Tips Iklan Produk Menarik di Bulan Ramadhan

Tips Iklan Produk Menarik di Bulan Ramadhan

Bulan Ramadhan merupakan bulan yang dinantikan oleh umat Islam sehingga hal tersebut mendorong mereka untuk melakukan permintaan yang lebih besar. Sebagai salah satu negara dengan populasi masyarakat Islam terbanyak, tentu saja hal tersebut akan berpengaruh terhadap aktivitas ekonomi sehingga hal tersebut dapat Anda manfaatkan untuk melakukan iklan bisnis Anda.

Lebih lanjut, iklan yang baik di waktu yang tepat akan membuat orang-orang mengetahui brand bisnis Anda atau bahkan mengundang konsumen untuk melakukan pembelian. 

Dengan demikian, jika Anda bertanya-tanya bagaimana memanfaatkan suasana Ramadhan dalam menciptakan iklan produk yang tepat? Maka Anda sedang berada pada artikel yang tepat. Kali ini kami akan menjelaskan kepada Anda tips iklan produk yang menarik dan tentunya bisa Anda pertimbangkan. Oleh karena itu, perhatikanlah artikel berikut ini!

Bagaimana Perilaku Konsumen di Bulan Ramadhan?

Selama bulan Ramadhan perilaku konsumen juga ikut berubah. Ini disebabkan adanya perubahan gaya hidup masyarakat dalam menjalani ibadah puasa. Bagi pemilik bisnis, penting untuk memahami perubahan konsumen di bulan ramadhan berikut ini.

Lebih Banyak Online

Bulan ramadhan otomatis membuat aktivitas harian berubah, ini menjadi alasan banyaknya waktu senggang untuk beristirahat. Oleh karena itu, semua orang memanfaatkan waktu istirahat tersebut untuk berselancar di dunia maya. 

Jam kerja yang lebih singkat dari biasanya menyebabkan waktu luang lebih banyak dihabiskan sambil memainkan gadget. Perilaku konsumen yang seperti ini bisa Anda manfaatkan untuk membuat konten yang ringan dan menghibur untuk mempromosikan usaha Anda.

Sering Mencari Promo

Cara memanfaatkan situasi dimana perilaku konsumen cenderung tertarik dengan promo adalah Anda bisa memberikan promo yang menarik dan berhubungan dengan ramadhan. Bukan hanya itu saja, Anda bisa menyertakan diskon yang menarik agar semakin banyak konsumen yang membeli produk yang Anda tawarkan.

Lebih Sering Berbagi

Bulan ramadhan identik dengan bulan untuk berbagi keberkahan. Ini membuat banyak orang jadi lebih sering berbagi kepada sesama. Sebagai pemilik bisnis atau usaha Anda bisa memanfaatkan peluang ini dengan membuat event yang memfasilitasi konsumen Anda untuk berbagi.

Pada bulan ini biasanya aktivitas belanja masyarakat juga meningkat secara drastis. Bahkan, menurut laporan dari Meta di bulan ramadhan 2022 transaksi untuk produk kuliner meningkat 19% dan produk pakaian meningkat 28% dibanding hari biasa.

9 Tips Iklan di Bulan Ramadhan

9 Tips Iklan di Bulan Ramadhan

Iklan yang baik adalah iklan yang mampu memberikan feedback yang baik pula terhadap perusahaan. Feedback tersebut dapat berupa penjualan maupun brand awareness. Lebih lanjut, salah satu strategi iklan yang baik adalah memanfaatkan setiap momen menjadi peluang yang berharga dan tak terkecuali pada bulan Ramadhan. Oleh karena itu, berikut tips iklan produk yang menarik pada bulan Ramadhan:

Rencanakan iklan sebelum memasuki bulan Ramadhan 

Tips iklan yang pertama  adalah melakukan perencanaan yang matang. Tentunya perencanaan yang baik akan menghasilkan output yang baik pula, maka ketika ingin memanfaatkan bulan Ramadhan akan lebih baik jika perencanaan dan eksekusi dilakukan lebih awal bahkan sebelum memasuki bulan Ramadhan.

Secara tidak langsung iklan tersebut juga akan menjadi pengingat masyarakat umum bahwa bulan Ramadhan telah di depan mata sehingga euforia bulan Ramadhan pun akan semakin terasa dengan produk iklan yang Anda buat. Selain itu, dengan perencanaan yang baik maka Anda juga bisa menetapkan beberapa hal seperti isi konten, target sasaran iklan, media pengambilan iklan, talent yang sesuai, dan sebagainya. 

Perhatikan isi konten iklan

Adapun tips iklan yang selanjutnya bisa Anda lakukan adalah memperhatikan konten iklan dengan baik. Isi konten menjadi hal yang penting untuk membuat suatu iklan menjadi lebih menarik. Pastikan iklan tersebut dapat menarik perhatian dan emosi konsumen.

Lebih lanjut, konten iklan tersebut hendaklah mengandung unsur-unsur Ramadhan seperti kegiatan ngabuburit, puasa, bagi-bagi takjil, dan sebagainya. Anda juga harus memperhatikan durasi iklan tersebut dan pastikan Anda bisa menyorot produk Anda dengan baik. 

Misalnya ketika Anda menjalankan sebuah bisnis makanan, maka Anda bisa membuat iklan buka bersama dengan menu yang Anda jual. Tentu saja Anda bisa menambahkan nuansa ramadhan pada iklan dengan memastikan talent iklan tersebut memakai pakaian keagamaan atau bahkan menambah simbol keagamaan tertentu seperti bulan dan bintang pada poster iklan Anda. 

Gunakan hastag bernuansa ramadhan 

Hashtag adalah tips iklan yang  harus Anda pertimbangkan. Sebagai suatu label yang digunakan dalam sosial media yang berguna untuk mencari informasi atau post tertentu. Adanya fitur hashtag dalam sosial media memudahkan Anda untuk berinteraksi dengan pengguna lainnya yang memiliki kesamaan ketertarikan dalam membahas informasi tertentu.

Anda bisa membuat hashtag baru dengan menggabungkan nuansa ramadhan dengan brand yang Anda miliki. Misalnya Anda memiliki bisnis makanan bernama Roti Lezat, maka Anda bisa secara konsisten membuat hastag #berbukabersamarotilezat. Lebih lanjut, pastikan hashtag tersebut mengandung makna yang unik dan mengajak masyarakat mengenal produk Anda. Selain itu, buatlah hashtag tersebut semudah mungkin diingat orang-orang sehingga mudah dicari oleh orang awam sekalipun. 

Buat program khusus Ramadhan

Sejalan dengan hashtag di atas, Anda bisa membuat program khusus selama bulan Ramadhan sehingga menjadi nilai unggul dan menjadi campaign utama iklan Anda. Misalkan Anda bergerak di bisnis makanan daerah dan membuat program lebaran bersama keluarga.

Pada program tersebut misalnya mengandung promosi 30% khusus ramadhan dan variasi produk baru makanan daerah yang dijadikan hampers. Tentunya dengan inovasi tersebut akan menambah variasi baru produk Anda sekaligus menjadi daya tarik baru khususnya pada bulan Ramadhan. 

Jadwalkan publishing konten

Adapun tips iklan selanjutnya adalah penjadwalan publishing konten yang tepat. Meskipun Anda telah memiliki konten iklan yang akan di publish namun Anda harus memperhatikan jadwal tayang setiap iklan tersebut. Tentunya dengan jadwal tayang yang tepat maka akan memungkinkan iklan tersebut dilihat oleh lebih banyak orang.

Anda bisa melakukan riset data analitik pengunjung website atau sosial media Anda. Namun, orang-orang akan cenderung bermain sosial media atau internet secara keseluruh lebih banyak pada menjelang buka puasa, malam hari, dan setelah sahur. 

Bekerja sama dengan key opinion leader yang tepat

Key opinion leader adalah seseorang yang memiliki pengaruh untuk memberikan serta menawarkan rekomendasi sebuah produk kepada audience. Seseorang ini biasanya dilihat dari personal brandingnya, skill komunikasi untuk menawarkan produk. 

Selama bulan Ramadhan maka Anda bisa bekerja sama dengan KOL yang memiliki audience yang besar saat bulan Ramadhan. Bisa saja Anda memanfaatkan tokoh keagamaan, band musik religius, influencer keagamaan, dan sebagainya. Meskipun demikian, Anda harus tetap memastikan bahwa KOL yang Anda pilih relevan dengan brand image bisnis Anda. 

Tekankan keunggulan bisnis Anda 

Hal yang tak kalah penting saat melakukan iklan selama bulan Ramadhan adalah menekankan daya tarik produk Anda. Selain melakukan adjustment dengan nuansa Ramadhan namun Anda perlu memastikan bahwa iklan tersebut menonjolkan value yang signifikan dari produk Anda. Dengan demikian, Anda bisa meningkatkan brand awareness selama bulan Ramadhan. 

Pastikan website Anda beroperasional dengan baik

Dengan adanya kemungkinan lonjakan permintaan dengan iklan yang Anda buat, maka Anda harus memastikan akses website Anda berjalan dengan baik. Lebih lanjut, jika calon konsumen Anda merasa kesulitan dalam mengakses informasi atau bahkan melakukan pembelian maka iklan yang Anda buat sebelumnya hanya akan percuma saja. Oleh karena itu, pastikan website Anda mampu beroperasional dengan baik. 

Lakukan evaluasi berkala

Adapun tips iklan terakhir adalah melakukan evaluasi secara berkala. Lebih lanjut, evaluasi merupakan hal perlu yang dilakukan ketika membuat suatu iklan. Evaluasi juga dapat mengukur tingkat keberhasilan dan kesesuaian dengan perencanaan sebelumnya.

Oleh karena itu, pastikan Anda melakukan evaluasi iklan Ramadhan Anda. Jika tidak berhasil maka Anda bisa mencoba perencanaan lainnya dan melakukan penyesuaian dengan iklan ramadhan tersebut.

Penutup

Demikian berbagai tips iklan menarik pada bulan Ramadhan yang dapat Anda lakukan. Pastikan Anda konsisten memasukkan unsur bulan Ramadhan pada iklan tersebut sehingga adanya penyesuaian dengan produk, layanan, atau brand Anda. Selain itu, pastikan manajemen waktu yang tepat seperti jadwal publishing, deadline perencanaan konten, dan sebagainya. 

Hal juga yang perlu Anda perhatikan adalah keamanan dan daya akses website Anda selama bulan Ramadhan. Dengan adanya kemungkinan lonjakan permintaan maka pastikan website Anda dapat beroperasional dengan baik.

Anda bisa menggunakan Cloud VPS merupakan layanan yang memberikan pelayanan penyewaan server terhadap operasional pengembangan website Anda.  Dengan demikian, Anda bisa memiliki space yang terjangkau dan tentunya dapat mewujudkan strategi pemasaran digital Anda di bulan Ramadhan.   

solusi sempurna untuk bisnis anda
Subscribe here to get update