Tutorial Instal SISTER di Cloud VPS IDCloudHost - IDCloudHost

Tutorial Instal SISTER di Cloud VPS IDCloudHost

Promo IDCloudHost

Instalasi SISTER
 

Pendahuluan

SISTER merupakan singkatan dari Sistem Informasi Sumber Daya Terintegrasi. Aplikasi ini hadir sekitar tahun 2017 dan lalu diterapkan di kampus dan universitas sejak awal tahun 2019.

Sister resmi mulai digunakan di universitas dan kampus sejak keluarnya Edaran Dirjen Sumberdaya IPTEK Dikti No 3/D.D2/DI.02/2019 tanggal 23 Februari 2018 tentang Implementasi Sistem Informasi Sumberdaya Terintegrasi (SISTER). Pada Program PAK Dosen dan Tendik, Sertifikasi serta Beban Kerja Dosen. dan juga Edaran Dirjen Sumberdaya-Iptekdikti 3/D.D2/DI.02/2019 tangal 31 Januari 2019 tentang Implementasi SISTER Secara Bertahap. Selain itu adanya Edaran Dirjen Sumberdaya Iptekdikti nomor B/82/D2.1/KK.01.01/2019 tanggal 28 Januari 2019 tentang Pelaksanaan Serdos 2019 yang berisi Pemberitahuan penggunaan aplikasi SISTER untuk Penjaringan Serdos seluruh Kementerian.

SISTER hadir dengan harapan menjadi pusat informasi Tridarma Dosen. Memudahkan pengajar universitas atau dosen melakukan input satu kali saja data tridarmanya tanpa melakukan input ulang di berbagai aplikasi dikti yang ada sebagai database seluruh tridarma dosen.

Pada panduan dan tutorial kali ini, kita akan mempelajari bagaimana cara instal SISTER yang mudah dan cepat di Layanan Cloud VPS IDCloudHost. Beserta persiapan yang dibutuhkan untuk instalasi SISTER untuk Universitas.

Baca Juga :  Mengenal Aplikasi SISTER (Sistem Informasi Sumberdaya Terintegrasi) dari Kemenristekdikti

Hal Perlu Kita Pahami dan Perhatikan Aplikasi SISTER

1. Aplikasi SISTER ditujukan untuk diinstalasi pada masing – masing perguruan untuk menghindari munculnya perbedaan data. Perguruan tinggi diminta hanya memasang aplikasi SISTER pada satu server saja. Hal ini terkait, bisa dipasang dibanyak perangkat rentan akan terjadinya perbedaan antar perangkat.

2. Siapa saja yang menggunakanS SISTER? Akses pengguna dalam hal ini dosen, tenaga pendidik, dan juga admin nantinya akan melalui server yang sudah terpasang SISTER di masing – masing perguruan tinggi.

Server SISTER masing-masing perguruan tinggi tersebut akan melakukan sinkronisasi datanya dengan server SISTER yang ada di Dirjen Dikti. Selanjutnya server yang terinstal SISTER di Dirjen Dikti akan melakukan sinkronisasi data dengan Pangkalan Data Dikti.

Maka dari itu, perubahan data referensi, data master, dan juga data pengajaran yang berasal dari Pangkalan Data Dikti juga akan kita teruskan sampai perguruan tinggi, dan sebaliknya. jika ada penambahan atau perubahan data portofolio yang ada di server SISTER masing – masing perguruan tinggi akan diteruskan sampai ke Pangkalan Data Dikti.

3. Sinkronisasi data ini akan dilakukan melalui internet. Maka dari itu, server SISTER sangat perlu terhubung ke internet secara aktif atau 24/7 non stop. Perlu kita ingat, Aplikasi SISTER ini wajib online agar bisa diakses setiap saat secara realtime untuk melakukan input, update, aktivitas tridarma dosen dan juga tenaga pendidik, serta proses manajamen data SISTER oleh admin. Server harus hidup selama 24 jam dan juga disiapkan ruangan server berAC.

Maka dari itu, IDCloudHost sendiri menawarkan kemudahan kepada perguruan tinggi, kampus, dan juga universitas untuk pengelolaan yang mudah dari Tim IDCloudHost melalui Layanan Cloud VPS dengan instalasi instan dan mudah dengan penjagaan server tersertifikasi ISO selama 24 jam secara aktif di Data Center Terbaik kami.

Kriteria Perangkat Instalasi SISTER

Sistem Operasi :

– Windows Server 2012 64-bit
– Windows 10 64-bit
– Linux Ubuntu 14.04 64-bit
– Linux Ubuntu 16.04 64-bit

Memori :
– 12 GB RAM

Hard Drive :
– 1 TB HDD/SSD

Koneksi Internet :
– 10 mbps

Tentunya kebutuhan minimal ini akan meningkat seiring dengan pertambahan jumlah dosen dan volume aktivitas Tridarmanya yang ada di masing – masing universitas dan perguruan tinggi yang menggunakan SISTER.

Misalnya, Kampus yang memiliki 200 dosen dengan frekuensi aktivitas sedang akan membutuhkan minimal memori 12GB dan kapasistas penyimpanan sebesar 1TB.

Apabila pada akses server SISTER mengalami keterlambatan, berarti ada komponen yang paling sibuk perlu kita tingkatkan atau kita lakukan upgrade. Namun bila akses melambat, kita bisa memeriksa jaringan kita baik operator atau internal yang bisa jadi ada permasaahan.

Layanan Cloud VPS dengan SISTER memudahkan pengelolaan data universitas juga lebih mudah dengan tim support 24/7 yang siap membantu bila Anda sebagai operator mengalami kendala pada aplikasi SISTER.

Cara Instal SISTER di Cloud VPS

IDCloudHost memberikan Layanan Cloud VPS yang selalu on dan tidak pernah offline. Anda dapat melakukan instalasi dengan mudah dan cepat dengan sistem pay as you growth pembayaran seperti Top Up pulsa.

Hal pertama kita lakukan adalah membuat akun terlebih dahulu di console.idcloudhost.com. Bila Anda sebelumnya memiliki akun client area IDCloudHost. Anda harus mendaftarkan kembali akun di halaman console.

Baca Juga : Aplikasi SISTER (Kemenristekdikti) : Fungsi, Fitur-fitur, Keunggulan, Manfaatnya untuk Kampus

Pilihlah paket yang kita sesuaikan dengan kebutuhan data dosen, tenaga didik, dan juga admin. Anda bisa melihat asumsi dan perkiraan kebutuhan server untuk SISTER di penjelasan semuanya.

Proses Instalasi SISTER di Cloud VPS IDCloudHost

Dalam proses instalasi Cloud VPS IDCloudHost sangatlah mudah, dan menerapkan One Click Deploy. Proses yang biasanya membutuhkan sedikit waktu lama adalah proses sinkronisasi data. Itupun hanya menghabiskan waktu beberapa detik.

Berikut langkah – langkah nya :

1. Login di Console IDCloudHost. Anda Dapat Akses Disini

Login Sister
2. Setelah itu lakukan pendaftaran, seperti biasa dengan Create an Account. Jika belum memiliki akun console IDCloudHost.

3. Setelah Login, Choose Type lalu klik App Catalog. Selanjutnya Choose OS pilih SISTER

4. Bagian Choose Size, Silahkan sesuaikan dengan kebutuhan. Anda tidak perlu khawatir, ini bisa kita tingkatkan dan upgrade dengan mudah.

Cara Instal Aplikasi SISTER
5. Pada bagian Location, bisa Anda sesuaikan keinginan Anda untuk  lokasi server. Anda bisa memilih Indonesia.

6. Pada bagian IP Public. Pastikan sudah tercentang.

7. Pada Billing Account yang telah anda isi. Jika belum Anda buat, Anda dapat membuatnya terlebih dahulu klik Add New.

Memilih Size Cloud VPS
8. Pada bagian Username dan Password silahkan isikan sesuai dengan kebutuhan. Pada akun username dan password ini nantinya kita gunakan untuk mengakses SSH. Meskipun nanti saat SISTER terinstal akses SSH sebetulnya tidak terlalu kita gunakan, kecuali konfigurasi server lebih lanjut.

11. Selanjutnya pada bagian SSH, Anda dapat mengosongkannya apabila tidak begitu paham. Ini biasanya kita gunakan untuk mengakses SSH dengan kunci yang kita buat.

12. Pada bagian Resource Name, silahkan sesuaikan dengan kebutuhan. Anda dapat melihat pada gambar sebelumnya.

13. Setelah itu, klik Create. Lalu tunggu prosesnya selesai.
14. Selanjutnya apabila proses selesai, lakukan akses ke Public IP pada browser Anda. IP Public dapat Anda dapatkan dan lihat pada bagian ini.

Instal SISTER Mudah
15. Akhirnya, Aplikasi SISTER sudah dapat Anda akses melalui IP Public. Berikut tampilannya;

Deploy Sister
Baca Juga :  Mengenal Apa Itu Cloud VPS dan Layanan Terbaiknya di Indonesia

Kesimpulan dan Penutup

Penggunaan SISTER saat ini menjadi hal yang penting untuk memudahkan pengelolaan data di perguruan tinggi. Sinkronisasi data menjadi hal yang penting untuk meningkatkan produktivitas dan juga kualitas pendidikan ajar mengajar di ranah kampus.

Layanan One Click Deploy pada Cloud VPS dengan App-Catalog SISTER memudahkan perguruan tinggi, universitas, kampus dapat memiliki sistem yang terjamin tanpa harus memiliki server sendiri untuk pengelolaan universitas untuk data dosen, tenaga pendidik, dan administrator. Cara Instal SISTER tentunya tidak sulit dan tidak membutuhkan waktu yang lama. Anda juga tidak perlu khawatir dalam pengelolaan server dan maintenance, karena tim kami sudah mengelolanya.

Dengan teknologi terbaru, layanan 24 jam selalu on dari tim support kami, dan juga sertifikasi data center terbaik dari IDCloudHost. Ini menjadi solusi bagi Anda bukan hanya di sektor pendidikan tapi juga layanan lain yang kami miliki.

Bila ada kendala dalam instalasi dan kebutuhan informasi layanan Anda dapat menghubungi Tim Support IDCloudHost melalui Live Chat dan Ticket. Semoga panduan ini bermanfaat bagi Anda!

Aplikasi Sister

Related Articles

Apa itu Aplikasi Native ?
Cara Instal dan Setup Nginx Cloud VPS IDCloudHost
Cara Setup Website 2 Region Menggunakan Load Balancer di Cloud VPS
5+ Mengatasi SSL Error pada Website
Mengenal Apa itu Flutter?