Mengenal Pendiri Google : Larry Page & Sergey Brin

Serba Serbi, Startup & Bisnis / 1 | | 0

Internet jadi kebutuhan sehari – hari, sekarang tidak lepas dari namanya teknologi digital, mulai dari anak-anak sampai orag dewasa telah memahami dan menggunakan berbagai teknologi. Salah satunya dalam meringankan pekerjaan sehari-hari, mereka sering menggunakan mesin pencari yang dikenal dengan Google. Pada Google tersedia berbagai macam fitur yang memudahkan masyarakat.

Mesin Pencarian ini membuat semua pekerjaan menjadi mudah, anda dapat menemukan apa saja yang anda ingin kan hanya dengan mengetikkan di laman Google. Selain itu jika anda malas untuk mengetik di mesin pencarian Google, Google Assistant akan membantu anda, hanya dengan menyebutkan apa saja yang ingin anda cari.

Dengan segala kecanggihannya tidak jarang, banyak yang ingin mengetahui sejarah dan pendiri dari mesin pencari raksasa di dunia ini. Yuk, Mari terlebih dahulu kenali para pendiri Google tersebut.

Baca Juga : Tutorial Cara Konfigurasi Email Hosting Pada Gmail

 

Sejarah Berdirinya Google

Berdirinya mesin pencari ini memakan waktu yang cukup panjang, awal mulanya Google diberi nama BackRub kemudian diganti menjadi Googol. Pendiri Google ini adalah 2 mahasiswa asal Universitas Stanford tepatnya 20 tahun lalu tanggal 04 September 1998, yaitu Larry Page dan Sergey Brin. Karya ciptaan mereka sekarang ini telah merubah peradaban dunia dan menjadi salah satu mesin peramban dunia maya yang untung besar.

 

Kedua mahasiswa ini awalnya membuat mesin peramban tersebut dibuat guna mengelola data-data pada Universitas Stanford. Tidak ada tujuan mereka menggunakan mesin peramban tersebut untuk bisnis, mereka beranggapan telah bangga dengan karyanya yang telah diapresiasikan oleh universitanya.

Akhirnya keduanya memutuskan menyempurnakan BackRub, setalah sistem mengalami kerusakan sebab tidak kuat dalam melayani banyaknya permintaan data yang semakin besar di Universitas Standord. Kemudian Larry Page da Sergey Brin sepakar mengubah nama BackRub dengan Googol.

Pengambilan nama Googol oleh 2 mahasiswa ini awalnya diambil dari istilah matematika, yaitu angka 1 diikuti dengan 100 angka nol. Penggunaan nama tersebut mempunyai arti bahwa Googol mempunyai misi sebagai tempat informasi tidak terbatas pada internet.

Mulai dari sini mereka menyadari bahwa Googol sangat berguna bagi kemaslahatan seluruh umat manusia di dunia, mereka merencanakan menggait investor untuk mendanai proyek Googol ini. Perjuangan mereka dalam mencari investor bukan hal mudah, sebab setelah mencari investor kemana-mana belum bisa menggait satupun minat investor. Akhirnya Larry Dn Sergey bisa mendemokan dan menggait investor kepada Andy Bachtolsheim dari Sun Microsystems.

 

Awal Mula Pergantian Nama Googol yang Membingungkan para Pendiri Google

 

Larry dan Sergey telah sepakat bahwa mesin peramban yang mereka ciptakan diberi nama Googol. Namun setelah menemui investor dan bekerja sama dengannya yaitu, Andy Bachtolsheim yang tertarik dengan Googlo sebab mesin ini dilihat mempunyai peluang besar di dunia maya.

Andy melayangkan cek senilai 100.000 dola AS untuk mendanai perkembangan mesin peramban Googol yang didirikan oleh Larry dan Sergey. Tetapi kejadian yang tidak disengaja terjadi, Andy melakukan kesalahan dalam mengeja tulisan Googol yang dia danai menjadi tulisan Google.

Awalnya kedua pendiri Google tersebut kebingungan, namun akhirnya dari negosiasi yang intens mereka menerima saja kalau mesin peramban miliknya Googol dirubah namanya secara tidak sengaja menjadi Google. Kantor perusahaan ini awal mulanya berada di Garasi , Menlo Park yang terletak di Clifornia Amerika Serikat. Dari sinilah kemudian laman search engine ini berkembang dengan pesat dan menggunakan alamat web berupa Google(dot)com.

 

Pendiri Google Dan Fakta Uniknya

Google yang semakin sukses besar akhirnya membawa profit yang besar pula terhadap para pendiri Google, sehingga saat ini mereka di nobatkan sebagai miliader terkaya di dunia. Kayanya mereka tidak serta merta membuat mereka puas, Larry dan Sergey mempunyai ambisi yang sangat unik dan besar.

Sergey Brin mempunyai ambisi yang cukup ektrem yaitu, dia ingin menciptakan cara menghentikan penuaanpada diri manusia supaya manusia bisa hidup selama-lamanya. Dirinya memang terkenal pada lingkungan Silicon Valley seorng bos yang mempunyai obsesi tonggi. Namun disisi lain Sergey mengakui bahwa dirinya juga tidak mampu untuk hidup selama-lamanya. Menurutnya memperpanjang usia adalah slaah satu pencapaian luar biasa baginya.

Tidak hanya ambisinya yang unik, pendiri Google ini juga sepenuhnya mendukung gerakan National Academy of Medicine yang berfokus terhadap perlakuan riset dengan beberapa visi demi menghentikan proses penuaan di manusia. Pada tahun 2013, perusahaan Google malakukan perkembangan besar-besaran dengan mendirikan anak perusahaan baru yang diberi nama California Life Company dan biasanya dikenal dengan nama Calico.

Calico merupakan perusahaan dibawah Google yang bergarak dalam bidang kesehatan, berfokus kepada isu seperti penuaan dan berbagai jenis penyakit yang berkaitan dengan penuaan pada manusia. Google memberikan pendanaan kepada Calico dengan nilai 1 milyar dolar atau mencapai 14 Triliun rupiah. Disini media Internasionalpun tertarik dan meliput dalam majalahnya Times dan diberi judul lebih provokatif yaitu, “Can Google Solve Death?”.

Perusahaan Calico memang belum sepenuhnya tentang produk kesehatan atau bioteknologi khusus. Namun penelitian yang telah dibuat cukup menarik dalam topik “pengaruh asupan kalori terhadap kesehatan” yang menjadi awal penelitiannya. Disini usaha ini mendapat kritik lumayan keras, sebab dianggap terobosannya kurang berarti karena melakukan uji coba menggunakan banyak tikus, sekitar 750 ekor.

Satu hal lagi kritikan pedas dilontarkan kepada Sergey Brin yaitu oleh Yuval Noah Harahai yang merupakan penulis ternama dalam buku dengan judul “Homo Deus”. Menurut Harahai, Google tidak akan bisa menyelesaikan perihal kematian yang telah diambisikan sebelumnya. Saat itu juga Sergey membalas kritikan tersebut dengan menjawab “saya memang tidak berencana untuk mati”.

 

Produk Yang Di Tawarkan Oleh Google

 

Pendiri Google awalnya hanya membuat beberapa produk dalam mesin perambannya, namun sekarang ini Google mempunyai banyak produk dalam mesinnya sehingga masyarakat bisa dengan mudah mengakses apa yang mereka inginkan. Produk yang di tawarkan oleh Google, yaitu:

 

  1. Google Mail

    Biasa di singkat Gmail, yaitu produk yang umumnya digunakan untuk bertukar pesan secara elektronik. Youtube, umumnya digunakan untuk mengakses berbagai macam vidio. Google Drive yang umumnya digunakan sebagai tempat penyimpanan. Google Hangouts, umumnya mempunyai fungsi yang tidak jauh berbeda dengan aplikasi lainnya, misalkan Line, WhasApp. Namun perbedaannya aplikasi adalah buatan Google. Chrome Browser, digunakan untuk mesin pencarian dunia maya.

  2. Google Maps

    Sekarang ini sering digunakan sebagai pentunjuk tempat. Google Photos. Produk Google yang satu ini digunakan untuk menyimpan poto baik dalam jumlah sedikit atau banyak, sehingga pengguna bisa dengan mudah menemukan poto yang akan dicari. Google maps merupakan salah satu inovasi produk Google yang sangat membantu untuk bisa memberikan petunjuk jalan dan arah dengan tepat sasaran selain itu juga membantu pengguna untuk mengarahkan suatu jalan menggunakan sepeda motor, mobil, dan lainnya dengan mudah

  3. Google Play

    Umumnya Produk Google satu ini digunakan untuk memutar berbagai jenis vidio, atau audio dengan mudah. Androis OS, adalah sejenis sistem operasi yang memungkinakan untuk dikemabangkan, dilakukan modifikasi serta disitribusikan kepada pihak-pihak yang lain. Cloud Search, untuk membantu menemukan informasi berbagai tempat kerja yang di butuhkan kapan pun dan dimanapun, baik menggunakan ponsel, laptop maupun table.
     
    Produk yang diciptakan oleh Google di atas telah dikenal oleh masyatakat di seluruh dunia bahkan sekarang mayoritas mesin peramban di kuasi oleh Google. Sebagai masyarakat sepantasnya kita mempelajari keteguhan, kerja keras serta kerjasama para pendiri Google Larry dan Sergey dalam mendirikan bisnis, sehingga akhirnya bisa menghasilkan omset yang besar dan produk yang digunakan juga bermanfaat keada masyarakat.

Baca Juga : Cara Gunakan Google Pagespeed Insight Untuk Optimasi Website

 

Fakta Terbaru Google

Setelah sebelummya Google dan Alphabet mempunyai masing – masing CEO dan memiliki presiden dalam perusahaanya, kini Alphabet dan Google melakukan perombakan. Hal ini digunakan agar perusahaan baik Google maupun Alphabet memiliki manajemen yang lebih baik. Google dan Alphabet akan berada dibawah naungan Sundar pichai sebagai seorang CEO.

Seperti yang diketahui pendiri Google Larry Page dan Sergey Brin mundur dari jabatannya sebagai CEO Alphabet dan Presiden Alphabet. Menurut Page dan Brin, mereka bukanlah orang yang mengatur manajemen Alphabet, mereka mengembangkan perusahaan mereka dengan menggunakan cara yang lebih baik agar dapat lebih mandiri. Bahkan, kini Alphabet tidak membutuhkan dua CEO lagi.

Kami tidak pernah menjadi orang yang memegang peran manajemen ketika kami berpikir ada cara yang lebih baik untuk menjalankan perusahaan. Alphabet dan Google tidak lagi membutuhkan dua CEO dan seorang Presiden,” imbuhnya.

Ketika perpindahan posisi ini diumumkan, tidak mempengaruhi elektabilitas saham Alphabet yang justru naik 0,8 persen. Ceo Alphabet yang kini dipegang oleh Pichai yang juga merupakan CEO Google sebelumnya akan banyak ikut andil dalam investasi alphabet dan anak perusahaanya. Menurut Pichai, perubahan ini tidak mempengaruhi efektifitas perusahaanya.

 

Kesimpulan dan Penutup

Google merupakan mesin pencari yang sudah populer diseluruh dunia. Awal mula berdirinya mesin pencari ini memakan waktu yang cukup panjang, awal mulanya Google diberi nama BackRub kemudian diganti menjadi Googol.

Produk dari Google ialah Gmaps, Google Play, dan Google mail. Produk – produk yang biasa dikeluarkan google pasti anda sering menggunakannya. Gmaps contohnya, Gmaps merupakan sebuah layanan google yang dapat menunjukkan suatu tempat yang gambarnya telah diambil dari satelit.

Selain itu, Google Mail atau Gmail merupakan layanan Google untuk email, anda dapat terhubung dengan semua akun google lainnya hanya dengan mempunyai Gmail saja. Contohnya Google Hangout maupun Google Drive anda dapat login dengan akun Gmail.

Related Post :

popup image