Cara Membuat Business Plan dan Template Terbaik 2022

Serba Serbi, Startup & Bisnis / 0 | | 2

Sebuah rencana bisnis atau business plan adalah pondasi pertama yang sangat penting untuk memulai bisnis. Perancangan ini dapat membantu Anda mendapat dan mengamankan investor atau pendanaan lainnya.Selain itu, business plan yang baik dapat memberikan arah perusahaan Anda maupun menjaga keuangan Anda tetap sehat. Tapi ternyata untuk menyusun dan merancang sebuah business plan tidaklah semudah diucapkan.

Rencana bisnis lebih dari sekadar dokumen, tetapi juga adalah panduan yang membantu Anda menguraikan dan mencapai tujuan Anda. Ini juga merupakan alat manajemen yang memungkinkan Anda menganalisis hasil, membuat keputusan strategis, dan menunjukkan bagaimana bisnis Anda akan beroperasi, dan tumbuh. Singkatnya, jika Anda berpikir untuk memulai bisnis atau berencana untuk mempromosikan bisnis Anda kepada investor, menulis rencana bisnis dapat meningkatkan peluang keberhasilan Anda.

Meski mungkin tidak terlalu mudah, tapi saat ini sudah banyak software, aplikasi maupun template yang bisa Anda gunakan untuk membuat business plan pertama Anda. Panduan singkat di bawah ini akan membantu Anda dalam membuat business plan serta template terbaiknya di tahun 2022 yang bisa Anda pertimbangkan nantinya.

 

Cara Membuat Business Plan

Cara Membuat Business Plan dan Template Terbaik 2022
 

 

Business plan adalah dokumen hidup tertulis yang menceritakan kisah bisnis Anda dan apa yang Anda rencanakan dengan rencana itu sendiri. Pembuatan rencana bisnis juga berfungsi sebagai sumber dan panduan bagi Anda selaku pemilik bisnis serta calon mitra, karyawan, dan investor, tetapi juga berfungsi sebagai peta jalan dari apa yang Anda inginkan untuk bisnis Anda. Berikut tips dan cara membuat business plan yang bisa Anda terapkan :

  • Buat dan tulis business plan dengan singkat juga padat

    Rencana bisnis harus singkat dan padat karena rencana bisnis yang ditulis secara bertele-tele hingga puluhan hingga ratusan halaman akan membuat siapa saja enggan membacanya. Buat susunan rencana Anda dengan praktis dan sertakan juga dokumentasi pendukung untuk bagian tertentu termasuk sebagai tambahan lampiran. Jangan lupa juga, rencana bisnis Anda harus menjadi alat yang Anda gunakan untuk menjalankan dan mengembangkan bisnis Anda juga sesuatu yang terus Anda gunakan dan perbaiki dari waktu ke waktu. Rencana bisnis yang terlalu panjang bisa menjadi kerumitan besar untuk direvisi dimana ini bisa juga membuat investor Anda kehilangan minat mereka.

  • Kenali audiens Anda

    Tulis rencana Anda menggunakan bahasa yang akan dipahami audiens Anda. Akomodasi dan permudah investor Anda, buat penjelasan produk Anda sederhana dan langsung, menggunakan istilah yang dapat dipahami semua orang. Jika diperlukan, Anda dapat menggunakan lampiran rencana Anda untuk memberikan spesifikasi lengkap jika diperlukan.

  • Uji ide bisnis Anda

    Melalui rencana bisnis dan memulai dengan promosi satu halaman, dapat membantu Anda menguji kelayakan ide bisnis Anda sebelum diluncurkan secara resmi. Saat Anda mengerjakan rencana bisnis mulai dari branding dan pernyataan misi tujuan bisnis hingga peluang dan eksekusi, selanjutnya Anda juga memerlukan umpan balik atau feedback dan menguji berbagai elemen bisnis Anda. Ini bisa sesederhana memiliki mentor atau mitra yang meninjau elemen rencana Anda, atau melakukan riset pasar dan berbicara langsung dengan basis pelanggan potensial Anda. Semakin banyak Anda menguji dan meninjau elemen rencana Anda, semakin baik rencana dan bisnis Anda nantinya yang dapat menyelamatkan Anda dari menghabiskan waktu mengembangkan strategi yang tidak layak.

  • Tetapkan tujuan dan sasaran

    Menulis dan merancang business plan berarti Anda sudah memahami tujuan serta target Anda. Mengetahui apa yang ingin Anda capai dapat membantu Anda mengembangkan rencana bisnis Anda secara khusus untuk mencapai tujuan ini. Anda mungkin tidak memiliki setiap panduan tonggak atau bahkan langkah-langkah tertentu dalam pikiran untuk mencapai tujuan bisnis Anda, tapi itulah inti dari membuat rencana bisnis. Dengan adanya business plan akan membantu Anda menentukan matrik kesuksesan, menyempurnakan tujuan Anda serta mengembangkan lebih lanjut elemen bisnis Anda untuk memenuhi tujuan tertentu. Anda hanya perlu visi atau bahkan tujuan aspirasional untuk memulai dengan lebih baik dalam mengejar apa yang penting bagi bisnis Anda.

 

Baca Juga  :       Cara Membuat Bisnis Plan (Business Plan) yang Baik dan Benar untuk Bisnis dan UMKM

 

Template Business Plan Terbaik 2022

Walau business plan sangat penting sebagai langkah dasar pertama, tapi tidak semua rencana bisnis dibuat sama. Untuk membuat rencana bisnis yang sangat berguna, maka Anda memerlukan dukungan template yang sesuai juga. Mari simak beberapa rekomendasi template dari PPT atau PowerPoint Template yang akan mendukung perencanaan bisnis Anda di 2022 ini.

  • SWOT Business Plan PowerPoint

    Setiap bisnis memiliki kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman tersendiri dimana mereka harus benar- benar memahami segala resiko yang ada. Salah satu yang dapat menunjang pembuatan perencanaan bisnis adalah template SWOT gratis ini yang bisa digunakan untuk bisnis pemula dan kecil.

  • Hanira – Business PowerPoint Template

    PPT template rencana bisnis tidak harus terlihat korporat atau kaku. Sebaliknya, gunakan tata letak yang akan memberikan keseimbangan antara warna-warna cerah dan profesionalisme. Anda bisa mempertimbangkan Hanira karena PPT PowerPoint ini memiliki tata letak modern juga, dukungan 39 slide berisi infografis, perangkat uji coba dan mockup, serta gambar ikon.

  • Cytrex Business Plan PowerPoint Template

    Cytrex bisa menjadi salah satu opsi template rencana bisnis lain yang membantu Anda menurunkan biaya pembuatan rencana bisnis berkat rangkaian desain slide yang dalam. Format rencana bisnis PPT menggabungkan 200 desain slide, 30 skema warna dan font gratis.

  • Aplan – Business Plan PowerPoint Template

    Aplan merupakan template dari presentasi PowerPoint rencana bisnis yang datang dengan tampilan segar dan bersih. Desainnya memiliki ruang untuk teks dan media berkat penggunaan ruang putih yang bagus. Hadir dengan 36 slide dan pada rasio aspek 16:9, PPT satu ini akan sangat membantu jika Anda memberikan presentasi PPT rencana bisnis Anda pada tampilan layar lebar.

  • Proxima Business Presentation

    Terakhir adalah template rencana bisnis PPT PowerPoint Proxima yang mendukung hal-hal penting yang diperlukan dalam presentasi Anda. Ada lebih dari 72 slide presentasi rencana bisnis yang unik dan slide dengan statistik serta data yang sempurna untuk menunjukkan rencana pertumbuhan Anda.

 

Baca Juga  :     Tips dan Trik Cara Membuat Business Plan Untuk Bisnis Online Bagi Pemula

 

7 Elemen Penting dalam Merancang dan Menulis Business Plan

Cara Membuat Business Plan dan Template Terbaik 2022
 

Menurut penelitian yang diterbitkan oleh Harvard Business Review, pengusaha yang paling sukses biasanya menulis rencana bisnis antara enam dan 12 bulan setelah memutuskan untuk memulai bisnis. Menulis rencana bisnis terbukti mampu membantu meningkatkan kemungkinan sukses sebesar 8%. Maka dari itu, jangan lupakan 7 elemen atau poin penting ini jika Anda menulis business plan Anda :

  1. Ringkasan bisnis plan
  2. Deskripsi perusahaan
  3. Analisis pasar
  4. Produk dan layanan
  5. Strategi pemasaran
  6. Logistik dan rencana operasi
  7. Laporan keuangan dan proyeksi

 

Baca Juga  :     Panduan Sukses Marketing Strategy 2022

 

Kesimpulan dan Penutup

Definisi terbaik untuk menjelaskan rencana bisnis atau business plan dengan singkat adalah dokumen tertulis yang merinci usaha yang Anda usulkan. Rencana ini kemudian menjadi tolok ukur dan panduan dalam menjalankan bisnis yang sesungguhnya. Sayangnya, banyak bisnis yang menghabiskan waktu berbulan-bulan untuk mengembangkan rencana bisnis alih-alih mengembangkan bisnis mereka sebenarnya.

Rencana bisnis adalah peta jalan dari salah satu kegiatan utama bisnis Anda bukan hasil dari bisnis itu sendiri. Ini juga adalah proses yang memungkinkan Anda untuk merevisi dan meninjau keseluruhan strategi bisnis Anda, alat untuk mengelola dan mengarahkan bisnis yang nyata. Disamping itu, business plan bisa digunakan dalam waktu tertentu mulai dari 6 bulan atau beberapa tahun ke depan termasuk juga untuk menentukan bagaimana Anda akan mengikuti perencanaan tersebut.

Related Post :

popup image