Mengenal WooCommerce dan Cara Kerjanya Untuk Bisnis Online

Mengenal WooCommerce dan Cara Kerjanya Untuk Bisnis Online

Melakukan bisnis atau mendirikan marketplace secara online memang sangat menggiurkan dan sangat efisien. Masalahnya sudah banyak perangkat lunak yang berusaha memfasilitasi para pelaku UMKM atau pebisnis untuk menjual produknya secara online. Diantaranya yang cukup populer dan sering digunakan adalah WooCommerce.

Bagi Anda yang ingin memahami atau ingin memperluas jejaring toko Anda di internet maka menggunakan WooCommerce akan sangat menguntungkan. Disini Anda dapat mempelajari secara apa itu WooCommerce dan beberapa manfaatnya dalam menggunakan plugin satu ini. Dengan itu Anda dapat menyimak pembahasan pada artikel satu ini hingga akhir ya!

Apa Itu WooCommerce?

WooCommerce adalah sebuah salah satu plugin yang terdapat di dalam WordPress yang dapat Anda install secara gratis untuk keperluan bisnis. Plugin satu ini secara khusus memiliki fungsi untuk melakukan segala aktivitas atau kegiatan jual beli secara online Selain itu plugin ini juga memiliki fitur yang cukup lengkap dalam melayani kegiatan pemasaran, interaksi antara pembeli dan penjual, dan masih banyak yang lainnya.

Plugin ini menyediakan kustomisasi pada fitur-fiturnya dengan fleksibel sehingga Anda dapat mengatur tata letak website toko Anda sesuai dengan yang Anda inginkan. Tidak hanya itu, disini juga plugin WooCommerce juga menyediakan printilan fitur lainnya yang dapat mempermudah penjualan produk Anda. Beberapa diantaranya adalah WooCommerce dapat menampilkan informasi produk, tipe produk yang dijual, metode pembayaran yang beragam, hingga ukuran barang yang disediakan.

WooCommerce sangat cocok untuk Anda gunakan terlebih lagi jika Anda memiliki daya kreativitas yang sangat tinggi. Hal ini dikarenakan plugin ini sangat memanjakan penggunanya dalam melakukan personalisasi pada website yang dibuat dan bebas menentukan tema website yang akan digunakan. Beberapa plugin lainnya juga dapat Anda gunakan untuk menambah fungsionalitas pada toko Anda.

Hingga kini penggunaan plugin ini masih cukup ramai di kalangan pelaku bisnis online atau sebuah perusahaan. Hal ini dikarenakan fitur yang ditawarkan pada WooCommerce sudah hampir merangkum segala kebutuhan yang diperlukan bagi para pebisnis online. Keuntungan yang didapat juga cukup banyak mengingat penggunaan dari plugin ini juga cukup sederhana.

Baca Juga: Amankan Website Bisnis Online dengan SiteLock

Manfaat WooCommerce

Meskipun hanya sebuah sekian fitur yang terdapat di dalam website WordPress, WooCommerce terbukti memiliki segudang kegunaan dalam membantu pelaku pebisnis online Pemasangan plugin ini juga gratis untuk Anda gunakan sehingga cukup menghemat biaya alih-alih membuat marketplace tersendiri. Disini Anda dapat melihat beberapa keuntungannya dengan singkat dalam menggunakan plugin yang satu ini.

1. Tersedia Untuk Berbagai Produk

Kepopuleran WooCommerce bagi para pelaku bisnis online bukan tanpa alasan. Masalahnya Plugin pada satu ini bisa terbilang bersifat open source karena dapat diatur dengan leluasa bagi penggunanya. WooCommerce sendiri terbuka bagi seluruh bentuk sektor industri produk maupun jasa. Produk atau jasa apapun yang Anda tawarkan akan tetap sama mudahnya untuk ditampilkan pada WordPress melalui plugin satu ini.

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, WooCommerce menyediakan beragam dan banyak tema website secara gratis yang bisa Anda sesuaikan dengan kebutuhan Anda. Plugin ini juga akan memastikan jenis layanan atau produk apa yang akan Anda tawarkan di website dan mampu memberikan beberapa referensi tema yang cocok Anda gunakan untuk produk Anda.

2. Menyediakan Fitur-Fitur yang Kompleks

WooCommerce juga merupakan salah satu plugin yang sangat memanjakan pengguna dalam melakukan bisnis secara online. Fitur yang bisa Anda dapatkan dalam plugin satu ini terbilang sangat banyak dan membantu produk Anda untuk sampai ke tangan pembeli dengan mudah. Ditambah lagi, Anda tidak memerlukan pembelian paket khusus untuk menggunakan semua fitur di dalamnya ataupun bersusah payah melakukan pemrograman khusus.

Plugin telah menyediakan beberapa fitur yang dinilai cukup fungsional seperti katalog produk yang memperbolehkan pengguna untuk menjual lebih dari satu jenis produk. Adapun yang lainnya yaitu fitur Metode Pembayaran yang mengizinkan pembeli untuk memilih jenis pembayaran yang diinginkan. Hingga terdapat juga fitur pemilihan ekspedisi untuk pengantaran produk dan fitur keranjang yang membuat pengguna mampu membeli beberapa produk sekaligus.

3. Keamanan Yang Jauh Lebih Terjamin

WooCommerce merupakan sebuah plugin yang cukup memberikan banyak perhatian pada keamanannya. Plugin ini sudah sangat dikenal akan keamanannya yang selalu diperbarui dengan rutin. Jadi Anda tidak perlu memiliki rasa khawatir yang berlebih terkait keamanan dari proses transaksi antara penjual dan pembeli. Proteksi yang telah dikembangkan dari WooCommerce telah semakin memperkecil terjadinya kebocoran data dari pihak ketiga.

Akan tetapi Anda juga masih dapat untuk mendapatkan layanan proteksi tambahan untuk memperkuat keamanan website. Memilih jenis layanan hosting yang berkualitas akan mampu membuat website Anda semakin terhindar dari serangan siber yang ada. Anda juga mampu untuk memasang SSL atau Socket Security Layer sebagai keamanan tambahan.

4. Mobile Friendly

Penggunaan Smartphone hingga sekarang masih berkembang dengan pesat dan diperkirakan akan terus meningkat. Diketahui sebanyak 54% pengguna internet mengakses sebuah website melalui smartphone dari seluruh dunia. Hal ini bukan tanpa alasan karena smartphone merupakan perangkat yang cukup praktis digunakan dan mudah dibawa kemana saja.

WooCommerce selama ini juga melakukan pengembangan secara berkala dengan semakin membuat tampilan websitenya ramah terhadap Smartphone. Dengan itu pengguna akan semakin jauh lebih mudah dan jauh lebih nyaman dalam mengakses website Anda melalui seluler. WooCommerce akan mampu menjadi pilihan terbaik Anda dalam mendapatkan kunjungan pengguna lebih banyak lagi.

5. Mampu Mengukur Performa Toko Anda 

Menggunakan WooCommerce juga akan mampu mempermudah Anda untuk mengaudit toko website Anda jauh lebih mudah. WooCommerce juga menyediakan fitur analitik yang akan berguna bagi Anda dalam memantau jumlah pengunjung website, jumlah produk yang telah dijual, ulasan pengunjung, dan keuntungan yang didapatkan.

Dengan adanya tools ini tentunya akan semakin mempermudah Anda untuk membuat hasil rekap atau laporan atas usaha Anda. Anda dapat menggunakan alat ini untuk melakukan evaluasi lebih lanjut dan menentukan perencanaan usaha yang lebih matang agar dapat menarik lebih banyak konsumen.

Baca Juga: Memaksimalkan Online Review Bagi Bisnis Online

Daftar Ekstensi WooCommerce

Salah satu keuntungan besar WooCommerce adalah ekstensi yang merupakan plugin tambahan yang memungkinkan pemilik situs web untuk meningkatkan fungsionalitas toko online mereka. Ada ratusan ekstensi yang tersedia, berikut beberapa diantaranya adalah:

  • Yoast WooCommerce SEO
  • WooCommerce Subscriptions
  • WooCommerce Menu Extension
  • WooCommerce Google Analytics Integration
  • AutomateWoo
  • Follow-Up Emails
  • WooCommerce Stripe Gateway
  • WooCommerce MailChimp Subscribe

Baca Juga: Pentingnya Hosting untuk Kemajuan Bisnis Online Anda

Fitur- Fitur Terbaik WooCommerce dari WordPress

Mengenal WooCommerce dan Cara Kerjanya Untuk Bisnis Online

Sebagai plugin populer dengan banyak pengguna, WooCommerce menawarkan semua fitur yang diperlukan untuk pengalaman e-commerce dengan lebih praktis dan efisien dengan sedikit kemungkinan masalah. Berikut beberapa fitur yang bisa Anda gunakan untuk bisnis online.

  • Kegunaan yang Praktis

    Meskipun WooCommerce tidak memiliki pembuat seret dan lepas seperti WordPress, antarmukanya sangat ramah pengguna. Anda dapat menyesuaikan tata letak situs web Anda melalui panel kontrol samping. Membangun situs web WooCommerce mirip dengan membangun halaman WordPress, dan Anda juga dapat menggunakan sebagian besar pembuat halaman WordPress untuk membangun halaman Anda jika Anda tidak terlalu memahami pengkodean.

  • Ramah Seluler

    Perangkat seluler adalah media penggunaan terbesar pengguna internet di seluruh dunia. Bisnis tidak bisa lagi hanya berfokus pada situs web untuk pengguna desktop mengingat lebih banyak orang menggunakan perangkat smartphone mereka dan lebih mobile. WooCommerce mempermudah banyak hal termasuk dengan adanya fitur keramahan selulernya, sehingga Anda dapat memberikan pengalaman luar biasa kepada pelanggan Anda di ponsel mereka.

  • SEO Friendly

    Salah satu faktor yang melengkapi setiap faktor lain saat bekerja di platform adalah SEO. Bisnis yang sukses membutuhkan strategi yang kuat agar produknya diperhatikan di SERP. Pengguna WooCommerce mendapatkan manfaat tambahan, karena sama- sama berjalan di WordPress yang populer sebagai salah satu platform yang dioptimalkan untuk SEO. WooCommerce menggabungkan keramahan pengguna dengan keramahan SEO untuk memfasilitasi penggunanya.

  • Menawarkan Banyak Pilihan Tema

    WooCommerce memberi Anda banyak tema responsif dan cepat untuk digunakan bersama toko Anda. Mengingat WooCommerce sendiri adalah plugin WordPress maka tema- tema yang ditawarkan biasanya telah kompatibel dengan semua tema WordPress. Anda dapat memilih dari koleksi desain gratis dan premium dan jika suatu saat Anda ingin mengubah ke tema yang berbeda, Anda dapat mengubah ke tema yang berbeda sesuai kebutuhan Anda.

  • Opsi Pengiriman yang Mudah

    Fitur menarik lainnya dari WooCommerce adalah memberikan opsi pengiriman yang mudah yang mana ini akan menjadi salah satu faktor penentu bagi bisnis online. Beberapa opsi pengiriman memudahkan pelanggan Anda untuk berbelanja di situs Anda mulai dari pengiriman lokal atau pengambilan hingga pengiriman internasional. Anda dapat mengatur tarif Anda ke opsi Otomatis untuk menawarkan tarif minimum kepada pelanggan Anda sesuai lokasi mereka.

Penutup

Itulah beberapa manfaat jika Anda menggunakan plugin WooCommerce sebagai platform bisnis Anda. Tentunya menggunakan plugin satu ini akan sangat menghemat biaya dengan sudah mendapatkan berbagai fitur yang lengkap dan menarik tanpa harus memiliki kemampuan IT tingkat lanjut untuk memprogramnya.

Sebagai langkah awal ID Cloud Hosting siap membantu Anda dengan WordPress Hosting! nikmati kemudahan mendirikan usaha Anda dengan ribuan fitur dan plugin menarik termasuk WooCommerce dalam membangun usaha dan bisnis Anda jauh lebih baik dengan cepat!

solusi sempurna untuk bisnis anda
Subscribe here to get update