Mengenal Eprints dan Karakteristik Lengkap

Mengenal Eprints dan Karakteristik Lengkap

 

Salah satu aplikasi yang saat ini ada di App Catalog Cloud VPS IDCloudHost terbaru adalah Eprints. Eprints adalah perangkat lunak open-source oleh School of Electronics and Computer Science, University of Southampton, England United Kingdom kembangkan.

Aplikasi Repository ini bisa berbentuk arsip misalnya makalah penelitian, jurnal dan lainnya. Selain itu juga bisa kita gunakan untuk menyimpan gambar, data penelitian dan suara dalam bentuk digital. EPrints adalah aplikasi perpustakaan digital yang sederhana dan dapat dengan mudah kita kelola.

EPrints juga sudah terintegrasi dengan metadata dan mampu melakukan penelusuran advanced search serta fitur lainnya. aplikasi ini dapat kita modifikasi dan kita sesuaikan dengan kebutuhan lokal.

Baca Juga : Cara Instal Eprints di Cloud VPS IDCloudHost

Mengenal Eprints

Seperti kita jelaskan sebelumnya, EPrints pertama kali rilis pada tahun 2000 dengan versi 1.0 yang disponsori oleh CogPrints dan didukung oleh OAI 0.2. Namun sekarang, Eprints mendapat dukungan oleh Komite Bersama Sistem Informasi (JISC), sebagai bagian dari open citation project oleh NSF. EPrints biasanya kita gunakan oleh banyak organisasi untuk keperluan sebuah lembaga. Software repository EPrints telah berkembang untuk memenuhi kebutuhan dalam penyimpanan objek digital dan metadata serta untuk mendukung berbagai layanan yang lebih luas dalam sebuah intitusi atau lembaga.

Aplikasi ini berbasis web yang digunakan untuk membangun sebuah repository karena itu membutuhkan aplikasi pendukung utama seperti Apache, MySQL, Perl dan mod_perl. Bila menggunakan OS Linux Fedora, aplikasi pendukung tambahannya (optional) adalah GDOME, file uploads (wget, tar, gunzip dan unzip), full text indexing (Ms Word, PDF, dan HTML) dan Latex tools (latex dan dvips). Sedangkan pada OS Windows aplikasi tambahannya (optinonal) menggunakan xpdf, GNU Win32 tools dan ImageMagick.

Baca Juga: Cara Install Eprints di Cloud VPS

Perkembangan Eprints

EPrints telah berkembang pada platform linux yaitu distro redhat/fedora dan debian/ubuntu. Perbedaannya, aplikasi hasil pengembangan platform Redhat/Fedora mereka khususkan untuk tujuan komersial atau dengan kata lain aplikasi ini dijual ke perusahaan. Sedangkan, aplikasi hasil pengembangan dari platform Debian/Ubuntu bisa kita gunakan untuk siapa saja. Aplikasi ini boleh kita download dan kita gunakan secara gratis. EPrints termasuk multiplatform baik pengembangan oleh Redhat/Fedora atau Debian/Ubuntu. Jadi, EPrints dapat berjalan dengan baik disemua distro Linux, Windows ataupun produk Unix lainnya.

Situs resmi aplikasi perpustakaan digital EPrints dapat kita akses pada http://www.eprints.org/. Pada menu exemplar, bisa kita lihat sampel dari penerapan aplikasi ini seperti contoh repository penelitian, tesis, data, projek, institusi politik dan lainnya. Situs ini juga menyediakan halaman download dengan isi tentang kronologi rilis dari versi awal sampai versi terbaru.

Selain itu, ada juga dokumentasi tentang cara instal, mengelola dan informasi lainnya yang terkait dengan aplikasi ini. Bila ingin mencoba merasakan menggunakan Eprints, situs ini juga menyediakan demo. Tidak hanya itu, situs ini juga menyediakan servis, diskusi, training dan kalau ingin tahu institusi mana saja yang menggunakan aplikasi ini bisa kita lihat pada ROAR. Anda juga bisa mencobanya melalui Cloud VPS IDCloudHost atau Server VPS IDCloudHost. Lengkap dengan kemudahan instalasinya.

Baca Juga : Mengenal Terminal Linux: Pengertian dan Komponen Dasarnya

Karakteristik Eprints

Ada beberapa karakteristik aplikasi perpustakaan digital EPrints adalah sebagai berikut:

  • Berdasarkan koleksi dan hubungan antar koleksi, aplikasi ini hanya mengelompokan data objek dalam bidang tertentu misalnya tahun, subjek, divisi dan judul tetapi tidak bisa mengaitkan antara koleksi yang satu dengan koleksi yang lain kecuali menggunakan URL dalam metadata yang spesifik.
  • Pada struktur internal dari objek digital, Entitas Dasar EPrints adalah data objek, yang merupakan rekaman yang mengandung metadata maksudnya lebih dari satu dokumen dapat kita hubungkan dengan data objek. Selain itu, Setiap data objek memiliki identitas yang unik.
  • Dalam metadata dan penyimpanan konten digital, Metadata dapat kita tetapkan oleh pengguna (admin). Data objek yang mengandung metadata kita simpan dalam database MySQL. Sedangkan dokumen atau konten digital tersimpan dalam filesystem.
  • Bila kita lihat dari pencarian dan penelusuran, Pengindeksan eprints dapat dukungan oleh metadata yaitu menggunakan database MySQL. Sedangkan, Pengindeksan teks secara lengkap dapat mendukung oleh bidang yang kita pilih. Pencarian dan penelusuran bisa dilakukan dengan kombinasi kata. Selain itu, Penelusuran bisa kita lakukan melalui bidang tertentu seperti judul, penulis atau subjek.
  • Berkaitan dengan manajemen objek, pada standar tampilan web, pengguna (admin) bisa membuat atau melakukan perubahan terhadap objek. Rekaman otoritas dapat kita gunakan untuk membantu penyelesaian dalam bidang tertentu seperti penulis atau judul. Selain itu objek juga dapat kita impor dari file teks ke beberapa format seperti METS, DC, MODS, BibTeX, EndNote.

Baca Juga : Tips Memilih Platform Email Blast untuk Email Marketing Bisnismu

Karakterisik Tampilan Eprints

Bila kita tinjau dari karakteristik tampilan dari Eprints berikut tampilannya;

 

  • Bila kita lihat dari tampilan, pengguna dapat melakukan penelusuran dari pemilihan metadata. Seperti subjek, judul atau tanggal. Penelusuran dapat kita lakukan melalui susunan pada bidang tertentu. Dalam ruang lingkup pencarian, pengguna dapat membatasi pencarian dari berdasarkan beberapa bidang.
  • EPrints menerapkan pengaturan akses, pengguna yang sudah terdaftar dapat membuat dan melakukan perubahan pada objek. Pengguna dapat login menggunakan username dan kata sandi.
  • Dalam sistem EPrints terdapat pengkodean karakter unicode yang mana sistem ini mendukung untuk berbagai bahasa, baik pada metadata maupun konten digital. Eprint memberikan atribut xml pada metadata untuk menentukan bahasa yang kita gunakan.
  • Aplikasi perpustakaan digital ini dalam fitur interoperabilitas memiliki sistem pendukung OAI-PMH untuk berbagi metadata antar repository. Ekspor data objek Eprint menggunakan format METS dan MPEG-21 Digital Item Declaration Language (DIDL).
  • Pada tingkat kustomisasi, data objek pada EPrints mengandung metadata yang mereka tetapkan oleh pengguna (admin). Plugins dapat kita tulis pada ekspor data objek dalam format teks yang berbeda. Core API dalam Perl tersedia untuk pengembang yang ingin mengakses fungsi dasar dari aplikasi perpustakaan digital ini.

Related Post

  • Solusi Sempurna untuk Bisnis Anda

    Dalam Waktu 3 Menit, Anda akan mendapatkan semua
    layanan dengan cepat. Tidak ada kewajiban untuk upgrade,
    downgrade atau cancel setiap waktu

    Buat Private Cloud
    solusi sempurna untuk bisnis anda
    Subscribe here to get update