Mengetahui Strategi Pemasaran (Marketing Strategy) yang Efektif Beserta Tipenya

Business, Marketing / 0 | | 0

Mengembangkan bisnis tidaklah mudah karena hal pertama yang Anda butuhkan adalah ide yang layak. Dari sana, Anda perlu menemukan ceruk yang menguntungkan, menentukan demografis target, dan memiliki sesuatu yang berharga untuk dijual. Baik Anda menjajakan produk, layanan, atau informasi, tanpa strategi pemasaran yang tepat untuk mendorong pertumbuhan Anda, agar menghasilkan keuntungan dan tetap bertahan hampir mustahil.

Namun, mengidentifikasi strategi yang tepat untuk memasarkan bisnis Anda sering membuat bingung. Bagaimana Anda menyampaikan pesan Anda kepada audiens yang tepat dan melakukannya secara efektif? Bagaimana Anda meningkatkan visibilitas dan meningkatkan penjualan sambil mempertahankan keuntungan dengan tawaran konversi? Saat ini, dengan begitu banyak penggunaan media sosial, ke pengoptimalan mesin telusur, blogging, dan iklan bayar per klik, mudah untuk melihat mengapa banyak marketing strategy juga memasukkan unsur- unsur ini.

Apa yang membawa Anda ke titik ini dalam bisnis kemungkinan besar tidak akan membawa Anda ke tingkat berikutnya. Jika Anda merasa mandek, mungkin Anda adalah kebanyakan dari pengusaha yang sibuk bekerja dalam merancang bisnis mereka sehingga mereka gagal untuk mengerjakan bisnis mereka. Hal- hal pengoperasian bisnis sehari- hari dapat membuat lalai menggunakan strategi pemasaran yang tepat yang akan membantu mendorong pertumbuhan bisnis.

 

Memahami Strategi Pemasaran (Marketing Strategy)

Mengetahui Strategi Pemasaran (Marketing Strategy) yang Efektif Beserta Tipenya
 

Strategi pemasaran adalah pendekatan jangka panjang berwawasan ke depan dan rencana permainan keseluruhan dari organisasi mana pun atau bisnis apa pun dengan tujuan mendasar untuk mencapai keunggulan kompetitif yang berkelanjutan dengan memahami kebutuhan dan keinginan pelanggan. Ini adalah juga strategi pemasaran luas yang mencakup segala sesuatu mulai dari bagaimana perusahaan memposisikan dirinya, hingga kreatif, mitra strategis, hubungan media, bauran pemasaran, serta saluran dan taktik.

Adapun strategi pemasaran mengacu pada rencana permainan keseluruhan perusahaan untuk menjangkau calon konsumen dan mengubahnya menjadi pelanggan produk atau layanan mereka. Selain juga berisi proposisi nilai perusahaan, pesan merek utama, data tentang audiens target dan demografi pelanggan, dan elemen tingkat tinggi lainnya. Strategi pemasaran yang luas inilah yang dulunya termasuk dalam istilah branding dimana saat pemasaran yang lebih ambigu. Ini adalah ringkasan praktis dari detail utama strategi dan beberapa tujuan luas serta metode yang digunakan untuk mencapainya.

 

Baca Juga  :  Riset Pasar: Pengertian, Fungsi, Manfaat dan Cara Menjalankannya

 

Tipe/Jenis Strategi Pemasaran (Marketing Strategy)

Mengetahui Strategi Pemasaran (Marketing Strategy) yang Efektif Beserta Tipenya
 

Sebagian besar bisnis dihadapkan pada adanya kebutuhan akan peningkatan visibilitas untuk meningkatkan penjualan secara drastis. Tetapi untuk mendapatkan lebih banyak visibilitas, bisnis harus mengeluarkan lebih banyak uang yang akan menjadi terbatas akhirnya. Namun, ada hal-hal yang dapat dilakukan ahkan dengan anggaran yang sedikit, untuk menjangkau lebih banyak pelanggan tanpa menghabiskan banyak modal Anda.

Apa pun caranya, selama dasar-dasar bisnis yang sehat ada dan Anda bekerja tanpa lelah untuk membangun hubungan yang autentik dengan konsumen dengan secara tulus mencoba menambah nilai, maka jenis strategi berikut dapat Anda gunakan untuk memasarkan bisnis apa pun  terutama secara online.

 

Baca Juga  :     STP Marketing: Panduan Lengkap Cara Menerapkannya Bagi Bisnis Anda

 

Strategi Pemasaran 2B

Pemasaran B2B (bisnis-ke-bisnis) mengacu pada strategi pemasaran atau konten apa pun yang diarahkan ke bisnis atau organisasi. Setiap perusahaan yang menjual produk atau layanan ke bisnis atau organisasi lain versus konsumen biasanya menggunakan strategi pemasaran B2B. Dibawah ini adalah beberapa strategi pemasaran B2B yang umumnya diakui berhasil terlepas dari industrinya.

  • Content Marketing

    Pemasaran konten menekankan pendidikan daripada penjualan untuk mempengaruhi perilaku pembelian. Pendekatan pemasaran strategis ini berfokus pada pembuatan dan pendistribusian informasi yang relevan dengan kebutuhan prospek untuk menarik mereka yang paling sejalan dengan – dan kemungkinan besar akan membeli – produk atau layanan Anda. Karena komunikasi sedang berlangsung, konten dapat disesuaikan untuk mencerminkan apa yang Anda pelajari tentang prospek dari waktu ke waktu, dan dapat mencakup berbagai format seperti infografis, halaman web, podcast, video, blog, buku putih, webinar, dan eBook

  • Inbound Marketing

    Inbound adalah strategi pemasaran B2B yang paling efektif karena memanfaatkan kekuatan mayoritas dari sembilan strategi lainnya untuk menarik, melibatkan, dan menyenangkan pelanggan. Tidak seperti metode pemasaran tradisional, inbound mendapatkan perhatian pelanggan dan menarik mereka ke situs web perusahaan dengan menghasilkan konten yang bermakna. Karena perpesanan relevan dan muncul di tempat yang tepat pada waktu yang tepat, masuk mengundang pengunjung masuk daripada mengganggu mereka dengan iklan tradisional yang mengganggu.

  • Pemasaran Media Sosial

    Pemasaran media sosial berfokus pada penyediaan konten yang dianggap berharga dan ingin dibagikan kepada pengguna di jejaring sosial, sehingga meningkatkan visibilitas dan lalu lintas. Pembagian konten, video, dan gambar media sosial juga mempengaruhi upaya SEO karena sering kali meningkatkan relevansi dalam hasil pencarian dalam jaringan media sosial seperti Facebook, Twitter, LinkedIn, YouTube, dan Instagram serta mesin pencari seperti Google dan Yahoo.

  • Search Engine Optimization (SEO)

    Pengoptimalan mesin telusur, atau SEO, adalah proses meningkatkan kesadaran tentang dan lalu lintas ke situs web tertentu dengan memastikan situs tersebut muncul di antara hasil penelusuran tidak berbayar atau organik teratas di mesin telusur seperti Google, Bing !, dan Yahoo . Meskipun ada kesalahpahaman umum bahwa ini adalah taktik pemasaran yang berdiri sendiri, SEO dilakukan dengan banyak taktik yang bekerja sama dan merupakan inti dari strategi pemasaran masuk yang efektif.

 

Baca Juga   :     Mengenal Apa Itu Return on Investment (ROI) Dalam Digital Marketing

 

Strategi Pemasaran B2C

Bisnis ke pemasaran pelanggan, umumnya dikenal sebagai pemasaran B2C, adalah seperangkat strategi, praktik, dan taktik yang digunakan perusahaan untuk mendorong produk atau layanannya kepada pelanggan. Kampanye B2C tidak hanya berfokus pada manfaat atau nilai yang ditawarkan produk, tetapi juga meminta respons emosional dari pelanggan. Berikut beberapa strategi B2C yang umumnya dilakukan oleh para pebisnis.

  • Media Sosial dan Pemasaran Viral

    Pemasaran media sosial berfokus pada penyediaan konten yang dianggap berharga dan ingin dibagikan kepada pengguna di jejaring sosial, agar meningkatkan visibilitas dan lalu lintas. Pembagian konten, video, dan gambar di media sosial juga mempengaruhi upaya Search Engine Optimization (SEO) karena sering kali meningkatkan relevansi dalam hasil penelusuran dalam jaringan media sosial seperti Facebook, Twitter, YouTube, dan Instagram, serta mesin telusur seperti Google dan Yahoo.

  • Iklan Media Berbayar

    Media berbayar adalah alat yang digunakan perusahaan untuk meningkatkan lalu lintas situs web mereka melalui iklan berbayar. Salah satu metode paling populer adalah tautan bayar per klik (PPC). Pada dasarnya, perusahaan membeli atau mensponsori tautan yang muncul sebagai iklan di hasil mesin telusur saat kata kunci yang terkait dengan produk atau layanan mereka dicari. Proses ini umumnya dikenal sebagai pemasaran mesin telusur, atau SEM. Setiap kali iklan diklik, perusahaan membayar mesin telusur(atau situs host pihak ketiga lainnya sedikit biaya untuk pengunjung bayar per klik.

  • Pemasaran Internet

    Pemasaran Internet, atau pemasaran online, menggabungkan web dan email untuk mengiklankan dan mendorong penjualan di e-commerce. Platform media sosial juga dapat dimasukkan untuk memanfaatkan kehadiran merek dan mempromosikan produk dan layanan. Secara total, upaya ini biasanya digunakan dalam hubungannya dengan format periklanan tradisional seperti radio, televisi, dan media cetak.

  • Email Marketing

    Pemasaran melalui email adalah cara yang sangat efektif untuk memelihara dan mengubah prospek. Namun, ini bukan permainan untung-untungan, apakah pesan Anda masuk ke filter spam. Sebaliknya, pemasaran email adalah proses otomatis yang menargetkan prospek dan pelanggan tertentu dengan tujuan mempengaruhi keputusan pembelian mereka. Keberhasilan pemasaran email diukur dengan rasio terbuka dan rasio klik-tayang, jadi strategi ikut berperan, terutama bila digunakan sebagai komponen dari inisiatif pemasaran internet yang lebih besar.

 

Baca Juga  :    Apa Itu Viral Marketing : Pengertian, Manfaat, dan Cara Eksekusinya

 

Kesimpulan dan Penutup

Dalam sebuah bisnis, pemasaran adalah bidang yang dinamis dan selalu berubah. Strategi pemasaran digital teratas berubah dengan tren konsumen dan teknologi saat ini. Inilah sebabnya mengapa setiap perusahaan membutuhkan strategi pemasaran yang baik yang terencana dengan baik dan memiliki tonggak dan tujuan yang ditentukan dengan baik. Setelah Anda memiliki peta yang tepat, peluang Anda untuk mencapai tujuan yang telah Anda tetapkan untuk bisnis Anda, jauh lebih tinggi.

Artinya, meskipun sebagian besar dari kita sangat ingin memulai upaya pemasaran sesaat setelah memutuskan untuk memulai bisnis, sebenarnya kita perlu berinvestasi dalam perencanaan sehingga kita tidak akan membuang anggaran dan energi yang terbatas untuk hal yang salah. Jika Anda adalah pemilik atau pemasar perusahaan atau startup, Anda memerlukan strategi pemasaran terutama era digital ini yang baik untuk mencapai tujuan Anda.

Related Post :