Mengenal Apa itu Perbedaan Marketplace dan E-Commerce?

Serba Serbi, Startup & Bisnis / 0 | | 1

Perkembangan teknologi dan juga jaringan internet saat ini sejalan dengan berkembangnya bisnis online dikalangan masyarakat. Dengan adanya jaringan internet dapat mempermudah para pelaku bisnis online dalam melakukan transaksi penjualan secara online. Ada beragam jenis bisnis online yang sering kita dengar diantaranya seperti online shop, e-commerce dan marketplace, namun taukah anda perbedaan Marketplace dan E-Commerce?

Saat ini negara indonesia sudah menjadi salah satu negara di seluruh belahan dunia yang melakukan transaksi perdagangan bisnis secara online. Sudah banyak toko-toko online yang berlomba-lomba dalam menawarkan baran dan juga produk yang dimilikinya.

Hal tersebut karena sejalan dengan meningkatnya minat berbelanja dari masyarakat diindonesia, karena dengan berbelanja secara online hanya mengandalkan lewat internet para pembeli dapat memilih produk yang diinginkan tanpa perlu pergi jauh keluar rumah untuk sekedar berbelanja.

Yang perlu diketahui yaitu tidak semuanya bisnis online itu merupakan online shop namun ternyata juga ada yang namanya Marketplace dan E-Commerce. Menurut anda manakah yang lebih efektif diantara keduanya? Yuk simak penjelasan berikut ini mengenai perbedaan Marketplace dan E-Commerce.

Layanan Domain Murah Indonesia

 

Pengertian Apa itu Marketplace

Padaawalnya masih banyak orang yang menganggap online shop itu sama dengan marketplace, faktanya berbeda. Marketplace merupakan suatu model bisnis yang menfasilitasi para pedagang online untuk berjualan, dalam kata lain sebagai perantara. Melalui marketplace proses jual beli dapat berjalan dengan cepat dan mudah karena dibantu dalam mempromosikan produk dagangannya dan juga memberi fasilitas dalam hal bertransaksi uang secara online.

Secara sederhana, Sebenarnya marketplace dapat disamakan dengan konsep pada pasar tradisional namun yang berbeda hanya marketplace dilakukan melalui internet atau lewat media online saja. Marketplace merupakan website yang menyediakan tempat untuk para pelaku bisnis online yang ingin menjual produk dagangannya. Lewat marketplace para pembeli dapat menemukan berbagai jenis barang yang di ingin kan dari berbagai macam onlineshop.

Pada sistem bisnis online melalui marketplace para penjual produk tidak perlu lagi melakukan proses tawar menawar ataupun tanya jawab seputar spesifikasi produk yang tersedia. Hal demikian karena dalam website di marketplace tersebut sudah tersedia keterangan dan juga detail dari setiap produk yang dipromosikan. Dengan begitu akan lebih memudahkan para penjual karena pembeli hanya perlu meng-klik tombol beli apabila berminat kemudian melanjutkan dengan proses transfer melalui aturan dan harga yang sudah tercantum pada marketplace tersebut.

Yang membuat marketplace lebih menguntungkan dari pada pasar tradisional biasa adalah para penjual tidak perlu lagi pusing memikirka untuk membayar uang sewa tempat jualanya. Menguntungkan bukan? berjualan gratis, siapa yang tidak mau? Para pelaku bisnis online hanya diharuskan untuk mendaftarkan diri kemudian sudah bisa menjual barang-barangnya.

Melalui sistem marketplace juga memungkinkan bagi yang awalnya adalah hanya pembeli kemudian membuka tokonya sendiri, lalu menjual produk dagangannya pada website marketplace tersebut ya.

Lalu pernahkah terpikirkan dari mana marketplace tersebut mengambil keuntungan? Sebenarnya kebanyakan dari marketplace menerapkan jasa iklan premium yang digunakan dalam mencari keuntungan melalui sistem bisnis online ini. Para penjual atau pemiliki toko online hanya diharuskan untuk membayar iklan melalui produk yang diiklankan tersebut.

Jika diluar negeri marketplace pertama yang diketahui adalah ebay. Marketplace ini muncul sejak tahun 1995 yang membantu proses berjualan bisnis online menjadi lebih efisien dan mudah. Saat ini sudah banyak berkembang beragam jenis marketplace yang kita ketahui, seperti diindonesia sendiri contohnya OLX, Tokopedia, Bukalapak, Shopee, dan masih banyak lainnya.

 

Pengertian Apa itu E-commerce

Sering kali dari kita mendengar orang mengatakan e-commerce untuk menyebut deskripsi dari marketplace. Kenyataan nya kedua sistem bisnis online tersebut berbeda loh. Perbedaan yang sangat krusial antara marketplace dan e-commercee ialah jika di e-commerce hanya menjual berbagai jenis produk dari website itu saja. Dengan demikian para pembeli hanya dapat menemukan satu toko online saja, berbeda halnya dengan marketplace anda dapat menemukan beberapa toko online yang menjual produknya disatu website.

Untuk sistem penjualan bisnis online pada e-commerce sebenarnya hampir sama saja dengan marketplace yaitu memungkinkan para pembeli memilih dan menentukan produk apa saja yang ingin dibeli. Apabila pembeli berminat terhadap suatu produk dan ingin membeli, pembeli hanya perlu meng-klik tombol beli kemudian melanjutkan dengan proses transfer yang sudah disediakan.

Yang membedakan bisnis online antara marketplace dengan e-commerce adalah jika di e-commerce barang yang dijual tersebut hanya berasal dari website tersebut. E-commerce tidak menyediakan lahan atau tempat untuk berjualan bagi pemilik toko online lainnya yang ingin menjual produk mereka, juga tidak ada proses tawar-menawar karena harga yang tercantum sudah merupakan harga pas.

Contoh e-commerce yang ada diindonesia yaitu diantaranya Berrybenka, Zalora dan masih banyak lainnya.  Lantas manakah yang lebih efektif bisnis online antara e-commerce dengan marketplace? Pada dasarnya anda bebas saja memilih platform mana yang lebih anda percayai, dan anda juga dapat menggunakan nya secara bersamaan selama anda dapat mengaturnya dengan baik. Yang perlu diperhatikan bagi para penjual bisnis online agar tidak kehilangan para pelanggannya adalah dengan tetap memperhatikan identitas brand dan brand awareness dari brand produk yang anda miliki.

Dan untuk para pembeli, anda juga bebas memilih untuk belanja dimana, tetapi yang harus diperhatikan adalah memastikan toko online tempat anda membeli produk tersebut bukanlah toko abal-abal alias penipu. Nah, pilihan berada ditangan anda masing-masing ya, harus bisa lebih bijak dalam menentukan masa depan bisnis online anda.

 

Perkembangan Marketplace di Indonesia

perkembangan E-Commerce dan Marketplace di Indonesia sendiri bisa dikatakan jatuh dan bangun karena tidak sedikit juga E-Commerce dan Marketplace yang ternyata gagal untuk bisa bersaing dan bertahan hingga saat ini. Saat ini juga kita sudah tahu ada Bukalapak dan Tokopedia yang merupakan Unicorn besar di Indonesia. Bahkan beberapa waktu lalu juga Bukalapak baru saja mendapatkan pendanaan terbaru di tahun 2019 mencapai puluhan milyar dolar Amerika.

Baca Juga : Tips Bagaimana Cara Membangun Startup

 

Seperti yang kita informasikan sebelumnya, tidak sedikit juga E-Commerce dan Marketplace yang mampu bertahan di Indonesia. Nah dari infografis dibawah ini kita bisa cek bagaimana perkembangan dari E-Commerce dan Marketplace  yang tumbang dari tahun ke tahunnya :

 

Jadi bagaimana menurut kamu ? kamu lebih suka berbelanja di E-Commerce dan Marketplace mana ?

Related Post :