Marketing Mix : Konsep dan Penerapannya dalam Bisnis Online / Startup

Business, Marketing / 0 | | 0

Marketing merupakan salah satu komponen terpenting dalam bisnis. Apapun jenis bisnis yang Anda tekuni tentunya membutuhkan strategi marketing atau pemasaran untuk menarik minat konsumen. Strategi marketing bisa menjadi nyawa dalam bisnis agar tetap berkembang dan eksis di pasaran.

Dunia bisnis kini sedang ramai dengan munculnya startup. Kata startup sendiri merupakan serapan dari bahasa inggris yang berarti bisnis yang baru di rintis. Bisnis startup ini umumnya masih dalam tahap pengembangan dalam menemukan pasar yang baru. Tren bisnis startup membutuhkan inovasi dan strategi marketing yang tepat.

Salah satu strategi marketing untuk menunjang kesuksesan bisnis/startup yaitu marketing mix. Strategi marketing ini dapat menjadi sarana para pebisnis mencapai kepuasan konsumen. Marketing mix atau bauran pemasaran merupakan kumpulan beberapa variabel pemasaran menjadi satu kesatuan yang dinamis.

 

Definisi Apa itu Marketing Mix

Berikut adalah definisi marketing mix oleh para ahli :

 

  • Defenisi Marketing Mix Menurut Sofyan Assauri
    Dalam bukunya Sofyan Assauri mengemukakan bahwa marketing mix adalah kombinasi variabel atau kegiatan inti dari sistem pemasaran, dimana variabel tersebut dapat dikendalikan untuk mempengaruhi reaksi pembeli atau konsumen.
  • Defenisi Marketing Mix Menurut Kotler dan Amstrong
    Menurut Kotler dan Amstrong marketing mix merupakan alat pemasaran taktis yang nantinya bisa dikendalikan. Adapun ini bisa dalam bentuk produk, distribusi, harga atau promosi yang kemudian dikombinasikan dari perusahaan guna memujudkan respons pasar sesuai target market.
  • Defenisi Marketing Mix Menurut Buchari Alma
    Buchari Alma mendefinisikan marketing mix sebagai strategi marketing yang memadukan beberapa kegiatan marketing untuk menciptakan sebuah kombinasi yang apik sehingga nantinya hasilnya juga akan memuaskan.
  • Defenisi Marketing Mix Menurut Gugup Kismono
    Definisi marketing mix menurt Gugup Kismono yaitu kombinasi dari variabel atau kegiatan inti dari pemasaran yang terdiri dari strategi produk (product), harga (price), promosi (promotion), dan tempat (place).

Baca Juga : Mengenal Apa itu Inbound Marketing serta Manfaat, Tujuan dalam Bisnis?

 

Tujuan dan Manfaat Marketing Mix

Marketing Mix : Konsep dan Penerapannya dalam Bisnis Online / Startup | IDCloudhost
 

Setelah memahami definisi marketing mix, Anda juga perlu mengetahui tujuan dan manfaat strategi tersebut dalam bisnis/startup. Tujuan utama marketing mix yaitu memasarkan produk ke tangan konsumen untuk meningkatkan penjualan. Dalam marketing mix, mengatur strategi marketing mulai dari mengetahui jenis produk yang diinginkan konsumen, promosi, distribusi, dan penjualan langsung.

Jika Anda menerapkan marketing mix dalam bisnis/startup Anda saat ini. Tentunya banyak manfaat yang akan Anda dapatkan. Manfaat tersebut diantaranya marketing mix dapat menambah kepuasaan konsumen, meningkatkan daya saing pada kompetitor sejenis, menaikkan penjualan dan profit, dan menambah fitur pemasaran pada bisnis Anda.

Baca Juga : Menentukan Market & Channel yang Efektif untuk Bisnis & Startup

 

Konsep dan Penerapan Marketing Mix

Konsep marketing mix dalam strategi marketing merupakan perpaduan beberapa faktor-faktor penting dalam pemasaran. Faktor tersebut diantaranya produk, harga, promosi, tempat, dan faktor pemasaran lainnya untuk mencapai keberhasilan marketing.

Awalnya marketing mix terdiri dari strategi marketing 4P yaitu, produk (Product), harga (Price), promosi (Promotion), dan tempat (Place). Namun untuk merespon perkembangan pasar yang dinamis saat ini, strategi marketing 4P tersebut belum optimal. Belum efektif dapat mencapai goal perusahaan dalam meningkatkan penjualan.

Marketing Mix : Konsep dan Penerapannya dalam Bisnis Online / Startup | IDCloudhost
 

Marketing mix kemudian dikembangkan oleh para ahli dari semula 4P menjadi 7P. Terdapat tambahan 3 konsep pemasaran yaitu, proses (Process), orang (People), dan bukti fisik (Physical Evidence). Berikut penjelasan mengenai 7P dalam marketing mix :

Marketing Mix : Konsep dan Penerapannya dalam Bisnis Online / Startup | IDCloudhost

 

  1. Product (Produk)
    Konsep produk yang dimaksud yaitu sebagai objek dalam pemasaran dan bisnis. Poin utamanya yaitu Anda harus memperhatikan produk bisnis yang Anda tawarkan dapat diterima konsumen. Produk yang Anda tawarkan harus memiliki kualitas yang tinggi dan kelebihan dari kompetitor sejenis. Riset tentang produk sangat penting untuk menunjang keberhasilan bisnis Anda. Sehingga produk yang Anda tawarkan dapat memuaskan konsumen.
     
  2. Price (Harga)
    Penentuan harga untuk produk Anda juga harus diperhatikan. Tentunya konsumen ingin harga yang murah dan Anda ingin mendapat margin yang besar dari penjualan. Penentuan harga dalam strategi marketing dapat melalui perhitungan HPP (Harga Pokok Produk) yang nantinya dapat dihitung juga harga pokok penjualan dengan menambah persen margin yang Anda inginkan.
     
  3. Promotion (Promosi)
    Promosi merupakan aktivitas penyebaran informasi tentang produk bisnis Anda . Promosi dapat berupa sugesti, mempengaruhi, membujuk atau mengingatkan konsumen akan produk yang Anda ingin tawarkan. Promosi yang baik tentunya akan berdampak pada peningkatan penjualan produk. Jenis promosi sendiri ada dua yaitu promosi langsung dan tidak langsung. Pada era digital saat ini promosi penjualan dapat dengan mudah dilakukan.
     
  4. Place (Tempat)
    Poin selanjutnya yaitu tempat atau lokasi pemasaran juga tak kalah pentingnya dalam strategi marketing. Tempat merupakan saluran distribusi produk ke tangan konsumen. Sehingga tempat pemasaran yang dipilih harus strategis dan mudah dijangkau konsumen. Namun untuk bisnis startup dapat membuka lapak pada situs market place. Jadi tempat bukan hanya bangunan namun media dalam memasarkan produk harus diperhatikan.
     
  5. Process (Proses)
    Proses yang dijelaskan dalam marketing mix yaitu bagaimana pelayanan penjual ke konsumen. Manajemen operasional penjualan harus diatur dengan baik untuk mengatur proses penjualan produk. Pelayanan yang baik kepada konsumen tentunya memberikan pengaruh besar terhadap hasil pemasaran.
     
  6. People (Orang)
    Orang yang dimaksud dalam strategi marketing ini yaitu setiap partisipan yang terlibat dalam memasarkan produk. Keberhasilan pemasaran tentunya tidak bisa dilakukan oleh satu orang saja. Perlu kerja sama tim yang baik dan dukungan Anda sebagai pemilik bisnis yang harmonis.
     
  7. Physical Evidence (Bukti Fisik)
    Faktor terakhir dalam marketing mix yaitu fasilitas yang digunakan untuk melayani konsumen juga harus diperhatikan. Setiap fasilitas yang digunakan baik yang terlihat maupun tidak terlihat harus dipastikan baik. Fasilitas yang baik dapat mendukung kelancaran pemasaran produk.

 

Baca Juga : Mengenal Apa itu Teknik 4P – 7P Pada Marketing Mix

Konsep 7P marketing mix diatas dapat membantu Anda dalam memberikan pelayanan terbaik ke konsumen. Tentunya keberhasilan bisnis/startup tidak dapat diraih dengan instan. Strategi marketing yang tepat melalui marketing mix dapat menunjang keberhasilan bisnis Anda.

Related Post :

popup image