Kesalahan yang Dapat Terjadi Dalam Membangun Startup

Serba Serbi, Startup & Bisnis / 0 | | 0

Menghindari kesalahan yang dapat terjadi dalam membangun startup dapat dikatakan sama dengan merencanakan kesuksesan sebuah startup.

Beberapa kesalahan yang dapat terjadi dalam membangun startup yaitu:

Single Founder

Hal ini akan menyebabkan kurangnya ide atau inovasi karena founder  tidak memiliki orang yang mengerti dengan jelas akan produknya. Bertukar pikiran dengan orang yang tidak memiliki pengetahuan yang baik akan produk tidak akan menghasilkan output yang maksimal. Beberapa pekerjaan yang dilakukan oleh satu orang dapat dikatakan begitu sulit, mengingat kita membutuhkan fokus pada suatu hal yang diprioritaskan.

Kerasa Kepala

Dalam beberapa kasus, kesuksesan startup dinilai dari visi yang akan dicapainya. Sebagai startup yang dapat dikatakan sebuah perusahaan yang dapat mengalami perubahan, maka jangan terlalu terikat pada rencana awal, karena itu dapat saja saja atau bahwa tidak dibutuhkan oleh pasar.

Kebanyakan startup yang sukses akhirnya melakukan sesuatu yang berbeda dari aslinya, atau bahkan seringkali sangat berbeda sehingga bahkan tidak seperti perusahaan yang sama. Anda harus siap untuk melihat gagasan yang lebih baik yang mungkin terjadi.

Keterlambatan launching

Perusahaan membutuhkan waktu untuk merencanakan sesuatu. Salah satu contohnya adalah membangun software. Beberapa startup memilih untuk mengundur untuk launching usahanya, karena mempertimbangkan ketidaksiapan.

Salah satu penyebab menundur dalam peluncuran usaha adalah bekerja terlalu lambat, tidak benar-benar memahami masalah, takut harus berurusan dengan pengguna, mengerjakan terlalu banyak hal yang berbeda, perfeksionisme yang berlebihan. Untuk menghindari masalah tersebut, solusinya adalah memaksa diri untuk meluncurkan sesuatu dengan cukup cepat.

Terlalu cepat untuk launching

Launching terlalu lama mungkin dapat membunuh usaha 100 kali lebih cepat dibandingkan terlalu cepat. Untuk itu, sebelum launching hendaknya kita mengidentifikasi beberapa hal, seperti:

  • Kegunaan produk
  • Apakah hal yang perlu diperluas secara bertahap dari keseluruhan proyek, kemudian menyelesaikan sesegera mungkin.

Tidak memiliki spesifikasi  konsumen

Ketika belum mengetahui spesifikasi konsumen yang akan dituju, maka perusahaan akan susah untuk melakukan pendekatan. Karena kita tidak mengetahui dengan jelas apa yang dibutuhkan konsumen.

Tidak baik dalam manajemen investor

Sebagai founder, Anda harus dapat mengatur investor. Anda seharusnya tidak mengabaikan mereka, karena investor merupakan bagian yang cukup berpengaruh dalam keberlangsungan perusahaan. Tapi sebaiknya, Anda membiarkan mereka mengambil peran dalam menjalankan perusahaan. Akan tetapi, selain manage investor, hal yang tidak boleh dilupakan adalah fokus terhadap produk. Dengan kata lain, pengaturan perusahaan dilakukan dengan seimbang.

Related Post :