Cara Export dan Import WordPress - IDCloudHost

Knowledge Base

Cara Export dan Import WordPress

Export dan Import WordPress
 

WordPress adalah salah satu CMS (Content Management System) yang paling populer di seluruh dunia. Kepopuleran ini tentu karena banyaknya fitur yang tersedia dalam WordPress. Salah satunya adalah fitur import dan export WordPress.
WordPress memiliki dua jenis layanan. Yang pertama, ada layanan gratis yang bisa Anda akses melalui WordPress.com. Biasanya, jika Anda menggunakan WordPress.com maka blog Anda akan memiliki domain namablog.wordpress.com dan fiturnya masih terbatas. Namun, WordPress juga memungkinkan Anda untuk upgrade hosting jika website Anda semakin berkembang.

Jika Anda adalah pengguna WordPress yang ingin pindah ke website baru pasti ada beberapa kekhawatiran. Misalnya, bagaimana jika harus membangun website dari awal. Selain itu, mungkin Anda berpikir bahwa sangat menyita waktu jika data lama Anda dipindahkan satu per satu.

Dengan menggunakan fitur import dan export WordPress, Anda tidak perlu mengkhawatirkan hal itu. Anda hanya dapat memindahkan konten Anda dengan sangat mudah. Bahkan, semua prosesnya bisa Anda lakukan dalam hitungan menit saja! Simak dan ikuti penjelasan lengkapnya berikut ini, ya.

Baca juga: Cara Migrasi Blogger ke WordPress Tanpa Install Plugin

Cara Export WordPress

Jika ingin Import dan Export WordPress, langkah pertama yang harus kita lakukan adalah export postingan dari WordPress lama terlebih dahulu. Pilihan Export ini membuat Anda dapat menyatukan semua file yang ada dalam website tersebut. Setelah itu, baru file tersebut bisa Anda unduh dan pindahkan.

Bagaimana cara export WordPress? Ikuti langkah-langkah lengkapnya berikut, ya.

1. Masuk ke Menu Export

Hal pertama yang harus Anda lakukan untuk import dan export WordPress adalah masuk ke dashboard WordPress Anda. Caranya adalah dengan login melalui namadomain/wp-admin. Setelah tampilan dashboard muncul, klik Tools (Perangkat), lalu pilih menu Export.

 

2. Mengekspor Konten WordPress

Tampilan berikut ini akan muncul ketika Anda mengklik menu export. Pilihan Ekspor konten dapat Anda pilih untuk mengekspor semua konten teks dalam website Anda. Sementara itu, Ekspor pustaka media dapat Anda gunakan untuk mengunduh semua berkas media library. Mulai dari gambar, video, audio, dan dokumen dari situs Anda.

Klik Ekspor Semua untuk mengekspor konten-konten Anda ke website baru. Setelah itu, klik Unduh pada notifikasi Ekspor Anda berhasil! yang muncul pada bagian atas. Terakhir, klik Unduh pada bagian Ekspor Pustaka Media.

 

Setelah itu, file berisi backup konten WordPress Anda akan terunduh dengan format .zip. File ini yang nantinya akan kita import melalui website WordPress yang baru.

3. Extract File WordPress

File .zip yang sudah terunduh tadi harus Anda extract agar nantinya bisa Anda pindahkan ke website baru. Extract file tersebut, setelahnya Anda akan mendapatkan file asli yang memiliki format XML. Setelah itu, ekspor WordPress Anda sudah selesai!

 

Baca Juga : Cara Membuat Toko Online dengan WordPress dan Rekomendasi Plugins Penjualan Terbaiknya

Cara Import WordPress

Sebelumnya, kita telah mengunduh file dari WordPress Anda yang lama. Setelah ini, langkah import dan export WordPress yang harus Anda lakukan adalah mengimpor atau memindahkannya ke WordPress Anda yang baru.
Berikut adalah cara yang bisa Anda ikuti jika ingin mengimpor postingan ke WordPress yang baru.

1. Masuk ke Menu Import

Login ke dashboard WordPress Anda yang baru untuk import dan export WordPress. Setelah itu, pilih menu Perangkat (Tools) pada dashboard. Selanjutnya, klik Import.

 

2. Install WordPress Importer

Selanjutnya, tampilan seperti ini akan muncul. Scroll ke bawah dan temukan pilihan WordPress. Lalu, klik Install Now untuk melakukan instalasi WordPress Importer.

 

3. Upload File XML

Setelah selesai menginstall, Anda harus menjalankan importer. Caranya adalah dengan meng-klik pilihan Run Importer.

 

Setelah itu, Anda akan mengarah ke halaman Import WordPress yang memiliki tampilan seperti ini. Klik tombol Choose File, kemudian pilih file XML yang sudah kita unduh sebelumnya dari WordPress lama Anda.

 

 

Jika sudah memilih file, klik Upload File and Import.

 

4. Submit File Import WordPress

Langkah terakhir dalam import dan export WordPress adalah melakukan submit file. Setelah Anda mengunggah file XML, tampilan Assign Authors seperti ini akan muncul. Menu ini memungkinkan Anda untuk mengubah nama penulis post. Anda bisa membuat user baru untuk konten-konten tersebut. Namun, Anda bisa juga menggunakan nama user yang sudah ada pada WordPress Anda.

Pada bagian Import Attachment, klik kotak checklist agar file, gambar, dan lampiran lain dapat Anda impor. Setelah itu, klik Submit.

Import dan Export WordPress sudah berhasil! Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, konten-konten dari WordPress lama Anda telah berpindah ke WordPress Anda yang baru. Jika ingin mengeceknya, Anda bisa langsung mengakses website Anda.

Baca Juga : Tutorial Membuat Link Dofollow/NoFollow di WordPress Anda

Penutup

Cara Import dan Export WordPress sangat mudah, bukan? Langkah-langkahnya juga bisa Anda lakukan dengan cepat. Memahami cara import dan export WordPress ini tentunya bisa menghemat waktu agar Anda dapat lebih fokus untuk mengembangkan website baru Anda.

Apakah saat ini Anda masih menggunakan WordPress.com yang gratis dan memiliki fitur terbatas? Anda bisa mulai upgrade menggunakan WordPress Hosting dari IDCloudHost untuk membuat website dengan mudah dan cepat. Dengan menggunakan WordPress Hosting, Anda dapat membangun website dengan harga terjangkau mulai dari Rp. 5000,-/bulan.

Related Post

  • Solusi Sempurna untuk Bisnis Anda

    Dalam Waktu 3 Menit, Anda akan mendapatkan semua
    layanan dengan cepat. Tidak ada kewajiban untuk upgrade,
    downgrade atau cancel setiap waktu

    Buat Private Cloud
    Subscribe here to get update