Cara Download Subtitle di YouTube Terbaru dengan Mudah dan Aman

Serba Serbi, Tips & Tricks / 0 | | 0

Subtitle adalah cara yang mudah dan sangat efektif untuk membuat konten video Anda lebih mudah diakses oleh audiens yang lebih luas. Ini akan membuat konten YouTube Anda meraih banyak pemirsanya karena setiap orang dapat memahami bahasa yang Anda gunakan. Opsi subtitle multibahasa menguntungkan orang-orang yang tidak berbicara bahasa asli audio tersebut.

Selain itu, penonton dapat menggunakan teks dari subtitle tersebut. Misalnya, jika Anda mencoba bahasa bahasa tertentu, menonton video dengan teks bahasa pilihan bisa menjadi alat yang berguna dan asisten belajar. YouTube menawarkan kepada penonton opsi untuk mendownload subtitle video sebagai teks, asalkan pembuat video tersebut telah menambahkan subtitle tersebut ke file video itu sebelumnya.

Video dengan subtitle juga dapat bermanfaat bagi orang-orang yang mungkin tunarungu atau mengalami gangguan pendengaran, serta orang yang memilih untuk menonton video Anda tanpa suara. Jadi umumnya, subtitle sangat mempunyai banyak manfaat dan telah terbukti membantu banyak orang dalam memahami sebuah konten di luar bahasa ibu asli mereka.

 

Cara Download Subtitle di YouTube Melalui Web

Cara Download Subtitle di YouTube Terbaru dengan Mudah dan Aman
 

Ada beberapa cara untuk mengunduh konten video dari YouTube baik itu dengan subtitle atau tidak. Berikut ini 2 cara download konten YouTube dengan subtitle dengan bantuan dan melalui web.

 

Cara Download Subtitle di YouTube dengan DVDVideoSoft

DVDVideoSoft adalah layanan yang mudah digunakan yang hanya membutuhkan tautan atau link YouTube saja. Memiliki dua keunggulan utama yakni kompatibilitas dengan browser paling populer, dan kemampuan untuk memilih edit subtitle sebelum mengunduh. Berikut adalah cara menggunakan DVDVideoSoft untuk mengunduh subtitle YouTube :

  • Salin dan tempel (sisipkan) tautan ke video dari YouTube.
  • Klik Unduh dan tunggu hingga selesai.
  • Gunakan bidang Pratinjau di bagian bawah untuk memeriksa teks yang diterima.
  • Untuk mengubah bahasa, klik kotak yang sesuai yang di sebelahnya adalah bagian Interval, memungkinkan untuk mendapatkan subtitle untuk jangka waktu tertentu dalam video. Harap dicatat bahwa untuk satu unduhan Anda hanya dapat mengatur satu interval saja.
  • Ganti pengaturan timestamps, jika diperlukan. Ada 3 opsi yang tersedia yakni menghapus timestamps, timestamps asli yang menampilkan semua timestamps waktu untuk semua frasa, timestamps khusus saja hanya akan menampilkan timestamps pada interval tertentu, misalnya, setiap 2 menit.
  • Kemudian pilih metode untuk membuat teks dengan 3 cara untuk mendapatkan subtitle yakni menyalin teks yang diformat ke clipboard, mendownload dalam format TXT, dan mendownload dalam format SRT. Untuk memilih salah satunya, gunakan tombol abu-abu di akhir halaman.

 

Baca Juga  :     Daftar Penghasilan YouTuber Indonesia dan Cara Mendapatkan Uang dari YouTube

 

Cara Download Subtitle di YouTube dengan SaveSubs

Layanan online lain untuk mengunduh subtitle adalah SaveSubs. Meski penyesuaian subtitle tidak tersedia, jadi timestamps akan ada di file akhir. Datang dengan kemampuan untuk mengunduh terjemahan subtitle dari Google Translate hanya dalam beberapa klik saja. Jika Anda ingin menggunakan SaveSubs, ikuti langkah berikut :

  • Masukkan URL video YouTube ke dalam bidang target. Kemudian klik Extract & Download.
  • Gulir ke bawah dan unduh terjemahan dalam format pilihan (SRT atau TXT) menggunakan tombol Unduh Sekarang.
  • Jika Anda juga ingin menerima terjemahan subtitle, pilih bahasa yang diinginkan dan klik Translate & Download di alat terjemahan.

 

Baca Juga  :     Cara Mudah untuk Mendownload Playlist YouTube dengan Cepat dan Gratis

 

Cara Download Subtitle di YouTube dengan Software VideoProc

Jika Anda ingin memiliki alat pengunduh YouTube dengan subtitle yang permanen di desktop, VideoProc adalah salah satu opsi terbaik. Ini adalah aplikasi pengeditan dan konversi video yang kuat dengan banyak fitur yang dapat mengekstrak file subtitle (.srt atau .ass) dari video yang telah disematkan. Hanya saja untuk dapat melakukan ini cuma untuk video di hard drive, bukan klip YouTube / Vimeo / Facebook yang karena itu, unduh video terlebih dahulu.

Adapun proses download yang harus Anda tempuh jika menggunakan bantuan software ini adalah :

  • Unduh VideoProc untuk Windows atau Mac, instal dan aktifkan kemudian luncurkan.
  • Buka bagian YouTube Downloader dan Tambahkan Video. VideoProc akan menganalisis info video dalam beberapa detik. Pilih bahasa subtitle dan klik Selesai untuk mendownload video.
  • Pilih tab Video, unggah video Anda, lalu klik dua kali Ekspor Subtitle di kotak alat di bagian bawah (Putar, Potong, GIF, dll.).
  • Lalu pilih format subtitle dan klik Run yakni tombol biru bulat di pojok kanan bawah. Sekarang Anda melihat file dalam folder di komputer Anda, yang sekarang dapat Anda gunakan sesuka Anda.

 

Baca Juga  :     Cara Memperoleh View di YouTube dengan Mudah dan Cepat

 

Cara Download Subtitle di YouTube Secara Manual

Cara Download Subtitle di YouTube Terbaru dengan Mudah dan Aman
 

Selanjutnya adalah mengunduh konten YouTube dengan subtitle langsung dari YouTube atau dengan cara manual. Ini adalah cara yang bisa Anda pilih jika Anda merasa tidak memerlukan bantuan website khusus atau software pendukung dalam mengunduh konten YouTube dengan subtitle.

 

Cara Download Subtitle di YouTube Transcript

Dengan menggunakan fitur YouTube Transcript langsung dari YouTube sendiri, ada cara untuk mendapatkan subtitle teks langsung di halaman video tertentu. Ini membuatnya mudah untuk mendapatkan sumber subtitle, tetapi agak sulit untuk menyalin teks. Jadi, inilah langkah- langkan yang Anda harus Anda ikuti :

  • Pada halaman dengan video, klik tombol untuk opsi lanjutan yang terletak di deretan tombol tambahan di bawah video dan terlihat seperti tiga titik horizontal.
  • Klik Buka Transkrip untuk membuka jendela khusus dengan teks di sebelah kanan.
  • Klik pada tombol opsi di bagian atas untuk mengaktifkan atau menonaktifkan timestamp, dan ubah bahasa jika perlukan pada di bagian kiri bawah jendela.
  • Pilih semua teks di jendela transkripsi, seperti dalam dokumen teks sederhana dengan cara klik kiri.
  • Salin teks dan tempelkan ke dokumen mana pun untuk disimpan sesudahnya

 

Baca Juga  :     Cara Mendapatkan Uang dari YouTube dengan Mudah dan Cepat

 

Cara Download Subtitle di YouTube dengan Chrome Developer

Langkah terakhir adalah menggunakan Chrome Developer jika metode pengunduhan di atas tidak berhasil. Dengan Chrome Developer akan memungkinkan Anda untuk mendapatkan subtitle teks, namun dengan sedikit cara yang komplek. Adapun cara- caranya adalah :

  • Di Google Chrome, pada halaman video, tekan F12 untuk membuka alat pengembang/developer.
  • Pilih tab Jaringan dan klik untuk mengaktifkan teks film yakni tombol CC.
  • Di tabel, temukan nama baris yang diawali dengan “timedtext” dan klik di atasnya untuk menampilkan hierarki elemen subtitle.
  • Kemudian di hierarki elemen, buka bagian Acara dan pilih subbagian “0” dan pilih “segs” di mana subbagian “0” harus di klik. Ini akan menjadi baris pertama subtitle, salin ke dalam dokumen teks terpisah.
  • Untuk mendapatkan baris berikutnya, ulangi langkah 4, ubah hanya digit subbagian ke digit berikutnya (0, 1, 2…).

 

Kesimpulan dan Penutup

YouTube telah memimpin dunia online dengan sumber konten, musik, video, daftar putar, saluran tanpa dasar yang bisa diakses maupun diciptakan siapa saja. Kepopuleran YouTube telah merambah secara global sehingga banyak orang mengunggah konten dengan berbagai pilihan bahasa pula. Ini tentunya membuat perlunya bantuan subtitle untuk memahami isi konten tersebut.

Hanya saja YouTube mempunyai kekurangan yakni kurangnya kemampuan untuk video dan subtitle. Bagi video tanpa hak cipta dapat diunduh menggunakan program seperti Pengunduh Video Gratis (Free Video Downloader) tetapi berbeda jika halnya dalam mengunduh subtitle. Jika Anda ingin juga mengunduh konten dengan subtitle, maka silahkan mencoba salah satu cara diatas.

 

Related Post :