Daftar Perusahaan Besar yang Membanggakan di Indonesia [Update 2020]

Serba Serbi, Startup & Bisnis / 0 | | 0

Ada banyak perusahaan di Indonesia dengan latar belakang dan bidang yang berbeda pula dalam menjalankan bisnis mereka. Selain itu, perusahaan- perusahaan tersebut juga tersebar di semua daerah, provinsi, kota, kabupaten seluruh Indonesia. Ini tentunya menambah hasanah dan kekayaan bagi tidak hanya negara namun juga rakyat serta mereka yang bekerja di perusahan- perusahaan tersebut.

Sedangkan perusahaan – perusahaan juga terdiri dari perusahaan milik swasta maupun juga perusahaan milik negara. Semakin bagusnya perusahaan – perusahaan dalam mengelolah bisnis mereka serta menjaga image mereka, maka semakin banyak pulalah para pencari kerja yang tertarik untuk bekerja disana. Tidak mengherankan kalau perusahan- perusahaan selalu berusaha menjaga nama baik serta kredibilitas mereka.

Disamping itu, perusahaan- perusahaan juga menjaga ritme bisni mereka untuk tetap stabil dan menguntungkan. Kemampuan menarik kepercayaan partner dan pelanggan adalah utama bagi mereka. Begitu juga penghasilan yang menjadi pemasukan dan tolok ukur keberhasilan tiap perusahaan ini. Berikut ini beberapa perusahaan besar di Indonesia baik swasta maupun nasional milik negara yang turut membantu ekonomi serta membanggakan negara.

 

Perusahaan Besar Membanggakan Indonesia

Daftar Perusahaan Besar yang Membanggakan di Indonesia [Update 2020]
 

 

Jika dirunut dari data resmi Bursa Efek Indonesia (BEI), tercatat ada sejumlah perusahaan- perusahaan skala besar di Indonesia yang sudah beroperasi cukup lama dengan kredibilitas yang baik. Daftar nama perusahaan yang tercatat di BEI ini memiliki nilai angka laba bersih yang fantastis hingga mencapai triliunan rupiah. Belum lagi gedung- gedung dan aset yang terdaftar atas nama perusahaan.

Mengingat banyak jenis ragam faktor untuk dapat menilai dan mengelompokkan sebuah perusahaan dalam tipe skala besar yakni adalah kapitalisasi pasar yang stabil atau terus naik. Begitu juga tentunya aset yang mendukung perusahaan tersebut. Kapitalisasi pasar sendiri adalah sebuah harga atau nilai perusahaan yang didapat dari hasil perhitungan jumlah nilai saham keseluruhan yang beredar.

 

Baca Juga  :     Pasar Modern: Pengertian, Ciri-Ciri, Kelebihan dan Kekurangannya

 

Daftar Perusahaan Besar yang Membanggakan di Indonesia

Daftar Perusahaan Besar yang Membanggakan di Indonesia [Update 2020]
 

Dari semua perusahaan yang ada dan beroperasi di Indonesia dengan berbagai latar belakang serta bidang, berikut ini daftar beberapa perusahaan besar yang telah berdiri cukup lama atau berhasil dalam mengembangkan bisnisnya.

 

  • PT Bank Central Asia (BCA), Tbk

    Jika dibandingkan dengan bank swasta maupun bank milik negara (BUMN) seperti BNI atau Mandiri, BCA adalah sebuah bank swasta yang memiliki pencapaian yang tinggi dan stabil. Bank swasta ini memimpin bank swasta lainnya sebagai bank swasta terbesar di Indonesia. Bahkan menurut daftar majalan Forbes, BCA berada pada peringkat ke-620 dengan penjualan hingga USD 4,41 miliar, total pegawai 24 ribu orang lebih dan total aset sebesar USD 43 miliar. Mengedepankan reputasi dan pelayanan terbaik, BCA menjadi pusat perhatian para pelamar kerja setiap tahunnya.

  • PT Bank Mandiri (Persero) Tbk

    Sebagai bank milik negara, Bank Mandiri merupakan bank negara terbaik dengan reputasi yang kredibel. Bank yang terbentuk dari gabungan 4 bank besar yakni Bank Dagang Negara, Bank Pembangunan Indonesia, Bank Bumi Daya dan Bank Expor Impor yang telah dilikuidasi 1998 silam, membuat Mandiri menjadi bank yang datang dengan pelayanan dan bisnis yang tangguh. Datang sebagai bank terbesar negara baik dari total aset serta deposit dan pinjaman. Dengan beberapa anak perusahaan seperti Bank Syariah Mandiri, Mandiri Tunas Finance, Mandiri Sekuritas, AXA Mandiri Financial Service, Bank Sinar Harapan Bali dan Mandiri AXA General Insurance, bank ini mempunyai 1.700 lebih cabang di Indonesia, 6 cabang internasional dan 11.000 mesin ATM di seluruh Indonesia.

  • PT HM Sampoerna Tbk

    Siapa yang tidak mengenal perusahaan satu ini yang mempunyai merek rokok iconic dan terkenal sebagai pemimpin pasar rokok terbesar di Indonesia. Datang dengan dua produk andalan yang legendaris yakni Dji Sam Soe dan A Mild, membuat PT yang dimiliki pengusaha bernama Sampoerna yang kini berpindah tangan ke Philip Morris International. Sejak 2005 silam, perusahaan ini berada pada naungan perusahaan rokok terbesar berasal dari Amerika Serikat mencatat pendapatan laba bersih tinggi pada tahun 2007 lalu.
     

    Baca Juga :    Sistem Perekonomian Indonesia : Pengertian, Ciri-ciri, Tujuan, dan Penerapan di Indonesia 

  • PT. Indofood Sukses Makmur Tbk

    Merajai pasaran instant noodle atau mie instan, Indofood juga mempunyai produk lain diluar itu yakni minuman dan makanan lain. Didirikan 3 dekade lalu oleh Sudono Salim Agustus 1990, perusahaan yang awalnya bernama PT. Panganjaya Intikusuma, memutuskan untuk mengubah nama perusahaan mereka menjadi Indofood Sukses Makmur di tahun 1994. Indofood memimpin pasar makanan siap saji dengan kegiatan produksi, mengolah hingga juga mengatur perdagangan mereka. Selain itu, perusahaan ini juga berhasil membawa bisnis mereka hingga jenjang internasional dengan mengekspor mie instan mereka hingga ke seluruh Asia, Eropa dan juga Australia.

  • PT Kalbe Farma Tbk

    Perusahaan yang bergerak dalam bidang obat- obatan ini memimpin pasaran obat di Indonesia. Didirikan 10 September 1960, Kalbe Farma telah banyak memproduksi produk farmasi seperti obat- obatan, suplemen, nutrisi dan juga layan kesehatan. Berpusat di Jakarta, Kalbe Farma selalu datang dengan inovasi produk kesehatan meski masih mempertahankan produk- produk legendaris mereka seperti Puyer 16, Bintang Toedjoe Masuk Angin, Komix, Procold, Mixagrip, Entrostop, Bintang Toedjoe Panas Dalam, Promag dan Kalpanax.

  • PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk

    Hampir semua penduduk Indonesia mengenal chain minimarket yang satu ini, yakni Alfamart. Swalayan serba ada dengan konsep franchise ini, telah memiliki lebih dari 1000 gerai resmi di Indonesia. Gerai- gerai ini akan terus bertambah mengingat konsep franchise yang bisa dimiliki dan dibuka oleh mereka yang berminat. Menjual berbagai macam kebutuhan hidup dengan metode penjualan cepat, saham Sumber Alfaria Trijaya dimiliki sepenuhnya oleh PT. Sumber Alfaria Trijaya.

  • PT Indocement Tunggal Prakarsa Tbk

    Salah satu produsen semen di Indonesia, yakni PT Indocement Tunggal Prakarsa Tbk yang memproduksi beton siap pakai, mengelola pertambangan tras juga agregat membuat perusahaan ini menjadi incaran banyak pencari kerja. Didirikan 16 Januari 1985, perusahaan semen ini juga merupakan bagian dari HeidelbergCement AG dan PT Mekar Perkasa (Salim Group). Di tahun 2014 lalu, perusahaan semen ini mencatat pendapatan tinggi mereka hingga Rp19.996 miliar dengan laba bersih sebesar 5,154 miliar.

 

Baca Juga   :    Mengenal Ekonomi Kreatif, Ciri- Ciri dan Perkembangannya di Indonesia

 

Kesimpulan dan Penutup

Daftar perusahaan- perusahaan diatas adalah sebagian kecil dari perusahaan yang membanggakan Indonesia. Ada banyak lagi daftar perusahaan baik milik negara maupun swasta yang juga berhasil serta berjasa dalam memajukan dan menaikkan perekonomian negara. Selain itu, perusahaan besar memang cenderung lebih stabil sehingga dilirik banyak pencari kerja.

Meskipun begitu, mengingat ini adalah perusahaan- perusahan besar, maka tidak sedikit pula peminta dan daya saingnya. Karena itu setiap tahunnya ada banyak yang mencoba peruntungan mereka untuk dapat bekerja di perusahaan- perusahaan tersebut. Dengan kualifikasi mumpuni dan ketekunan, semoga saja Anda adalah salah satu orang yang beruntung untuk dapat bekerja pada perusahaan- perusahaan besar yang membanggakan ini.

 

 

Related Post :