Cara Mengaktifkan Fitur Instagram Dark Mode di HP Android dan Apple (iPhone)

Serba Serbi, Tips & Tricks / 0 | | 0

Fitur mode gelap atau dark mode telah merambah banyak aplikasi dan juga smartphone tanpa terkecuali aplikasi Instagram. Ini adalah fitur terbaru dan tercanggih yang sangat digemari pengguna aplikasi dan smartphone. Dark mode adalah sebuah fitur yang akan meredupkan atau menggelapkan aplikasi sehingga akan mengurangi penekanan cahaya pada mata.

Hampir semua sistem operasi seluler terbaru sekarang mendukung mode gelap, memungkinkan Anda untuk mematikan lampu pada aplikasi iOS dan Android. Sebagai aplikasi yang terkenal dan populer di seluruh dunia, Instagram juga memanfaatkan dan meluncurkan fitur dark mode mereka pada tahun lalu. Dalam rilisan terbarunya memungkinkan pengguna untuk memakai fitur gelap sepenuhnya meski jika Anda menginstall ulang Instagram Anda, ada kendala untuk menyalakan fitur dark mode kembali.

Tetapi fitur dark mode masih tetap bisa dinyalakan kembali di smartphone Android atau iPhone Anda dengan sedikit melakukan setting. Ternyata Anda tidak dapat mengaktifkan mode gelap dari dalam aplikasi Instagram melainkan Anda perlu masuk ke pengaturan ponsel Anda untuk menyalakan fitur ini. Berikut cara mengaktifkan fitur Instagram dark mode di HP Android dan iPhone.

 

Cara Mengaktifkan Fitur Instagram Dark Mode di HP

Cara Mengaktifkan Fitur Instagram Dark Mode di HP Android dan Apple (iPhone)
 

Baik Anda menyambut dengan senang hati atau tidak oleh pengaturan mode gelap, dark mode di Instagram akan tetap ada. Berikut ini cara yang bisa Anda ikuti untuk menyalakan fitur dark mode, yang tidak hanya untuk Instagram, tetapi untuk aplikasi apa pun yang mendukung mode gelap.

 

Cara Mengaktifkan Fitur Instagram Dark Mode di HP Android

HP atau smartphone Android adalah salah satu smartphone yang paling banyak dan umum digunakan di dunia. Selain populer, smartphone ini juga ramah guna. Hanya saja untuk dapat mengaktifkan mode gelap Instagram untuk ponsel Android adalah Android 10. Cukup ikuti empat langkah ini jika Anda ingin membuat pengalaman baca Anda lebih mudah di Android :

 

  • Buka pengaturan ponsel Anda
  • Gulir atau scroll ke bawah ke ‘Tampilan/Display’
  • Aktifkan tombol ‘Dark Theme’
  • Kemudian cek kembali Instagram Anda

 

Baca Juga  :      Cara Download Video Instagram (Feed dan Instastory) dengan Mudah dan Cepat

 

Cara Mengaktifkan Fitur Instagram Dark Mode di HP iPhone

Jika Android bisa, tentu saja pengguna iPhone pun dapat memanfaatkan fitur dark mode di akun Instagram mereka. Sama seperti Android, hanya iPhone yang menjalankan iOS 13 yang bisa menggunakan fitur ini. Langkah-langkah berikut memungkinkan Anda untuk mengubah pengaturan sistemnya dan menggunakan Instagram dalam mode gelap :

 

  • Buka pengaturan ponsel Anda
  • Pilih ‘Tampilan dan kecerahan/Display and brightness’
  • Ketuk ‘Gelap/Dark ‘ untuk mengubah tema
  • Kemudian cek kembali Instagram Anda

 

Kegunaan dan Kemunculan Fitur Dark Mode

Mode gelap datau dark mode di Instagram mudah digunakan dan tampak mumpuni dengan menyediakan skema warna alternatif yang menggantikan antarmuka putih Instagram yang biasa dengan nuansa abu-abu dan hitam. Fitur dark mode Instagram dapat membantu meningkatkan masa pakai baterai ponsel Anda jika Anda adalah pengguna yang sangat berat, karena piksel putih menarik lebih banyak daya daripada yang hitam. Ini terutama berlaku untuk ponsel dengan layar AMOLED, di mana piksel hitam dimatikan sepenuhnya.

Adapun smartphone yang mendukung fitur terbaru ini adalah :

 

  • Mode gelap Instagram untuk Android
  • Mode gelap Instagram untuk iPhone

 

Banyak orang juga menemukan bahwa mode gelap mampun dan membantu mengurangi ketegangan mata mereka, terutama di malam hari, karena silau berkurang. Bila dikutip dari Adam Mosseri pada 2019 lalu, untuk dapat menjalankan fitur terbaru ini, pengguna harus menjalankan versi terbaru dari sistem operasi seluler yaitu, Android 10 atau iOS 13.

 

Baca Juga  :      Aplikasi Penyedia Template Instagram yang Cantik, Keren, dan Mudah Digunakan

 

Cara dan Opsi Alternatif untuk Menghemat Daya di Instagram

Inti dari adanya fitur dark mode adalah untuk menghemat data ponsel dan membuat pengalaman baca jauh lebih mudah. Jika dibandingkan dengan layar ponsel yang putih dan terang, dark mode akan membuat mata lebih rileks. Tetapi jika Anda belum memiliki Android 10 atau iOS 13, masih ada langkah yang dapat Anda ambil untuk mengurangi penggunaan daya Instagram dan menghemat data seluler saat Anda menggunakannya.

Agar Anda terus dapat scroll di Instagram, memuat gambar dan video,yang mana semuanya membutuhkan daya dan energi. Untuk tetap dapat melakukan kebiasaan Anda di Instagram, maka klik ikon menu di kanan atas aplikasi, lalu klik ikon pengaturan di bagian bawah. Ketuk ‘Akun/Account’, diikuti dengan ‘Penggunaan data seluler/Mobile data use’ dan aktifkan ‘Penghemat data/Data saver’.

Ini akan mencegah video dimuat lebih awal, jadi video tersebut hanya akan diunduh saat Anda memilih untuk memutarnya. Cara ini mungkin tidak begitu memiliki dan membawa efek yang besar bagi daya smartphone Anda. Namun jika Anda secara teratur menggunakan opsi ini, Anda akan menemukan baterai Anda turun hingga 10% terakhir tanpa pengisi daya yang terlihat, setidaknya akan sedikit membantu agar baterai smartphone Anda tetap terjaga.

 

Baca Juga  :     Cara Mengatasi Lupa Password (Kata Sandi) Akun Instagram

 

Keunggulan Fitur Dark Mode

Cara Mengaktifkan Fitur Instagram Dark Mode di HP Android dan Apple (iPhone)
 

Adanya fitur dark mode atau mode gelap menjadi tampilan yang disukai sebagian orang karena lebih enak dipandang dan membantu kenyamanan baca. Google sendiri meluncurkan tema untuk aplikasi Gmail bulan lalu dan perusahaan raksasa ini mengatakan tema dark mode tersebut berhasil memperpanjang masa pakai baterai karena piksel yang lebih gelap membutuhkan daya yang lebih sedikit daripada yang lebih terang.

Bahkan pada beberapa tampilan, piksel hitam tidak memerlukan daya sama sekali. Saat ini, dark mode menjadi semakin populer di beberapa platform dan perangkat, termasuk Twitter (TWTR), smartphone Samsung Galaxy, browser Google Chrome, Windows 10 dan perangkat lunak iOS dan MacOS Apple. Halaman dukungan Apple untuk menginstal mode gelap di Mac mengklaim pengaturan yang akan membuatnya lebih mudah untuk tetap fokus pada pekerjaan Anda, karena konten Anda menonjol sementara kontrol yang digelapkan dan jendela surut ke latar belakang. Sejauh ini Google telah merilis opsi mode gelap seluruh sistem di Android 10. Tema tersebut mengubah warna menu ponsel dan layar beranda, walau hanya beberapa aplikasi yang dapat mendukungnya.

 

Baca Juga  :      Tips dan Cara Meningkatkan Jumlah Follower Instagram dengan Mudah dan Cepat

 

Kesimpulan dan Penutup

Setelah alam ditunggu- tunggu oleh para pengguna Instagram, mode gelap datau Instagram dark mode akhirnya telah hadir. Instagram meluncurkan opsi mode gelap, aplikasi besar terbaru untuk mengikuti tren yang mengurangi ketegangan mata, hemat baterai, dan tampak cantik yang melanda dunia dan mengubah persepsi para penggunanya.

Untuk mengaktifkan mode gelap di iPhone, pengguna memerlukan iOS 13 karena opsi tampilan baru hanya dapat diakses melalui pengaturan baru Apple. Setelah membuka menu Settings, pengguna perlu mengetuk Display and Brightness dan menekan opsi Dark di sebelah kanan. Instagram kemudian akan beralih secara otomatis ke tema dark mode. Sedangkan pengguna Android 10 bisa mengaktifkannya dengan cara serupa dengan mengaktifkan opsi dark theme di menu setting. Mode gelap Instagram juga dapat diaktifkan dari dalam pengaturan aplikasi untuk pemilik ponsel Android, meskipun ponsel Android tersebut tidak memiliki sistem operasi Google versi terbaru.

Related Post :

popup image