Mengenal Jenis/Tipe CRM (Customer Relationship Management) dan Kelebihannya Untuk Bisnis

Mengenal Jenis/Tipe CRM (Customer Relationship Management) dan Kelebihannya Untuk Bisnis

Data-data pelanggan adalah aset penting yang harus dijaga oleh semua pelaku bisnis. Semua itu dibutuhkan untuk memikirkan tentang strategi pemasaran yang tepat, analisis tentang perilaku konsumen, dan sebagainya. Serta keseluruhan hal yang terkait sistem hubungan pelanggan dan pengelolaan pelanggan disebut sebagai Customer Relationship Management (CRM). Sistem CRM menjadi solusi untuk memperkuat kedekatan antara konsumen dan pemilik bisnis.

Cara pengelolaan Customer Relationship Management sangat beragam, namun yang terpenting adalah dengan tujuan untuk mempererat komunikasi antara pelanggan dan pemilik bisnis. Di era digital seperti ini, CRM bisa dilakukan dengan memanfaatkan teknologi yaitu dengan Sosial Media, Website, Email Marketing, dan sebagainya. Anda juga bisa memanfaatkan software CRM (Customer Relationship Management).

Penggunaan software CRM nantinya akan memudahkan Anda dalam menyimpan data dari pelanggan Anda yang pernah bertransaksi, mendapatkan kontak pelanggan, feedback, pertanyaan, sampai kegiatan marketing bisa Anda jalankan dengan software CRM ini. Berikut ini Anda akan mengetahui jenis-jenis CRM yang bisa Anda gunakan untuk bisnis Anda.

 

Jenis/Tipe Customer Relationship Management (CRM)

 

Software Customer Relationship Management akan berfungsi untuk menangani seluruh hal yang berkaitan dengan pelanggan. Kehadiran berbagai software CRM sangat dibutuhkan dan terdapat berbagai jenis yang bisa Anda coba. Ada 5 jenis CRM utama yang bisa Anda gunakan untuk bisnis Anda. Diantaranya adalah sebagai berikut.

 

CRM Operasional

CRM Operasional memudahkan Anda untuk mengelola database dari pelanggan yang telah terkumpul. CRM Operasional bisa membantu Anda dalam sales automation, marketing automation, dan service automation. Anda bisa memasukkan detail dari profil pelanggan Anda seperti kontak alamat, email, dan nomor telepon. Anda juga bisa melakukan otomasi penjualan sesuai dengan yang Anda inginkan seperti :

  • Otomasi Pemasaran

    Mengirimkan email marketing diskon ke pelanggan Anda tentang pricelist terbaru. Dengan begitu, Anda bisa membuat mereka tertarik untuk membeli atau menggunakan jasa Anda. Anda tidak perlu mengirimkan satu-satu email ke konsumen cukup dengan CRM Operasional maka Anda dengan mudah mengirim info diskon hingga campaign yang sedang Anda jalankan lewat email marketing otomatis.

  • Otomasi Penjualan

    Anda dapat memberikan invoice kepada pelanggan secara otomatis kepada pelanggan yang sudah memesan produk atau layanan Anda. Jadi Anda tidak perlu mengirimkan secara manual invoice pelanggan Anda. Anda juga tidak perlu untuk mengkonfirmasi apakah pelanggan Anda sudah melakukan transaksi dengan benar atau tidak jadi membeli produk atau layanan Anda. Waktu yang digunakan jadi lebih cepat dan efisien sehingga menghemat banyak sumber daya.

  • Otomasi Layanan Customer Service

    Anda bisa memberikan layanan after sales ketika pelanggan Anda telah menerima produk atau layanan mereka. Anda bisa menerima komplain atau pertanyaan dari konsumen Anda lewat otomasi layanan Customer Service. Jika Anda sedang tidak aktif di depan laptop atau komputer untuk melayani konsumen Anda, Anda juga bisa mengaktifkan Chatbot yang bisa menjawab otomatis pertanyaan dari konsumen Anda, tapi dengan syarat bahwa Anda sebelumnya harus memasukkan daftar pertanyaan yang sering ditanyakan beserta jawabannya, sehingga ketika konsumen Anda bertanya tentang pertanyaan yang sering ditanyakan, Bot Chat otomatis membalas pesan tersebut.

 

Baca Juga  :    Memahami Apa Itu Marketing Mix : 4p dan 7p Untuk Kegunaan Bisnis

 

CRM Analytical

Anda tidak perlu repot mengumpulkan data pelanggan Anda secara manual, CRM Analytical dapat mengumpulkan secara detail tentang informasi pelanggan Anda. CRM Analytical juga dapat menganalisis perilaku pelanggan Anda terhadap layanan atau produk yang mereka pesan dan ketertarikannya terhadap bisnis Anda. Penerapan penggunaan CRM analytical dapat membawa manfaat :

  • Pengumpulan data dari ketertarikan konsumen terhadap produk atau layanan
  • Data dari respon konsumen terhadap sebuah produk atau layanan
  • Melacak sumber promosi yang paling efektif terhadap transaksi produk atau jasa.

 

Data-data tersebut kemudian bisa Anda jadikan sebagai pengambilan keputusan seperti strategi marketing atau kampanye pemasaran yang baik dan strategis.

 

Baca Juga  :     Business Plan : Komponen Pembuatannya dan Manfaatnya Dalam Menjalankan Bisnis

 

CRM Kolaboratif

CRM Kolaboratif berfungsi untuk melacak history dan identitas dari konsumen Anda. Misalnya saja ada konsumen yang telah lama menjadi pelanggan Anda, tentu konsumen tersebut sudah pernah bertemu dengan berbagai divisi yang terlibat dalam bisnis Anda. CRM Kolaboratif bisa membantu tim Anda untuk melacak riwayat yang diperlukan oleh konsumen Anda, kemudian ketika konsumen Anda memiliki laporan permasalahan, Anda bisa langsung menghubungi divisi yang dibutuhkan oleh konsumen Anda.

 

Baca Juga  :      Mengenal Jenis Churn Rate dan Cara Menghitungnya

 

Kelebihan Customer Relationship Management (CRM) untuk Bisnis

Mengenal Jenis/Tipe CRM (Customer Relationship Management) dan Kelebihannya Untuk Bisnis
 

Setelah mengetahui jenis-jenis CRM, sekarang Anda harus tahu apa saja manfaat dan kelebihan dari Customer Relationship Management untuk bisnis Anda. Berikut adalah keuntungan dari CRM (Customer Relationship Management):

  • Laporan yang Rinci dan Otomatis

    Anda tidak perlu repot untuk melacak riwayat dari transaksi konsumen Anda, sekarang Anda hanya dengan mudah melihat secara rinci laporan dari riwayat konsumen dari masa Anda melakukan promosi hingga konsumen bisa berlangganan produk atau layanan Anda. Sebagai teknologi yang canggih, penerapan CRM pada bisnis memungkinkan Anda untuk tetap melihat bagaimana perilaku konsumen Anda terhadap produk atau layanan yang Anda tawarkan.

  • Hemat Biaya

    Adanya keterikatan antara Anda dan pelanggan adalah hal yang baik, Anda bisa menganalisa strategi marketing mana yang sesuai untuk pelanggan Anda. Anda jadi tidak perlu mengeluarkan biaya operasional yang banyak untuk melakukan promosi karena Anda sudah mengetahui data dari pelanggan Anda lewat CRM. Ini bisa membuat strategi marketing juga berjalan dengan baik.

  • Melihat Kepuasan Pelanggan

    Anda bisa melihat tingkat kepuasan pelanggan Anda dengan bantuan CRM. Semua ini bisa dilakukan dengan CRM via aplikasi atau website, Anda bisa menambahkan menu rating atau komentar pada aplikasi atau website Anda, sehingga Anda bisa melihat kepuasan dari pelanggan Anda. Anda juga bisa mengevaluasi setiap produk atau layanan yang Anda luncurkan karena Anda dengan mudah bisa melihat reaksi dari konsumen Anda secara langsung.

  • Mendapat Loyalitas Pelanggan

    Dengan CRM yang baik, pelanggan Anda pasti merasa sangat puas dengan pelayanan yang diberikan. Bisa dikatakan ini akan membuat pelanggan Anda tidak akan bisa berpaling kepada kompetitor Anda karena sudah merasa puas dengan CRM yang Anda jalankan. Kepuasan dan loyalitas pelanggan pasti akan meningkat.

  • Meningkatkan Pendapatan

    Loyalitas pelanggan yang meningkat akan membuat pendapatan bisnis Anda juga meningkat. CRM bisa membantu Anda untuk menjalankan bisnis Anda lebih baik lagi. Anda bisa menganalisa secara detail tentang perkembangan bisnis Anda lewat CRM dan memiliki hubungan yang lebih baik dengan pelanggan Anda.

 

Baca Juga  :    Bagaimana Menerapkan Strategi Social Media Marketing yang Sukses Untuk Bisnis Besar/Kecil

 

Kesimpulan dan Penutup

Di era digital seperti ini, CRM bisa dilakukan dengan memanfaatkan teknologi yaitu dengan Sosial Media, Website, Email Marketing, dan sebagainya. Anda juga bisa memanfaatkan software CRM (Customer Relationship Management). Ada beberapa jenis CRM yaitu CRM Operasional, CRM Analytical, dan CRM Kolaboratif.

Ada beragam manfaat dan kelebihan dari Customer Relationship Management untuk bisnis Anda. Tidak mengherankan kalau banyak bisnis modern yang mengandalkan CRM karena adanya otomasi terhadap rincian pelanggan, hemat biaya, hingga meningkatnya pendapatan untuk bisnis Anda. Sudahkah Anda tertarik untuk mencoba menerapkan CRM dalam bisnis Anda? Berikan komentar Anda pada artikel ini.

solusi sempurna untuk bisnis anda
Subscribe here to get update