Daftar Peluang Ide Bisnis dengan Modal Kecil dan Contohnya

Serba Serbi, Startup & Bisnis / 0 | | 0

Mencari uang di zaman sekarang memang tidak mudah namun peluang selalu terbuka jika Anda jeli melihat dan memanfaatkannya. Lalu bagaimanakah caranya? Tentunya seseorang wajib pandai-pandai mencari sebuah peluang bisnis yang trend dan memiliki untung yang banyak. Seringnya juga orang- orang akan berpikir bahwa ketika ingin menghasilkan keuntungan dan profit yang lebih harus membutuhkan modal yang banyak. Semua ini bisa dikatakan tidak benar bahwa sebenarnya modal adalah salah satu faktor dari sekian hal yang dapat menumbuhkan sebuah usaha.

Faktor-faktor tersebut sangat banyak mulai dari penentuan jenis bisnis, perencanaanya, kompetitornya, manajemen keuangan, dan yang paling penting yang harus dimiliki seorang calon pebisnis adalah niat dan minat yang luar biasa terhadap bisnis yang dijalaninya. Apabila seorang calon pebisnis sudah mempertimbangkan semua faktor-faktor yang dapat mengembangkan usahanya. Tahap akhirnya adalah memilih dan melakukan eksekusi terhadap sebuah peluang bisnis.

Banyak sekali peluang ide bisnis yang dapat ditemui dan dijalankan di zaman yang serba internet ini. Rata-rata bisnis tersebut dilakukan secara daring atau online. Keuntungan dari menjalankan bisnis melalui internet ini adalah kecepatan menggapai pelanggan sehingga pertumbuhan bisnis bisa berlangsung cukup cepat. Namun, bukan berarti ide bisnis offline tidak ada peluangnya, masih ada beberapa ide bisnis offline yang bisa dicoba dan menghasilkan untung yang lumayan. berikut ini adalah daftar peluang bisnis dengan modal kecil dan contoh. Mari  simak ide- ide bisnis dibawah ini.

 

Cara Memanfaatkan Peluang Ide Bisnis

Daftar Peluang Ide Bisnis dengan Modal Kecil dan Contohnya
 

 

Sebagai calon pebisnis yang baik tentunya harus memikirkan perencanaan yang matang mengenai bisnis yang akan dijalankan. Pastinya sudah menjadi kewajaran jika seorang calon pebisnis memiliki motif menjalankan bisnisnya untuk mendapatkan keuangan. Tapi ada hal yang harus diperhatikan karena alasan mendapatkan keuntungan tidak cukup untuk membuat bisnis tersebut terus berkembang, meskipun bisnis yang dijalankan itu hanya sampingan tau bisa disebut dengan bisnis kecil-kecilan. Berikut ini adalah penjelasan atau tips sebelum memulai sebuah bisnis bagi calon pebisnis pemula.

 

  • Memiliki Komitmen Dalam Berbisnis

    Memiliki sebuah bisnis baik kecil maupun besar pasti memerlukan totalitas dalam mengerjakannya, karena semakin besar usaha yang dijalankan semakin besar juga tanggung jawab, konsistensi, dan komitmen yang harus dilakukan. Apabila bisnis yang dijalankan kecil bukan berarti calon pelaku bisnis meremehkan pengelolaan bisnisnya justru sebaliknya. Bisnis yang kecil harus diperhatikan secara lebih mendetail karena bila tidak keuntungan atau penghasilan yang didapat tidak efisien. Selain itu, bisnis kecil akan berkembang jika pelaku bisnis nya memiliki niat yang kuat. Bukan tidak mungkin sebuah bisnis yang mulanya hanya kecil bisa menjadi bisnis yang besar yang memberikan keuntungan yang banyak.
     

    Bagi calon pelaku bisnis dalam menentukan sebuah bisnis juga harus mengetahui bisnis yang dijalankannya. Tidak hanya melihat keuntungannya saja yang besar. Namun, tetap harus memperhatikan apakah bisnis ini sesuai dengan apa yang disukai, sebab nantinya bisnis ini akan berjalan dan mungkin saja di tengah perjalanan bisnis itu mengalami sebuah cobaan. Maka seorang pelaku bisnis yang benar-benar minat dan niat terhadap usahanya akan mempertahankan usahanya secara habis-habisan. Berbeda dengan pebisnis yang hanya melihat dan menginginkan keuntungan saja. Jadi, komitmen, tanggung, niat, dan minat wajib dimiliki seorang pengusaha baik di tingkat makro maupun mikro.

  • Memiliki Pengelolaan Uang yang Baik

    Dalam mengembangkan sebuah bisnis sebuah kegiatan manajemen keuangan tidak bisa dianggap sebelah mata. Sebuah bisnis yang besar tingkat manajemen keuangannya akan sangat kompleks dan rumit. Berbeda dengan bisnis yang kecil tetapi hal ini tidak boleh diremehkan oleh calon pelaku bisnis. Misalnya sebuah studi kasus seseorang pelaku bisnis kecil-kecilan tanpa memikirkan keberlanjutan usahanya ketika mendapat penghasilan langsung dipakai untuk keperluan pribadinya. Tentu hal ini salah karena harusnya calon pelaku bisnis tersebut menghitung dulu mulai dari modal yang dikeluarkan dalam sekali produksi produknya, jumlah penghasilan yang di dapat, keuntungan yang diperoleh, barulah jika sudah dihitung dengan teliti pelaku bisnis bebas menggunakan sisa keuntungannya.
     

    Keuangan sebuah bisnis itu terus berputar setiap kali terjadi transaksi jual beli antara penjual dan pembeli. Semua ini harus dicatat secara detail. Mulai dari pengeluaran hari ini berapa, pemasukan untuk besok berapa agar jelas dan uang yang dikelola oleh pelaku bisnis tidak berantakan. Jadi, jika pengelolaan keuangan sebuah bisnis itu rapi, bersih, dan disiplin maka bisnis tersebut akan lebih cepat untuk maju.
     

    Baca Juga :     Peluang Bisnis Saat Corona (COVID-19) Baik Offline / Online

  • Membuat Perencanaan yang Strategis

    Menjadi seorang pelaku bisnis dibutuhkan perilaku yang baik dan kecerdasan yang baik pula. Meskipun yang dikelola hanyalah sebuah bisnis kecil, seorang pelaku bisnis yang benar-benar passion di bisnis bukan tidak mungkin membuat bisnis semakin besar. Pelaku bisnis yang cerdas akan memikirkan berbagai cara untuk membuat bisnisnya ini menghasilkan untung yang bagus kedepannya. Banyak sekali peluang yang dapat dimanfaatkan calon pelaku bisnis di era sekarang. Dengan adanya internet, produk teknologi ciptaan manusia ini bisa menjadi sumber pengetahuan bagi pelaku bisnis, contohnya artikel ini. Selain itu, pelaku bisnis juga bisa memanfaatkan internet bukan hanya sebagai sumber referensi pengembangan bisnisnya. Tetapi, internet juga bisa menjadi wadah menjual produk bagi pelaku bisnis dan manfaat internet yang bisa diambil keuntungannya bagi calon pebisnis pemula yaitu media pemasaran melalui internet.
     

    Internet sekarang dengan penggunanya yang miliaran di dunia, bukan tidak mungkin untuk menjangkau pelanggan dengan mudah. Bahkan, seorang pelaku bisnis di negara tertentu bisa mendapatkan konsumen di negara lainnya. Kemudahan media yang diberikan juga sangat variatif seperti website, situs online shop, atau sosial media. Pemanfaatan media-media internet ini harus dimanfaatkan secara maksimal oleh pelaku bisnis mengingat manfaat yang diberikan sangatlah besar dan dapat membuat sebuah bisnis tersebut terus berkembang.

  • Melihat dan Menganalisis Kompetitor

    Sebuah bisnis yang baik adalah bisnis yang mengenali para kompetitornya. Di sini analisis dari pelaku bisnis harus tepat mengenai siapa kompetitornya, kelebihan mereka, kekurangan mereka. Apabila sebuah bisnis langsung dieksekusi saja tanpa memperhatikan aspek ini mungkin tidak akan lama bisnis tersebut akan tenggelam dan hilang begitu saja. Menentukan posisi bisnis diantara para kompetitor sangatlah penting bagi sebuah bisnis yang memerlukan  unique value yang harus dimiliki sebuah bisnis di hadapan konsumennya agar membedakan dari para pesaingnya. Maka research yang baik mengenai kompetitor sangatlah dianjurkan bagi sebuah bisnis, apalagi pelaku bisnis kecil-kecilan karena biasanya pesaingnya itu banyak. Maka perlu calo

 

Baca Juga :     Daftar Franchise Kopi Terbaru dan Terupdate untuk Peluang Wirausaha

 

Daftar Peluang Ide Bisnis Modal Kecil

Daftar Peluang Ide Bisnis dengan Modal Kecil dan Contohnya
 

Barulah ketika sudah selesai melakukan perencanaan yang matang terhadap bisnis yang akan dijalankan. Tahap selanjutnya adalah melakukan eksekusi terhadap bisnis tersebut. Peluang bisnis di era modern ini sangat mudah sekali ditemukan yang dapat memberikan keuntungan yang tidak hanya sekedar lumayan namun juga bisa memberikan yang lebih. Pasti membuat bisnis itu butuh modal yang besar? Jawaban dari pertanyaan itu salah. Banyak bisnis untungnya besar namun bisa dimulai dengan modal yang minim atau kecil. Hal ini tentunya menggiurkan apalagi bisnis ini rata-rata itu tidak sulit bisa dilakukan di rumah dengan rebahan saja. Jadi, berikut ini adalah daftar peluang ide bisnis dengan modal kecil.

 

  • Bisnis Affiliate Marketing

    Bisnis yang paling mudah dan banyak sekali penggemarnya ini merupakan bisnis favorit yang bisa dijalankan oleh kaum rebahan. Modal untuk bisnis ini sangatlah tidak repot, cukup bermodal sebuah website maupun sosial media uang akan masuk ke kantong dengan sendirinya. Bisnis affiliate marketing ini adalah sebuah program kerjasama antar seseorang dan sebuah perusahaan untuk mencantumkan iklan di halaman website atau situs media sosialnya. Seseorang akan dibayar bilamana pengunjung dari website atau sosial medianya itu mengklik iklan baik itu iklan poster atau apapun. Pengunjung jika mengklik iklan tersebut akan diarahkan langsung ke situs atau aplikasi dari perusahaan.

  • Bisnis Dropshipping

    Bisnis ini juga tidak kalah dengan bisnis sebelumnya bahkan mungkin ada orang yang memiliki hasrat berjualan namun tidak memiliki modal bisa sekali melampiaskan kesenangannya tersebut melalui bisnis ini. Jenis bisnisb ini disebut bisnis dropshipping dan mereka  yang melakukan kegiatan bisnis ini disebut dengan dropshipper. Mekanisme dari bisnis ini sangatlah mudah. Dropshipper nantinya akan menjual barang hasil kesepakatan dengan supplier kepada pelanggan. Jadi, dropshipper disini tidak perlu menyimpan barang dari supplier karena mereka merupakan pihak ketiga yang menghubungkan supplier dengan pelanggan. Seolah-olah dropshipper disini bermain sebagai orang yang menjual barang tersebut. Keuntungan yang didapatkan oleh seorang dropshipper adalah selisih harga yang sudah ditetapkan saat penjualan, misalnya supplier A memberikan harga 10.000 pada barangnya lalu dropshipper menjualnya dengan harga 12.000 jadi uang yang di dapat oleh dropshipper adalah 2000.
     

    Baca Juga :     Peluang Bisnis Frozen Food : Tips, Triks, dan Cara Berjualan

  • Bisnis Jual Pulsa dan Uang digital

    Kebutuhan akan pulsa pasti tidak akan ada habisnya. Terlebih jumlah pengguna sosial media maupun internet yang terus bertambah. Selain itu, kebanyakan para pengguna sosial media maupun internet sekarang malas untuk keluar hanya untuk membeli paket pulsa di konter terdekat. Tentu hal ini peluang segar bagi mereka yang ingin mencoba keuntungan melalui bisnis ini. Pelaku bisnis ini bisa mempromosikan bisnisnya di akun sosial medianya contoh Whatsapp, Facebook, Instagram, dan lain-lain. Dengan menjangkau market di sosial media bisnis tersebut akan mudah dalam menggapai pelanggan.
     

    Era digital sekarang membuat semuanya menjadi serba digital, uang saja bahkan sekarang berbentuk digital. Penggunaan uang digital ini memang disadari sebagai sesuatu yang solutif karena banyak sekali kemudahan yang didapat saat menggunakan uang digital. Namun, pengisian dari uang digital ini cukup merepotkan karena pemilik uang digital harus pergi ke ATM atau tidak mengisi di konter terdekat. Inilah peluang usaha dengan memanfaatkan fitur berbagi di uang digital bisnis ini bisa dilakukan.

  • Bisnis Katering Makanan

    Bisnis selanjutnya ini harus memiliki sebuah keahlian yang sepertinya cocok bagi para ibu-ibu rumah tangga yang menginginkan pekerjaan di rumah dan untung yang lumayan. Dengan modal 3-4 juta bisnis ini bisa dijalankan. Apalagi sekarang semua orang seolah tidak ingin ribet-ribet atau susah-susah. Misalnya ketika ada sebuah acara gathering, meeting, pertemuan pasti makanannya berasal dari penyedia jasa katering makanan yang membuka peluang terbuka bagi para semua orang yang hobi masak. Hal ini bisa dilakukan kegiatan ibu-ibu PKK misalnya dengan menghimpun modal bersama-sama, memasak bersama-sama, dan hasilnya nanti dibagi sama rata.

  • Bisnis Jualan Snack Makanan

    Bisnis ini sekarang digemari oleh para remaja yang memiliki akun sosial media baik itu Facebook maupun Instagram. Mereka memanfaatkan followers mereka sebagai tempat berdagang produknya. Snack makanan memang juga disenangi sebagai makanan bagi kaum milenial. Biasanya mereka saat berkegiatan membutuhkan cemilan untuk dimakan yang bisa dimanfaatkan. Produk snack sendiri juga tidak sulit penyimpanannya dan biasanya tahan lama.

  • Bisnis Jasa Sewa

    Penyewaan atau bisnis jasa sewa juga sekarang lagi populer. Barang-barang yang dipunyai dan memiliki jumlah yang lebih apabila memiliki nilai untuk di sewa kenapa tidak untuk disewakan. Misalnya sekarang lagi para remaja sedang sering menampilkan update an foto di linimasa Instagram mereka dan tentu akan lebih bagus fotor tersebut jika hasilnya bagus dan enak di lihat. Sekarang untuk membuat foto yang bagus kamera smartphone saja masih kurang dibandingkan kamera yang dimiliki oleh kamera DSLR atau Mirrorless. Hal ini bisa dipakai menjadi peluang usaha apabila seseorang memiliki sebuah kamera dan tidak sedang digunakan.

  • Bisnis Menjadi Seorang Influencer

    Bagi seseorang yang mempunyai keahlian di bidang tertentu seperti editing video, desain grafis, menulis blog, membuat copy promosi dan masih banyak sekali bisa banget untuk menjadi seorang influencer. Pekerjaan influencer sangat cocok bagi seseorang yang ingin kerja di rumah dan malas untuk datang ke kantor setiap harinya. Pekerjaan jenis ini juga bisa menghasilkan uang yang banyak, tergantung seberapa banyak klien yang akan dilayani. Namun, akan lebih baik jika saat menjadi seorang influencer juga memperhatikan setiap project dari para klien.

 

Baca Juga :      Peluang Bisnis Rumahan Terbaik dan Menguntungkan di Tahun 2020

 

Kesimpulan dan Penutup

Memiliki sebuah bisnis yang dapat membantu mencukupi sehari-hari memanglah sangat membantu, apalagi hasil dari usaha tersebut dapat dialokasikan ke hal lain. Bagi semua orang pasti bisa membangun jenis usahanya baik itu orang dewasa maupun remaja. Biasanya orang dewasa mengambil kesempatan berusaha untuk membantu mencukupi kebutuhan sehari-harinya atau bahkan memang sebagai sumber penghasilan. Bagi remaja biasanya mereka melakukan kegiatan berbisnis untuk menambah uang saku, memperingankan beban orang tua, atau untuk ditabung demi keperluan di masa depan.

Banyak sekali manfaat yang dapat diambil ketika berbisnis bagi semua orang. Hal ini juga berjalan lurus dengan banyaknya peluang ide bisnis yang diambil, meskipun peluang ini banyak calon pelaku bisnis juga harus tetap memperhatikan hal-hal agar bisnis terus berkembang. Demikianlah peluang ide bisnis yang dapat dijelaskan di artikel ini, semoga bisa membantu memotivasi semua masyarakat di luar sana untuk memulai bisnis.

Related Post :

popup image