logo Apa Itu Kerja Remote? Contoh, Manfaat, dan Tantangannya - IDCloudHost

Apa Itu Kerja Remote? Contoh, Manfaat, dan Tantangannya

Apa Itu Kerja Remote? Contoh, Manfaat, dan Tantangannya

Teknologi internet dan kemudahan aksesnya semakin berkembang pesat pada zaman sekarang. Tren yang menyertainya juga perlahan menggeser kebiasaan di berbagai bidang dan aspek kehidupan dari konvensional ke arah digital. Pandemi yang terjadi sejak 2020 juga berdampak pada banyaknya perusahaan yang menerapkan kerja remote, baik working from home (WFH) maupun working from anywhere (WFA).

Remote working sebenarnya bukan merupakan hal yang benar-benar baru. Konsep ini sudah ada di negara-negara maju seperti Amerika Serikat sejak tahun 1970-an. Namun, penerapannya belum semasif beberapa tahun belakangan, ketika pandemi memaksa para pekerja di seluruh dunia untuk mengikuti pembatasan mobilitas sehingga tidak bisa bekerja secara langsung di kantor.

Meskipun pembatasan mobilitas sudah dicabut, tetapi tren kerja remote yang telah marak dilakukan dalam dua tahun ini tidak benar-benar hilang. Data dari Business 2 Community juga menunjukkan bahwa jumlah pekerja jarak jauh selama lima tahun terakhir semakin meningkat hingga 44 persen. Sehingga tren bekerja dari rumah mungkin saja akan terus berkembang di masa depan.

Sebenarnya apa itu kerja remote? Apakah selama ini Anda termasuk ke dalam salah satu di antaranya? Apa saja sih, pekerjaan yang bisa dilakukan secara remote? Lantas apa saja manfaat dan tantangan yang akan Anda hadapi jika bekerja secara remote?

Baca Juga: Tips Cara Menerapkan Kerja Remote di Perusahaan

Apa Itu Kerja Remote?

apa itu kerja remote

Remote working merupakan jenis pekerjaan yang dapat dilakukan di mana saja tanpa harus pergi ke kantor. Dengan begitu, Anda bisa menyelesaikan tugas dan kewajiban pekerjaan Anda dari rumah, co-working space, perpustakaan, kafe, dan lain-lain. Sistem remote working mengandalkan media sosial dan fitur-fitur aplikasi digital lainnya untuk berkomunikasi antar karyawan. Ada banyak aplikasi yang dapat Anda manfaatkan ketika bekerja secara remote, misalnya Google Suite, Slack, Zoom, Telegram, dan lain-lain. 

Singkatnya, remote working merupakan jenis pekerjaan yang bisa diselesaikan dari mana saja. 

Apa Saja Pekerjaan yang Bisa Dilakukan secara Remote?

kerja remote

Jika Anda tertarik untuk menjadi remote worker, ada banyak sekali pilihan pekerjaan yang tersedia. Simak selengkapnya dalam daftar berikut, ya!

  • Content Writer

Seorang content writer merupakan penulis profesional yang bertugas untuk menulis, mengedit, dan mengunggah tulisan berisi konten-konten menarik di media online dengan tujuan meningkatkan traffic website perusahaan. Jenis konten yang diproduksi oleh seorang content writer mencakup artikel blog, postingan di media sosial, dan lain-lain.

Karena tanggung jawab content writer umumnya bisa dikerjakan tanpa harus bertatap muka secara langsung, Anda bisa memilih pekerjaan ini jika ingin bekerja secara remote.

  • Sales

Seorang sales bertanggungjawab untuk menawarkan dan menjual produk kepada konsumen agar target penjualan perusahaan setiap bulannya dapat tercapai. Karena pekerjaan sales yang lebih sering berkutat di lapangan dan dapat dikerjakan secara fleksibel, profesi ini juga cocok Anda pilih jika ingin bekerja dari rumah.

  • Programmer

Jika Anda memiliki ketertarikan pada pemrograman komputer, posisi programmer sangat layak untuk dicoba! Seorang programmer memiliki tugas untuk membuat sistem dan menguji program dengan menggunakan bahasa pemrograman seperti JavaScript, SQL, C++, dan lain-lain. Meskipun pekerjaan programmer dapat diselesaikan secara remote, tapi besaran gaji rata-ratanya lumayan besar, lho! Rata-rata gaji seorang programmer di Indonesia berkisar dari 5-10 juta rupiah.

  • Data Entry

Tugas seorang data entry yakni memasukkan data, mengedit, dan memverifikasi data dari berbagai sumber ke dalam sistem komputer perusahaan. Pekerjaan ini dapat Anda lakukan di mana saja asalkan memiliki jaringan dan peralatan yang mendukung.

  • Graphic Designer

Profesi lainnya yang remote-friendly  adalah graphic designer. Tugas desainer grafik adalah menciptakan ilustrasi, tipografi, hingga motion graphic untuk keperluan penerbit, baik cetak maupun elektronik. Untuk menyelesaikan tugas graphic designer, Anda hanya membutuhkan skill dan laptop/komputer yang memadai. Sehingga, pekerjaan yang satu ini sangat bagus dilakukan secara remote.

Baca Juga: 10 Tips Untuk Desain Web Terbaik Tahun 2022

  • Customer Service

Seiring berkembangnya teknologi, pekerjaan customer service sekarang sudah merambah dunia digital. Tugas dari seorang customer service adalah melayani pertanyaan, keluhan, hingga menyelesaikan permasalahan konsumen terkait produk dan layanan perusahaan. Tanggung jawab customer service yang bisa dikerjakan secara remote cukup beragam, mulai dari call center, SMS, website, email, hingga di aplikasi tertentu miliki perusahaan.

  • Translator

Tugas dari seorang translator adalah mengubah suatu dokumen dari suatu bahasa ke bahasa lain sesuai kebutuhan. Sama halnya dengan content writer, pekerjaan translator bisa dilakukan secara fleksibel dari mana saja. Sehingga profesi ini memiliki prospek yang bagus jika Anda ingin melakukan kerja remote.

  • UI/UX Designer

Tanggung jawab dari para UI/UX Designer yakni untuk memastikan user experience (pengalaman pengguna) terhadap suatu aplikasi atau website berjalan baik dan efisien. Meskipun membutuhkan kerja sama tim, namun UI/UX Designer bisa dilakukan secara remote dengan bantuan aplikasi digital tertentu untuk berkomunikasi.

  • Virtual Assistant

Tanggung jawab seorang virtual assistant hampir mirip dengan asisten pada umumnya. Namun, tujuan utama yang harus dicapai virtual assistant adalah menjalankan tugas-tugas administratif tertentu yang diminta perusahaan demi mendukung kelancaran bisnis melalui platform online.

  • Transcriber

Contoh lain yang bisa dilakukan adalah transcriber. Tugas seorang transcriber yaitu mendengarkan rekaman audio atau video, kemudian mengetikkan setiap kata yang terdengar ke dalam bentuk dokumen. Sehingga, profesi ini sangat direkomendasikan untuk dikerjakan secara remote.

Baca Juga: Mengenal Apa Itu NFT dan Cara Kerja dan Cara Membelinya

Manfaat dan Tantangan yang Dihadapi dalam Kerja Remote

Bekerja secara remote terbukti memiliki banyak manfaat terhadap para karyawan. Apa saja manfaat kerja remote? Simak dalam poin-poin berikut, ya!

  • Anda dapat mencapai work-life balance.
  • Lebih hemat biaya transportasi dan uang makan.
  • Waktu kerja bisa dimanfaatkan secara maksimal tanpa terbuang oleh waktu perjalanan.
  • Meningkatkan kreativitas dan produktivitas Anda.
  • Anda dapat bekerja lintas benua.

Namun, sama seperti bekerja dari kantor, remote working juga memiliki tantangan tersendiri, seperti:

  • Tanpa adanya supervisor secara langsung, Anda dapat lebih mudah terdistraksi.
  • Kurangnya sosialisasi dengan para karyawan lain.
  • Kendala teknis seperti koneksi internet yang tidak stabil dan device yang kurang mendukung.
  • Rawan terjadi miskomunikasi.

Baca Juga: Mengenal AnyDesk: Pengertian dan Keunggulannya

Penutup

Terlepas dari tantangan-tantangan yang mungkin terjadi, kerja remote merupakan salah satu pilihan pekerjaan yang dapat Anda ambil di masa ini. Semakin hari, semakin banyak peluang bekerja dari rumah yang tersedia dengan kisaran gaji yang fantastis. Tunggu apa lagi, cobalah dari sekarang!

Solusi Sempurna untuk Bisnis Anda

Dalam Waktu 3 Menit, Anda akan mendapatkan semua
layanan dengan cepat. Tidak ada kewajiban untuk upgrade,
downgrade atau cancel setiap waktu

Buat Private Cloud
Subscribe here to get update
popup image