Ini Dia Tips Meningkatkan Keamanan Data

Ini Dia Tips Meningkatkan Keamanan Data

Di era digital ini, data adalah hal lumrah yang banyak disimpan di internet. Maka dari itu, keamanan suatu data pun menjadi hal yang sangat penting di era sekarang. Selain data umum, data penting juga tersimpan pada sistem, sehingga agar data-data tersebut tidak disalahgunakan, data pun harus diamankan dengan benar.

Contoh kerugian yang bisa didapatkan jika tidak menyimpan data dengan benar adalah tersebarnya data pribadi ke muka umum. Data ini kelak bisa digunakan untuk kegiatan berbahaya, seperti pemerasan, pendaftaran pinjaman online menggunakan data yang dicuri, penipuan, dan lain sebagainya. Jadi untuk menghindari kecolongan data yang merugikan, maka di bawah ini akan dipaparkan cara untuk menyimpan data dengan benar.

Tips Menyimpan Data di Internet

Tak bisa dipungkiri, di zaman digital ini, data kita pasti akan tersimpan pada sistem internet. Memang, pasti akan ada kemungkinan data bisa terkena bahaya. Tapi tentu saja ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan keamanan data sistem, jaringan, atau perangkat. Berikut akan dipaparkan beberapa tips yang bisa membantu Anda untuk menyimpan data di internet secara aman.

  • Gunakan Kata Sandi yang Aman

Cara menjaga keamanan data yang pertama adalah dengan menggunakan kata sandi yang kuat. Banyak aplikasi dan web yang membutuhkan username dan sandi agar bisa diakses. Tak dipungkiri bahwa data yang ada di website dan aplikasi termasuk data yang sensitif. Data-data ini bisa disalahgunakan untuk kegiatan-kegiatan yang bisa merugikan pemiliknya.

Maka dari itu, untuk menjaga data yang ada pada aplikasi agar tetap aman, dibutuhkanlah kata sandi yang kuat. Kata sandi yang kuat bisa dibuat melalui kombinasi angka, simbon, huruf dengan batasan beberapa karakter sesuai aplikasi. Jangan lupa untuk membuat password yang tidak mudah ditebak dan tidak berkaitan dengan data diri utama Anda.

  • Gunakan Firewall

Menurut Forcepoint, firewall adalah perangkat kemanan jaringan yang bertujuan untuk memonitori traffic yang sedang keluar dan masuk. Firewall juga bertujuan untuk melakukan perizinan maupun block berdasarkan aturan keamanan yang ada. Firewall bekerja dengan mencegah berbagai serangan dari luar. Untuk menjaga keamanan data Anda dari serangan, aktifkan firewall di perangkat yang terhubung komputer seperti ponsel, router, modem, maupun PC.

Baca Juga: 5+ Cara Menjaga Keamanan Server Bisnis Anda

  • Mengupdate Sistem Operasi Secara Rutin

Aplikasi ataupun sistem yang terupdate biasanya memiliki tingkat penjagaan kemanan data yang lebih advance. Tak heran, sistem operasi versi lama bisa saja rentan terhadap serangan sebab tidak dilengkapi dengan kemanan versi terbaru. Maka dengan mengupdate sistem secara rutin bisa membantu Anda untuk mengamankan data yang ada di internet.

  • Mengaktifkan VPN

VPN atau dikenal dengan Virtual Private Network adalah jaringan pribadi secara virtual yang bisa digunakan oleh pengguna untuk mengirim dan menerima suatu data dengan lebih aman melalui internet publik. Singkatnya, penggunaan VPN ini sangat cocok dipakai ketika sedang mengakses internet pada jaringan publik. Selain untuk keamanan data, VPN juga bisa membantu meningkatkan kecepatan jaringan.

  • Mengaktifkan Enkripsi Data

Enkripsi merupakan sebuah proses merubah data menjadi sebuah kode rumit sehingga akses yang tak sah bisa dicegah. Penggunaan enskripsi pada password, file, dan data pribadi nyatanya bisa meningkatkan keamanan data yang ada pada internet.

  • Mengaktifkan Antivirus

Selain serangan dari hacker, data juga tak lepas dari serangan virus, spyware, maupun malware. Maka untuk mencegah serangan tersebut, dibutuhkan antivirus yang kuat untuk mengamankan data. Pastikan untuk selalu menggunakan antivirus dan secara berkala memperbarui perangkat lunak antivirus.

  • Melakukan Back Up Data Secara Berkala

keamanan data

Data penting sering kali menjadi sasaran empuk para pencuri data. Selain bisa dicuri dan disalahgunakan, data penting juga bisa hilang jika tidak dilengkapi dengan keamanan yang kuat. Backup data adalah salah satu cara ampuh untuk menghindar dari kehilangan data sebab adanya serangan pada privasi data.

  • Mengedukasi Karyawan

Untuk sebuah perusahaan, mengedukasi karyawan adalah salah satu cara utama untuk mencegah data penting perusahaan jatuh ke tangan orang yang tak berkepentingan. Cyber security juga teramat penting untuk mencegah serangan di dalam perusahaan. Pelatihan kepada karyawan dapat dilakukan dengan memberikan edukasi perihal phishing, password yang kuat untuk dipakai, dan pembuatan SOP untuk pelaporan keluhan keamanan data.

  • Membatasi Akses Kepada Data Penting

Bagi sebuah perusahaan, tak semua data bisa diakses dan dilihat oleh karyawan. Hal ini dikarenakan tak semua karyawan bisa dipercaya untuk melihat ataupun mengakses data penting. Maka dari itu, membatasi akses karyawan ke data maupun sistem dapat memabntu mengurangi serangan dari dalam. Hanya izinkan karyawan yang sesuai dengan tanggungjawabnya sajalah yang dapat mengakses data penting tersebut.

Baca Juga: 7+ Cara Menjaga Keamanan Data Pribadi Anda

  • Memantau Aktivitas Suatu Jaringan

Selanjutnya adalah memantau sebuah aktivitas pada jaringan dapat membantu mendeteksi sebuah serangan yang masuk ke dalam jaringan. Dengan memantau aktivitas ini, serangan ataupun masalah dapat diatasi sedari dini.

  • Menggunakan Otentikasi Dua Faktor

Otentikasi dua faktor bisa digunakan pada aplikasi agar akun tidak bisa diakses secara sembarangan oleh orang lain. Otentikasi dua faktor ini membutuhkan verifikasi lain (selain username dan password) saat hendak melakukan log in pada sebuah akun. Verifikasi lain ini hadir dalam bentuk kode yang akan dikirimkan ke alamat email maupun SMS kepada kontak yang telah ditautkan ke akun.

Dengan fitur ini, data pribadi bisa diamankan secara maksimal. Walaupun ada yang tau password maupun username sebuah akun, akun akan tetap aman karena menggunakan otentikasi dua faktor agar bisa masuk.

  • Tidak Mengumbar Privasi di Media Sosial

Informasi pribadi seperti nomor telepon, alamat, maupun tanggal lahir ada baiknya jangan diumbar-umbar di media sosial. Informasi yang bisa diakses siapa saja ini bisa disalahgunakan dan akan mengancam keamanan pemilik data. Maka selalu bijak sebelum berbagi di media sosial.

  • Mengabaikan Email Phishing

Email phishing adalah email palsu yang bertujuan untuk mencuri data pengguna maupun menyebarkan virus melalui tautan yang ditautkan. Jangan pernah memberikan informasi kepada email phishing, jangan pernah pula membuka tautan apapun yang diberikan oleh email phishing. Abaikan email phishing agar data tetap aman.

  • Menjaga Keamanan Perangkat

Kemanan perangkat komputer, seluler, ataupun tablet harus dipertimbangkan juga, sebab perangkat-perangkat ini juga berpotensi untuk diserang. Pastikan perangkat Anda terpasang kata sandi, juga jangan gunakan WiFi publik karena tidak baik untuk keamanan data.

Baca Juga: 5 Plugin Keamanan untuk WordPress

Penutup

Keamanan data adalah hal krusial yang harus sangat diperhatikan di masa digital seperti sekarang ini. Banyak serangan yang bisa mengancam keamanan data. Maka dari itu terapkan lah tips-tips untuk mengamankan data yang seperti dijelaskan di atas.

IDCloudHost sebagai provide hosting nomor 1 di Indonesia menyediakan layanan pembuat website yang aman dan mudah untuk digunakan. Salah satu layanan dari IDCloudHost adalah Cloud VPS yang memungkinkan pengguna untuk mempunyai website yang aman, lengkap, mudah, dengan ahrga terjangkau.

solusi sempurna untuk bisnis anda
Subscribe here to get update