logo C++ vs C#: Mana yang Cocok untuk Pemula? - IDCloudHost

C++ vs C#: Mana yang Cocok untuk Pemula?

C++ vs C#: Mana yang Cocok untuk Pemula?

C# dan C++ adalah dua bahasa pemrograman yang sangat populer dan sering digunakan oleh para developer di seluruh dunia. Keduanya memiliki banyak kemiripan dan perbedaan, sehingga membuat banyak orang bingung tentang mana yang lebih baik untuk dipelajari atau digunakan. 

Tujuan dari artikel ini adalah untuk membandingkan kedua bahasa pemrograman tersebut dan memberikan informasi yang dapat membantu para pemula atau developer yang ingin mempelajari salah satu bahasa tersebut.

Apa Itu C++?

C++ adalah bahasa pemrograman low-level yang dikembangkan oleh Bjarne Stroustrup pada tahun 1979. C++ merupakan evolusi dari bahasa pemrograman C, namun memiliki fitur-fitur yang lebih canggih dan kompleks. C++ merupakan bahasa yang kompilatif, yang berarti bahwa kode yang ditulis dalam C++ harus dikompilasi menjadi kode mesin sebelum dapat dijalankan.

C++ sering digunakan dalam pengembangan aplikasi yang membutuhkan kecepatan eksekusi yang tinggi, seperti aplikasi sistem operasi, browser web, dan aplikasi-aplikasi desktop. Selain itu, C++ juga sering digunakan dalam pengembangan permainan, karena dapat mengakses fitur-fitur hardware yang tidak tersedia bagi bahasa pemrograman yang lebih tinggi.

Apa Itu C#?

C# (pronounced “C-sharp”) adalah bahasa pemrograman high-level yang dikembangkan oleh Microsoft pada tahun 2000. C# merupakan bahasa yang kompilatif, yang berarti bahwa kode yang ditulis dalam C# harus dikompilasi menjadi kode mesin sebelum dapat dijalankan.

C# merupakan bahasa yang terintegrasi dengan .NET Framework, sebuah platform yang dikembangkan oleh Microsoft yang memungkinkan pengembangan aplikasi yang dapat dijalankan di berbagai macam sistem operasi. C# biasa digunakan dalam pengembangan aplikasi desktop, web, dan mobile, serta dalam pengembangan permainan. C# juga merupakan bahasa yang populer di kalangan developer yang bekerja di perusahaan-perusahaan yang menggunakan platform Windows.

Kegunaan C++ dan C#

C++ vs C#: Mana yang Cocok untuk Pemula?

Setelah memahami apa itu C++ dan C# Anda pasti ingin mengetahui apa kegunaan dari dua bahasa pemrograman ini. Berikut penjelasan selengkapnya!

Kegunaan C#

Berikut adalah beberapa kegunaan dari bahasa pemrograman C#:

  • Dapat digunakan untuk membangun aplikasi desktop, web, dan mobile dengan menggunakan .NET Framework
  • Dapat digunakan untuk membangun permainan dengan menggunakan Unity atau Unreal Engine
  • Dapat digunakan untuk membangun aplikasi yang berjalan di platform Windows, termasuk sistem operasi, browser web, dan aplikasi lainnya

Kegunaan C++

Berikut adalah beberapa kegunaan dari bahasa pemrograman C++:

  • Dapat digunakan untuk membangun aplikasi sistem operasi, browser web, dan aplikasi desktop
  • Dapat digunakan untuk membangun permainan dengan menggunakan engine seperti Unreal Engine atau CryEngine
  • Dapat digunakan untuk membangun aplikasi yang membutuhkan kecepatan eksekusi tinggi, karena dapat mengakses fitur-fitur hardware secara langsung
  • Dapat digunakan untuk membangun aplikasi yang dapat dijalankan di berbagai macam platform, termasuk Windows, Linux, dan MacOS

Kesamaan C# dan C++

Kegunaan C++ vs C#

C# adalah bahasa berbasis C, sehingga membuat kedua sintaksnya mirip. Developer menggunakan tanda kurung untuk mensegmentasikan struktur pengkodean, dan kode C object-oriented yang mencakup dependensi dan library sangat mirip. 

Jika Anda sudah terbiasa dengan C++, sangat mudah untuk pindah ke C#. Namun, berpindah dari C# ke C +++ kemungkinan lebih sulit bagi pengembang C# karena C++ adalah bahasa tingkat rendah, yang lebih sulit untuk dipelajari. 

Karena C# dikembangkan untuk bersaing dengan Java, C# jauh lebih mirip dengan bahasa Java, tetapi masih memiliki kesamaan dengan C++, yang meliputi:

  1. Pemrograman berorientasi objek (OOP): Meskipun sintaksnya sedikit berbeda, konsep class, inheritance dan polymorphism masih digunakan.
  2. Bahasa yang dikompilasi: Baik C# dan C++ adalah bahasa yang dikompilasi (compiled languages). Ini berarti bahwa sebelum aplikasi diluncurkan pada PC atau server, kode harus dikonversi ke biner. File EXE yang dapat dieksekusi adalah contoh file  terkompilasi yang dapat ditulis dalam C # atau C #.

Perbedaan C# dan C++

Perbedaan C# dan C++

Walaupun sama-sama merupakan bahasa berbasis C dan memiliki kesamaan seperti yang sudah kita bahas sebelumnya, kedua bahasa pemrograman ini juga memiliki perbedaan, lho. Apa saja kira-kira? Berikut penjelasannya. 

Manajemen Memori

Dalam C++ manajemen memori dilakukan secara manual oleh programmer. Jika seorang programmer membuat sebuah objek maka dia bertanggung jawab untuk menghancurkan objek tersebut setelah selesainya tugas dari objek tersebut.

Sementara itu, dalam C# manajemen memori dilakukan secara otomatis oleh garbage collector. Jika programmer membuat sebuah objek dan setelah tugas objek tersebut selesai, garbage collector akan secara otomatis menghapus objek tersebut.

Platform

Kode C++ dapat dijalankan pada platform apapun. C++ digunakan di mana aplikasi diperlukan untuk berkomunikasi langsung dengan perangkat keras. Kode C# spesifik untuk windows. Meskipun Microsoft sedang bekerja untuk membuatnya global tetapi sampai sekarang sistem utama tidak memberikan dukungan untuk C#. 

Multiple Inheritance

C++ mendukung multiple inheritance melalui kelas. Berarti bahwa sebuah kelas dapat memperluas lebih dari satu kelas pada satu waktu. C# tidak mendukung multiple inheritance melalui kelas.

Bound Checking

Dalam C++ bound checking tidak dilakukan oleh compiler. Secara tidak sengaja, jika programmer mencoba mengakses indeks array yang tidak valid maka akan memberikan hasil yang salah tetapi tidak akan menunjukkan kesalahan kompilasi. Di C # pengecekan terikat dalam larik dilakukan oleh kompiler. Jika programmer mencoba mengakses indeks array yang tidak valid maka akan memberikan kesalahan kompilasi.

Pointer

Dalam C++ pointer dapat digunakan di mana saja dalam program. Di C# pointer hanya dapat digunakan dalam mode unsafe.

Tipe Bahasa 

C++ adalah bahasa tingkat rendah. C# adalah bahasa berorientasi objek tingkat tinggi.

Tingkat Kesulitan

C++ mencakup fitur-fitur yang sangat kompleks. C# cukup mudah karena memiliki hirarki kelas yang terdefinisi dengan baik.

Jenis Aplikasi

C++ biasanya digunakan untuk aplikasi console. Sementara itu C# digunakan untuk mengembangkan aplikasi mobile, windows, dan console.

Kompilasi Kode

C++ akan dikonversi menjadi kode mesin secara langsung setelah kompilasi. Sementara, kode C# diubah menjadi kode bahasa perantara setelah kompilasi.

Mana yang Lebih Mudah Dipelajari Bagi Pemula? 

Tidak ada bahasa pemrograman yang lebih mudah atau sulit dipelajari secara absolut. Kedua bahasa pemrograman tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, sehingga pilihan terbaik akan tergantung pada minat dan tujuan seseorang dalam mempelajari bahasa pemrograman. Namun, beberapa faktor yang bisa dipertimbangkan adalah:

  1. Sintaksis: C# memiliki sintaksis yang lebih sederhana dan mudah dipahami dibandingkan dengan C++. Ini bisa menjadi keuntungan bagi seseorang yang ingin mempelajari dasar-dasar pemrograman dengan cepat.
  2. Dokumentasi dan sumber belajar: C# memiliki dokumentasi yang lebih lengkap dan banyak sumber belajar tersedia, sehingga mungkin lebih mudah bagi seseorang untuk mempelajari bahasa tersebut.
  3. Kompatibilitas platform: C# dapat dijalankan di hampir semua platform komputer, karena menggunakan .NET Framework sebagai perantara antara kode C# dan sistem operasi. Ini bisa menjadi keuntungan bagi seseorang yang ingin membuat aplikasi yang dapat dijalankan di berbagai macam platform.

Penutup

Secara keseluruhan, C++ dan C# adalah dua bahasa pemrograman yang memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Keduanya sangat populer dan sering digunakan dalam pengembangan aplikasi, namun masing-masing memiliki tujuan dan bidang penggunaan yang berbeda. 

Pemula yang ingin mempelajari bahasa pemrograman harus mengevaluasi minat dan tujuan mereka untuk memutuskan bahasa yang akan dipelajari pertama kali, namun saran baiknya adalah untuk mempelajari keduanya secara bergantian agar mendapatkan pengalaman yang lebih luas dalam pemrograman.

Jika sudah membuat aplikasi, Anda tentunya butuh layanan hosting yang handal agar aplikasi Anda bisa diakses oleh pengguna. Gunakan Cloud VPS IDCloudHost sekarang!

 

Solusi Sempurna untuk Bisnis Anda

Dalam Waktu 3 Menit, Anda akan mendapatkan semua
layanan dengan cepat. Tidak ada kewajiban untuk upgrade,
downgrade atau cancel setiap waktu

Buat Private Cloud
Subscribe here to get update
popup image