Cara Iklan di TikTok dengan Mudah dan Cepat untuk Pemula

Serba Serbi, Tips & Tricks / 0 | | 0

Dulu sebelum adanya sosial media, memasarkan sebuah produk pasti memerlukan biaya yang cukup mahal. Ditambah lagi iklan yang dirilis belum tentu tepat menjangkau para calon pelanggan. Media yang digunakan pun terbatas pada iklan media cetak seperti koran, majalah, poster, brosur, banner, selain juga terdapat media elektronik seperti televisi dan radio. Sekarang setelah hadirnya sosial media cara pemasaran produk semakin berkembang dan banyak pelaku bisnis dan perusahaan yang beralih menggunakan media sosial ini. Media sosial merupakan platform yang digunakan oleh penggunanya untuk saling berinteraksi dengan pengguna media sosial lainnya.

Jadi bisa dibilang media sosial adalah tempat berkumpulnya orang-orang dengan latar belakang yang berbeda untuk saling berkomunikasi, berinteraksi, bersosialisasi, dan lain-lain. Oleh sebab itu, media sosial merupakan tempat yang cocok bagi seseorang untuk mengiklankan produknya. Banyak sekali macam-macam sosial media yang bisa dipilih sebagai platform untuk beriklan salah satu platform yang bisa digunakan dan lagi trendy sekarang adalah TikTok.

Siapa yang tidak mengenal TikTok? Platform media sosial asal China ini sukses mendapat perhatian orang-orang di seluruh dunia. Tik Tok berhasil mendapatkan jumlah pengguna sebanyak 800 juta orang yang membuat platform ini dinobatkan sebagai salah satu dari 10 media sosial paling populer di dunia. Bahkan, jumlah pengguna Tik ok berhasil mengalahkan pendahulu-pendahulunya seperti twitter (320 juta), snapchat(218 juta), reddit(322 juta), linkedin(660 juta). Dengan jumlah yang demikian banyak tersebut merupakan peluang yang emas jika ingin melakukan iklan di TikTok. Berikut ini akan dijelaskan mengenai cara iklan di TikTok dengan mudah dan cepat untuk pemula.

 

Mengenal Apa Itu TikTok

Aplikasi Tik Tok sedang ramai-ramainya digunakan saat ini di kalangan milenial maupun Gen-Z. Sebenarnya apa itu TikTok? Tik Tok adalah sebuah media sosial dimana para penggunanya dapat mengunggah sebuah video kreatif, unik, dan menghibur dengan durasi yang pendek. Aplikasi ini merupakan aplikasi yang dibuat oleh Zhan Yiming seorang pendiri Toutiao pada tahun 2016 lalu. Pada mulanya, Tik Tok sempat menimbulkan kontroversi di Indonesia. Sehingga pada waktu itu TikTok sempat di blokir oleh Menkominfo dibawah perintah Menteri Rudiantara. Namun, pemblokiran tersebut hanya terjadi sepekan setelah pihak TikTok memenuhi persyaratan khusus dari Menkominfo.

Tik Tok diciptakan sebagai platform media sosial yang diperuntukkan bagi para milenial dan generasi  saat ini, terbukti kebanyakan pengguna TikTok memiliki rentang usia 16-24 tahun. Tetapi, seiring berjalannya waktu TikTok juga mulai digemari oleh kalangan orang dewasa. Unutuk membuat konten di Tik Tok sangatlah mudah dan banyak sekali konten-konten menghibur dan berkualitas yang terdapat di TikTok. Bahkan, tidak sedikit juga orang-orang yang terkenal melalui konten mereka di platform ini. Contohnya seperti Bowo seorang kreator di Tik Tok yang berasal dari Indonesia, Reemar Marthin yang sempat menghebohkan publik Indonesia dengan konten-kontennya di TikTok.

Akibat tren TikTok yang sering viral di Indonesia membuat banyak publik figur yang ikut meramaikan TikTok dengan  turut membuat konten.. Publik figur seperti Dian Sastro, Luna Maya, Marion Jola, dan masih banyak yang lainnya. Jika dilihat dari sisi ini dapat ditarik kesimpulan bahwa TikTok digunakan oleh para pengguna yang memiliki latar belakang yang berbeda, dengan fakta tersebut merupakan hal yang tepat untuk melakukan iklan di platform ini. Bahkan ada yang memprediksi bahwa nantinya iklan yang terdapat Tik Tok akan mengalahkan iklan-iklan di media sosial lainnya sehinga tidak sedikit  perusahaan  sudah memulai promosinya di TikTok seperti Facebook, Apple Music, NBC.

Melihat perkembangan platformnya yang semakin pesat Tik Tok merilis sebuah layanan iklan di dalam media sosialnya yaitu Tik Tok Ads. Tik Tok Ads merupakan fitur iklan yang dapat digunakan oleh penggunanya untuk beriklan di TikTok. Cara membuat iklan di Tik Tok ini relatif mudah dan menawarkan kelebihan yang diperoleh jika membuat iklan di TikTok ini yaitu mudah dalam menjangkau pelanggan, memiliki fitur tracking yang membantu menghitung hasil periklanan, dan harga yang relatif murah.

 

Baca Juga :      Cara Mendapatkan Uang dari YouTube dengan Mudah dan Cepat

 

Mengenal Jenis TikTok Ads

Cara Iklan di TikTok dengan Mudah dan Cepat untuk Pemula
 

TikTok merupakan lahan segar bagi para marketer yang mencoba untuk meraih keuntungan dalam bisnis mereka. Marketer diberikan fitur-fitur yang dapat membantu pekerjaan mereka dalam beriklan di TikTok dengan menggunakan Tik Tok Ads Manager. Sebelum mengenal lebih jauh tentang apa saja yang ada di dalam TikTok Ads Manager, ada beberapa macam tipe iklan yang wajib dibaca sebelum memulai beriklan di Tik ok. Ada apa saja? Berikut ini adalah penjelasan mengenai macam-macam iklan di TikTok Ads.

 

  • In-Feeds Ads

    In Feeds Ads adalah iklan video yang muncul di antara video pengguna saat pengguna men-scroll halaman For You. Jika Pengguna TikTok tidak terbiasa dengan TikTok dan halaman For You, In-Feed Ads sangat mirip dengan iklan yang dilihat saat mengetuk Stories di Instagram. Marketer bisa memaksimalkan kreativitasnya dengan In Feeds Ads serta dapat juga memasukkan beberapa Call To Action dan membuat video Anda di mana saja antara 9 hingga 15 detik. Memiliki kesempatan untuk memasukkan CTA adalah keuntungan besar, seperti  marketer dapat menggunakan macam-macam CTA seperti Shop Now, Download Your App, dan Visit Website Now.

  • Brand Take Over

    Iklan Brand Take Over akan muncul secara instan saat pengguna membuka TikTok mereka dan iklan kemudian dapat dialihkan melalui sebuah link internal atau eksternal. Link ini bisa ditautkan menuju video lain di TikTok atau situs web atau aplikasi eksternal. Saat ini, jenis iklan ini terbatas untuk satu pengiklan per hari, dan iklan tipe ini merupakan salah satu opsi terbaik untuk beriklan dan menjangkau target audiens di TikTok. Ketika sebagai pemula dalam menggunakan Tik Tok Ads tidak direkomendasikan menggunakan iklan jenis ini karena meskipun efektif namun biayanya mahal. Akan tetapi, jika marketer berasal dari perusahaan yang besar sangat disarankan untuk menggunakan iklan Brand Take Over ini.

  • Top View

    Iklan TopView adalah opsi iklan terbaru yang dibangun berdasarkan pengambilalihan merek. Apa yang membuat Iklan TopView berbeda dengan iklan sebelumnya adalah bahwa tidak seperti Iklan Brand Take Over, pengguna TikTok tidak disajikan iklan secara bombardir dengan iklan segera setelah mereka membuka aplikasi. Iklan TopView adalah pos in-feed pertama setelah 3 detik. Iklan jenis ini ditampilkan di atas halaman For You

  • Branded Hashtag dan Effect

    Brand Hashtag adalah salah satu peluang periklanan yang unik di TikTok. Pengguna Tik Tok mungkin telah atau bahkan sering melihat tagar bermerek yang ditampilkan di halaman Penemuan TikTok. Mirip dengan tren dan tantangan hashtag reguler di TikTok, Branded Hashtags Challenges menawarkan peluang organik dan disponsori untuk merek sehingga iklan jenis ini merupakan salah satu cara yang bagus untuk meningkatkan Brand Awareness sebuah produk.

 

Terdapat fitur mumpuni lainnya berkaitan dengan iklan Branded ini yaitu menggunakan Iklan Branded Effect. TikTok sekarang menawarkan stiker yang dapat dibagikan bermerek, filter AR, dan lensa dalam campuran iklan mereka. Mirip dengan lense bermerek Snapchat, efek bermerek TikTok memungkinkan merek untuk merancang filter khusus mereka sendiri di aplikasi.

 

Baca Juga :      Cara Iklan di Instagram dengan Mudah dan Cepat untuk Pemula

 

Cara Membuat Iklan di TikTok dengan Mudah

Cara Iklan di TikTok dengan Mudah dan Cepat untuk Pemula
 

Media sosial TikTok dapat menjadi alternatif yang baik bagi para marketer yang ingin melakukan iklan di platform ini. Berbagai kelebihan yang ditawarkan TikTok mulai dari jumlah pengguna yang fantastis mencapai 800 juta pengguna, jenis-jenis iklan yang menarik, dan harga yang lumayan terjangkau. Bagi seorang pemula jangan khawatir kesulitan menggunakan platform ini karena di penjelasan berikutnya ini akan dijelaskan langkah-langkah cara membuat iklan di Tik Tok dengan mudah dan cocok bagi pemula yang ingin mempromosikan produknya di Tik Tok.

  • Masuk ke Dalam TikTok Ads Manager

    Langkah pertama yang harus dilakukan sebelum memulai membuat iklan di Tik Tok adalah membuat akun Tik Tok. Akun ini dipergunakan untuk bisa masuk ke dalam halaman Tik Tok Ads Manager. Jika Anda belum pernah memiliki akun Tik Tok sebelumnya maka hal yang perlu dilakukan adalah membuatnya terlebih dahulu. Pada halaman pendaftaran akan diarahkan untuk mengisi informasi mengenai Nama, Negara, Kontak, dan akun ini diperuntukkan untuk bisnis atau individual, jangan lupa isi semuda detail yang diminta.

  • Atur Group, Budget, dan Targeting Iklan TikTok

    Biasanya pada saat mengklik Create New akan langsung ditampilkan Objective Advertising yang bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan. Objective Advertising ini berguna bagi pengguna untuk memilih apa yang ingin dicapai saat mempromosikan produk. Selanjutnya adalah pembuatan nama grup iklan yang akan dilakukan. Pembuatan nama grup ini nantinya mempermudah pengguna untuk membagi-bagi iklan sesuai dengan targeting yang dipilih. Berikutnya adalah pengguna disuruh untuk memilih Placement atau tempat dimana iklan ini akan ditampilkan. Terdapat 2 opsi yaitu Otomatis dan Kostum.
     

    Bagi pemula disarankan untuk memilih opsi Otomatis karena nantinya iklan bisa tampil di Tik Tok dan partnership-nya, seperti BuzzVideo (Japan), TopBuzz (US and BR), Babe (Indonesia), and News Republic (worldwide). Jika langkah diawal tadi sudah selesai dilakukan. Maka tahap selanjutnya adalah tahap dimana iklan TikTok mulai dibuat. Masuk ke dalam Tik Tok Ads Manager, gunakan email dan password yang sudah dikonfigurasi sebelumnya. Halam Tik Tok Ads Manager akan terlampir jika proses masuk berhasil dilakukan. Bagi pemula tampilan yang dimiliki Tik Tok Ads manager sangatlah user friendly. Klik Campaign dan Buat Iklan di halaman ini.
     

    Pengguna akan diberikan opsi yang menarik pada saat menentukan budget yang akan dikeluarkan nantinya. Terdapat opsi Lifetime dan Daily Budget, dimana keduanya memiliki fungsionalitas yang berbeda. Menetapkan anggaran Lifetime akan memungkinkan kampanye iklan pengguna menjangkau sebanyak mungkin orang secepat mungkin. Anggaran Daily Budget akan memungkinkan kampanye iklan untuk terus menembus pasar target yang telah ditentukan, sedangkan pengaturan budget ini dana yang harus disiapkan minimal sebesar Rp 200.000.
     

    Pada bagian selanjutnya pengguna akan diberikan pilihan targeting calon pelanggan yang ingin dijangkau. Tik Tok memberikan banyak sekali pilihan yang membantu para pengguna pemula disini, mulai dari menentukan lokasi iklan yang ingin dituju, jenis kelamin bahkan umur juga sangat lengkap. Terdapat juga fitur penentuan berdasarkan perangkat, minat, dan hal-hal spesifik lainnya mengenai pelanggan. Dengan berbagai opsi ini tentunya pengguna tinggal melakukan riset terhadap calon pelanggan yang akan dituju.

  • Buat Iklan Tik Tok

    Setelah grup iklan selesai dikonfigurasi, Pengguna dapat mengunggah iklan pertama di Tik Tok. Iklan dapat diunggah sebagai video atau gambar. Jika Pengguna memilih gambar, TikTok akan mengelompokkannya menjadi video untuk Anda. Sedikti hal penting sebelum mengunggah video atau gambar iklan di Tik Tok, pengiklan harus memperhatikan spesifikasi gambar maupun video yang baik harus memiliki kualifikasi sebagai berikut :
     

    1) Rasio aspek yang disarankan 9: 16/1: 1/16: 9.
    2) Resolusi lebih besar dari 720px x 1280px, 640px x 640px, atau 1280px x 720px.
    3) Video yang panjangnya 5 hingga 60 detik, meskipun dianjurkan 9 hingga 15 detik.
    4) Nama merek yang panjangnya 2 hingga 20 karakter (Bahasa Inggris) atau nama aplikasi yang panjangnya 4 hingga 40 karakter.
    5) Deskripsi produk atau layanan yang Anda iklankan yang panjangnya 12 hingga 100 karakter.

 

Baca Juga :     Cara Mendapatkan Uang dari TikTok dengan Mudah dan Cepat

 

Monitoring Performa Iklan TikTok

Apabila Tik Tok telah menyetujui iklan pengguna untuk ditampilkan. Setelah itu, pengguna dapat melihat performansi dari Iklan yang telah diunggah. Gunakan filter dalam laporan kampanye untuk menelusuri data yang dimiliki pengguna dan pelajari kinerja iklan yang dimiliki berdasarkan dimensi dan metrik tertentu. Filter ini sendiri telah mencakup materi iklan, demografi pelanggan, jenis perangkat, dan placement.

 

Baca Juga :       Cara Iklan di YouTube dengan Mudah dan Cepat untuk Pemula

 

Kesimpulan dan Penutup

Jadi itulah tadi penjelasan mengenai cara membuat iklan di TikTok dengan mudah dan cepat yang cocok bagi para pemula. Tik Tok sebagai media sosial yang banyak penggunanya sekarang memberikan peluang sendiri bagi para marketer yang ingin menjual produknya di platform ini. Fitur-fitur yang ditawarkan oleh Tik Tok pun variatif dan bermanfaat sekali bagi pengelolaan iklan para penggunanya. Selain itu, harga yang ditawarkan relatif murah sehingga bisa disesuaikan dengan konten iklan apa yang ingin ditampilkan.

Apabila memang marketer ingin menggunakan TikTok sebagai lapak informasinya caranya sangat mudah sekali. Di dalam Tik Tok Ads Manager sudah sangat jelas langkah-langkah yang diinformasikan jadi meskipun belum pernah menggunakannya sama sekali pengguna akan langsung bisa cepat paham mengingat langkah petunjujnya yang sederhana. Demikianlah artikel mengenai cara iklan di TikTok dengan mudah dan cepat untuk pemula, semoga bisa bermanfaat dan membantu banyak orang.

Related Post :

popup image