkinkan Anda memiliki penyewaan secara pribadi yang lebih eksklusif. Dengan demikian, dalam upaya memantau performance website Anda maka juga diperlukan space server hosting yang terpercaya. 

solusi sempurna untuk bisnis anda
Subscribe here to get update