5+ Hal Penting Saat Transfer Domain ke IDCloudHost - IDCloudHost

5+ Hal Penting Saat Transfer Domain ke IDCloudHost

5+ Hal Penting Saat Transfer Domain ke IDCloudHost

Transfer Domain ke IDCloudHost

Apa hal yang membuat Anda akhirnya ingin berpindah domain ke penyedia? Banyak alasan tentunya, bisa saja karena harga lebih murah, penyedia yang jarang ada permasalahan, dan juga memudahkan anda melakukan pointing ke hosting atau vps Anda dalam satu provider yang sama.

Namun, ada hal yang penting anda ketahui agar Anda tidak mengalami hal sulit dan juga menjemukan saat melakukan transfer domain. Pada panduan dan tutorial kali ini, kita akan memberikan beberapa poin khusus yang perlu kita perhatikan saat melakukan transfer domain dari provider lain ke IDCloudHost.

Baca Juga : Langkah-Langkah Transfer Domain Cepat dan Mudah

5+ Hal Penting Saat Transfer Domain

Ketika kita melakukan transfer nama domain dari registrar ke registrar baru. Kita memerlukan sebuah syarat agar berhasil melakukan pemindahan domain. Jika syarat yang kita butuhkan tidak sesuai. Maka kita belum dapat melanjutkan proses pemindahan domain tersebut.

Ada beberapa alasan para registrar melakukan pemindahan nama domain menuju nama registrar baru. Hal ini bisa saja terjadi karena domain registrar lama sudah masuk dalam masa perpanjangan, bisa juga alasan ingin melakukan pindah layanan hosting yang mungkin lebih nyaman. Ketika yang kita bahas sebelumnya.

Ada beberapa syarat hal yang harus kita ketahui dalam pemindahan agar dapat berhasil diantaranya sebagai berikut ;

1. Domain Lama Minimal Umur 60 Hari.

Bila Anda sudah berhasil membuat domain baru namun domain yang berisi website yang Anda belum merasa puas. Anda ingin melakukan registrar domain lagi untuk hal selanjutnya. Anda tidak dapat memindahkan langsung. Ada perlu menunggu umur domain minimal 60 hari. Jika Anda memaksakan, pemindahan tidak akan berhasil. Maka dari itu jangan terburu – buru untuk memindahkan domain atau juga membeli domain agar tidak terjadi hal yang menyulitkan.

2. Masa Aktif Domain Minimal Masih 30 Hari

Apa maksud dari masa aktif domain 30 hari? Hal yang kita maksud dalam hal ini adalah domain lama yang Anda miliki masih aktif hingga 30 hari atau lebih kurang sebulan kedepan menuju batas perpanjangan. Jika Anda ingin memindahkan domain Anda ketika kurang dari beberapa hari menuju perpanjangan atau mungkin saja 29 hari dari waktu perpanjangan, pemindahan domain tidak akan berhasil.

Biasanya menuju masa perpanjangan ini Anda akan mendapatkan email yang berisi pemberitahuan perpanjangan domain. Sekali lagi, penting memperhatikan email Anda. Jangan menunggu masa aktif domain Anda habis. Hal ini memungkinkan Anda tidak dapat menggunakan kembali domain yang Anda miliki.

3. Domain Sudah Berhasil di Unlock

Kita perlu memastikan terlebih dahulu apakah domain yang ada miliki sebelumnya sudah dilakukan unlock. Ada bisa mengecek di Client Area registrar Anda. Bisa juga bila Anda kurang memahami menghubungi Layanan Domain Registrar Anda. Bila Anda tidak dapat melakukannya.

4. Pastikan Email Terhubung dengan Domain Aktif

Email aktif pada domain adalah syarat penting pemindahan domain dan sangat dibutuhkan. Email merupakan sebuah penghubung utama dalam proses apapun, terutama dalam proses pemindahan domain ini. Anda dapat mengetahui pemberitahuan informasi apapun melalui email. Email menjadi hal sangat kita perlukan ketika melakukan unlock domain dan juga melakukan Copy EPP Code domain yang tersedia di WHOIS Protection.

Baca Juga : WHOIS : Definisi, Cara Kerja dan Jenis atau Tipenya

5. WHOIS Protection Harus Dinonaktifkan

Anda perlu memastikan apakah WHOIS Protection sudah dinyatakan non aktif atau belum. Jika belum segera menonaktifkan domain melalui WHOIS Privacy. Dalam WHOIS Privacy terdapat layanan yang memiliki fungsi untuk menyimpan dan menyembunyikan semua data pribadi pada pemilik domain. Didalamnya terdapat email, nama, alamat, dan nomor telepon.

Jika sudah mengetahui apa saja syarat yang dibutuhkan pastinya sekarang Anda mengetahui juga apa yang harus dilakukan, apakah perlu menunggu umur domain dan masa aktif domain atau bahkan melakukan nonaktif WHOIS Protection agar bisa memenuhi syarat yang dibutuhkan.

6. Penting Mengetahui Aturan Provider Domain Lama Anda

Ada banyak permasalahan yang terjadi para pelanggan IDCloudHost saat melakukan transfer domain dari provider lainnya mengalami kendala karena TOS yang berbeda dan cukup ketat mereka miliki. Anda harus bisa membedakan Syarat dan Ketentuan baik itu Provider Lama Anda dan juga IDCloudHost.

Salah satu yang sering terjadi mengenai notifikasi transfer yang diberikan oleh setiap penyedia domain atau registrar agar mempertahankan pelanggannya adalah membuat aturan yang sangat ketat dan menyulitkan untuk konsumennya agar “tidak lari” ke provider lain.

 

Cara Pindah Domain ke IDCloudHost

 

Berikut salah satu email dari provider lain yang memiliki syarat dan ketentuan tersendiri dalam proses pemindahan atau transfer domain. Jadi penting Anda menjadi sosok yang fast response dalam email serta akses lainnya. Kita juga menyarankan untuk senantiasa proaktif untuk diskusi kepada Tim Support provider lama atau baru untuk memastikan pemindahan domain Anda berjalan lancar tanpa kendala.

Baca Juga :Cara Transfer Domain di IDCloudHost

Penutup

Beberapa poin diatas adalah poin penting yang perlu Anda perhatikan ketika melakukan transfer domain dari registrar lama ke IDCloudHost. Hal ini perlu Anda jaga, bisa juga Anda terapkan mungkin saja di beberapa registrar lain pada umumnya.

Namun, IDCloudHost senantiasa memudahkan proses dan kebutuhan pengguna apapun termasuk permasalahan pemindahan atau transfer domain. IDCloudHost juga memiliki Tim Support dan juga Teknis yang senantiasa memberikan Anda bantuan apapun kendala Anda setiap hari 24/7. Kami berharap panduan ini dapat bermanfaat dan dapat Anda ingat dalam proses pemindahan domain atau transfer domain.

Related Post

  • Solusi Sempurna untuk Bisnis Anda

    Dalam Waktu 3 Menit, Anda akan mendapatkan semua
    layanan dengan cepat. Tidak ada kewajiban untuk upgrade,
    downgrade atau cancel setiap waktu

    Buat Private Cloud
    Subscribe here to get update
    popup image