Panduan Instalasi dSpace di Cloud VPS IDCloudHost - IDCloudHost

Panduan Instalasi dSpace di Cloud VPS IDCloudHost

Panduan Instalasi dSpace di Cloud VPS IDCloudHost

Anda yang sehari-hari berurusan dengan pengembangan perpustakaan digital mungkin pernah mengetahui tentang dSpace. Software ini akan sangat memudahkan berbagai tugas perpustakaan dan membantu Anda untuk membangun dan mengembangkan perpustakaan digital dengan layanan optimal. 

Dengan adanya aplikasi perpustakaan digital yang open-source seperti ini, diharapkan penerapan teknologi informasi perpustakaan di Indonesia jadi semakin merata. Dengan manajemen perpustakaan yang baik dan layanan optimal yang terotomasi, pengunjung perpustakaan juga akan merasa nyaman. 

Cara menginstal dan menggunakan dSpace juga sangat mudah. Dengan layanan Cloud VPS IDCloudHost Anda dapat menginstalnya hanya dalam beberapa menit saja. Bagaimana langkah-langkahnya? Simak penjelasannya berikut ini, ya!

Baca Juga: Panduan Instalasi INLISLite di Cloud VPS IDCloudHost

Mengenal dSpace

DSpace adalah aplikasi perpustakaan digital berbasis free software yang dikembangkan pada tahun 2002 dengan kerja sama antara Massachusetts Institute of Technology (MIT) Libraries dan Hawlett-Packard (HP) dengan rilis software pertama versi 1.0. 

Proyek ini bermula pada tahun 2000, HP memberikan dana sebesar 1,8 milliar dolar selama 2 tahun untuk membangun arsip digital untuk MIT yang telah mengelola 10.000 artikel yang dihasilkan setiap bulan oleh pengarang di MIT. 

Selanjutnya pada tahun 2007, terbentuklah Dspace foundation sebagai organisasi non-profit untuk memberikan dukungan kepada komunitas-komunitas yang mucul dari intitusi-institusi yang menggunakan aplikasi Dspace.

Dspace dapat Anda gunakan secara open-source dengan lisensi BSD (Berkeley Software Distribution) yang dikembangkan dengan tujuan untuk digunakan dalam mengelola content digital atau digital repository. 

Dalam hal ini yang dimaksud dengan mengelola content digital adalah mengumpulkan, mengatur, mengindeks, dan mendistribusikan koleksi digital. Dspace mendukung OAI-PMH (Open Archives Initiative-Protocol for Metadata Harvesting) sehingga dapat digunakan untuk menyimpan dan memungkinkan untuk dapat diakses secara terbuka. 

Standar metadata  yang digunakan pada Dspace adalah dublin core sehingga dapat digunakan untuk pertukaran metadata secara otomatis. Selain itu, aplikasi ini juga dapat digunakan untuk mengelola berbagai macam konten digital seperti teks, gambar, gambar bergerak, MPEG, dan perangkat data.

Baca Juga: Cara Instal Eprints di Cloud VPS IDCloudHost

Cara Menginstal dSpace di Cloud VPS IDCloudHost

Setelah mengetahui kegunaannya, Anda mungkin tertarik untuk mulai menggunakan DSpace. Jika Anda adalah pengguna layanan IDCloudHost, DSpace dapat Anda instal dengan mudah dan cepat lewat langkah-langkah berikut ini. 

  1. Pastikan Anda sudah memiliki akun pada Layanan Console IDCloudHost. Jika belum silahkan daftar dan login di console.idcloudhost.com lalu jangan lupa deposit dan gunakan kode referal / diskon untuk mendapatkan free kreditnya.

  1. Pilih menu App Catalog dari Dashboard Console Anda

  1. Selanjutnya scroll kebawah sampai menemukan produk dSpace, silakan pilih dSpace

  1. Proses tersebut akan membuka halaman Create New Resource

  1. Silakan scroll ke bawah, sampai menemukan dan memastikan bahwa yang terpilih adalah dSpace dengan versi yang sesuai.Pastikan juga spesifikasi dan lokasi server.

  1. Periksa Public IP, network dan billing account yang digunakan. Jangan lupa juga mengisi, username yang digunakan, password, dan Resource VM yang ingin kita buat tersebut lalu klik Create.

  1. Setelah VM untuk dSpace berhasil dibuat. Kita akan mendapatkan IP Publik seperti gambar berikut.

  1. Selamat proses instalasi dSpace di IDCloudHost telah berhasil, silakan akses aplikasi dSpace  melalui browser dengan alamat Public IP sesuai informasi pada langkah sebelumnya.

Baca Juga: Tutorial Instal Neo Feeder 2022 di Cloud VPS IDCloudHost

Penutup

Demikianlah langkah-langkah instalasi DSpace melalui Cloud VPS IDCloudHost. Sekarang, Anda bisa memanajemen perpustakaan dengan mudah dan cepat. Semoga artikel ini bermanfaat, ya. 

Anda juga dapat menginstal aplikasi pendukung perpustakaan dan pendidikan lainnya dengan fitur App Catalog di Cloud VPS IDCloudHost. Coba layanannya sekarang dan dapatkan free credit Rp 50.000,-!

Promo Cloud VPS

Related Post

  • Solusi Sempurna untuk Bisnis Anda

    Dalam Waktu 3 Menit, Anda akan mendapatkan semua
    layanan dengan cepat. Tidak ada kewajiban untuk upgrade,
    downgrade atau cancel setiap waktu

    Buat Private Cloud
    Subscribe here to get update