Cara Custom Domain IDCloudHost di Berdu - IDCloudHost

Knowledge Base

Cara Custom Domain IDCloudHost di Berdu

custom domain berdu
Jika Anda yang ingin membuat website. Saat ini sudah banyak instan web dan juga platform digital yang memudahkan Anda membuat website tanpa harus sulit denga bahasa pemrograman dan juga setup tampilan.

Anda bisa membuat website langsung melalui platform mereka. Jika melalui hosting Anda bisa melakukan order  Cara Membuat Website.

Sedangkan melalui platform website atau digital. Anda bisa menggunkana platform website toko online seperti Berdu dan juga Toko Talk.

Kali ini, kita akan membahas bagaimana melakukan pengaturan dan custom domain menggunakan Berdu.

Baca Juga : Tips dan Cara Menulis Deskripsi Produk Toko Online Yang SEO Friendly & Benar

Alasan Menggunakan Platform Toko Online Instan

Apa itu platform website instan? Anda dalam hal ini tidak perlu kita pusingkan dengan perkara menggunakan hosting, karena beberapa platform ini sudah dirancang untuk memudahkan user awam sekalipun. Seperti jualan pada tokopedia atau shopee. Namun, platform ini menawarkan kustomisasi yang eksklusif yang bisa anda sesuaikan sendiri tanpa melibatkan penyedia dalam urusan internal. Seperti pembiayaan harga, brand, dan lainnya.

Beberapa alasan menggunakan Platform Toko Online Instan?

  1. Mudah Digunakan
  2. Tidak Disibukkan Urusan Teknis
  3. Andil Penuh Urusan Bisnis Sendiri
  4. Harga Terjangkau
  5. Dapat menggunakan domain sendiri

Apa itu Berdu?

Salah satu yang akan kita ulas adalah Berdu. Berdu adalah salah satu platform digital yang berbasis website dan toko online. Beberapa kelebihan dan keuntungan yang bisa Anda dapatkan melalui Berdu adalah

1. Berdu mendukung pengiriman COD (Cash On Delivery) dari beberapa jenis ekspedisi
2. Dapat mengubah desain website dengan mudah, seperti drag & drop
3. Website responsif dan dapat menyesuaikan penggunaan sesuai device apapun.
4.Anda dapat membuat website menjadi sebuah aplikasi Google Playstore
5. Dashboard Halaman Admin dapat diakses melalui Smartphone

Cara Custom Domain ke Berdu

Jika Anda memiliki toko online Berdu dan juga domain di IDCloudHost. Anda bisa melakukan custom domain agar bisnis anda lebih terpercaya dan juga meningkatkan citra brand bisnis Anda. Caranya mudah dengan beberapa langkah saja ;

1. Login Akun Berdu

Hal pertama, pastikan Anda memiliki akun berdu terlebih dahulu. Selanjutnya, login menggunakan email dan password yang telah Anda daftarkan melalui https:/berdu.id/

2. Memilih Menu Pengaturan

Setelah Anda berhasil login, Anda akan masuk ke halaman dashboard ke toko online Anda di Berdu. Misalnya pada tutorial ini toko kamu adalah tokoonlinedanbisnis dengan url tokoonlinebisnis.berdu.pw. Anda bisa klik menu pengaturan untuk mengatur custom domain ke Berdu.

 

3. Melakukan Input Domain

Selanjutnya, Anda klik tombol Nama Domain dan tombol masukkan domain yang ada di kanan atas.

 

 

Selanjutnya, tulis nama domain, atau subdomain yang akan dituju untuk custom domain ke Berdu. Tutorial ini akan menggunakan alamat tokoonlinedanbisnis.my.id. Setelah itu klik Masukkan Domain.

 

 

Anda akan mendapatkan pilihan A Record dan CNAME Record dari Berdu yang akan digunakan saat mengatur DNS Record pada domain. Anda bisa diamkan halaman ini terlebih dahulu. Ingat, jangan menekan tombol “Verifikasi” dulu di tahap ini!

 

Catatan : Custom domain ke Berdu bisa dilakukan ketika akun Berdu sudah Premium

4. Login Client Area IDCloudHost

Setelah itu, saatnya login pada client area IDCloudHost melalui https://my.idcloudhost.com/. Anda bisa tuliskan alamat email dan password untuk login ke Client Area IDCloudHost.

 

5. Memilih Menu Domains

Silahkan pilih menu Domains dan pilih nama domain untuk melakukan custom domain ke Berdu.

 

Panduan ini menggunakan domain tokoonlinedanbisnis.

 

6. Mengatur Nameserver

Jika Anda ingin melakukan custom domain, Anda perlu mengubah namerserver menjadi Default Nameserver terlebih dahulu. Anda dapat mengaksesnya disini;

 

 

 

Caranya pilih menu Manage Nameserver disudut domain aktif, kemudian klik Use Default Nameserver, dan klik Changes Nameserver.

 

7. Mengatur DNS Record Domain

Jika Anda ingin mengatur DNS, pilih Manage Domain – Pilih DNS Management di dashboard domain. Akan ada tampilan berikut. Setelah itu masuk ke tahap selanjutnya. Apa Anda menggunakan domain utama atau subdomain.

 

a. Menggunakan Domain Utama

Bila Anda menggunakan domain utama, akan ada 2 pengaturan pada DNS Management Anda. Cara mengaksesnya ada dibagian Manage Domain – DNS Management di sidebar kiri Anda.

 

 

Seperti kita sampaikan sebelumnya ada 2 pengaturan DNS Management yaitu A Record dan CNAME Record.  Langkah pertama, tambahkan DNS Record Baru dengan menuliskan @ pada Host Name, dan memilih A pada kolom Type. Setelah itu tuliskan alamat IP yang disediakan berdu waktu Anda menambahkan. Setelah itu klik Save Changes.

 

 

Langkah kedua, yaitu tambahan CNAME Record dengan menuliskan www pada kolom Host Name, memilih CNAME pada kolom Type. dan tuliskan nama domain Anda. Setelah itu, klik Save Changes

 

b. Menggunakan Subdomain

Bila Anda menggunakan subdomain, Anda hanya perlu mengatur A Record saja, Anda bisa menambahkan DNS Record baru dengan menuliskan nama subdomain pada kolom Host Name, lalu memilih A pada kolom Type dan mengisi alamat IP yang tersedia pada Berdu dengan kolom Address/Value.

Misalnya tokobaju.tokoonlinebisnis.my.id yang diarahkan ke Berdu. Setelah itu klik Save Changes.

 

 

Setelah mengatur DNS Record selesai dilakukan. Anda dapat kembali ke dashboard Berdu yang anda atur sebelumnya. Kemudian klik Verifikasi.

 

 

Anda akan mendapatkan konfirmasi verifikasi domain. Silahkan centang Saya akan menunggu 1-24 jam dan klik saya akan menunggu.

Baca Juga : Apa itu DNSSEC: Pengertian, Kelebihan dan Cara Kerjanya

8. Mengubah Domain Menjadi Alamat Utama

Anda bisa klik Utamakan pada domain atau subdomain yang dituju supaya alamat url toko online Berdu Anda menjadi alamat domain atau subdomain yang Anda daftarkan.

 

Anda akan mendapatkan konfirmasi pada gambar ini, silahkan centang ya dan klik utamakan.

9. Custom Domain Berdu Anda Sukses!

Terakhir, bila Anda ingin mencoba melakukan pengecekan apakah custom domain Berdu anda berhasil. Anda dapat menuliskan alamat domain atau subdomain yang didaftarkan ke browser. Jika berhasil akan Ada tampilan berikut.

 

Penutup dan Kesimpulan

Anda ingin membuat website baik itu hosting dan website adalah pilihan Anda. Semua itu akan memiliki kelebihan dan kekurangan yang disesuaikan dengan kebutuhan Anda.

Berdu menjadi salah satu alternatif platform digital toko online instan yang memudahkan anda untuk membangun bisnis di ranah digital. Tanpa khawatir dan pusing dengan hal perkara teknis, dan lebih fokus pada pengembangan binis.

Anda bisa mendapatkan domain untuk bisnis Anda mulai dari 10ribu/tahun ambil sekarang!

Related Post

  • Solusi Sempurna untuk Bisnis Anda

    Dalam Waktu 3 Menit, Anda akan mendapatkan semua
    layanan dengan cepat. Tidak ada kewajiban untuk upgrade,
    downgrade atau cancel setiap waktu

    Buat Private Cloud
    Subscribe here to get update