Tutorial Cara Membuat Email dan Daftar Akun Gmail

Serba Serbi, Tips & Tricks / 1 | | 0

Di zaman yang serba digital dan lebih cenderung banyak menggunakan internet, kita pasti dihadapkan dengan hal sederhana untuk memulai mendapatkan akun pada perangkat seluler seperti smartphone, yaitu email. Email atau surat elektronik adalah hal paling dasar untuk bisa bergabung dengan para pengguna internet lainnya.

Penggunaan email sangat bervariasi, mulai dari kegunaan awal dan dasar sebagai sarana pengiriman surat yang juga dapat disisipkan dengan dokumen, video dan gambar. Bertambahnya penemuan dan pembaruan teknologi, email juga digunakan untuk mendaftar akun platform media sosial, akun dasar di smartphone/HP untuk dapat mengakses dan mengunduh aplikasi di Play Store dan App Store.

Kita juga menjadikan email sebagai sarana utama dalam pekerjaan, karena penggunan dapat mengirim semua pekerjaan mereka secara online dengan ukuran dan kapasitas yang besar pula. Anda dapat mendaftarkan dan mendapatkan akun email Anda sendiri baik untuk keperluan pribadi maupun pekerjaan. Salah satu penyedia jasa email gratis adalah Gmail dari Google. Mari simak cara membuat email dan daftar akun Gmail berikut.

 

Mengenal Apa itu Gmail

Gmail adalah layanan surel milik Google yang dapat diakses dalam bentuk surat web HTTPS, protokol POP3 atau IMAP4. Gmail awalnya menyandang status Beta namuh sejak 2009 silam, bersamaan dengan seluruh Google Apps layanan email elektronik ini tidak lagi berupa Beta. menawarkan penyimpanan awal sebesar 1 GB per pengguna, Gmail meningkatkan standar penyimpanan gratis surat web mereka dari 2- 4 MB yang ditawarkan para pesaingnya saat itu.

Pesan surat pribadi termasuk lampiran dibatasi hingga 25 BG, lebih besar jika dibandingkan dengan layan surat web gratis lainnya. Gmail datang dengan interface atau antarmuka berorientasi pencarian dan tampilan percakapan yang mirip dengan forum internet. Gmail beroperasi dengan Google GFE/2.0 untuk pengguna Linux. Hingga 2018 silam, pengguna aktif Gmail telah tercatat sebanyak 1.5 juta orang di seluruh dunia.

 

Fungsi dan keuntungan mempunyai email

Mempunyai akun email tentu akan membawa banyak manfaat dan kemudahan, inilah fungsi dan keuntungan mempunyai sebuah akun email.

  • Sebagai identitas diri dalam bentuk online

    Untuk masuk dan mengakses serat berselancar di dunia maya, semua yang ada di dalam internet pasti akan membutuhkan data dan informasi pribadi penggunanya. Email telah berfungsi menjadi identitas diri seseorang dan sebagai kewajiban untuk membuatnya karena berbagai aktivasi layanan digital membutuhkan sebuah email sebagai landasan pendataan.

  • Email sebagai bantuan media pemasaran

    Cara ini lebih banyak dipakai bagi mereka yang berkecimpung di dalam dunia bisnis atau perusahaan. Dengan menggunakan email marketing maka perusahaan dapat mengirim ribuan email per hari untuk memasarkan dan mengenalkan branding mereka secara online dengan ongkos yang lebih murah dan efektif.

Baca Juga : Keuntungan Mempunyai Alamat Email dengan Domain Sendiri

 

Cara Daftar Akun Gmail

 

Jika Anda adalah pengguna baru, berikut ini adalah langkah- langkah yang bisa Anda lakukan untuk membuat akun Gmail dengan dua cara yaitu cara daftar akun Gmail melalui PC/komputer dan melalui smartphone/HP.

Cara daftar akun Gmail melalui PC/komputer.

  1. Silahkan akses halaman daftar akun Google atau ketik buat akun Gmail pada browser Anda.
  2. Isi semua kolom yang disediakan.
  3. Masukan Nama Depan dan Nama Belakang Anda.
  4. Masukan alamat email yang ingin Anda buat.
  5. Masukan password atau kata sandi pada kolom pertama dan kolom konfirmasi. Perhatikan pembuatan password yang tidak hanya kuat tapi mudah diingat bagi Anda pribadi.
  6. Isi kolom data pribadi seperti tanggal lahir, gender atau jenis kelamin, nomor telepon yang aktif serta lokasi negara Anda berada. Klik tombol untuk lanjut ke langkah berikutnya.
  7. Berikutnya adalah mengisi nomor telepon Anda yang aktif, nomor verifikasi akan dikirim melalui SMS dan kemudian isi nomor tersebut pada laman pendaftaran ini.
  8. Kolom persyaratan akun muncul, klik kotak yang mengatakan bahwa Anda telah menyetujui semua persyaratan tersebut.
  9. Akun Gmail Anda telah aktif dan siap digunakan.

Baca Juga : Panduan Lengkap Cara Menggunakan Mailchimp untuk Email Marketing

 

Cara daftar akun Gmail melalui smartphone/HP

  1. Temukan menu setting atau pengaturan di HP/smartphone.
  2. Cari menu Account, pilih Add Account (tambah akun).
  3. Temukan ikon Google, pilih Sign In dan Create New Account.
  4. Isi semua data Anda dengan lengkap, klik Next.
  5. Pilih username dan password.
  6. Masukkan nomor telepon yang aktif dan kemudian masukkan nomor verifikasi yang dikirim melalui SMS ke nomor Anda tadi.
  7. Klik kotak “I Agree” pada kolom Privacy and Terms.
  8. Konfirmasi username dan password.
  9. Kolom pilih pembayaran akan muncul, lewati dengan klik No Thanks.
  10. Akun Gmail Anda sudah selesai dan siap digunakan.

Baca Juga : Bisnis Lebih Efektif Dengan Email Blast Dari Kirim.Email X IDCloudHost

 

Cara membuat email.

 

Jika semua langkah pendaftaran diatas telah Anda lakukan dan akun Gmail Anda sudah berfungsi sepenuhnya, berikut adalah cara membuat atau compose email baru serta cara mengirimnya.

Cara membuat email baru.

  1. Masuk atau log in ke dalam akun Gmail Anda.
  2. Klik tombol Compose pada kiri atas untuk membuat email baru.
  3. Masukkan alamat email yang ingin Anda kirimi surat.
  4. Isi subjek penulisan atau pengiriman email.
  5. Tulis surat Anda pada badan email.
  6. Klik Send dan kirim.

 

Cara menambahkan dokumen, foto dana lainnya pada email.

  1. Masuk atau log in ke dalam akun Gmail Anda.
  2. Klik tombol Compose pada kiri atas untuk membuat email baru.
  3. Masukkan alamat email yang ingin Anda kirimi surat.
  4. Isi subjek penulisan atau pengiriman email.
  5. Tulis surat Anda pada badan email.
  6. Masukan dokumen pada ikon berbentuk klip yang bertuliskan Attach Files.
  7. Masukan link tautan pada ikon berbentuk rantai bertuliskan Insert Link.
  8. Masuk foto pada ikon berbentuk foto dengan 2 gunung bertuliskan Insert Photo.
  9. Jika Anda ingin memasukkan file atau dokumen dari drive, klik ikon segitiga bertuliskan insert files using drive.
  10. Klik Send atau kirim jika semua telah sesuai dengan keinginan Anda.

 

Membaca email baru.

  1. Pada laman email, klik tombol Inbox pada kiri atas.
  2. Klik subjek email di samping nama pengirim.
  3. Baca isi email dan klik tautan jika ada.
  4. Klik Reply jika Anda ingin membalas email tersebut.

Baca Juga : Cara Menggunakan dan Memasang Google Form di WordPress

 

Kesimpulan dan penutup

Mempunyai email pada saat ini bukanlah hal yang baru lagi, karena semua orang yang terhubung dengan internet tentu mempunyai setidaknya satu akun email atau bahkan lebih. Ini tentu tidak mengherankan karena banyaknya jasa layanan penyedia email gratis yang ada di luar sana, bahkan Anda juga bisa mempunyai lebih dari 1 email dari Gmail selama alamat email tersebut berbeda.

Anda juga harus memperhatikan penggunaan username atau nama email Anda agar mudah diingat dan menghindari kesamaan dengan akun email lainnya, Anda juga dapat menambahkan angka atau tanda seperti titik (.) atau dash (_). Selain itu gunakan konfigurasi password yang unik dengan perpaduan huruf besar, huruf kecil, tanda seru, bahkan juga angka.

Ganti password Anda secara berkala untuk mencegah adanya pencurian informasi dan data sehingga orang lain tidak dapat membuka akses Gmail Anda sembarangan. Namun begitu, password yang terlalu sulit juga akan susah di ingat bahkan oleh pemiliknya sekalipun, jadi pastikan password Anda adalah kombinasi yang hanya dapat diingat oleh Anda seorang sebagai pemiliknya.

Related Post :